Minggu, 26 Mei 2013

[Seandainya Saya tidak Ngeblog] Kemana Saya Harus Curhat?

        Awal perkenalan saya dengan blog adalah sekitar Maret 2005. Sebelumnya saya adalah gadis galau yang sering lupa waktu karena keranjingan main internet baik itu di warnet atau numpang di tempat kerja.

      Yang dilakukan sebelum ngeblog hanya sebatas baca berita, baca email, ikutan aktif di milis pendaki gunung dan para penggiat alam bebas di Yahoogroups, atau sesekali chatting via MiRC (hehe yang ini jadul banget). Namun setelah ada Yahoo Messenger barulah chatting berubah dan bergeser  ke platform yang lumayan keren dan aktraktif dengan tampilan berbagai emoticon.


      Semenjak tahun 2001, ketika membuka internet dan membaca-baca setiap berita, timbul keinginan untuk mempunyai blog sendiri. Namun saya harus mulai darimana? Bingung apa yang harus pertama kali dilakukan. Hanya takjub membaca situs-situs orang lain yang dengan senangnya membagi setiap sisi kehidupan yang dijalaninya.

      Suatu waktu, tak sengaja saya chatting dengan seorang kenalan yang bekerja di Batam Pos, salah satu media cetak lokal di Batam. Dia memberikan link ke blognya. Saat itu ia menggunakan platform blog di Multiply. Ketika membuka blognya saya membaca bahwa ngeblog  di sana itu gratis. Wuiih mata saya langsung ijo. Langsung deh otak-atik buat baru dan Alhadulillah lahirlah blog pertama saya dengan akun www.mozank3roet.multiply.com.  



Rumah Saya di Multiply dulu
      Punya rumah baru di dunia maya itu serasa mempunyai ruang kebebasan yang tiada tara. Semenjak itu rasa galau, sedih, dan cemas mulai saya tulis di blog. Sangat plong dan sangat membantu bagi saya untuk move on dari keterpurukan karena patah hati yang pada saat bersamaan ternyata dapat pengganti. Cieeee.

      Minimal seminggu sekali saya ngeblog. Itu pun gara-gara waktu yang saya punya cuma 1 hari saja. Hari minggu saat libur kerja. Kalau bisa mah tiap hari nongkrong depan komputer di warnet. Hiks maklum belum ada komputer sendiri, laptop masih barang langka dan belum ada modem yang dijual bebas lagi murah meriah seperti sekarang-sekarang ini.

      Ah, rasanya kalap banget punya blog itu. Apa saja pengen ditulis apa saja pengen dibagi. Apalagi di Multiply bisa upload album foto. Kesenangan saya akan jeprat-jepret objek foto lumayan dapat apresiasi dari pengunjung blog. Terlebih postingan foto lebih sering dikomentari para pengunjung daripada postingan tulisan. Dari situ saya belajar banyak tentang dunia fotografi juga.

      Dari ngeblog pula saya menemukan orang-orang satu hobby. Yakni hobby mendaki gunung. Dari merekalah mulai mengetahui penampakan berbagai wajah-wajah gunung di Indonesia. Mulai dari desa pertama dan pos pertama pendakian, jalur-jalur yang terlewati, hamparan savanna atau hutan belantara hingga penampakan puncak gunung bersama lautan awan. Walaupun belum pernah menyambanginya, saya malah mengenal secara tidak langsung gunung-gunung tersebut hanya dengan melihat foto-fotonya. Saya jadi tau darimana memulai jalur dan seperti apa perubahan vegetasi yang akan terlewati di sepanjang jalur. 
       
      Rasanya hati cenderung merasa lebih tertarik untuk mengenal dan mencari orang-orang yang mempunyai hobby yang sama ketika ngeblog. Seiring dengan waktu, salah satu blogger yang mempunyai hobby yang sama itu malah kini menjadi suami saya. Walau perkenalan pertama dengannya bertemu di gunung namun karena berjauhan yang kami lakukan adalah saling setia untuk mengunjungi dan mengomentari blog masing-masing. Cihuy.

      Bayangkan seandainya saya tidak ngeblog maka saya tidak akan punya ruang untuk berekspresi. Tidak ada tempat curhat, dan tidak ada tempat memajang foto-foto hasil jepretan. Jika tidak ngeblog mungkin ada salah satu sisi gelap yang tetap membekas di dalam hidup yang tidak pernah terungkap ke permukaan melalui tulisan. Karena menulis di buku diary sungguh telah merupakan terapi yang telah lama ditinggalkan, maka ngeblog adalah diary lain yang teramat berharga dan menyenangkan.

      Ngeblog juga merupakan rekaman jejak perjalanan saya mulai dari gadis, menikah hingga mempunyai anak. Ruang untuk mengungkapkan seluruh rasa yang teriring di dalamnya. Seandainya tidak menemukan blog, sekali lagi tidak ada tempat saya untuk menyimpan segala ekspresi sedih atau bahagia itu. Maka ketika pertengahan tahun tahun 2012 CEO Multiply mengumumkan akan menggusur dan menutup Multiply karena akan memperbesar pangsa pasar di bidang  penjualan online atau menjadi salah satu situs e-commerce di Indonesia, Saya tentu saja bersama jutaan orang pengguna Multiply lainnya sangat sangat amat amat dan amat meradang. Dan kami merasa teraniaya dengan salah satu keegoisan CEO-nya tersebut. Gak kebayang gimana kalau nggak punya blog lagi. Mungkin hidup saya terasa monoton dan tidak menarik sama sekali.

      Akhirnya dengan terpaksa harus migrasi ke tempat lain dan memindahkan sebagian isi tulisan blog ke blogspot. sedangkan foto-foto rencananya akan dipindahkan ke Wordpress namun karena gaptek hingga saat ini belum tergarap sama sekali. Yang ada malah malas untuk melanjutkan.

      Entah apa karena doa orang teraniaya cepat diijabah dan dikabulkan ya, maka tidak lama berselang pada 6 Mei 2013 kemarin tidak sampai setahun umurnya, Situs e-commerce Multiply diumumkan ditutup di Indonesia. Dan per 31 Mei bulan ini seluruh aktifitas pembayaran terakhir dilakukan. Itu artinya situs Multiply akan tutup sama sekali. Kasihan juga sih namun ya sudahlah Saya akan mulai menata kehidupan ngeblog di sini saja. Semoga banyak teman banyak saudara, juga banyak ilmu yang akan didapat dengan ngeblog di Blogspot ini.
   
 

12 komentar:

  1. Akun mpku dulu lembarkertas. Baru mulai thn 2006 tapi lumayan juga sih isinya. Banyakan tulisan.
    Seru juga kayaknya isi mpmu. Andai kita kenal dr dulu...
    Tapi, blm terlambat utk memulai yg baru. Salam kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Indar iya ya kenapa gak kenal dari dulu. Mari berteman! #Salaman cipika-cipiki :D

      Hapus
  2. heummm,cup cup cup...skrg dah bisa ngeblog lagi kan??enjoy mbk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah sudah mulai kerasan di Blogspot serasa nyata apalagi sudah pernah kopdar dengan teman2 blogspot :)

      Hapus
  3. Ngeblog memang asik mbk, selain kita punya rumah pribadi di dunia unik ini, kita juga bisa saling bersosialisasi dengan yang lain.

    Punya banyak rekan dan sahabat tentunya.

    Maukah jadi teman saya?.

    Terimakasih inspirasinya.

    Salam hangat dari Jember

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mas Imam. Iya dengan ngeblog jadi banyak teman banyak saudara. Senang sekali bisa berteman dengan anda :) *Pasang senyum paling manis

      Salam hangat juga dari Batam

      Hapus
  4. kenal teteh pertama kali gara² MP :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya langsung tukar-tukaran nomor hape sms-an telponan :D

      Hapus
    2. langsung kopdar di pulau Akar :)

      Hapus
  5. Wooww th 2005 sudah ngeblog? pasti tulisannya sudah banyak ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum begitu banyak sih Mbak Santi, ngeblog itu klo saya cuma buat nyimpen foto doang hehe.

      Hapus
  6. aih, romantis banget menjalin kasih di udara via blog. itu so sweet banget.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...