Kamis, 19 Maret 2015

Yuk Ikut Program Jelajah 101 Pulau untuk Kepri!


Lihat Peta Lebih Besar

Adalah Mas Nunung Sulistyo, pelatih sekaligus sesepuh di Federasi Panjat Tebing (FPTI) Batam,  yang mempunyai ide untuk menjelajah 100 pulau di Kepulauan Riau dalam tahun 2014 ini. Ketika ide itu ia ungkqpkan di depan saya, saya langsung antusias dan ikut mendukung rencananya.

Mengapa 100? entahlah, yang jelas ini angka genap yang sempurna. 100 pulau. Namun saya lebih senang untuk menambahkannya menjadi 101 pulau karena 1 pulau utama adalah mainland-nya pulau tempat dimana ide-ide ini tercetuskan, Pulau Batam :D

Saya sendiri tidak menargetkan seberapa jumlah pulau yang ingin disinggahi dan dalam waktu berapa lama karena mengingat banyak hal yang menjadi prioritas utama selain jalan-jalan keliling pulau-pulau. Prioritas itu tentu saja mengurus suami, anak dan pekerjaan sebagai karyawan. Dan kalaupun saya berhasil menyinggahi salah satu pulau itu, berarti sudah mendapatkan SIS alias Surat Izin Suami :D

Jika saya ikut-ikutan memasang  target 100 pulau seperti Mas Nunung, maka kurang lebih 20 pulau sejauh ini telah saya singgahi. 80 pulau lainnya semoga menyusul di tahun-tahun mendatang. Yang pasti tidak semuanya di tahun 2014.

Ide mengunjungi pulau-pulau di wilayah Kepri memang PR saya yang belum selesai. Semenjak tiba pertama kali di perantauan ini, saya pernah berniat mengunjungi sebanyak-banyaknya pulau-pulau yang ada di wilayah Kepri sambil belajar untuk semakin mengenal lingkungan dan kehidupan masyarakatnya.Minimal pulau-pulau terdekat dengan pulau Batam saja dulu karena untuk Batam sendiri tak akan kekurangan. Sekitar 373 pulau telah masuk ke dalam lingkup pemerintahan Kota Batam. Sedangkan Provinsi Kepulauan Riau sendiri mempunyai lebih dari 1700an pulau. Wooow! Semoga cukup umur, cukup waktu, cukup dana, cukup sehat, dan cukup-cukup yang lainnya sehingga keinginan menjelajah pulau-pulau tersebut terlaksana.

Saya, Mas Nunung, dan rekan-rekan lainnya kemudian menyusun draft untuk penjelajahan ini. Saya sampaikan bahwa untuk target 100 pulau dalam setahun ini sangat tidak mungkin. Jadi rentang waktu yang kami targetkan adalah untuk dua hingga 3 tiga tahun ke depan.

Tujuan utama dari program ini adalah agar anak-anak didik di FPTI Batam semakin mengenal wilayahnya sendiri, yakni perairan Batam dan sekitarnya sehingga memunculkan rasa bangga menjadi bagian dari negara kepulauan terbesar di dunia ini. Melatih mereka agar semakin mencintai Indonesia melalui keragaman dan kekayaan yang akan mereka lihat dan saksikan sendiri di pulau-pulau yang akan kami kunjungi.

Selain itu, program jelajah pulau ini juga dibuka untuk umum. Namun dalam jumlah peserta yang terbatas.Jika ada yang mau gabung ayo hubungi saya atau Mas Nunung via email, facebook atau sms.

Selain itu program ini sangat positif bagi mendukung Dinas Pariwisata Kota Batam dalam mengembangkan potensi-potensi wisata bahari yang ada di wilayah hinterland.

Untuk bulan depan pulau yang akan disinggahi adalah Pulau Karas dan Pulau Lampu di wilayah Selatan Batam.Naah... bagi yang mau ikut segera konfirmasi ya :D

#SalamJelajah


16 komentar:

  1. uwihhh,banyak juga ya pulaunya mbk,,baru tahu saya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mbak Hanna ajakin Kakang Prabunya keliling Pulau. Bulan depan kita ke Pulau Karas dan Pulau Lampu. Ada mercu suar yang dibangun sejak zaman Belanda loh!

      Hapus
  2. Wuiiihhhh..... kerennnnn mak! Itu cara ikutannya gimana mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sih ini buat peserta yang tinggalnya dekat-dekat aja Mak. Kalau ngajak teman-teman yang jauh di luar Batam duh kasihan berat di ongkos. Kalau mau ikut tinggal hubungi panitianya yakni Mas Nunung di nomor HP: 085765566730.

      Hapus
  3. Wah keren mak, mau juga jadi petualang meski sudah jadi ibu. Hehe... Sekarang sih masih jadi petualang amatir yang lg skripsi tentang pulau kecil juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Nurma, biar udah jadi ibu-ibu, kita harus tetap eksis jadi petualang hehe...

      Hapus
  4. Woooowwww ini program keren bgt mak, Gmn caranya ikutan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya pengen juga ngajak yang jauh tapi kalau tiap bulan harus bolak-balik Batam - Pulau Jawa waduh sayang diongkos. Tapi kalau benar-benar minat boleh juga, untuk Bulan Maret tepatnya acara diselenggarakan tanggal 29-31 Maret di Pulau Karas dan Pulau Lampu.

      Hapus
  5. Baru berapa ya pulau yang udah aku kunjungi di Batam?
    Itung di sini aaah... : Batam, Rempang, Galang, Galang Baru, Nipah, Tonton, Setoko, Buluh, Tg. Kubu, Belakang Padang, Lengkana, Air Mas, Air Raja, Mencaras, Kubung, Ngenang, Petong, Abang, Akar, Bali, Bukit, Putri... Apalagi ya? Baru 22 pulau...

    Ikutan donk, teh... Ke Pulau Karas ama Pulau Lampu saya belum pernah... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Dee, kita ke sana. Tapi mending sekalian ngadain acara FLP yuk biar bermanfaat. Erni udah nyerahin urusannya ke saya. Bingung mau mulai dari mana nih. Lagian itu waktunya lagi libur 3 hari jadi bisa bebas leluasa.

      Hapus
    2. Mau sumbang buku lagi teh? Ayo ayo.. siap membantu dengan senang hati... :)

      Hapus
    3. Belum ada buku2 yang mau disumbangin. Ini waktunya dah mepet lg Dee. Bingung mulainya, Duuuh :(

      Hapus
  6. waaaah asik banget jelajah 100 pulau, nanti aku buat program menjelajah 5 pulau besar di indonesia sebelum umur 24 tahun aah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang pulau besarnya juga hampir sama dengan keinginan saya. Tinggal 2 pulau lagi, Sulawesi dan Papua yang belum :D

      Hapus
  7. Ikutttttt tapi kirimin tiket nya yaaaa #dikeplak

    BalasHapus
  8. Jiaaah ini postingan lama, postingan tahun lalu Kak Cumi. Sekarang mah sekenanya aja. Kapan bisa pergi kalau nggak bisa nggak pernah maksa. Pulau-pulaunya tetap ada di sini nggak kemana-mana :D Laah kemaren ngak ikutan ke Batam ya bareng anak-anak Travel Blogger Indonesia? Pan tiketnya gratis itu.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...