Kamis, 09 Juli 2015

Smartfren Gelar Acara Launching Layanan 4G LTE di Kota Batam

Crew Smartfren dan Blogger Batam
Senin, 06 Juli 2015 yang lalu, atas rekomendasi dua  Blogger Batam yang kece Iqbal Rois dan Danan Wahyu, saya diundang operator penyedia jasa telekomunikasi Smartfren untuk menghadiri acara Press Confrence dalam rangka peluncuran layanan 4G LTE di Swiss-belHotel Harbour Bay Batam.

Pada undangan yang saya terima via email, Christian dari Smartfren menyebutkan bahwa acara akan dimulai pada pukul 13.00 WIB yang selanjutnya akan disambung dengan kegiatan drive test dan buka bareng bersama jajaran petinggi Smartfren. Asyiiik.

Karena saya suka on time dan tidak suka dengan kebiasaan jam karetnya orang Indonesia, *kibas-kibasin jilbab, lentik-lentikin bulu mata. Saya sengaja berangkat awal. Jam 11.30 berangkat dari rumah dengan menaiki angkutan umum mini bus jurusan Dapur 12 – Pasar Jodoh. Apalagi perjalanan dari rumah di Batu Aji menuju Harbour Bay  lumayan jauh. Bisa sampai 1 jam-an dengan kecepatan biasa tanpa macet.  


Apa itu 4G LTE?

Sepanjang perjalanan menuju Swiss-belHotel dalam hati bertanya-tanya terus apa sih 4G LTE itu? Apa bedanya dengan 1G, 2G atau 3G? Duh yang 1G hingga 3G saja belum paham betul, kok udah muncul aja 4G. Ditambah embel-embel LTE lagi di belakangnya. Apa pula itu bah?

Supaya tulisan ini ada ruhnya, *nyawa kali pakai ruh, dan agar saya sendiri pun paham apa yang ditulis, maka dengan senang hati mulailah googling istilah-istilah di atas tadi. Benar deh, setelah baca-baca referensi dari mana-mana itu seperti ada lampu terang merk osram menyala di kepala. *Ting.

Istilah G pada 4G merujuk pada kata “Generasi.” Generasi apa? Ya tentu saja generasi teknologi di tingkat layanan data dan komunikasi nirkabel yang diterapkan pada telepon selular. Dari urutannya maka kita bisa simpulkan bahwa 1G tentu lebih rendah tingkatannya dibanding 2G. Teknologi 2G pun lebih rendah tingkatannya jika dibandingkan dengan teknologi 3G. Begitu seterusnya. Tingkatan di sini bisa diterjemahkan dengan speed atau kecepatan akses data.

Simpelnya, kalau di silsilah keluarga menurut jaman, ibaratnya 1G itu kakek kita, 2G bapak kita, 3G generasi kita-kita yang imut serta lucu ini, sedangkan 4G generasi anak-anak kita :D haha. Iya kali begitu. Asal deh.


Secara speed, generasi pertama atau 1G merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah. Generasi kedua atau 2G, berkecepatan rendah hingga menengah seperti GSM dan CDMA. Diantara 2G kemudian muncul 2.5G dimana layanannya berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution). Nah yang ini mulai-mulai saya kenalin. Soalnya tulisan GPRS dan  EDGE sering muncul di layar smart phone saya.

Generasi ketiga atau 3G, teknologinya telah mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi. Contoh seperti teknologi yang kita gunakan sekarang ini pada smart phone dan tablet. Sedangkan 4G adalah generasi dengan teknologinya lebih canggih dan lebih maju dibanding 3G dimana kecepatan transfer datanya bisa mencapai 300 mbps untuk download dan 75 kbps untuk kecepatan upload. Woow…

Woow...19 Giga per bulan. 

Lantas apa itu LTE?  Menurut Om Wiki nama lengkapnya teknologi ini disebut 3GPP Long Term Evolution disingkat LTE. Ini adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMT/HSPA. Jaringan antar mukanya tidak cocok dengan jaringan 2G atau 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum yang terpisah.


Smartfen dan 4G LTE

Pemerintah, melalui menteri komunikasi dan informatika (menkominfo) telah mencanangkan berbagai program agar layanan broadband (transmisi koneksi internet dengan kecepatan tinggi) ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. Yakni dengan kecepatan akses data sehingga bisa dirasakan secara real time.

Penyerahan waqaf seribu Alqur'an dari Smartfren
Demi mendukung program tersebut maka Smartfren bersama menkominfo mengadakan launching bersama layanan 4G LTE secara serentak di lima kota yakni Makassar, Balikpapan, Lombok, Banjarmasin dan Batam. Launching ini juga melibatkan 5 operator seluler lainnya di Indonesia. Adapun  tema yang diusung adalah “Percepatan Implementasi Mobile Broadband Menuju Generasi Digital Indonesia.”

Bersamaan dengan ini, Smartfren juga meluncurkan lima smartphone dan dua perangkat MiFi (Mobile WiFi) Andromax 4G LTE yang menghadirkan performa powerful, padat fitur multimedia dan value terbaik dikelasnya; Andromax R, Andromax Q, Andromax Qi, Andromax Ec, dan Andromax Es, kelima device tersebut adalah smartphone Andromax 4G LTE pertama di pasar Indonesia. Dua device MiFi 4G LTE, Andromax M2P dan Andromax M2Y. Dan yang lebih membanggakan adalah salah satu komponen pendukung Andromax ini dibuat di salah satu persahaan manufaktur di Batam, yaitu PT. Sat Nusa.


Launching Andromax di Swiss-belHotel

Karena waktu dzuhur sudah tiba, setelah mengisi buku tamu saya langsung menuju mesjid yang terletak di dalam Harbour Bay Mal. Posisi mesjidnya tepat berhadapan dengan pintu masuk ke Swiss-belHotel dari arah mal. Saat kembali, beberapa meja telah terisi, namun belum tampak seorang pun blogger di sana. Apa saya yang kurang mengenali mereka ya?

Andromax Qi 
Celingak-celinguk kayak ayam kehilangan induk, ternyata di meja belakang sudah duduk manis para Blogger Batam yang ganteng-ganteng  *uhuk..uhukk… Lukman dan Iqbal Rois. Mereka duduk semeja bersampingan dengan Christian dan Fonda dari Smartfren. Tak lama menyusul kemudian Mas Jogie Suaduon. Duh namanya unik banget. Coba tebak asalnya dari mana? :D 

"Cuma berempat saja? Mana yang lain?" Entah Fonda atau Christian yang bertanya. Saya pun demikian. Agak kecewa sih masa blogger sebatam cuma 4 orang. Tetiba teringat Dian dan Danan yang katanya udah pulang kembali ke Batam sehabis jalan-jalan dari Padang. Ah…biasanya mereka ini  paling semangat kalau ikut acara beginian.

Acara telah dimulai. Dipandu oleh MC yang penuh senyum dan semangat. Yang secara berurutan memanggil beberapa pejabat pemerintahan di Batam, pihak penyelenggara, dan para petinggi smartfren.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan vidio confrence dengan menkominfo. Beberapa orang perwakilan dari masyarakat dan pejabat di Makasar, Mataram, Banjarmasin, Balikpapan dan juga Batam bergantian berbicara. Hebatnya baik suara maupun gambar terdengar jernih dan terlihat bersih.

Nah, inilah intinya sebuah layanan 4G. Dengan kecepatan tinggi bisa menghadirkan akses data tanpa buffering. Buffering itu bukan kue kering loh ya. Buffering itu semacam jeda sesaat sebelum dimulai. Kalau kita nonton youtube suka melihat lingkaran bulat muter-muter sampai bikin kepala pusing saking lamanya, nah seperti itulah buffering. Untuk layanan 4G LTE buffering ini justru tidak ada.

Sambil menyimak penjelasan para petinggi Smartfren, rejeki yang diharap-harapkan datang. Yeay…kami dibagi Andromax satu-satu. Yuhuuu…rasanya pengen koprol jumpalitan. Baru deh berasa nikmatnya jadi blogger itu begini. *norak-norak bergembira, bergembira semua :D

Di pertengahan acara, dua blogger lainnya Choty dan Rina menyusul datang. Sebelumnya mereka ragu apa masih diperbolehkan datang atau tidak. Tapi setelah saya tanyakan pada Christian katanya nggak masalah, datang saja. Wajar sih pada telat soalnya acara dilaksanakan pas hari kerja. Choty dan Rina malah kabur dari kerjaan demi menghadiri acara ini. Hihi…dan tentu demi Andromax gratis dong. (Hussss….jangan bilang-bilang ih).
 
Di dalam bis untuk drive test sinyal
Sekitar jam 5 sore para blogger, awak media serta  crew Smartfren  naik ke dalam bis untuk drive test yaitu mencoba kondisi real sinyal di sekitar daerah Jodoh - Nagoya - Bengkong. Sebelum bis berangkat, seluruh penumpang dibagi Andromax satu-satu. Saking baiknya crew Smartfren, kami yang sudah kebagian, hampir dibagi lagi. Untung pada jujur, segera bilang sudah dikasih sama Fonda di hotel tadi. Seru juga sih lihat Andromax dibagi-bagi kayak ngebagiiin takjilan gitu :D Smartfren luar biasa deh.

Acara kemudian ditutup dengan buka puasa bersama di Restoran Sea Food Golden Prawn di Bengkong Laut. Alhamdulillah saya senang perut pun kenyang. Terima kasih Smartfren. Sering-sering ngadain acara begini. Dengan senang hati kami akan hadir kembali. 

Tabik.


Bahan Referensi:
3.   Media release smartfren Percepat Implementasi Layanan 4G LTE di Pulau Batam

14 komentar:

  1. Iih hari itu saya baru balik dari Padang. Nyampe rumah udah jam 4 sore. Gak keburuuu... Emang belum rejeki saya ama Danan niih.. :)
    Mudahan lain waktu smartfren ngadain event lagidu Batam... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nunggu ngadain lagi mungkin masih lama. Kita aja yang ngadain terus minta sponsor sama Smartfren yuk :D

      Hapus
  2. wah mantap bin kereeen.....lain kali klu ada yg gratis2 undang donk kami blogger di tg pinang hehehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mbak Ina. Sayang kita baru kenal, coba dari kemaren2 saya tahu, udah saya email mbak juga buat ikutan.

      Hapus
  3. Tadinya mau ga baca biar kalo bikin tulisan ga terpengaruh..tapi penasaran hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...aku juga suka gitu Rin. Kalau ada event rame-rame nggak mau baca postingan orang lain dulu. Fokus biar nggak terpengaruh.

      Hapus
  4. Maksudnya ga baca dulu sblm bikin tulisan

    BalasHapus
  5. saya pakai yang 4G LTE memang berasa banget sih beda kecepatannnya dibanding yang lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah udah punya juga ya Mbak 4G LTE? Seru ya.Cepat aksesnya. Wus..wus..wus...gitu :D

      Hapus
  6. cuma dateng aja dapet HP ya mbaak, duh bener2 rejeki anak sholeh yaaaa... kapan ya di Jogja ada acara begituan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya mbak Ima :D Insya Allah Jogja segera menyusul. Karena teknologi ini akan menjadi standard dunia dan negara kita sedang pelan-pelan menuju ke arah itu. Namun mungkin dengan operator yang berbeda.

      Hapus
  7. Itu yang LTE devicenya atau smartfren udah LTE juga? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dua-duanya Mas Fahmi. Device dan smartfrennya sudah LTE.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...