Selasa, 09 Februari 2016

Islands Tour Bersama Kapal Mv. Sea View di Pulau Nipah Barelang Batam

Kapal Mv. Sea View
kapal Mv. Sea View
Secara administratif, Batam memiliki 373 pulau. Dan kekayaan pulau-pulau ini belum semuanya dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Batam. Salah satu hal yang paling simpel untuk dimanfaatkan adalah dari sektor pariwisatanya. Begitu banyak pulau yang semestinya dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik guna dijadikan lokasi pariwisata yang baru. Begitu juga paket-paket “Keliling Pulau” atau Island Tour adalah sebuah kesempatan yang terbuka lebar yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku dunia pariwisata di Batam.

Di Thailand, paket Island Tour sudah menjamur. Puluhan hingga ratusan kapal  dalam sehari mampu melayani kebutuhan para tamu dan wisatawan untuk meng-explore keliling pulau. Dan di negara kita setau saya sangat sedikit paket-paket wisata seperti itu.

Di Batam, rupanya ada juga pengusaha yang jeli melihat peluang ini. Kejelian dari sisi bisnis mulai dilirik oleh seorang konglomerat Tionghoa bernama Jefry. Ia kemudian membeli kapal  yang akan dijadikan sebagai sarana utama bagi wisatawan yang datang ke Batam menikmati paket Island Tour sebanyak sepuluh pulau selama beberapa jam.

Januari lalu, maka diluncurkanlah sebuah kapal wisata yang akan mengelilingi pulau-pulau yang ada di sekitar Batam. Beruntung seorang teman yang imut pemilik blog piknikcantik.com mendapat undangan menghadiri acara tersebut dan membagi informasi menggembirakan ini kepada kami di grup WhatsApp. Tak butuh lama hanya beberapa menit saja teman-teman lainnya mengajukan permohonan undangan ke panitia dan ternyata disetujui. Satu undangan berlaku untuk tiga orang. Lokasi undangan ternyata di Restoran Sea Food Golden Fish Barelang. Yeaay. Makan dan jalan-jalan gratis lagi dong :D

Pintu Masuk

Dengan menumpang kendaraan teman lama saya Mas Bams, saya dan keluarga berangkat sore itu. Sengaja nggak makan siang karena mau makan gratis. Hahaha. Bilang saja memang malas masak. Duh. *Jedotin kepala ke pintu.

Irama musik dangdut samar-samar terdengar. Seorang penyanyi dangdut nan seksi meliuk-liukan tubuhnya bergoyang di hadapan riuhnya penonton. Panggung tempatnya bergoyang terletak di tepi laut dan berjarak tak kurang dari dua meter dengan kapal MV. Sea View yang akan diluncurkan sebentar lagi. Suara penyanyi dangdutnya terdengar standar dan kurang cengkok. Lagu yang dinyanyikannya pun kurang populer. Rasanya kurang sreg dengan acara seresmi ini.

Di pintu gerbang saya bertemu beberapa teman yang familiar. Rombongan Blogger Batam dan Kelas Inspirasi Batam yang dua-duanya memang heboh. Tak kalah menarik, diantara kedua rombongan itu nyempil dua orang bule kece asal Belgia yang ternyata mereka berdua adalah Travel Blogger juga. Charlotte dan Davy yang mengisi blog planelesstravellers.com yang selalu bepergian dengan menaiki kendaraan selain pesawat terbang. Kendaraan apa saja selain pesawat terbang mereka akan jalani. Keduanya adalah tamu couchsurfingnya Mas Adi Sultan seorang traveler yang menjabat redaktur di Harian Batam Pos.

Seperti biasa acara dibuka dengan tari persembahan lalu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Ada beberapa pejabat teras di Provinsi Kepri yang ikut hadir di peluncuran kapal ini. Salah duanya adalah Suryo Respationo mantan Wagub Kepri dan Guntur Sakti Kepala Dinas Pariwisata Kepri. Setelah itu gunting pita dan peluncuran kapal.

Tari Persembahan
Kapal Mv. Sea View
Pak Jefry selaku pemilik kapal.
Belum saja kapal dibuka, para tamu sudah mendesak dan merangsek mendekat ke pintu masuk. Duuh ampuun deh. Budaya antri memang kurang ditaati di negeri ini. Bahkan di acara-acara yang dihadiri pejabat sekali pun terkadang masyarakat kita kurang sekali bekelakuan sopan serta santun. Semua orang ingin cepat masuk dan ingin cepat merasakan naik kapal pesiar mini ini ala ala titanic.

Saya dan teman-teman akhirnya dapat masuk ke kapal. Dek kedua tampak disulap menjadi tempat duduk dan nongkrong yang asyik. Suasana ruangannya lapang dengan tiang-tiang di tengah dan kursi-kursi di tepi-tepinya.

Kapal Mv. Sea View
Suasana di dalam kapal

Dek tiga berupa ruang kemudi dari nakhoda, serta beberapa ruang dengan sofa-sofa yang empuk. Di dek empat yang paling atas berupa ruang terbuka dan cocok untuk mengamati pemandangan ke seluruh lintasan kapal yang dilalui. Sedangkan dek satu saya tidak sempat mengunjunginya karena terlalu sesak.

Kapal melaju meninggalkan Restoran Golden Fish yang terletak di tepi laut. Bersamaan dengan diluncurkannya kapal, di kawasan itu telah dibuka juga sebuah cottage dengan tarif menginap yang lumayan murah selama masa promosi.

Di kapal tak lupa beberapa teman blogger berfoto selfie menggunakan tongsis. Fotonya lumayan bagus-bagus. Terutama yang berlatarkan Jembatan Satu Barelang. Bahkan salah satu foto blogger, Mas Jogie mendapatkan lebih dari seribu share di facebook. Woow. Dan Mv. Sea View langsung ngehits dalam minggu tersebut. Meskinya kami langsung dihubungi bagian promosi ya lalu mendapatkan tiket island tour gratis. Haha maunya. Lalu dikeplak pemilik kapal.

Kapal Mv. Sea View
Ini dia foto Mas Jogie (yang bawa tongsis) bersama kadispar Kepri  yang ngehits di facebook. Foto: Jogie Suaduon.

Namanya juga test drive kalau istilah mobil baru. Kapal ini rasanya meluncur lamaaaaa banget dan saya gak tahan pengen minum. Haus banget. Sudah gitu belum makan siang pula sementara jam sudah menunjukkan jam 5 sore. Beberapa teman mengeluh kenapa tidak disediakan air minum sama sekali di kapal ini. Nasib fasilitas gratisan ya begini nih.

Kapal Mv. Sea View
Selfie bareng Micky and Minnie. Foto by: Choty si piknikcantik.com

Jam setengah enam kapal kembali ke Restoran Golden Fish. Kami santai-santai saja turunnya. Duduk-duduk dulu menikmati susasana kapal dan tidak sadar kalau makanan di restoran sudah diserbu penumpang kapal yang baru turun dan dengan sekejap saja sudah hampir ludes. Hwaaa hampir gak kebagian. Biar saja deh gak kebagian, saya langsung celingukan cari mushola untuk sholat ashar. Alhamdulillah nemu dan tempatnya bersih dan rapi. Semoga saja waktu ashar masih terkejar.

Selesai sholat ashar saya langsung menuju restoran, dan ternyata masih ada sisa-sisa makanan yang masih bisa masuk ke perut. Lumayan deh pengganjal lapar. Meskipun penasaran dengan rasa masakan sea food di sini terpaksa harus gigit daging ayam saja karena hanya itu yang tersedia. Namun rejeki emang nggak kemana, beberapa hari lalu bos saya mentraktir makan di resoran ini Dan Alhamdulillah kenyang makan sea food luar biasa. Bahkan sepring besar kepiting masih tersisa di meja dan boleh dibawa pulang. Alhamdulillah rejeki emak yang ngaku-ngaku solehah hahah.

Blogger Batam
Foto Bareng Blogger Batam

Rintik hujan mulai membasahi. Para pengunjung yang telah makan mendapatkan momen tepat untuk langsung pulang. Dan kami pun tak ketinggalan. Setelah foto bersama, kami langsung membubarkan diri menuju rumah masing-masing. Yang mau paket island hopping tiket hingga Mei selama masa promosi sebesar 350 ribu rupiah. Setelah itu harganya naik menjadi 500 ribu rupiah. Yuk yang penasaran bisa hubungi nomor di bawah ini.:






  

 

29 komentar:

  1. Duh kapan bisa naik gratisan lagi ya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan ada yang baca blog ini terus kita dikasih tiket gratis hehe. "Kode

      Hapus
  2. Kapalnya mewah banget ya itu interiornya mba. Kereen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang betul Mbak Noe. Cakep banget saya suka dengan interiornya.

      Hapus
  3. Yuk touring lg mumpung masih promosi, di sarah sudah ikutan tour lagi tuh.

    BalasHapus
  4. jadi pingin ngecek tiket ke Batam brapa ya :) pingin jalan-jalan nanti tour guidenya mbak lina yaa

    BalasHapus
  5. Aahh..mupeng naik kapal laut...
    belon pernah mbaa...

    Mbayangin duduk manis, menikmati lagu dangdut dengan muka dinginku, tapi jempol kaki dan tangan bergoyang eeaa..

    Mbaaa..nanti akubke batam, temenin yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wekekekk.... tangan dan jempol kaki digoyang tarik maaang

      Hapus
  6. Waaah, mudah-mudahan diajak keliling. Amiiin

    BalasHapus
  7. anak saya suka bgt sama kapal. jadi pengen ke Batam. guide nya mba Lina ya. keren nih jalan2nya. thanks ya informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaah pasti anaknya kalau diajak naik kapal ini nggak bakalan mau turun. Betah banget. Yuk kapan atuh ke Batam? Interior kapalnya bikin suasana di dalam kapal serasa di kafe loh Mbak Erna.

      Hapus
  8. Mbayangin betapa lapar dan haus di atas kapal....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi jangan dibayangkan Mbak, pediiih rasanya. *lebay eike

      Hapus
  9. Wah, kapan blogger Jakarta diundang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kapan-kapan ada Mbak Gesang

      Hapus
  10. Wah mantap nih kl k Batam dah punya guide n kapal yang bisa dipinjam *ups

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...sini sini merapat ke Batam Mbak!

      Hapus
  11. Foto yg d jembatan 1,ingat pas tour klling batan sama batam pos teh.tp dlu g ada mickey mini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mel, kita lewatin jalur ini. Kapal pompong biasa tapi kuat keliling perairan Batam seharian kan.

      Hapus
  12. kapalnya ada yg ke jepara nggak? berlayar gitu asekkk

    BalasHapus
  13. Saya pernah ke Selat Panjang dan pulau-pulau sekitar selat Malaka untuk penulisan buku tentang Sagu. Mudah-mudahan suatu hari bisa Islands Tour lagi ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Mas Koko. Dari Selat Panjang ke Batam perlu waktu 4 jam-an naik Ferry.

      Hapus
  14. Mupeng banget bisa ke sana Mbk, seru kayaknya ya

    BalasHapus
  15. kapan lagi ya kapal sea view ini akan mengadakan perjalanan lg?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...