Kamis, 18 Februari 2016

Mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata Di Belitung

Persiapan travelling yang super ribet dan memakan waktu membuat banyak orang jadi malas untuk merencanakan liburan. Padahal sebenarnya kini tidak sulit kok mempersiapkan semua kebutuhan travelling. Sejak ada MatahariMall, manfaat belanja online jadi semakin terasa menyenangkan. Tinggal mengakses situs belanja MatahariMall, aneka pilihan produknya yang beragam siap memenuhi kebutuhanmu.

Kalau kamu berencana untuk berlibur ke luar pulau, salah satu destinasi menarik yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Museum Kata Andrea Hirata di Belitung.

Museum Kata Andrea Hirata. Foto: Museumkataandreahiratacom

Belitung Ternyata Tak Sekadar Pantai
Siapa bilang Belitung hanya terkenal karena keindahan alam pantainya saja. Selain pantai yang memukau, ada pula Museum Kata yang didirikan oleh Andrea Hirata pada tahun 2010. Museum tersebut merupakan museum sastra pertama di Indonesia. Pembangunannya terinspirasi dari kisah nyata Laskar Pelangi yang sudah ditulis menjadi novel dan difilmkan pada tahun 2008.

 

Museum Kata Bukan Hanya Tentang Laskar Pelangi
Sebagai museum sastra pertama di Indonesia, Museum Kata menyajikan banyak literatur yang berasal dari dalam dan luar negeri. Sejumlah literatur yang dikelompokkan menjadi literatur musik, literatur anak, arsitektur, film, hingga ragam seni  ada di museum ini. Uniknya, karya novel Laskar Pelangi yang sudah diterjemahkan dalam puluhan bahasa dan terbit di berbagai negara juga hadir di museum tersebut.

Setiap ruangan di dalam Museum Kata menggunakan nama-nama dari para tokoh nyata dalam kisah Laskar Pelangi seperti ruang Ikal, ruang Lintang, dan ruang Mahar. Ilustrasi menarik mengenai film dan novel laskar pelangi terasa cukup kental di museum yang terletak di daerah Gantung ini. Siapa pun yang pernah membaca novel atau menonton filmnya akan merasa seperti ada di dalam kisah nyata novel dan film tersebut.

Yang Unik : Warung Kopi dan Kantor Pos
Ada satu hal menarik bagi para pecinta kopi. Di ruang tengah Museum Kata terdapat sebuah kedai kopi sederhana yang dinamakan “Warkop Kupi Kuli”. Di kedai kopi tersebut, para pengunjung dapat memesan kopi sembari menikmati isi museum yang menakjubkan.


Sebelum meninggalkan museum, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke kantor pos Museum Kata. Kamu bisa menulis  dan mengirimkan kartu pos untuk orang-orang yang kamu sayangi. Karena petugas di kantor pos tersebut akan membantumu mengirimkan kartu pos ke alamat tujuan.

Tak ada yang lebih menarik daripada menyaksikan kekayaan nusantara dengan matamu sendiri. Jadikanlah Museum Kata sebagai salah satu destinasi tujuanmu ketika berlibur ke Pulau Belitung.

5 komentar:

  1. semoga bisa sampai ke belitung tahun ini...aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami ada trip ke sana loh Sar. Yuk ikut.

      Hapus
  2. Salah satu wishlist aku mba, kalo ke Belitung pingin ke Museum Kata dan ngirim kartu pos dari sana.. :)

    BalasHapus
  3. aaah ngiri mbak lin audah ke belitung :)

    BalasHapus
  4. NGgak nyangka ya mbak, dari novel bisa jadi tempat wisata gitu, museum, dan sekolahnya andrea hirata jadi terkenal.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...