Jumat, 29 April 2016

5 Pantai Terbaik di Batam


Sebagai kota industri sebenarnya Batam kurang dilirik untuk dijadikan destinasi wisata nasional. Kunjungan wisatawan dalam negeri atau kini dikenal dengan sebutan wisatawan nusantara (wisnus) ke Batam relatif sedikit dibanding kunjungan ke wilayah lainnya di Indonesia seperti Bali, Jogjakarta, dan Bandung. 

Meskipun demikian, data menyebutkan bahwa Batam menjadi nomor tiga terbesar sebagai pintu kedatangan/kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) setelah Bali dan Jakarta. Posisinya yang berhadapan langsung dengan negara Singapura dan adanya direct ferry dari Singapura serta Johor Malaysia, memungkinkan Batam menjadi pintu gerbang kedatangan wisman terbesar ketiga se-Indonesia.


Nah lalu para wisatawan dari  Singapura dan Malaysia itu kalau ke Batam kemana saja? Terus mereka ngapain aja? Ya banyak sih, salah duanya mengunjungi rumah istri kedua pusat perbelanjaan dan mengunjungi pantai-pantai yang tersebar di beberapa wilayah di Batam. Untuk rekan-rekan ketahui, secara administratif  Batam itu tidak melulu satu pulau saja, namun mencakup wilayah pulau-pulau hinterland yang ada di sekitarnya. So, jangan heran kalau ada yang buat alamat seperti ini: Pulau Galang, Batam, Kepri. Atau pulau Karas, Batam, Kepri. Itu artinya pulau-pulau tersebut berada dalam kawasan Batam juga meskipun beda pulau. Bayangkan, untuk Batam sendiri saja ada sekitar 373 pulau loh. Namanya saja provinsi kepulauan. Jadi kota dan kabupatennya bertabur pulau-pulau.

Sebagai wilayah kepulauan, tentu saja destinasi pariwisata Batam tidak jauh-jauh dari pantai. Ada begitu banyak pantai di Batam yang bisa dijadikan tujuan untuk berlibur.  Beberapa di antara pantai-pantai di Batam memiliki nama unik dan aneh. Bahkan ada namanya "Pantai Stress". Dahulu terkenal banget di kalangan para pekerja di Kawasan Industri  Batamindo. Iya serius namanya pantai Stress, kabarnya karena banyak orang-orang yang menganggur dan bermain di sana. Jadilah pantai stress. Hihihi. Namun sekarang gaungnya kurang terdengar lagi, kalah pamor dengan beberapa pantai cantik yang akan saya bahas di bawah ini.

Setidaknya ada 5 pantai yang wajib rekan-rekan kunjungi jika berkunjung ke Batam suatu hari nanti. Umumnya lokasi pantainya tidak bisa dijangkau oleh kendaraan umum seperti bis dan angkot, melainkan dengan kendaraan pribadi. Baik roda dua maupun roda empat.

Berikut 5 pantai terbaik dan tercantik di Batam versi saya:



1. Pantai Melur 


Pantai ini terletak di Pulau Galang, selatan Batam. Pantai Melur terkenal sejak dulu dan selalu ramai dikunjungi jika libur akhir pekan. Selain memiliki pasir putih yang menghampar cukup luas, pantai Melur juga memiliki pohon-pohon yang rindang untuk berteduh. Cocok untuk piknik bersama keluarga.

Gerbang menuju pantai Melur

Terakhir berkunjung ke sana, sebagian besar kawasan pantai Melur telah dikuasai swasta karena terdapat pagar yang membatasi. Menurut cerita tukang parkir di sana, akan dibangun hotel atau penginapan di sekitar pantai. Mungkin karena hal itu pula saya pernah membaca di sebuah harian lokal di Batam bahwa pernah terjadi demonstrasi di depan kantor walikota Batam oleh para pelaku usaha di pantai Melur yang memprotes kebijakan baru tentang pengelolaan pantai Melur.


Pantai Melur


2. Pantai Mirota
Pantai Mirota letaknya masih sama dengan pantai Melur yakni di pulau Galang. Dari tepi jalan raya lintas Barelang ada tanda petunjuk yang jelas tentang letak pantai ini. Jadi tidak perlu takut nyasar jika sudah tiba di pulau Galang tinggal memperhatikan tanda, marka dan petunjuk yang mengarah ke pantai Mirota.


Pantai Mirota
Pantai Mirota dikala hujan

Sewaktu ke sana bersama rombongan keluarga dan teman, kami menyewa dua villa yang dihuni ramai-ramai. Membuat anak-anak senang karena pagi siang sore terus-terusan dapat bebas nyemplung ke tepi pantai.


Pantai Mirota
Pantai Mirota saat ramai pengunjung


Memiliki pasir yang agak kecoklatan seperti warna tanah, pantai Mirota masih terbilang bersih meskipun banyak sekali pengunjung. Mungkin karena ada petugas yang sigap membersihkan. Fasilitas standar seperti toilet juga terdapat di pantai ini.
 


3. Pantai Hasanah Melayu

Pantai Khasanah Melayu terdapat di Pulau Rempang, Batam. Ketika mencapai pulau Rempang, dari jalan raya lintas Barelang tinggal belok kanan. Ada petunjuk yang jelas yang menunjukkan dimana letaknya. Saya sudah tiga kali ke sana namun sayang tidak memiliki dokumentasi. Saat ngubek-ngubek mencari fotonya entah dimana. 

Pasir di pantai Hasanah Melayu berwarna putih. Fasilitas yang dimiliki selain toilet ada mushola dan bangunan beratap tanpa dinding yang bisa dijadikan aula pertemuan jika ramai-ramai pergi rombongan.


4. Pantai Tanjung Pinggir


Pantai Tanjung Pinggir terletak di daratan pulau Batam. Tepatnya berada di kawasan Sekupang. Belok menuju rumah sakit Otorita Batam dan terus saja mengikuti jalan ke atas hingga tiba di KTM resort, lanjutkan berkendara beberapa  puluh meter lagi. Dari Tanjung Pinggir bisa dengan jelas melihat negara Singapura. Gedung-gedung pencakar langitnya tampak berada di tepi laut di sebrang sana. Pasir di Tanjung Pingir berwarna putih dan cukup bersih.



5. Pantai Nongsa

Pantai-pantai di Nongsa sebetulnya berada dalam kawasan Nongsa Resort. Ada beberapa resort seperti Nongsa Point Marina dan Turi Beach Resort. Pantai-pantai ini  tidak bebas dikunjungi masyarakat umum, hanya diperuntukkan bagi pengunjung resort saja. Kawasan ini membentang di sepanjang sisi utara pulau Batam. Pemandangan pun langsung berhadapan dengan gedung-gedung pencakar langit di Singapura. Karena jarak yang sudah begitu dekat dengan Singapura, sesekali sinyal operator selular pun berubah roaming di wilayah ini.

Pantai di salah satu resort (Turi Beach & Resort) di Kawasan Nongsa

Nah jika ingin mengunjungi kelima pantai tersebut seluruhnya, maka dibutuhkan waktu sekitar tiga hari dua malam agar lebih bisa menikmati. Kalau hanya sekedar ingin melihat dan foto-foto lalu cabut ke pantai selanjutnya juga bisa. Tapi ya masa sih liburan kudu rusuh begitu. Santai brooo. Nikmati.


Hotel yang Murah di Kota Batam

Berhubung lokasi satu ke lokasi lainnya berada pada jarak yang berjauhan. Satu di ujung utara, tiga di ujung selatan dan satu lagi di ujung barat. Maka sebaiknya menyewa atau membawa kendaraan sendiri. Sediakan juga waktu untuk menginap, agar tubuh kamu bisa beristirahat. Ada kok penginapan dan hotel murah di Batam yang berada di dekat pantai tersebut. Di wilayah-wilayah seperti Batu Aji dan Sagulung juga bisa dengan mudah ditemui. Atau jika ingin menginap di hotel seputar kota, di tengah-tengah Batam juga ada.



Ada baiknya mencari informasi tentang hotel sebelum perjalanan dimulai. Terutama mengenai lokasi, harga dan fasilitas yang dimiliki hotel. Kalau mau lihat-lihat dan booking dari awal kamu bisa cek di AiryRooms.com karena hotel-hotel di AiryRooms itu murah, terjangkau, dengan fasilitas yang memuaskan. Penasaran? Yuk buka deh websitenya.

20 komentar:

  1. dulu pertama kalinya ke Batam langsung ada acara gathering kantor suami di pantai tanjung pinggir,sempat norak aja lihat gedung negara tetangga kelihatan xixixixi

    BalasHapus
  2. murah juga ya penginapan dibatam....sesekali boleh lah mencoba bobo cantik semalam dihotel.. btw pantai melur cakep ya....

    BalasHapus
  3. Wah, ada pantai Hasanah Melayu jg ya teh? Baru tau, entar mau coba kesana deh, makasih buat infonya ^-^

    BalasHapus
  4. Waa.. thanks for sharing Mbak Lina.. Ga nyangka setidaknya ada 3 pantai lagi yang belum kita kunjungi.. Penasaran sama Pantai Melur nih.. Hehe...

    BalasHapus
  5. Aku pernah ke batam mba dari tanjungpinang, tapi ga pernah main ke pantainya. Udah jauh dari Batam baru deh nyesel kenapa ga dari kemarin nemu artikel ini T.T

    BalasHapus
  6. wah bagus banget mbak, pengeeennn semoga ada kesempatan kesana

    BalasHapus
  7. jadi inget di Jgja ada nama Mirota juga ya mbak tapibukan pantai :) aduh kapan aku ke Batam ini

    BalasHapus
  8. Ajakin aku ke Batam teh..pengen kesana....

    BalasHapus
  9. pengen memang awak ke batam kak.. tapi itu pantai nggak ada yang sepi kak? apa yudi harus ke sana jumat2? :(

    BalasHapus
  10. Batam ternyata memiliki banyak koleksi pantai yang cantik. Berwisata ke Batam nggak pakai mengalami Mati Gaya :)

    BalasHapus
  11. Dilema ketika wilayah pantai dikuasai swasta antara terawat tapi jadi privat. Klao umum, biasanya murah, tapi ya gitu, kotor dimana mana.

    Ini hotel di batam murah murah ya...

    BalasHapus
  12. Aku yg belum hasanah melayu, udah bisa dibilang orang batam belum ya? :D

    BalasHapus
  13. terima kasih kak ... jadi tahu pantai apa saja yang patut di kunjungi

    hehehe

    BalasHapus
  14. Pantai di Batam gak kalah dengan di Malang, ya? :D

    BalasHapus
  15. Saya sudah pernah semua mbak insyaallah :D

    BalasHapus
  16. di pantai tanjung pinggir kok ada banyak ban mbak ? saya belum pernah ke sumua temat yang disebutkan di atas, rumah saya jauh di bali. hehehehehe... tapi kalau masalah taveling di bali saya paling sering. pantai-pantai di bali banyak yang keren, terutama pantai serangan. walaupun yang terkenal di bali pantai kuta. tapi pantai serangan juga gak kalah indahnya dengan perahu2 yang ada di sekitarnya. Gak cuma pantai sih, banyak tempat wisata bali yang lainnya.

    BalasHapus
  17. kalau raisa ke Batam lagi, tolong diajakin ke pantai - pantai kece di Batam yah mbak.
    Mau ngitemin kulit nih :)

    BalasHapus
  18. Hmm, sudah seharusnya sebagai daerah kepulauan, Batam memiliki pantai-pantai yang indah. Nice share mbak. Save buat suatu hari nanti kalau ke Batam

    BalasHapus
  19. Mirota kayak nama toko di jogja

    BalasHapus
  20. Dimana pantai hasanah Melayu kak Lin?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...