Sabtu, 09 April 2016

Mengenal Kuliner Jogja melalui Blog Kulinerwisata.com

Saat mengunjungi Jogja pada Agustus 2015 silam bersama keluarga tercinta, tidak banyak tempat wisata dan kuliner yang saya sambangi. Waktu yang sedikit dan hanya sebagai tempat transit menjadikan liburan ke Jogja kurang begitu memuaskan. Ujung-ujungnya menyesal tidak meluangkan cuti yang cukup untuk meng-explore Jogja yang telah membuat saya jatuh hati. Padahal dari ketinggian gunung Merapi hingga titik nol permukaan air laut di pantai Parangtritis saya sudah berniat dan sangat-sangat ingin mengunjunginya. Selain itu ingin sekali mengunjungi Keraton Jogja, Candi Ratu Boko, Malioboro, gumuk pasir, gua-gua di Gunung Kidul, dan lain sebagainya.



Cuma bisa mampir Prambanan doang :(
Sungguh melihat suasana Jogja di siang maupun malam harinya, jiwa dan raga saya berasa tenang dan tenteram. Semaraknya Batam yang 24 jam tak Sesemarak alun-alun Jogja  di malam hari. Sesendu-sendunya malam di Batam tak sesendu saat becak-an malam-malam menuju alun-alun dalam temaram lampu jalanan. Belum lagi bertemu dengan warganya yang ramah, sopan, dan baik hati. 

Ketika dalam perjalanan keluar masuk Jogja, sebenarnya banyak sekali rumah makan dan warung-warung yang kami lewati yang menawarkan berbagai macam kuliner Jogja yang asyik. Saya ingin sekali mencicipi gudeg makanan khas jogja yang sangat terkenal itu namun karena waktunya mepet, bahkan hingga kembali ke Batam belum juga terlaksana. *ngences adek, Baaang. Cuma bisa kulineran di Viavia Resto Jogja aja.

Karena rasa nggak puas dan penasaran dengan berbagai lokasi wisata juga aneka kuliner Jogja maka saya dan keluarga pun berniat untuk kembali lagi ke sana. *Jogja tunggu aku yaaaa.

Eh tapi sebelum berkunjung ke Jogja, ada baiknya saya buat list terlebih dahulu, makanan khas apa lagi sih selain gudeg yang bisa kita icip-icip di sana? Naah beruntung deh saya sudah berteman dengan Blogger Jogja yang ramah dan murah senyum pemilik blog kulinerwisata.com Mbak Atanasia Rian. Duuuh buka blognya ini bikin saya menelan ludah terus. Melihat berbagai kuliner Jogja yang menggoda mulai dari yang tradisional hingga modern. Dari Gudeg hingga pizza dari yang istimewa hingga biasa-biasa.



Di blognya Atanasia Rian yang kerap dipanggil Berby oleh teman-teman Blogger Jogja ini,  saya menemukan oseng-oseng mercon. Nah namanya saja mercon kebayang kan pedasnya gimana? sebagai pecinta makanan pedas saya wajib mencoba nih. Si oseng mercon ini bahannya adalah tetelan sapi yang dioseng dicampur cabai yang sangat banyak. Kebayang gimana tuh pedasnya hingga kita bisa berurai air mata dan air hidung (jiahaha istilah apa pula air hidung, padahal mau bilang ingus saja pun Lin). Mungkin kalau saya ngebayangin pedasnya di mulut sensasinya bakal berasa seperti ditonjokin sama Mike Tyson haha. Jontor jontor tuh bibir.


Sate Klatak

Eh baca-baca lagi lalu saya juga menemukan sate klatak. Kepo banget apaan sih baru dengar? Kata Berby eh tulis Berby, sate klatak adalah sate kambing yang diracik khusus. Saat pembakarannya hanya dikasih garam saja lalu setelah matang disajikan dengan kuah gulai kambing yang lezat. Ya Salaaam aku ini kan pecinta daging kambing. Mana bisa tahan kalau dihadapkan sama daging kambing beserta turunannya. Aku tuh gak bisa diginiin Berby. Kamu harus tanggung jawab ajak aku makan sate klatak kalau ke Jogja.

Huhu...nulis ini tengah malam tuh mendadak ngiler karena laper campur baper. Huaaa. Berby tunggu aku di Jogjamu ya!

13 komentar:

  1. ayuk teh lina, ketemuan lagi yg lama di jogja sama kami-kami dan juga barbie...

    BalasHapus
  2. Hai Mbak Lina, makasih ulasannya. Hehehe siap ditunggu di Jogja ya, pasti ditemni muter jogja tercinta.

    BalasHapus
  3. Sampek ngiler liat sate Klatak khas Jogja

    BalasHapus
  4. Jogja penuh kejutan dam kenangan. Makasi Mba Lina informasinya mengenai Blog kuliner terkini, sangat bermanfaat loh, sebelum melancong ke sana tentunya...

    BalasHapus
  5. satenya besar banget ya mbak, ke jogja aku lupa belum pernah nyobain sate klatak

    BalasHapus
  6. Rian orangnya ramah banget... Ngobrol di WA ama dia asik banget. Jadi pengen ketemuan niiih...

    BalasHapus
  7. Calling2 lah klo kr jogja lagi ntar aku samperin deh ato lebih oke dr jogja mampir smg ;)

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah ke Yogya, tapi berencana tahun ini akan trip kesana. Mudah2an bisa nyobain sate Klataknya :)

    BalasHapus
  9. Penasaran kenapa Mbak Rian dipanggil Berby :))

    BalasHapus
  10. Oke, berarti kalo mau cari referensi kuliner di Jogja, buka blog Rian ya mbak. Sip. Catet.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...