Rabu, 15 Juni 2016

Memiliki Situs Belanja Online Sendiri? Ini Manfaat yang Dapat Diperoleh!



Mulai berbisnis saat ini banyak dipilih oleh anak muda karena dengan berbisnis, setidaknya dapat memperoleh pendapatan yang dapat digunakan untuk menambah uang saku. Salah satu cara untuk melakukan bisnis adalah dengan membangun situs belanja onlineSitus tersebut memungkinkan kamu untuk dapat menjual berbagai macam produk. Saat kamu membangun online shop, sangat penting kamu memperhatikan nama online shop atau domain, hosting, interface atau design dari toko online kamu.

Memiliki toko online sendiri ternyata memiliki berbagai macam manfaat yang dapat kamu rasakan. Pertama adalah konsumen menjadi lebih percaya kepada kamu dibandingkan jika kamu membangun online shop dengan menggunakan website gratis. Konsumen akan menilai jika kamu benar-benar menjual produk tersebut. Kedua, kamu tidak memerlukan kantor atau toko yang besar untuk berjualan. Jikalau kamu membutuhkan kantor atau tempat agar menjadi lebih dipercaya oleh konsumen, kamu dapat menggunakan tempat yang sekiranya nyaman dan memungkinkan untuk kamu menyimpan produk dan tempat kamu bekerja dengan nyaman.


Ketiga, lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Kamu tidak perlu takut jika produk yang kamu jual susah untuk dikenal atau dibeli oleh orang yang lokasinya jauh dari lokasi kamu. Dengan menggunakan koneksi internet, setiap orang dapat mengakses situs belanja kamu, dimanapun dan kapanpun. Jika produk yang kamu jual dikenal oleh orang lain, maka kemungkinan produk akan terjual lebih tinggi dan membuat pendapatan yang kamu miliki semakin bertambah.

Keempat adalah biaya promosi untuk situs belanja online kamu menjadi lebih hemat. Saat ini banyak cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan atau meningkatkan pengunjung website, diantarnya adalah dengan menggunakan iklan online misalnya dengan media sosial atau dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Penggunaan SEO meningkatkan kemungkinan toko online kamu ditemukan dengan mudah oleh pengguna internet. Akan lebih hemat lagi jika kamu memiliki kemampuan mengoptimasikan SEO namun kamu juga dapat menggunakan jasa untuk optimasi SEO.

Kelima adalah kamu tidak memerlukan karyawan yang banyak. Hal tersebut karena kamu dapat memantau dan mengatur toko   sendiri dengan mudah. Jika memerlukan karyawan, biasanya yang dibutuhkan yaitu:

  • Admin, untuk memasukkan dan melakukan perubahan pada situs. Perubahan tersebut termasuk perubahan barang yang dijual di online shop.
  • Web designer untuk membuat dan merubah website toko sesuai dengan yang dibutuhkan misalnya menambahkan fitur.
  • Akuntan untuk menghitung dan mengatur keuangan .
  • Ahli SEO
  • Customer service untuk menjawab atau menanggapi pertanyaan dari konsumen.

Manfaat lainnya jika kamu memiliki situs belanja online sendiri yaitu:

  • Lebih mudah untuk dikelola terutama jika kamu mengelola sendiri dan memiliki kontrol penuh. Kamu dapat mengatur dan mengelola bisnis online sesuai dengan kondisi dan keadaan yang terjadi. Jika diperlukan perubahan seperti perubahan tampilan website, kamu dapat menggunakan jasa web designer. Kamu tidak perlu persetujuan dari siapapun, kecuali jika online shop tersebut gabungan dengan teman.
  • Laporan keuangan lebih transparan sehingga kamu dapat memeriksa, mengatur dan menghitung keuangan yang masuk dan memudahkan kamu untuk menghitung keuntungan yang didapat dan menentukan besar pengeluaran yang harus dikeluarkan.
  • Kamu dapat menentukan nama domain sendiri. Nama domain dapat diartikan sebagai identitas situs. Sehingga dari domain kamu, menentukan minat dari pengguna internet untuk mengunjungi situs kamu. Ada hal yang harus diperhatikan dalam menentukan domain misalnya apakah mewakili terhadap produk yang kamu jual, mudah diingat dan ditulis

24 komentar:

  1. Buka situs online jualan travel mbak :D

    BalasHapus
  2. Pernah kepikiran untuk punya usaha jualan online Mba.. tetapi belum ada keberanian.. Padahal kesempatan banyak dan medianya pun banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga Mbak, saat CEO Bukalapak datang ke Batam tambah mupeng pengen buka toko online :D

      Hapus
  3. jadi ingat bisnis asesoris ku yang terbengkalai :(

    BalasHapus
  4. Kalau punya toko online, asik banget ya... Bisa punya usaha sendiri, bebas gak perlu diatur orang lain dan yang penting kita bisa mengatur jam kerja sendiri.

    BalasHapus
  5. Jualin akyu dunk klu teh lina buka toko on line hehehehe... #trafikking dah jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Affah? Mau jual diri? Langkahi dulu sungai Musi :D

      Hapus
  6. Aku punya usaha online jualan postcard :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya yah pernah juga dapat poscard lucu dari Dian :D

      Hapus
  7. Mba.. Kalau situs onlineshopnya pakai blog kaya blog kita2 gitu gimana mba? Kalau pake website yg bikin sendiri dan coding2 mah ga bisa hiks hiks..

    BalasHapus
  8. Kayaknya emang seru kalau punya situs online sendiri, mba. mengelolanya tapi harus telaten ya. Tapi keuntungannya pasti lebih besar :)

    BalasHapus
  9. dari awal kuliah dah jualan macam macam barang online.sekarang malasnyaa 😆

    BalasHapus
  10. semua kita yang atur, itu keuntungannya

    BalasHapus
  11. Pengan banget punya situs online sendiri.. *semogasemoga* Tfs Mak..

    BalasHapus
  12. Pengen sih mbak :) ane juga berencana buat usaha onkline gitu, tapi masih bingung.... hoho

    BalasHapus
  13. Kira-kira apa yang mau dijual ya, Mbak?

    BalasHapus
  14. Punya usaha walaupun nggak diatur sama orang, tapi tetep harus disiplin, mau ambil resiko, dan tekun ya :)

    BalasHapus
  15. belajar seo aja yudi sampe sekarang bikin mumet kak.. mau nyewa jasa? muahal hahaha

    BalasHapus
  16. kalo saya masih ngeblog dulu mbak jualannya, nulis artikel, ya siapa tahu ada yang minat endores, lah jadi promo :p

    BalasHapus
  17. saya juga mau buka nantinya ah, toko real dan online, rencana jangka panjang, kumpulin modal sik

    BalasHapus
  18. kalo buat situs belanja online sendiri itu untuk awal butuh modal berapa ya ?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...