Kamis, 21 Juli 2016

Produktivitas Ngeblog dari Seorang Mom of Trio's World


Untuk postingan Blog Review kali ini saya menyambangi blog Mom of Trio's World yang penuh inspirasi yaitu blog Mbak Khopiatuziadah atau lebih dikenal dengan nama Ophi Ziadah yang beralamat di www.ophiziadah.com.

Baca juga review blogger lainnya di Memaknai Upacara Bendera dari Blognya Esti Sulistyawan

Mbak Ophi ini dulu pernah kuliah di Melbourne Law School, The University of Melbourne, Australia, salah satu universitas terkemuka dan berada di ranking 50 besar dunia. Woow, keren ya.

Mbak Ophi menjadikan situs www.ophiziadah.com sebagai salah satu penyalur hobbynya dalam dunia tulis menulis. Blog tersebut banyak bercerita tentang parenting, traveling, kuliner, review dan lomba-lomba. Namun dari semua tema tersebut yang paling banyak ditulisnya adalah tema traveling yang mencapai 125 postingan. Pas deh cocok banget buat bacaan saya yang ber-niche traveling.
Dalam kesehariannya, Mbak Ophi bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Pusat Perancangan Undang-Undang DPR RI. Cocok dan sesuai dengan bidang yang dikuasainya yakni mengenai hukum.

Menurut cerita, Mbak Ophi pernah mempunyai blog di multiply (MP). Hehe berasa seangkatan saya karena dulu juga pernah ngeblog di multiply. Sayangnya multiply tutup dan membuat semua warga MP harus hijrah ke blogspot, tumblr, atau wordpress. Saya pun demikian. Hampir semua blogger MP kecewa, banyak yang down dan tidak melanjutkan hobby ngeblognya. Namun lain halnya dengan Mbak Ophi, ia lantas pindah ke blogspot tahun 2012 dan mulai menikmati kegiatan ngeblog pada akhir 2013. Tahun-tahun selanjutnya, jumlah postingan Mbak Ophi sangat fantastis. Pada tahun 2014 dan 2015 saja masing mencapai postingan lebih dari 100 post. Wow. Bisa jadi 1 postingan pada setiap 3 hari sekali. Konsisten banget, padahal sibuknya luar biasa.


Gimana caranya bisa konsisten begitu? Kata Mbak Ophi ini tentang management waktu. Bagaimana mengaturnya sehingga dapat irama yang pas untuk tetap berkarier, ngeblog, dan mengurus tiga buah hatinya. Semua tidak dijadikan beban. Weekdays full time worker, weekend full time mom. Dan waktu ngeblog curi-curi waktu diantara keduanya. Nah ini yang saya belum bisa hihi.

Untuk menjaga agar tetap produktif ngeblog diantara kedua hal di atas, ada prinsip yang dipegang Mbak Ophi, kapan ada ide ya segera tuangkan. Meskipun saat berada di Commuter Line atau kendaraan lainnya. Menurutnya, ngeblog itu sebagai terapi jiwa karena saat menghadapi situasi sulit atau saat pusing menghadapi beban pekerjaan di kantor ternyata ia menjadi relax dan nyaman saat mengalihkan perhatian untuk ngeblog.

Ohya untuk berbagi informasi mengenai hukum yang sesuai dengan bidangnya, mbak Ophi juga mempunyai blog yang khusus membahas hukum. Blognya dikenal dengan nama www.marlekum.net. Marlekum ini singkatan dari Mari Melek Hukum. Alasannya karena ia ingin berbagi sesuatu yang menjadi bidangnya dan ingin mengedukasi pembaca seputar hukum dan perundang-undangan dengan cara yang lebih ringan dan membumi.

Dilihat dari angka-angka matriks seperti alexa dan domain, blog ophiziada.com mempunyai performa yang sangat baik, Alexa rank menembus angka 290-an ribu dengan DA/PA yang juga tinggi.

Yuk yang penasaran boleh meluncur ke akun sosial medianya Mbak Ophi di:

Twitter, @ophiziadah
Instagram, @ophiziadah
Google Plus, +OphiZiadah
Facebook, https://www.facebook.com/ophi.ziadah

8 komentar:

  1. Aku udah beberapa kali meet up saya ka Ophi. Ramahh dan keibuan sekalii beliau itu. Blognya juga update terus jadi ngga heran kalau blognya jadi blog of the month versi KEB :)

    BalasHapus
  2. Salut sama Mba Ophi.. Walau sibuk dgn aktifitas pekerjaan namun ttp semangta ngeblog..

    BalasHapus
  3. Keren deh Mbk Ophi emang kudu manajemen waktu ya

    BalasHapus
  4. Baru tahu, ternyata Mom Ophi pernah kul di Melbourne... kerrreeennn

    BalasHapus
  5. Wah statistik blognya Mbak Ophi keren ya... produktif!

    BalasHapus
  6. Wiih...
    Sukka banget sama blogger produktif dan menginspirasi seperti mba Ophi.

    Kereen..

    BalasHapus
  7. Jangan ditanya sepak terjang prestasi ngeblog mbak Ophi ini emang luar biyasaaah.salut bgt

    BalasHapus
  8. Duh jadi harus makin beresin blog nih :')

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...