Berburu Sunset di Private Tour Batam Escape & Barelang Amazing Trip

Jembatan I Barelang
Minggu sore  21 Agustus 2016, saya dan beberapa orang pemenang lomba Batam Escape dan Barelang Amazing Trip yang diadakan di instagram sudah berkumpul di Restoran Sea Food Air Masin Jembatan II Barelang Batam untuk mengikuti grand launching  paket tour Private Yacht yang akan mengelilingi perairan Barelang selama kurang lebih 2,5 jam. 

#BatamEscape  #BarelangAmazingTrip

Kapal yang digunakan adalah kapal sejenis mini cruise benama De'Boss yang memiliki beberapa ruangan dengan berbagai fungsi, diantaranya ruang karaoke, ruang penumpang, ruang kemudi, ruang mesin (terletak di bagian paling bawah), ruang tidur, dan toilet.  

Menurut regulasi yang pernah saya baca, secara imigrasi kelautan, sebuah kapal itu diperlakukan sama seperti manusia. Harus mempunyai izin masuk ke suatu wilayah/negara. Jadi wajar kalau setiap kapal punya nama dan base tempat asalnya. Seperti kapal yang akan kami naiki yang bernama De'Boss ini. Melihat tulisan di belakang kapal base-nya berasal dari Tanjungpinang.

Rencananya kapal akan berkeliling seputar Jembatan Satu dan Jembatan Dua Barelang melintasi kolong jembatan antar pulau yang menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton dan Pulau Nipah. Kapal juga akan melalui perairan pulau-pulau lainnya seperti perairan Pulau Akar dan Pulau Bali Barelang.

Setelah para peserta tour memasuki kapal, acara sailing trip ini dibuka oleh Dimas Haryo dari Go Vakansi.  Penasaran dengan Go Vakansi? Buka deh websitenya yang bertaburan open trip mengunjungi destinasi-destinasi wisata menarik di Indonesia dengan harga yang terjangkau. 

Dalam sambutannya Dimas menyatakan bahwa dalam trip ini akan ada lomba Ranking 1 dimana para pemenangnya akan mendapatkan berbagai hadiah menarik berupa voucher dan tiket gratis ke Pulau Abang, tiket PP ke Singapura, tiket open trip ke Lombok dan Pulau Komodo, serta  tiket Air Asia PP ke Phuket atau Krabi Thailand. Wow… wow… wow... amazing banget dah. Pasti semua mau jadi pesertanya, ya kaan?

De'Boss

Foto samping kapal

Menunggu kapal berjalan

Ruang kemudi

Perlahan kapal melaju dengan anggun. Deru suara mesin  mulai memenuhi seluruh ruangan kapal. Namun hanya berselang sebentar saja, suara mesin  mulai tersamar oleh dentuman  hingar bingar musik yang berasal dari home theatre yang dibawa oleh rekan-rekan dari Finger Fast Lab.  Iringan musik  ajep-ajep yang membuat  badan peserta tour mendadak gak bisa diam.  Musik dipandu oleh DJ Jacob yang membuka acara dengan riang gembira. 

Di samping para blogger, terdapat juga beberapa orang selebgram Batam yang followernya sudah ribuan bahkan ratusan ribu. Aih maaak mengkerut lah saya dibuatnya. Hihihi. Langsung jiper. Beberapa di antara mereka,  videogramnya  sering digunakan Net TV di acara Ini Talk Show dan The Comment. Walaaah Batam mulai banyak artis nih. Siap-siap ikut tenar juga haha.

Ruang Karaoke

Dimas selaku panitia memberikan kesempatan kepada saya dan teman-teman untuk berfoto-foto terlebih dahulu. Meskipun langit Batam  diguyur hujan deras hampir seharian, Alhamdulillah sore itu telah cerah kembali. Hanya menyisakan langit yang berwarna putih. Namun beruntung laut di perairan ini sangat tenang padahal sempat waswas karena baru saja terjadi kecelakaan perahu terbalik pada penyebrangan Tanjungpinang menuju Pulau Penyengat.  Nah makanya setiap kapal seharusnya disertai oleh perlengkapan keselamatan terutama pelampung.  Untuk kapal  De'Boss ini jangan diragukan lagi deh masalah safetynya. Pelampung/life jacket  sudah tersedia dan mudah dijangkau oleh penumpang jika sewaktu-waktu ombak membesar.

Untuk mendapatkan foto-foto maksimal  spot yang paling kece menurut saya adalah di bagian haluan kapal. Untuk menuju bagian haluan ini, kami harus memanjat ke atap ruang karaoke. Atau kalau berani harus merayapi dinding kiri kanan kapal. Ah yang itu mah serem takut kepeleset, jadi lebih baik lewat atap saja.  Tepat seperti dugaan saya, ketika tiba di sana, pemandangan dari posisi haluan kapal bisa 360 derajat. Woow deh. Apalagi menjelang sore dan sunset mulai tampak menghiasi ujung barat.

Jembatan Barelang

Pulau Akar

Pulau Bali Barelang

Melihat bagian haluan kapal, saya mendadak ngebayangin  adegan Rose dan Jack dalam film Titanic yang fenomenal itu. Wohooo mendadak baper. Lirik kanan kiri tidak ada partner untuk berfoto seperti mereka. Duuuh Mas Leonardo Dicaprionya kemana nih?

Baru duduk sepuluh menit saja, Dimas sudah memanggil-manggil dari bagian ruang kemudi. Kami pun turun satu per satu. Nah ini dia waktunya quis Ranking 1 dimulai. Tak perlu jawab banyak-banyak karena cukup bilang ya atau tidak saja. Mirip quis Ranking 1 di Trans TV yang dipandu Sarah Sechan dan Ruben Onsu.

Dj Jacob dan para fotografer


Peserta quis tegang

Quis dipandu oleh DJ Jacob. Sistemnya siapa yang menjawab salah, tidak dapat ikutan lagi di pertanyaan selanjutnya. Pun siapa yang mendapatkan hadiah tidak berhak lagi memenangkan hadiah lainnya. Biar adil. Terkecuali setelah itu panitia membolehkan semua ikutan lagi karena peserta quis sudah habis. Jadi ada peserta yang hadiahnya dua kali. Yeayy dan itu saya. Alhamdulillah.

Inilah beberapa pemenang quisnya:

  1. Mas Bambang mendapatkan paket trip ke Pulau Abang.
  2. Mas Ahmadi mendapatkan Barelang Amazing Trip untuk 3 orang.
  3. Lina (saya sendiri) mendapatkan voucher potongan harga dan trip ke Pulau Abang.
  4. Joko mendapatkan tiket ferry pulang pergi ke Singapura.
  5. Zikria mendapatkan tiket Air Asia PP ke Krabi Thailand.
  6. Danan Wahyu mendapatkan trip Lombok Pulau Komodo.
 
     Yeaaah horeee Alhamdulillah. Lumayan bisa jalan-jalan lagi bulan depan.

Tak berapa lama setelah quis selesai, trip sailing #BarelangAmazingTrip yang benar-benar amazing ini pun berakhir. Kapal berlabuh di dermaga Sea Food Air Masin. Kami bersama-sama menuju ruang terbuka di halaman restoran dimana pada meja-meja makannya telah tersedia hidangan laut yang menggugah selera. Tepat banget deh, ada masakan kesukaan saya yakni gonggong, sejenis siput laut yang hanya hidup di perairan Kepri. Rasanya kenyal-kenyal dan gurih. Cocok jadi kudapan sore atau camilan sambil nonton televisi. Dihidangkan hangat-hangat dengan saus atau sambal belacan. Endess. Ingat cangkangnya mah jangan dimakan, keras, bikin patah gigi :D

Makan sore apa makan malam? :D

Gonggong

Tak menunggu lama, kalau hidangan sea food begini cepat raib ke perut. Gonggong yang sebanyak itu pun langsung ludes. Makan malam selesai, giliran foto-foto ala foto model professional di spot becak yang berlatarkan Jembatan I Barelang.  Sekalian latihan jadi tukang becak mengasah kemampuan fotografi saya dan teman-teman.

Panitia dan peserta trip
Zikria

Pejalansingle.com

Danan Wahyu

Dian Radiata

Becak yang kosong menunggu kamu. Iya kamu :D

Ingin menghilang sejenak dari Batam dan menikmati sunset trip di Barelang menggunakan mini cruise De'Boss ini? Langsung saja hubungi akun-akun Instagram @Jalanrame2, @Duapao, dan @Govakansi. Atau bisa menghubungi para admin masing-masing yang ramah dan cantik seperti Choty di 081536652345, Hanna Ester di 085265558303 atau langsung ke website govakansi di www.govakansi.com

Di postingan ini juga saya ingin mengungkapkan rasa salut untuk anak-anak muda Batam dari JalanRame2, DuaPao, dan Govakansi yang mempunyai ide-ide kreatif dalam memajukan pariwisata di Batam secara nyata. Yuk dukung anak muda jadi enterpreneur sejati!

Cusss liburan jangan ngantor mulu :D





36 komentar :

  1. asik pejalansingle.com ada makakasih teh lina

    BalasHapus
  2. Kok bisa dapat kursi kosong, perasaan penuh terus ^_^

    BalasHapus
  3. Cuss liburan! Jangan ngantor mulu, kaya juga enggak :D
    Beneran salut ama mereka ya teh.. Yang muda, berani, kreatif, dan berbahaya ;)

    BalasHapus
  4. Tripnya seru habisssssss. Pengen lagi !

    BalasHapus
  5. becaaak..tunggu akuu yaa..
    jangan dulu narik sebelom aku datang.

    senengnya ya Mba piknik truss, btw itu jembatannya kece banget. Perjalanannya kuga seru, bener2 trip yang bikin mupeeng...

    BalasHapus
  6. Aku jd pengen lah pindah batam klo kek gini..blogger2 nya diajakin jalan2 trrus. Seruuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk jalan-jalan ke negara tetangga loh Mbak. Sini pindah Batam :D

      Hapus
  7. maju terus wisata batam dan kepri, agar pelancong yang masuk semakin banyak datang ke batam .... dan buat kak danan...selamaatt yaaaaaa..pulau komodo dan lombok menanti....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ih aku mah envy sama Kakak satu itu. Lucky bener.

      Hapus
  8. Wahh, Mak bikin ngiler banget sailing tripnya *mupeng. Dapat dua hadiah dari quiz ranking 1 lagi. Semoga travelingnya selalu menyenangkan dan ada hikmah dibalik keseruannya ya.

    Salam kenal, saya Rindang blogger dari Kalimantan Selatan.

    BalasHapus
  9. Hoaaaa hadiahnyaaaaa. Mas Danaaan ajak aku bertemu sodara di sana *si komo hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau gak sih Yan, Mas Mas satu ini menang hadiah mulu. Envy kan jadinya.

      Hapus
  10. daku jalan2 belum jauh seperti mbak, batam jos ia dket juga sama negara tetangga tinggal naik kapal nanggung kalo gak mampir.. jadi pengen ke batam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo sini main ke Batam banyak pulau untuk di-explore.

      Hapus
  11. waah... seru mba... jadi penasaran sama govakansi, kalau ada penawaran murah hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek di websitenya Mbak banyak trip jalan yang terjangkau kaki dan juga kantong :D

      Hapus
  12. Aku pengen banget ke Batam tapi sampai sekarang belum kesampean, mba. kalau mau nyebrang ke Singapura enak. Hihiii. Senang sekali kalau ada promo dari Govakansi ya mba :)
    benar2 pengalaman yang menyenangkan ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah iya menyenangkan Mbak. Sini main ke Batam kita nyebrang ke Singapura.

      Hapus
  13. Nggak pernah karaokean di kapan kayak gini, huaaaa pingin.
    Hai becak, tunggu aku nongkrong disana :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru nih Mbak, kami gak karaokean tapi joget ajep-ajep :D

      Hapus
  14. Mas danan wahyu tuh emang teladan. menanng lomba hadiahe ngetrip mulu.
    plis ajakin aku ke Batam. aku pengen.
    mba, kalau boleh saran. fotonya kasih yg gede2 dong. eman2 e. sudah keren gini tulisannya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu Mas. Dia emang pejuang lomba dan quis hunter haha.

      Hapus
  15. Seruu banget nih bisa menlintasi Jembatan Balerang, duh jadi ingin bergaya ala ala di atas yatch itu hahaha. Btw dari dulu penasaran banget dengan rasa gonggong. Semacam escargot kah kekenyalannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gonggong itu rasanya gurih kenyal seperti daging.

      Hapus
  16. Semula tahun ini mau liburan ke batam keluargaku Lina. Eh..batal. Padahal dag berencana mo nyari kamu tadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa Mbak. Mau ketemuan dong. Sini plan lagi buat ke Batam.

      Hapus
  17. Ah Sumatera masih tertinggal di wishlist doang belum tercantum di schedule... ayo2-ayo semangat ke sana..

    BalasHapus
  18. gonggong itu kerang ya teh, atau siput, seger liatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak sejenis siput. Enak rasanya kenyal-kenyal gurih.

      Hapus
  19. so amazing....arggghhhh kangen bataaaam <3

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita