Monday, May 30, 2016

Merencanakan Libur Lebaran Bersama Pegadaian

Bulan Ramadhan segera tiba. Berbagai persiapan menyambut Ramadhan yang penuh berkah mulai tampak di sana sini. Yang paling kentara sekali adalah iklan sirup, sarung, dan cat tembok yang hampir tiap menit menghiasi layar televisi. Apa ada hubungannya enggak sih? Jelas ada dong. Sirup termasuk minuman favorit untuk buka puasa sementara sarung biasa digunakan untuk sholat tarawih atau idul fitri, nah sedangkan cat tembok untuk mengecat rumah menjelang lebaran agar tampak baru. Tidak saja baju yang baru tapi penampilan dinding rumah pun harus ikut baru. Ya begitulah serba-serbi menjalang puasa sebelum berganti menjadi berita mudik  dan kemacetan di Nagrek dan tol Cikampek.  


Sumber Foto: sahabatpegadaian.com

Friday, May 27, 2016

Mengisi Sepotong Senja dengan Afternoon Tea di Barletta Dining & Lounge Da Vienna Boutique Hotel


Rintik hujan yang tercurah seharian telah luruh membasuh sepotong senja yang enggan berpayung dengan lembayung. Gelayut awan hitam menutup benderang di awang-awang. Kapal-kapal di perairan, mulai berlabuh mengikat sauh seraya bersandar melempar jangkar. Di jalanan pulau Batam, kendaraan berlalu-lalang. Tak hiraukan hujan, tak hiraukan kemacetan yang bahkan datang menghadang.


Saya berhenti di satu simpang. Berjalan menyisir trotoar yang basah tersimbah hujan. Da Vienna Boutique Hotel. Dari jauh sebaris tulisan di ketinggian sebuah gedung memecah ketakutan akan kata “Nyasar”. Saat mendekat, tampak sebuah bangunan yang tinggi dengan dinding-dinding kaca dan keramik yang modern.

Monday, May 23, 2016

60 Travel Blogger Indonesia Berdasarkan Peringkat Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Domain Authority (DA) adalah sebuah angka matrik antara 1-100 yang dikembangkan oleh MOZ yang memprediksi seberapa baik (populer) sebuah website di mesin pencari seperti google, bing, dan yahoo. Sedangkan Page Authority atau PA adalah angka pada skala 1-100 poin yang dikembangkan Moz yang memprediksi seberapa spesifik sebuah halaman tertentu akan di-ranking dalam mesin pencari.

Seberapa pentingkah blogger mengetahui tentang DA dan PA? Bagi saya penting pakai banget jika kita mau beralih menjadi Blogger Profesional. Beberapa brand, advertiser, agensi, dan pemberi job review kerapkali menggunakan standar DA dan PA untuk menentukan rate blogger. Seringkali saya ditodong agensi dengan besaran angka sekian ratus ribu rupiah karena DA hanya 25. Alhamdullilah masih ratusan bukan puluhan ribu yakan?

Nah meski iseng, saya membuat postingan ini serius. Iseng tapi serius itu bagaimana sih? Halaah dibahas. Karena penasaran ingin mengetahui siapa saja Travel Blogger keren di Indonesia yang masuk jajaran Top 1 - 100 akhirnya saya buat list.Dan proyek udah mandek berbulan-bulan tidak selesai-selesai. Maka sementara ini saya baru selesai buat 60 saja. 

Friday, May 20, 2016

Blogger's Day Bersama Harris Hotel Batam Center

Minggu 15 Mei 2016 saya bersama rekan-rekan dari Komunitas Blogger Kepri mendapat kehormatan menghadiri undangan khusus dari dua hotel sekaligus yakni Harris Hotel Batam Center (HHBC) dan Harris Resort Waterfront Marina yang selanjutnya saya sebut Duo Harris. Karena memang spesial, maka hari itu pun disulap namanya oleh Duo Harris menjadi Blogger’s Day. Harinya para Blogger. Yeaay. Bahagia sekali eh berkali-kali. Ini moment dimana kami merasa penting dan sangat dihargai sebagai seorang Blogger. Selain Blogger Kepri (BK) beberapa perwakilan dari media lokal juga diundang seperti dari koran Sindo, Batam Pos, Tribun, Batam News, dan  televisi lokal.

Dengan menaiki angkutan kota sejenis mini bus (bis tiga perempat) berwarna biru yang melalui trayek  Dapur 12 - Batu Aji – Batam Center – Pasar Jodoh, saya bersama Chila pagi itu sudah duduk manis di samping pak supir yang sedang bekerja. Mengendarai kuda mobil supaya baik jalannya. Tak tik tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuuuk. Loh kenapa jadi kayak lagu anak-anak gini ya? Hahaha.

Monday, May 16, 2016

Panorama Pantai Santolo Garut

Setiap pulang kampung ke Garut, tak pernah bosan untuk tetap meng-explore lokasi-lokasi wisata yang menarik yang ada di Kabupaten Garut. Baik berupa wisata alam seperti gunung, air terjun, pantai maupun wahana permainan buatan.

Salah satu lokasi wisata yang sudah saya rencanakan untuk dikunjungi adalah pantai-pantai di pesisir selatan Garut yang terkenal dengan ombaknya yang cukup ganas. Terang saja karena pantai-pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia yang sangat luas. Pantai Santolo adalah salah satu pantai dari jejeran pantai di pesisir selatan ini.

Tepat sepuluh tahun yang lalu saya bersama mantan pacar yang kini sudah jadi ayahnya Chila :D beserta gank rombongan teman-teman pendaki gunung dari Jakarta, mengunjungi Pantai Santolo. Ya kali-kali pendaki gunung mainnya ke pantai kan, nggak ke gunung melulu.

Karena jarak yang lumayan jauh, sekitar dua jam perjalanan dari rumah orang tua saya di Kecamatan Sukaresmi, dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok mirip ular naga, perut saya mendadak melilit, kembung, begah, nano-nano dah rasanya.Mungkin masuk angin atau gejala mabuk kendaraan.

Pantai Santolo Garut
Foto Pantai Santolo ini pernah dipamerin dalam acara Salon Foto loh

Thursday, May 12, 2016

Jangan Lupa Membawa Aneka Gadget Ini Ketika Berlibur

Rasa penat yang datang karena rutinitas seketika sirna ketika sedang merencanakan travelling. Memang seru sekali ya kalau bisa meluangkan waktu untuk rileks sejenak. Apalagi bila destinasi travelling yang akan dikunjungi sudah lama menjadi daftar tempat yang diimpikan.

Tak sekadar berjalan-jalan di destinasi wisata, setiap momen seru juga wajib diabadikan dengan sempurna. Selain itu, mengatur pekerjaan jarak jauh kini juga tak lagi sulit berkat kehadiran aneka gadget canggih. Supaya aktivitas travelling makin menyenangkan, jangan sampai beberapa gadget ini luput dari daftar barang bawaan :

Kamera Digital

Bila belum memiliki kamera DSLR, bawa saja kamera digital. Kini kamera digital bisa menghasilkan kualitas gambar yang tak kalah dengan DSLR. Di samping itu, kamera digital juga unggul karena ukurannya yang mungil dan tak membuat barang bawaan jadi terasa berat. Simpanlah kamera digital di dalam tempat yang tepat agar tidak mudah rusak atau raib selama travelling. 


Wednesday, May 11, 2016

Flying Without Limit Ala Afifah Mazaya

Tastilicious foto: Afifah Mazaya
Blog Review dalam rangka arisan di Komunitas Blogger Perempuan  kali ini jatuh kepada blog yang berjudul Flying Without Limit empunya Afifah Mazaya. Sebelum mengenal dan stalking akun facebook serta blog Afifah Mazaya (saya panggil Fifah saja karena begitulah ia dipanggil), saya sempat ragu dan takut salah orang. Terutama takut salah tertukar dengan novelis produktif asal Solo, Mbak Afifah Afra. Semula sempat menduga Mbak Afifah Afra yang pernah bertemu saya di Batam saat road show penulis-penulis penerbit Indiva ganti nama. Hehehe. Eh setelah ditelusuri ternyata bukan. Syukurlah. Jadi nambah kenalan dan teman lagi. Punya teman dua Afifah :D

Tuesday, May 10, 2016

Tips Packing Travel yang Baik

Sumber Foto: www.discoveringtravel.net
Travelling  merupakan aktivitas yang sering kita lakukan untuk menghibur diri kita sendiri, dengan cara travelling atau berpergian ke suatu tempat membuat diri kita menikmati kesenangan yang dilakukan dalam melakukan perjalanan. Travelling juga menjadi solusi untuk menghilangkan rasa stress yang diakibatkan dari segala aktivitas keseharian kita dalam berkerja. Namun terkadang, dalam travelling kita sering lupa membawa benda-benda yang dibutuhkan dalam perjalanan. Sehingga, perjalanan yang kita harapkan tidak sesuai dengan rencana. Oleh karena itu, sebelum melakukan travelling kita perlu menyiapkan segala sesuatunya dangan benar dan terencana. Berikut beberapa tips packing yang bisa kamu lakukan sebelum melakukan travelling :

Friday, May 6, 2016

Berburu Perlengkapan Mendaki Gunung di Pasar Seken Aviari Batam

Salah satu pintu masuk pasar seken Aviari
Pasar Seken Aviari digadang-gadang telah menjadi pasar seken terbesar di Batam mengalahkan pasar seken lainnya. Salah satunya pasar seken Tanjung Sengkuang yang bertahun-tahun lalu begitu terkenal seantero pulau Batam.

Awal tahun 2000an pasar seken Aviari hanya berupa kompleks ruko-ruko kosong Pertokoan Cipta Prima yang sepi pengunjung. Bahkan di beberapa blok dijadikan sarang burung walet. Namun secara perlahan terlebih dalam 8 tahun terakhir kompleks rumah toko ini mulai ramai dan dibanjiri pembeli dari berbagai wilayah di Batam bahkan luar pulau.

Apa yang menarik warga Batam dari berburu barang-barang seken ini? Yang pertama tentu saja harga. Kedua adalah kualitas barang. Bagi yang benar-benar menginginkan suatu barang dan tidak mempunyai uang yang cukup untuk membeli baru, maka pasar seken adalah solusinya. Pun yang menginginkan barang-barang branded berkualitas dengan harga yang relatif murah maka di pasar seken Aviarilah tempatnya. Jeli-jelilah dalam memilih karena selalu ada saja barang bagus yang terselip di antara barang lainnya yang memenuhi tumpukan rak atau kaca. Beberapa barang tersebut dijual dengan harga murah-meriah. Namun terkadang ada penjual yang sudah tahu barang bagus sehingga memberikan harga tinggi untuk merk dan jenis barang tertentu.


Para pedagang di Aviari memperoleh barang yang akan dijual dengan cara membeli berkarung-karung barang dari kontainer. Kontainer ini datang beberapa hari sekali dari Singapura. Istilah beli kucing dalam karung ternyata memang berlaku dan terjadi di sini. Contohnya saja untuk pedagang mainan, saat membeli sekarung mainan seharga 370 ribu rupiah mereka tidak mengetahui mainan apa saja yang dibeli dalam karung tersebut. Bisa saja boneka, robot-robotan, CD, frame foto, lego, atau bahkan jika pedagangnya beruntung ada barang-barang elektronik seperti laptop yang didapatkan dari karung.

Barang-barang yang dijual di pasar seken Aviari sangat beragam. Mulai dari pakaian (semua produk fashion dari bayi hingga dewasa), furniture, perlengkapan dapur, mainan, perlengkapan olahraga, termasuk beberapa perlengkapan menyelam dan mendaki gunung. Nah yang terakhir ini menjadi incaran favorit saya dan suami selain kadang berburu mainan edukatif untuk Chila. Dulu sering berburu ke Aviari ini karena tidak ada toko khusus yang menjual peralatan mendaki gunung di Batam. Kalau pun niat beli baru ya harus pesan ke Jakarta atau sedikit nyebrang ke Singapura. Lah mahal di ongkos.

Hasil perburuan di Seken Aviari
Meskipun sekarang sudah mulai bermunculan beberapa toko perlengkapan outdoor di Batam, kami masih tetap berkunjung ke Aviari Seken. Kalau tidak ada acara jalan-jalan ke pantai, island hopping, arisan, atau sepedaan, biasanya setiap weekend sore-sore, kami jalan keliling-keliling di Aviari ini. Dari rumah jarak Aviari Seken ini hanya 5 menit saja dengan menaiki sepeda motor. Ya pantes sih ya kami wara-wiri ke sana terus hehe.

Nah, kalau sedang beruntung ada saja barang bagus yang bisa dibeli dengan harga murah. Tidak semua barang yang dijual di sana barang secondhand alias barang bekas. Ada juga yang baru yang masih terbungkus rapi dengan label masih tertempel. Harganya tetap saja agak miring dikit dibanding harga toko atau mal.

Beberapa diantara perlengkapan mendaki gunung yang pernah kami beli diantaranya seperti sleeping bag, jaket gunung, nesting, trangia, dan sepatu gunung. Perlengkapan daki gunung ini dijual dengan harga yang terbilang murah. Untuk jaket ultra light Uniqlo saja bisa dibeli dengan harga sekitar lima puluh hingga sembilan puluh ribu rupiah dengan kondisi 80-90% terlihat good looking lah.

Yang paling saya sukai dari hasil perburuan barang seken di Aviari ini adalah sepatu gunung merk Line 7 buatan Perancis (Sepertinya sepatu gunung merk ini sudah tidak diproduksi lagi). Luarnya kokoh, macho, warnanya kalem, permukaan di dalamnya lembut, nyaman, dan jika terkena hujan atau nyebrang-nyebrang sungai kecil, tidak kemasukan air. Hingga saat ini sudah lebih dari 8 tahun si sepatu ini bersama saya, namun bagian alasnya masih tetap bagus dan tidak licin di permukaan tanah.

Dipakai ke gunung Bromo dan Semeru, Jawa Timur


DIpakai ke gunung Tambora, Sumbawa, NTB

Kadang ada juga ransel gunung seperti deuter, TNF, timberland, mountain hardware, dan banyak lagi yang lainnya. Hanya saja jumlahnya sedikit dan tidak tentu.Kadan ada kadang habis. Tergantung suply dari kontainer.

Yang minat hunting dan berburu barang seken lainnya pun bisa datang ke pasar ini kok. Letaknya berada tepat di Plaza Aviari.

Bagaimana menuju ke sana?
  1. Dari Batam Center bisa menaiki bis tiga perempat atau lebih dikenal dengan sebutan Bimbar yang berwarna biru atau bis PPD (bus waynya Batam) jurusan Batam Center - Batu Aji, lalu minta diturunkan di simpang menuju Aviari. Dari simpang tersebut menyebrang jalan danberjalan kaki menuju plaza aviari kira-kira 7 menit. Kalau malas berjalan kaki ada mobil angkutan sejenis suzuki Carry yang hilir mudik menuju Aviari. Tinggal naik saja. Ongkos bis ke Simpang Aviari hanya 5.000 rupiah.
  2. Dari Nagoya dan Pasar Jodoh naik Bimbar berwarna merah dan minta diturunkan di Simpang Aviari. Selanjutnya sama dengan nomor satu di atas. 
  3. Dari Muka Kuning (Kawasan Industri Batamindo) naik angkot sejenis suzuki carry jurusan Muka Kuning - Aviari dan turun langsung di Plaza Aviari. Tinggal menyebrang sudah tiba di pasar Seken Aviari.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...