Tuesday, March 14, 2017

Workshop Belajar SEO Blogger Kepri di D'Merlion Hotel Batam


Komunitas Blogger Kepri kembali mengadakan kegiatan yang banyak diminati oleh anggotanya. Hampir tiap bulan mengikuti piknik dan jalan bareng, maka kali ini ingin membahas dan mengadakan sendiri acara yang lebih serius. Yang tidak jauh-jauh dari dunia blogging.

Karena semua hampir penasaran dengan apa dan bagaimana SEO, maka tema yang kita ambil pun tak jauh-jauh dari bahsan tersebut. Kali ini karena ingin benar-benar belajar dengan sungguh-sungguh, maka peserta dibatasi hanya 40 orang. 

Danan Wahyu dan Dian Radiata, dua orang admin selain saya di komunitas ini berpendapat bahwa belajar yang efektif itu sebenarnya tidak lebih dari 30 orang. Maka meskipun anggota Blogger Kepri berjumlah lebih dari 400 orang dan mengingat budget yang terbatas, maka kami memutuskan hanya 40 orang saja yang bisa ikut workshop. dengan sistem siapa cepat dia dapat.

Bertempat di D'Merlion Hotel, maka pada 19 Februari 2017 yang lalu Blogger Kepri sukses menggelar acara Workshop dengan tema "Belajar SEO - Panduan untuk Pemula dalam Memahami dan menerapkan SEO". 

Bang Ammar sedang diwawancara kru iNews Tv.

Kami mengundang Ammar Satria seorang praktisi di bidang Multimedia. Ia juga merupakan salah seorang Direktur Perusahaan Multimedia Fingerfast Laboratory dimana perusahaan ini mengembangkan beberapa aplikasi seperti Wonderful Kepri, Wonderful Bintan, Kota Tanjung Pinang, dan aplikasi lainnya.

Acara berlangsung lancar dan dikonsep interaktif. Ada beberapa blogger yang maju ke depan untuk dikupas dan dikuliti secara mendalam blognya. Salah satu blogger yang maju ke depan adalah Choty pemilik blog piknikcantik.com

Choty si pikniker yang cantik

Choty sendiri diminta Bang Ammar Satria ke depan karena ia penasaran kenapa Choty seringkali jalan-jalan ke luar negeri. Jangankan Bang Ammar, kami saja heran kenapa Choty sebentar-sebentar ada di kota lain dan bahkan negara lain. Seringkali kami menganggap Choty banyak uang dan anak orang kaya atau punya pacar yang mampu membiayainya traveling jauh dan sering-sering ke luar negeri.

Dalam dua tahun terakhir saja saya mengamati Choty berada di Taman Nasional Komodo NTT, Bali, Lombok NTB, Bromo Jawa Timur, Bandung Jawa Barat, Solo Jawa Tengah, Jogjakarta, Jakarta, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, China, Turki, dan Georgia. Ya ampuuun, bahkan cuti saya dalam dua tahun terakhir saja baru menjalani dua tempat yang disebutkan di atas. Itupun dengan biaya yang tidak sedikit. 

Semua dugaan kami tentang Choty terbantahkan saat ia mulai bercerita bahwa ia jalan-jalan dengan budget sedikit. Ia sering begadang malam-malam demi mencari tiket promo Air Asia yang murah. Salah satu contoh yang saya ingat ia ke Lombok hanya dengan 12 ribu rupiah dan tiket pesawat ke Vietnam hanya 42.000 rupiah. Bayangkan deh. Siapa yang tidak ingin mendadak cuti mendapatkan tiket semurah itu.

Kembali ke tema workshop. Lalu bagaimana cara agar tulisan-tulisan blog kita muncul di halaman pertama google? Apa saja yang harus diperhatikan dalam pengoptimalan SEO?  Berikut poin penting secara garis besar yang saya tangkap:

1. Buatlah judul laman yang unik dan akurat. Deskripsikan konten laman dengan akurat dan pilih judul yang menyampaikan topik konten laman dengan efektif. Buat tag judul unik untuk setiap halaman dan gunakan judul yang singkat namun deskriptif.

2. Menggunakan meta tag deskripsi. Meta tag dapat berupa kalimat,  paragraf pendek, atau  dua paragraf. Kenapa begitu? Karena Meta tag ini memberikan google dan mesin pencari telusur lainnya sebuah ringkasan mengenai suatu halaman.

3. Tingkatkan struktur URL blog kita. URL yang mudah dipahami akan menyampaikan informasi konten dengan mudah. URL yang relevan akan memberikan informasi yang tepat. Gunakan kata dalam URL, hindari penggunaan kata yang panjang atau kata kunci yang berlebihan.

4. Buatlah situs agar lebih mudah dinavigasi. Navigasi situs web sangatlah penting bagi mesin telusur. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk menuju ke konten yang diinginkannya dengan tepat.

5. Buatlah konten yang unik dan segar. Pada akhirnya kembali ke penulis itu sendiri. Seberapa besar ia mempunyai konten yang bermanfaat dan layak dicari oleh orang lain.

Nah karena saya menyimak paparan Bang Ammar sambil wara-wiri ngurusin ini itu, maka agak sedikit tertinggal.


Sekilas Tentang D’Merlion Hotel

D’Merlion Hotel merupakan hotel bintang 3 yang terletak di Jalan Marina Batu Aji Batam. Letak hotel ini berada di depan kawasan Perumahan Merlion Square dengan memanfaatkan bangunan satu blok berlantai 4 yang memanjang. Pada awalnya bangunan ini diperuntukkan sebagai ruko, namun pada perkembangannya langsung disulap dan dipoles dengan apik menjadi sebuah hotel yang cantik.

Resepsionis
Lobby dengan kursi yang unik


Lobby yang luas dengan kursi-kursi yang unik dan empuk membuat siapa pun yang barada di sana malas untuk beranjak. Apalagi televisi flat screen berukuran besar tersaji di salah satu dinding  lobby.

Dengan bangunan 4 lantai yang luas, tak heran D’Merlion Hotel memiliki jumlah kamar yang banyak. Untuk tipe standard room saja terdapat 54 kamar dengan queen bed sebanyak 22 kamar, dan twin bed sebanyak 32 kamar. Sementara untuk Superior room mempunya 39 kamar dengan tempat tidur ukuran Queen. Adapun deluxe room terdapat 15 kamar. Seluruh kamar dilengkapi dengan akses free wifi. 

Selain kamar-kamar yang nyaman untuk ditempati, fasilitas lainnya yang terdapat di D’Merlion adalah restoran, Café, meeting room, De Ratu Spa & Beauty, dan pusat kebugaran.


Berada di dekat dengan kawasan industri baik elektronik maupun galangan kapal, hotel ini cocok bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan bisnis terutama yang sedang dalam perjalanan dinas ke wilayah Batam dan sekitarnya. Selain itu D’Merlion Hotel de
kat dengan lokasi wisata Pantai Marina yang hanya berjarak sekitar 5 menit, dan 15 menit ke Pelabuhan Internasional Sekupang Batam. 

Acara workshop diakhiri dengan foto bersama dan hotel tour. Melihat-lihat kamar dan berbagai fasilitas lainnya di D'Merlion Hotel.

Acara selesai, saya dan beberapa teman tidak langsung pulang melainkan memesan steamboat di cafe D'Merlion. Kebetulan sedang ada promo seharga 100.000 rupiah untuk 4 orang. Selain itu ada blogger baik hati yang pernah berazzam akan mentraktir kami jika page viewnya mencapai 100.000 views. Wow deh. Padahal blogger yang satu ini baru beberapa bulan saja ngeblog. 

Saat bahan-bahan steamboat dihadirkan di atas meja, saya bengong karena bahannya banyak banget. Sayuran dan berbagai bahan daging lainnya tampak ditata rapi di piring besar. Dan setelah diolah di atas kompor lalu dituangkan ke masing-masing mangkuk kami, endess.... lumayan bisa kenyang hingga malam hari. Alhamdulillah.

Baca juga nih: Review Hotel Mewah Best Western Premier Panbil yang baru saja dibuka di Batam.





51 comments:

  1. Replies
    1. Insya Allah akan ada lagi Roy. Tapi belajar yang bener ya :D

      Delete
  2. Ah sayang sekali waktu itu aku gak ikutan workshopnya sampai selesai, jadi banyak ketinggalan materi dari Bang Ammar juga nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang banget Lia udah kabur duluan :D

      Delete
  3. Terimakasih admin,..sdh mengadakan belajar SEO..

    ReplyDelete
  4. Asik juga kali kalo sering sering bikin acara kayak gini.
    Bisa nambah ilmu sama nambah wawasan soal ngeblognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga acara kayak gini bisa diadakan minimal sebulan sekali.

      Delete
  5. semoga kapan kapan bisa bikin acaraa gini lagi ya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ra. Semoga aja ya. Biar wawasan dan pengetahuan kita juga bertambah.

      Delete
  6. Blog saya belum sempat digarap secara menyeluruh sesuai dengan SEO yang diajarkan, terutama tentang struktural konten supaya mudah navigasinya... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga pengen buat secara struktural gitu. Tapi belum sempat ngulik Mbak.

      Delete
  7. Info yg bermanfaat mba.. Coba klo bisa ikut belajarny lgsg ya kmrn

    ReplyDelete
  8. Padahal sering lewat batuaji-tanjung uncang tapi ngak ngeh kalo ada hotel bagus di daerah sana,

    ReplyDelete
  9. untung bang amar ngga tahu kalau choty baru jomblo , bisa jadi bahan wawancara juga tuh wkakakkaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak...dia taunya yang jomblo itu dirimu Nan :D

      Delete
  10. setelah workshop ini makin rajin, banyak ilmunya.. btw pipiku tembem kali teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rajin-rajin Dek biar nambah teman nambah rejeki.

      Tembem artinya Choty bahagia. Alhamdulillah :D

      Delete
  11. Nyesel ga ikutan, info SEOnya bermanfaat sekali teh lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang ih, sepertinya Annisa telat daftar.

      Delete
  12. Moga bisa ke Batam lagi ah, biar bisa belajar bareng dan ketemu BK lagi :)
    aamiin kan ya teh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin. Sini Sil. Batam masih menanti dirimu :D

      Delete
  13. Seru ya workshopnya.
    Htw itu tiket 12 ribuan aja???
    Aduuh, udah minta ajarin belum Mak sama mbak Choty-nya? Aku mau diajarin jg hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah katanya cari tiket promo tengah malam haha.

      Delete
  14. Makin berkibar ya mba Blogger Kepri, seru deh. Semoga Blogger depok bisa mengikuti jejaknya 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger Depok malah lebih keren. Banyak senior blogger.

      Delete
  15. Masih kurang ngelmunya teh..mudah-mudahan dalam waktu dekat ada lagi ya teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih kurang nih Yung. Mofa-moga bulan depan kita free jadi bisa ngadain lagi.

      Delete
  16. Hem... Buat saya yang tulisan blog cuma curhatan doang boro2 tampil di halaman pencarian, kayanya si gugel bakalan malas ngedetek nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan salah Teh, blog curhat juga banyak yang nyari kalau keywordnya tepat, haha.

      Delete
  17. nyimak... belum lihai bikin post yang seo..makasih sharingnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Nova. Moga sedikit membantu.

      Delete
  18. Yang paling susah buat aku adalah membuat konten yang unik dan segar nih. Kadang jadinya yaa gitu ajaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Susah banget. Hanya semangat menulis aja.

      Delete
  19. Bagus sekali Mbak sangat bermanfaat bisa diadopsi untuk Tapis Blogger. Thanks ya

    ReplyDelete
  20. Pengen piknik lagi di hotel ini. Mau cobain, steamboatnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga Bang Uma, pengen steambotnya :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...