Wednesday, June 14, 2017

Pulau Padar Salah Satu Pulau Paling Terkenal di Linimasa Instagram

Pulau Padar
Pulau Padar

Pulau Padar merupakan salah satu pulau dari gugusan kepulauan di Taman Nasional Komodo (TNK) yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau terbesar ketiga di TNK setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca ini makin populer setelah foto-foto pemandangan cantiknya bertebaran di linimasa media sosial terutama Instagram. 

Pulau Padar mempunyai luas 14,09 kilometer persegi dengan tumbuhan savanna  yang memenuhi hampir seluruh kontur permukaannya. Selain savanna terdapat pohon lontar (Borassus frabellifer) yang dominan hampir di seluruh pulau-pulau di Taman Nasional Komodo. Tumbuhan lainnya yang hidup di Pulau Padar adalah sejenis pohon-pohon seperti rotan, bambu, asam, kepuh, bidara, dan bakau.

Adapun hewan yang terdapat di Pulau Padar yang terutama adalah beberapa ekor komodo (Saya mendengar dari penuturan pengunjung dan awak kapal yang menyatakan bahwa ada 5 ekor komodo di Pulau Padar), berbagai jenis burung seperti elang, alap-alap, gagak, pergam, perkutut jawa, burung gereja, sesap madu, kuntul, serta walet. Sedangkan beberapa spesies reptil diantaranya adalah ular hijau, ular watok, ular lidi, gecko, penyu hijau, dan penyu sisik. Hewan lainnya terdapat rusa dan kalong buah.

Jika berkunjung ke Pulau Padar dan pulau-pulau di sekitar Taman Nasional Komodo, perlu memperhatikan dan menta’ati hal-hal dan larangan seperti jangan membuang jangkar, dilarang merokok selama trekking agar menghindari terjadinya kebakaran karena savanna sangat mudah terbakar, dilarang berburu satwa karena semua satwanya sudah dilindungi oleh negara, tidak boleh membuang sampah sembarangan, dan tidak boleh menyalakan api karena tentu saja memicu terjadinya kebakaran.

Sesaat tiba di perairan Pulau Padar yang dipenuhi kapal-kapal berbagai ukuran

Pelabuhan di Pulau Padar

Menuju Pulau Padar dapat dicapat dengan menyewa kapal dari kota pelabuhan terdekat, yakni Labuan Bajo yang terletak di ujung barat Pulau  Flores. Sudah ada penerbangan langsung menuju Labuan Bajo dari Jakarta, Bali, dan Surabaya. Maskapai yang melayani rute ini ada Garuda, Sriwijaya, Lion Air, dan NAM Air.

Dari pelabuhan lokal Labuan Bajo, kita dapat menyewa berbagai jenis tipe kapal mulai dari kapal kecil seperti kapal open deck, speed boat, kapal kabin, hingga kapal pinisi. Harga sewa kapal tergantung nego dan kesepakatan para pemilik kapal dengan si pengguna. Misalnya saja untuk kapal kecil dengan kapasitas 8 orang, biaya sewa mencapai 2,5 juta untuk penyewaan selama 2 hari 1 malam dengan fasilitas hanya air minum saja. Sedangkan makan selama perjalanan ditanggung sendiri. Untuk kapal kabin harga variatif tergantung jumlah orang yang dibawa. Rata-rata mencapai sekitar 7-8 jutaan untuk trip 2 hari 1 malam. Untuk satu hari tour bisa negosiasi lagi.

Jarak tempuh Labuan Bajo menuju Pulau Padar dengan kapal kabin sekitar 3,5 jam dengan ombak dan angin yang tenang. Jika ombak dan angin ribut, kecepatan tentu lebih lama lagi. 

Saat tiba di Pulau Padar, kapal-kapal besar seperti kapal kabin tidak bisa merapat karena bisa kandas. Maka untuk mencapai daratan Pulau Padar, pengunjung berganti dengan menggunakan kapal kecil (boat) untuk merapat ke dermaga pulau yang hanya berupa pelantar atau jembatan apung.

Pulau Padar
Pantai dan pelabuhan Pulau Padar dari ketinggian


Dari titik ini pendakian menuju bukit di ketinggian Pulau Padar pun dimulai. Beruntungnya sudah terdapat tangga dari kayu yang memudahkan pengunjung untuk menaiki sadel antara dua bukit.

Pulau Padar
Tangga menuju sadel antara dua bukit

Meniti tangga berdua

Jalur belokan sadel ke sebelah kiri

Pulau Padar
Rumput yang gersang membuat warna semakin dramatis

Dari sadel ini pengunjung bisa memilih jalur ke kiri atau ke kanan. Namun lebih umumnya berbelok ke bukit-bukit di sebelah kiri dengan pemandangan seperti yang banyak terlihat di berbagai foto-foto Pulau Padar di Instagram. Jarak tempuh untuk mencapai ketinggian juga variatif antara setengah hingga 1 jam. Tergantung kecepatan masing-masing pengunjung. Akan lebih lama lagi jika baru beberapa langkah selalu berfoto atau berselfie dan berwefie ria :D

Para pengunjung Pulau Padar beristirahat sambil menikmati pemandangan
Pantai di sisi kiri berombak besar

Masih ada yang lebih tinggi lagi :(

Saya di antara para gentleman :D
Per hari ini, ada sekitar  26.144 foto dengan penggunaan tagar #PulauPadar di Instagram. Itu artinya pulau ini makin menunjukkan eksistensinya di kalangan para pejalan dan pengunjung Taman Nasional Komodo. Bahkan bagi sebagian kalangan, berfoto di titik tertinggi Pulau Padar dengan pemandangan lekukan tiga pantai adalah hal wajib yang masuk dalam salah satu daftar daftar keinginan yang harus dicapai.

Lalu apakah Pulau Padar termasuk ke dalam salah satu wishlist kamu teman? Yuk ke Pulau Padar.  Yuk ke Labuan Bajo!








15 comments:

  1. Iya Labuan Bajo heitss banget! Kalau saya,mjadi penasaran sama pohon lontar Teh. Seinget saya, Kan zaman Rasulullah pelepahnya bisa dipakai untuk menulis suhuf2 Alqur'an. Belum pernah lihat langsung gimana sih bentukan pohonnya.

    ReplyDelete
  2. Ini masuk dalam wish lish tapi belom kesampaian, hehe..

    ReplyDelete
  3. Keren banget. :D Penasaran sama tangganya itu. Kayanya jauh, ya?

    ReplyDelete
  4. Pemandangan yang keren. Pengen ke sana.

    ReplyDelete
  5. oh udah pake tangga ya sekarang? aman sih ya jadinya..

    ReplyDelete
  6. sesuai dengan trekkingnya :(( indah indah tapi bikin sesek napas

    ReplyDelete
  7. Saya baru ini tahu nama Pulau Padar, ke mana aja ya selama ini :_D
    btw, salam kenal Mbak, saya tahu nama Mbak dari buku Love Journey

    ReplyDelete
  8. Subhanallah keren sekali pemandangannya mb

    ReplyDelete
  9. Aaaakkk liat foto2nyaaaa bikin kesengsem teh linaaaaaa ^_^

    ReplyDelete
  10. Udah lama masuk wishlist... Moga segera kesampaian kesini..

    ReplyDelete
  11. ternyata memang dianya instagramable ya kak? :)

    ReplyDelete
  12. alhamdulillah bisa checklist pulau padar dari bucket list taun ini 😇

    ReplyDelete
  13. Ya Allah... alamnya eksotis bangets ya Mbak.....

    ReplyDelete
  14. Udah 2 kali kesini gak bosen-bosen! seumur umur traveling belum ada yg bisa ngalahin view di Pulau Padar ini sihhh!

    ReplyDelete
  15. Duuhhhh mupeng banget liat foto-fotonya!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...