Friday, July 28, 2017

Ngaku Pemberani? Yuk Wisata Malam Hari ke Lawang Sewu

Apa yang pertama kali kamu pikirkan saat seseorang menyebut Lawang Sewu? Apakah horor? Angker? Menakutkan Tahukah kamu, pendapat seperti itu tak sepenuhnya benar. Lawang Sewu yang terkenal ini sebenarnya terlalu megah dan indah kalau harus disemati dengan image horor dan isu-isu miring yang tak enak didengar.


Lawang Sewu. Foto: shutterstock


Lawang Sewu yang pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Ayat-Ayat Cinta ini terletak di tengah Kota Semarang, tepatnya di Komplek Tugu Muda. Bangunan ini dahulu merupakan Kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia.


Liburan ke Lawang Sewu akan membuatmu merasa tersesat dalam nostalgia masa penjajahan Belanda. Sebelum masa kemerdekaan, Lawang Sewu difungsikan sebagai kantor pusat dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Tak heran, kamu bisa melihat banyak benda dan rekaman sejarah dunia perkeretaapian Jawa Tengah di lantai pertama Lawang Sewu.


Bangunan ini disebut sebagai Lawang Sewu lantaran memiliki pintu yang sangat banyak. Pintu yang memisahkan antar ruangan dibiarkan terbuka, sehingga jika kamu berdiri di ruangan terujung, kamu juga dapat melihat temanmu melambai di ruangan lainnya.

Lawang Sewu. Foto: Shutterstock

Saat kamu memasuki lantai dua gedung Lawang Sewu, kamu mungkin baru akan merasakan jika suasana gedung ini cukup sepi. Namun, jangan khawatir, ada tour guide super ramah di Lawang Sewu yang bisa mengantarmu menjelajah. Kalau tak cukup naik ke lantai dua, kamu bisa meneruskan ke lantai tiga. Kalau masih belum puas juga, kamu bisa naik ke area loteng yang menurut informasi dari seorang guide, pernah digunakan sebagai gudang saat Lawang Sewu masih difungsikan sebagai kantor.


Namun, kamu perlu berhati-hati, jangan bermain gadget atau melamun saat menuruni tangga di Lawang Sewu, terutama tangga curam yang sempit di lantai teratas. Bukan apa-apa, kalau terpeleset, nanti acara jalan-jalan ke Lawang Sewu jadi tidak seru lagi, kan?


Barangkali ada beberapa di antara kamu yang penasaran ingin turun ke penjara bawah tanah yang terkenal itu. Namun jika petugas melarang untuk turun, jangan memaksakan diri, ya. Belakangan ini penjara bawah tanah Lawang Sewu memang sedang mengalami renovasi. Kalau hanya menengok, mungkin diperbolehkan oleh guide.


Selain menjelajah bangunan utama Lawang Sewu, kamu tentu penasaran juga untuk mengintip sumur tua yang berada di sebelah kanan bangunan utama. Sumur tua yang gosipnya selalu ditutup ini, katanya pernah jadi lokasi pembantaian.


Namun, itu semua sama sekali tidak benar. Pengunjung diperbolehkan kok untuk menengok ke dalam ruangan sumur tua. Menurut seorang tour guide di sana, isu-isu miring tentang pembantaian di Sumur Tua Lawang Sewu tersebut adalah hoax untuk menjatuhkan reputasi Lawang Sewu. Sumur tua ini bahkan sempat digunakan sebagai sumber air bersih lho saat masa penjajahan dulu. Berguna banget, kan?


Nah, kalau kamu pemberani, kamu bisa wisata di Lawang Sewu saat malam hari. Lawang Sewu dibuka hingga pukul 9 malam sehingga kamu bisa merasakan petualangan jelajah Lawang Sewu dengan sensasi yang lebih menantang.


Jangan takut, Lawang Sewu tak seseram yang kamu bayangkan kok. Bangunan ini justru sangat indah jika dikunjungi saat malam hari karena lampu-lampu jingga mulai dinyalakan. Buktinya, lantai dua Lawang Sewu dan tangga kaca patri yang legendaris itu digunakan untuk syuting film Ayat-Ayat Cinta. Terbukti kan kalau Lawang Sewu adalah bangunan yang indah?


Kalau kamu berminat wisata ke Lawang Sewu, kamu bisa mencatat alamat ini. Lawang Sewu berlokasi di Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tiket masuk untuk per orang cukup terjangkau, yakni hanya Rp. 10.000,- saja. Namun, harga ini belum termasuk biaya jasa tour guide. Kamu bisa membayar jasa tour guide dengan tarif sekitar Rp. 30.000,- hingga Rp. 50.000,- untuk satu rombongan.


Nah, sekarang kamu pasti makin penasaran dengan kemegahan Lawang Sewu. Kalau kamu ingin segera berlibur ke Lawang Sewu, kamu bisa cek tiket pesawat murah ke Semarang di indonesiaflight.id


Selamat berpetualang di Lawang Sewu!

42 comments:

  1. Mba Lina, pas aku pulang ke Kudus lebaran kmrn sebetulnya pengen banget ke semarang trus ke Lawang Sewu ini. Eh gagal. tempat ini emang keren walaupun banyak yang bilang horor. Tapi kalau ke Semarang wajib datang ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya takjub sama bangunannya itu yang unik dan artistik Mbak.

      Delete
  2. Aih kangennya Teh. sudah beberapa kali masuk Lawang Sewu tapi gak pernah malam-malam, soalnya ntar ga berani balik ke kos hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah kuliahnya di Semarang ya Mbak Annisa? Keren ih.

      Delete
  3. Mbam lina ini seorang petualang yah? Udah punya suami blum? *Eh

    ReplyDelete
  4. Aku pernah di KOTU Jakarta, mb dan penasaran sama di Semarang nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau wisata khusus malamnya aku belum dua-duanya Mbak en.

      Delete
  5. Aku mudik kemarin ke Lawang Sewu, mba Lina.
    Dan alhamdulillah...senang sekali.

    Tapi seriius yaa, mba..mistisnya hanya bumbu agar Lawang Sewu tampak angker?

    *alhamdulillahnya, aku ga bisa merasakan atau melihat hal-hal mistis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah nonton acara dunia lain yang tempat shootingnya di Lawang Sewu. Di kamera kelihatan ada bayangan putih berdiri gitu Mbak. Serem.

      Delete
  6. Aku belum lihat Lawang Sewu pas ke Semarang, cuma lewat aja. Rada-rada serem ya kalo datangnya malem hari hihi. Buat emak penakut sepertiku, ke sana siang hari aja biar nyaman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Iya kalau malem apalagi sendirian rasanya pengen pingsan aja.

      Delete
  7. Waaah. Kudu, wajib. Harus banget ini wisata malam hari ke Lawang Sewu. Catet dulu ah! Pasti sensasinya bakal beda banget ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Kak Al mah pemberani. Nggak takut sama hantu atau jin.

      Delete
  8. Blm pernah ke Semarang, hiks. Nanti kpo kesana aku mau coba ke Lawang Sewu malem2 :D

    ReplyDelete
  9. Bagus iniii, buat pepotoan Mba, hehehe. Banyak spot menarik dan sering juga buat lokasi prewed. Cuma kalau malem, belum pernah sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kesannya kalau pepotoan di sini kayak ada di jaman Belanda aja :D

      Delete
  10. Aku beberapa kali ke semarang, tapi belom pernah ke lawang sewu, haiyyah kasian banget ya.

    Lagian dulu2 kalo Mudik ke Solo, baliknya lewat jalur utara ke Semarang,palingan cuma sowan ke sodara saja

    Ahh mau kesana, tempat wisata yang kekininan , cuma suer aku ga berani malam2, asli takut gelap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya Teh aku juga kalau ke Semarang itu cuma lewat doang.

      Delete
  11. Murah meriah ya paket wisata. Merubah image yg Ada. Ternyata gak bikin ser ser

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa aja sekarang mah bisa dibuat paket wisata Mpok.

      Delete
  12. Wah sepertinya memang seru ya wisata malam hari di Lawang Sewu. Aku belum pernah kalau malam, meski sudah pernah ditawarkan. Bukan karena takut sih, biasanya malam udah enggak sanggup buat jalan-jalan lagi. Alias kecapekan.

    ReplyDelete
  13. Saya mah bukan hanya malam Teh. Tapi langsung ke bawah tanah ke penjara berdiri nya. Basah2an padahal lagi hamil 6 bulan coba. Lebih dari berani kan? Hahaha... Alhamdulillah sehat selamat sampai sekarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaah ya ampuun si Teteh lagi hamil juga berani. Hebat euy.

      Delete
  14. sampai saat ini aku beraninya lewat doang kak hahahah belum berani wisata malam

    ReplyDelete
  15. Ingat lawang sewu ingat cerita mesteri drama kolosal di tv dulum wah buka malam jg gaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pernah dengan drama misteri jama dulu. Tapi lupa pula kidahnya tentang apa hihi.

      Delete
  16. Saya kayaknya ke sananya siang hari aja, deh *penakut :D

    ReplyDelete
  17. Belum pernah ke semarang jd gak tahu. Tp nama Lawang Sewu sudah terkenal sampai ke Malang. Siapa tahu suatu hari nanti bs berkunjung. Tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lawang Sewu udah terkenal Mbak. Sering banget baca beritanya.

      Delete
  18. Wah ada khusus wisata malamnya ya mba.. Aku pernah main kesini siang hari hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain malamnya Mbak. Pasti rasanya beda. Hehe.

      Delete
  19. iih, jadi kepingin masuk ke Lawang Sewu waktu malam. penasaran, kak Lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian uji nyali. Seberapa berani kita kalau malam hari di tempat angker. Yuk cobain.

      Delete
  20. Wah kalau datangalam hari..lebih dapat aura magis nya ya... Keliatan dari foto Lawang Sewu kayak nuansa...gimana gitu ya...he2

    ReplyDelete
  21. Jadi pingin merasakan auranya nih. Semoga bisa mampir ke Lawang Sewu yang terkenal angkernya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku fikir angker itu cuma omongan orang doang. Tapi pas lihat uji nyali atau dunia lain, ternyata emang serem loh.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...