Sunday, July 30, 2017

Serunya Event Pekan Expo Natuna 2017

Selayang Pandang Kabupaten Natuna

Kabupaten Natuna adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang terletak di laut Tiongkok Selatan. Kini,  laut di wilayah ini diberi nama Laut Natuna Utara. Perlu keberanian besar untuk merubah nama yang selama puluhan tahun telah mendarah daging itu. Salut untuk pemberian nama baru oleh Kemenko  Maritim ini. 

Natuna dari Ketinggian. Foto: Pak Buralimar


Secara geografis, Natuna terletak di kepulauan paling utara di Selat Karimata. Perairannya berada di wilayah perbatasan atau cross border area dimana berbatasan langsung dengan Vietnam, Kamboja, Singapura, Semenanjung Malaysia, dan Malaysia Timur.  Natuna juga berada pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea dan Taiwan.  Natuna terkenal dengan penghasil minyak dan gas. Cadangan minyak bumi Natuna diperkirakan mencapai 1. 400.386.470 barel.


Pekan Expo Natuna

Gerbang Pekan Expo.  Foto: Naen

Bulan Juli ini, tepatnya 29 Juli hingga 1 Agustus 2017  akan digelar Pekan Expo Natuna 2017 bertempat di Kota Ranai dan Pulau Senua. Pekan Expo Natuna ini menghadirkan pameran pembangunan berupa produk, atraksi seni dan budaya, dan beragam festival seperti Festival Nyuluh, Festival Band, dan Festival Pulau Senua.

Baca juga event yang baru saja diselenggarakan yakni Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau.

Pekan Expo Natuna 2017 ini juga sekaligus bersamaan dengan perayaan peringatan Hari Jadi Kota Ranai (ibukota Kabupaten Natuna) ke-146 dan launching Brand Pariwisata Natuna. Untuk itu puluhan sanggar seni dan kesenian budaya daerah akan meramaikan kegiatan pekan expo Natuna 2017 ini. 

Event yang digelar pemerintah Kabupaten Natuna dengan pelaksana lapangan Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Natuna ini, dilaksanakan di lapangan SMPN 1 Ranai, Pantai Kencana, dan Pulau Senua. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Erson Gempa Afriandi mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai persiapan guna kesuksesan acara seperti penetapan lokasi acara. 

Sabtu malam,  9 Juli 2017  Bupati Natuna, Hamid Rizal, membuka Pekan Expo Pariwisata Natuna 2017  dan me-launching Branding Natuna di lapangan SMPN 1 Bunguran. Kegiatan ini diawali dgn pelepasan puluhan lampion oleh Bupati & tamu undangan. 

Sebagai event utama, Pekan Expo menghadirkan stan-stan pameran yang menggambarkan berbagai pencapaian pembangunan di Kabupaten Natuna.

"Kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan dalam mendukung promosi dan pembangunan pariwisata," ujar Bupati Natuna Hamid Rizal. 

Bupati juga mengatakan Pekan Expo ini diharapkan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Natuna, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. 

Pada kesempatan itu juga Bupati Natuna memberikan penghargaan kepada seorang fotografer sekaligus blogger, Arif Naen @naennoan sebagai pemuda penggiat pariwisata Kabupaten Natuna. Salut kepada pemkab Natuna atas pemberian apresiasi ini. 

Penghargaan kepada Arief Naen. Foto: Raja Peni A.

Guna memeriahkan suasana masyarakat dan wisatawan yang mengunjungi stan pameran, juga digelar Festival Band dan atraksi seni dan parade budaya nusantara. Untuk atraksi seni ada beberapa sanggar tari yang akan tampil seperti Sanggar Langkadura, Talago Minang, Kuda Lumping, Sanggar Melayu Anak Negeri. Parade Seni Budaya Nusantara  ini menampilkan kesenian Randai, Reog, Angklung, dan Barongsai.

Selain atraksi budaya, ada juga penampilan tradisional yakni Permainan Alu dan Kesenian Mendu yang sangat diminati oleh para pengunjung karena dikemas dalam atraksi yang dinamis dan kekinian. 


Festival Pulau Senua

Festival Pulau Senua. Foto: Eka H.

Pada hari ke-2 rangkaian Pekan Expo ini diselenggarakan Festival Pulau Senua yang digelar Minggu, 30 Juli 2017  sejak pagi hingga sore hari. Dimana terdapat beberapa perlombaan di laut seperti lomba renang dan lomba pacu kolek. Kolek adalah perahu tradisional khas Melayu yang biasanya digunakan di perairan tenang. Pada perlombaan pacu kolek kali ini persaingan antar peserta berlangsung sengit dan kejar-kejaran.  

Perahu Kolek yang akan digunakan peserta.  Foto: Eka 

      Pulau Senua sendiri merupakan Destinasi Wisata andalan Natuna. Dari kejauhan, bentuk pulaunya seperti perempuan hamil yang sedang tertidur. Sementara itu kontur Pulau Senoa sangat variatif mulai dari puncak bukit, tebing terjal, hingga ke pesisir yang berpasir putih. Pantainya yang bersih sangat cocok untuk berenang, bermain volley pantai, atau bermain bola. 

Di Pulau Senua terdapat juga goa sarang walet, patahan karang laut, tempat penyu hijau bertelur dan terumbu karang bawah laut yang masih alami. 

Bertempat di Pantai Kencana, diselenggarakan juga Festival Nyuluh. Yakni tradisi warga Natuna jika musim air surut tiba di malam hari, maka warga biasanya mencari ikan, kerang, kepiting, dan biota laut lainnya dengan menggunakan  tanggan, atau sejenis parang kecil, tombak alias singgap, dan pisau. Untuk penerang, digunakan pelita serongkeng atau lampu petromaks. 

Festival  ini diadakan guna melestarikan budaya lokal di Natuna. Aktivitas menyuluh ini diadaptasi dari usaha masyarakat pesisir untuk mendapatkan ikan tanpa harus berlayar ke tengah laut. 


Branding Wisata Natuna



  Pada Pekan Expo Natuna juga diperkenalkan brand baru Natuna yang dibuat oleh Budi Hartanto dari Jakarta. Brand Pariwisata  Natuna berupa tulisan Natuna yang berwarna biru dengan gambar ombak dan gelombang di tengahnya.

Dalam penjelasannya kepada para hadirin di pembukaan Pekan Expo, Budi menjelaskan bahwa warna biru mempresentasikan langit Natuna yang bersih, biru muda melambangkan laut Natuna yang dalam, eco friendly dan eksotis.  Sementara itu simbol dalam huruf melambangkan ombak/gelombang, flora, dan lautnya yang mengandung kapal-kapal karam berusia ratusan tahun serta batuan megalitik di pantai.

Branding Natuna merupakan langkah awal dari rangkaian branding, advertising, dan selling. Setelah itu maka langkah selanjutnya yang seharusnya dibuat adalah sebuah rencana dan strategi  yang bisa dijadikan roadmap pemasaran pariwisata Natuna. Sehingga semua keunggulan dan potensi Natuna bisa dipasarkan dan dikomunikasikan ke seluruh Indonesia bahkan dunia. 

       Oleh sebab itu branding Natuna ini bisa diartikan sebagai sebuah destinasi wisata yang menawarkan berbagai pengalaman unik dan berbeda dari tempat lainnya. Karena simpel, eco friendly, dan humanis.

24 comments:

  1. lomba renang di lautseru pasti sering dengar soal natuna tapi baru sekarang baca reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak luar biasa ya berenang di laut itu. Saya di kolam renang aja gak bisa haha.

      Delete
  2. Semoga dengan adanya Pekan Expo Natuna ini semakin banyak wisatawan yang datang kesana ya Mba, dan keindahan serta kebersihan pantainya tetap terjaga.

    I Wish one day bisa berkunjung kesana.. Aamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin semoga Mbak Evi bisa ke Natuna juga. Alhamdulillah pantai-pantai di Natuna masih bersih-bersih.

      Delete
  3. Kekayaan Indonesia sungguh luar biasa. Dari satu even ini saja banyak yang tidak saya tahu dan baru dengar istilahnya.

    Senang ya bisa eksplorasi begitu banyak kepingan2 yang merujuk kepada satu kesatuan Nusantara :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh, Natuna ini banyak sekali potensi yang harus digali terutama wisatanya. Sayang akses agak susah dan mahal.

      Delete
  4. sering dengar natuna, lihat perahu dan laut jadi pengen ke sana. Semoga kesampaian ya mba, amiin. Sukses buat natuna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin Mbak Erna. Semoga terlaksana suatu saat nanti.

      Delete
  5. Wuah seruuu. Ada perlombaan pacu kolek nya juga. Btw aku baru tau tentang Natuna ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Natuna ini di ujung utara Mbak. Potensi baharinya luar biasa. Baru-baru ini dijadikan latihan gabungan TNI.

      Delete
  6. Indonesia itu luar biasa ya kekayaan alamnya. Semoga dengan adanya Pekan Expo Natuna ini, wistawan akan semakin bertambah tapi tetap menjaga kelestarian alam. aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin. Betul Mbak. Potensi wilayah kita tak kan habis untuk digali.

      Delete
  7. Seru sekali acaranya. Selain itu bermanfaat ya untukmempromosikan natuna yg emang jauh dr kepulauan lain. Semoga natuna semakin terkenal dan mudah terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin. Harapan event ini memang agar Natuna semakin dikenal wisatawan.

      Delete
  8. Kalau denger Natuna aku ingetnya langsung ikan laut lho mbak :D
    Ternyata lbh dari sekadar penghasil ikan laut ya, tapi alam dan ombaknya jg bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ikannya berlimpah sampai sering dicuri negara asing.

      Delete
  9. Pantainya cakeeep :D
    semoga dengan adanya acara seperti ini pariwisata Indonesia semakin maju ya mbaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, pantainya cakep-cakepdi Natuna ini Mbak.

      Delete
  10. Asik bgt sih mba Lina, banyak festival di sekotar tmp tinggalmu. Moga kpn2 aku bisa ke Natuna. Panorama laut aelalu membuatku jatuh cinta soalnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga kita bisa ke Natuna bareng ya Mak Maska :D

      Delete
  11. Temenku yang pernah kesana cerita mengenai Natuna dan ngajak aku kesana, setelah baca ini jadi tambah pengen kesana aku mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah iya seru loh Mbak di Natuna. Banyak tempat cakep dan kece.

      Delete
  12. Perasaan udah komen di sini apa gak masuk ya mbak?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...