Thursday, October 26, 2017

Uniknya Resto D'Steam Peranakan Live Sea Food Batam

D'Steam Peranakan Live Seafood Batam

Salah satu anugerah tinggal di wilayah kepulauan seperti Kepri adalah melimpahnya makanan hidangan laut alias seafood. Mau jenis seafood apa saja bisa didapatkan dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau. Baik di warung-warung samping rumah, pasar terdekat, restoran-restoran, bahkan di pelabuhan-pelabuhan dan pesisir dimana para nelayan yang baru pulang melaut memindahkan dan juga menjajakan hasil tangkapannya.  


Hasil tangkapan para nelayan di Kepri khususnya perairan Batam amat berlimpah. Mereka menangkap beragam jenis ikan laut, kepiting, ketam, udang, sotong, cumi-cumi, kerang, kapis, gonggong, teripang, dan banyak lagi ragam satwa laut lainnya yang dapat dikonsumsi. Hasil tangkapan ini, selain dikonsumsi sendiri juga dijual kepada para pengepul, ke pasar-pasar, atau restoran-restoran seafood terdekat. 


Di Kota Batam, ada begitu banyak restoran yang menawarkan beragam pilihan hidangan seafood yang lezat dan menggugah selera. Umumnya restoran seafood  ini menyajikan hidangan laut dengan bahan yang segar dimana berbagai jenis ikan dan satwa  laut lainnya dipelihara di kolam-kolam  dan tambak-tambak sehingga pembeli dapat memilihnya langsung di tempat tersebut.



Salah satu restoran yang menawarkan konsep hidangan seafood segar ini adalah D’Steam Peranakan Live Seafood Resto. Sebuah restoran seafood yang dibuka pada tanggal 23 September 2017 ini bertempat di Komplek Kampung Seraya Blok II No. 2 atau tepat berada di belakang Hotel Seruni dan belakang Rumah Sakit Harapan Bunda.




Sesuai namanya, "D’Steam" salah satu kelebihan resto ini adalah dengan menyediakan meja-meja untuk hidangan seafood dengan cara di-steam atau dikukus lengkap dengan alat pengatur waktunya. Dan sesuai dengan namanya pula, D’Steam Peranakan banyak terpengaruh oleh masakan olahan peranakan yang menggabungkan pengaruh Tionghoa, Melayu, dan lainnya menjadi perpaduan yang unik dan kezat.


Dinner Bersama Blogger Kepri

Beberapa hari yang lalu, saya dan teman-teman dari Komunitas Blogger Kepri, sengaja berkunjung ke restoran ini untuk makan malam bersama. Kesan pertama memasuki ruangan D’Steam adalah ceria, dengan lampu-lampu penerang yang memberi kesan luas dan lapang.


Blogger Kepri

Di sisi kiri pintu masuk restoran, terdapat sebuah poster dengan tulisan mengenai sejarah kaum peranakan yang tersebar di wilayah Nusantara seperti Semananjung Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Dengan adanya poster ini, pengunjung tidak susah-susah lagi berfikir dan bertanya-tanya apa itu peranakan?



Berjalan lebih ke dalam lagi, terdapat Photo Stop di salah satu sudut ruangan dengan nuansa vintage yang  menggambarkan  suasana  ruangan  rumah orang-orang  perananakan zaman dulu. Ruangan ini sepertinya sengaja dibuat untuk mengakomodir para pengunjung kekinian Zaman Now  yang  selalu  haus  akan foto-foto. Yang  sebentar-sebentar bergaya di depan kamera. Sebentar-sebentar cekrek cekrek, sebentar-sebentar  selfie, wefie,  dan  grupie. 😃
 
Blogger Kepri




Di dekat dapur, ikan dan beragam satwa laut lainnya ditempatkan dalam  aquarium dan bak-bak terbuka. Mereka dibiarkan hidup sampai nanti ada yang memesannya. Setelah dipesan, lalu ditimbang, dibersihkan dan dimasak.


Ada beragam pilihan menu yang dapat dipesan di D’Steam Resto ini. Untuk hidangan stim saja, diantaranya ada Stim Hepo, Stim Kepiting, Stim Kijing, Stim Kerang Kipas (Kapis), Stim Rajungan, Stim Udang, Stim Otak-Otak, Stim Gonggong, Stim Telur, Stim Jamur Shitake, Stim Sayuran, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa distim langsung di meja para tamu.



Sedangkan menu seafood  selain stim  terdapat  Kepiting Kari Soun, Kepiting Telur Asin, Udang kari Soun, Udang Nestum, Udang Telur Asin, dan yang paling saya sukai adalah Sup Ikan Pedas Peranakan. Saat menyesap kuahnya, ada rasa-rasa asam yang segar yang jika menyentuh lidah saja sudah membuat mata melek.


D'steam Peranakan Live Seafood



Makan malam saya 😁


Bagi yang bukan penyuka seafood, D’Steam juga mempunyai menu-menu lain seperti Ayam Daun Kemangi, Ayam Lada Hitam, Steamboat, Sup Tahu, Ayam Rujak, Nasi Goreng, Capcay, Brokoli Hongkong, dan jenis makanan lainnya.



Malam itu, seperti biasa, saat makanan hadir satu per satu ke atas meja bukannya langsung memulai acara makan malam, tapi rombongan blogger ini malah foto-foto. Sudah budaya. Haha. Rasanya memang sayang sih kalau tidak foto karena dari penampakannya saja hidangan-hidangan seafood di D’Steam Peranakan ini sangat menggiurkan.


Selesai sesi foto-foto makanan, satu per satu  hidangan mulai diedarkan  ke piring-piring untuk disantap. Sebagai penyuka semua hidangan  laut dan  seluruh turunannya, semua menu yang ada pun satu per satu berpindah ke piring saya. Meskipun mengambil sedikit-sedikit, tetap saja karena menu yang dihidangkan banyak lama-lama yang sedikit itu jadi bukit 😛😀. Hingga saya kekenyangan pada akhirnya. Seperti sudah disebutkan di atas, saya menyukai Sup Ikan Pedas Peranakan yang rasanya memang juara.


Bukan blogger namanya kalau tidak narsis. Setiap ketemuan wajib selalu ada sesi foto-foto. Kebetulan ada fotografer kece yang bawa lensa kamera kece juga. Ditambah lagi tempatnya yang kece. Saya bisa jadi numpang motret teman-teman blogger dan instagrammer yang memang kece-kece juga. Begitu saya difoto, duh foto saya juga jadi ikutan kece. Haha. 😂


Rencana setelah makan bubar ternyata hanya di mulut saja, buktinya teman-teman masih bentah  tinggal  di  resto.  Suasananya  yang  menyenangkan  dengan  beragam  ornamen peranakan yang eye catching membuat kami betah untuk  berlama-lama di sini.  Apalagi anak-anak instagram yang butuh foto  baru  buat  menghiasi  feeds-nya.  Kayaknya  setiap sudut bakal disisir buat stock setahun haha.


Jadi, buat anak muda maupun yang sudah tidak muda lagi, D’Steam Resto ini memang mewakili banget. Buat kongkow bareng, hang out bareng, atau buat pilihan utama makan malam bersama keluarga, kerabat, dan handaitolan. Yuk ajak ke sini! 


D'STEAM PERANAKAN LIVE SEAFOOD 
Komp.Kampung Seraya Blok II No.2
(Belakang Hotel Seruni / RS. Harapan Bunda), Seraya - Batam
Telepon: 0778-4881809
Buka setiap hari jam 15:00 - 24:00 WIB


22 comments:

  1. Ya ampun bikin ngiler, secara seafood makanan kesukaan aku hihi. Di Surabaya belum ada cabangnya ya mb? :D mupeng haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha belum Mbak. Coba aku colek nanti ownernya mana tahu mau buka di sana :D

      Delete
  2. Nggak terlalu suka seafood tapi kalau ada yang nraktir makanan begini selalu excited. Huuww ngiler ama Kepiting Kari Soun, Kepiting Telur Asin nyaaa :D

    Btw asik juga ada photo set nya... pas banget buat foto2 bareng after meet up gitu yah mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya juga gak suka. Tapi karena kebanyakan ditraktir seafood sana-sini eh malah makin suka. Hehe.

      Delete
  3. Waduh menggoda selera banget nih seafoodnya. Jadi pengin makan kepiting, udah lama nggak makan kepiting. Enaaak, cuma yaitu perlu usaha makannya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Makan kepiting itu penuh perjuangan banget. Makanya sih mending selesaikan dulu segala urusan makan ini itu baru hajar kepiting terakhirnya. Biar khusuk :D

      Delete
  4. Goks! Gilaaaaa, seafood semuaaaa, bisa makan puas sampai mabok udang ni.. bwakakakaka Surganya pecinta seafood ngets. Eh betewe sala kenal dari Blogger di Pekanbaru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salken Mbak Elvina. Tetanggaan kita haha. Kemarin-kemarin ada yang nanya sama aku loh kenal nggak sama blogger di Pekanbaru. Sayangnya belum banyak yg kenal.

      Delete
  5. Di daerahku yang jauh dari hasil tangkapan laut, susah cari empat makan seafood yang seger seger. Jadi laper ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama di kampung saya juga gitu. Nah beruntung sekarang tinggal di pulau yang ke sana sini laut semua. Sea food di sini segar-segar.

      Delete
  6. Asik makan bersama dan enak banget. Ane belum pernah makan kijing. Kijing itu apaan bun

    ReplyDelete
  7. Mba Linaaaa, lgsg ngiler deh aku! Ku paling suka seafood,makannya rame2 gitu pasti lebih seru dan nikmat yaa! Bener banget tuh, daerah kepulauan emang surganya seafood!
    Enaknyoooo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Al. Ini emang tempatnya berburu sea food. Segar dan enak pasti.

      Delete
  8. Karena aku udah ga muda lagi, tapi tetep ajak kongkow di sini ya kalo maen ke Kepri hahaha

    Aku suka ko seafood, ikan sama udang doang. Hmm, ngileer liat makanan, lapeer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha siap Teh. Bilang-bilang kalau mau ke sini ya.

      Delete
  9. Huwaa, rame dinnernya, mb lina.enak ya makan seafood di sana. Jadi ngiler liat makanannya. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dinner manja kebanyakan foto-foto dan selfie. Haha.

      Delete
  10. Kepitingnya menggiurkan banget mbak.. Padahal aku alergi kepiting dan udang, tapi masih selalu tergoda hihi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kepiting dan udangnya segar dan tidak ada kandungan yang macam2, sepertinya aman loh Mbak buat yang alergian sekalipun.

      Delete
  11. keliatannya enak banget.
    pengen nyobainn, tapi jauhhhh yaa.. hemmph..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ini enak banget. Lama-lama saya malah jadi ketagihan makan sea food.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...