Thursday, January 25, 2018

BAJAFASH 2018 Pagelaran Jazz & Fashion Pertama di Indonesia



Suatu tempat atau wilayah, senantiasa dikenal dengan keunikan dan kekhasannya masing-masing. Baik itu dilihat sebagai destinasi wisata, budaya daerah yang kental, festival yang selalu digelar, atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di wilayah tersebut.

Karena itu, tak salah jika beberapa penggiat dan pecinta musik di Kota Batam ingin mengangkat nama Kota Batam itu sendiri dengan sebuah pagelaran yang lain daripada yang lain. Adalah Bajafash atau Batam Jazz & Fashion, sebuah festival musik jazz yang dikolaborasikan dengan pagelaran busana yang merupakan perwujudan dan sumbangsih para pecinta musik jazz kepada Kota Batam tercinta.

Seperti pagelaran musik jazz di wilayah lainnya yang memiliki keunikan tersendiri, kali ini Batam hadir dengan mengkolaborasikan musik jazz dengan fashion. Merupakan ide kreatif kolaborasi jazz fashion pertama di Indonesia.

Bajafash akan diselenggarakan untuk keempat kalinya di tahun ini tepatnya pada 16 - 17 Maret 2018 bertempat di Batam View Resort, Nongsa Batam. Dengan melirik audiens dari luar terutama tamu-tamu yang berkunjung ke Batam View Resort dan sekitarnya. Namun tentu saja tidak menutup diri bagi tamu-tamu lokal dari Batam, para penikmat jazz yang rata-rata dari kalangan menengah ke atas.



Tema Bajafash kali ini adalah “Representing Diversity South-East Asia”, merupakan salah satu bentuk upaya untuk menyatukan keragaman negara-negara di Asia Tenggara melalui musik dan fashion dimana keduanya merupakan komoditas industri yang menjanjikan dan mempunyai potensi untuk menjadi lebih besar. Karena itu, Bajafash kembali digelar sebagai dedikasi persembahan murni karya anak bangsa dari Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Bajafash 2018 memberikan suguhan dengan karakter yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dengan menampilkan para musisi jazz ternama serta fashion designer dari berbagai negara. Selain itu juga dilengkapi dengan open dialogue yang menghadirkan nara sumber dari para ahli dengan harapan Kota batam menjadi salah satu “Fashion Hub” di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara.

Event ini akan semakin lengkap dengan adanya Music Camp yang menghadirkan bintang tamu para pemusik handal dalam bentuk master class yang akan berbagi ilmu dan pengalaman tentang memainkan berbagai alat musik.

Dengan diselenggarakannya Bajafash 2018 diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun manca negara untuk mendukung peningkatan ekonomi kreatif di Kota Batam sehingga semakin diperhitungkan di tingkat nasional maupun internasional sebagai kawasan yang berada di perbatasan wilayah Indonesia (Cross Border Area).



















18 comments:

  1. aca tungra yang di tunggu-tunggu, banyak musisi yang luar biasa yang akan tampil

    ReplyDelete
  2. Tahun ini kayaknya gak bisa nonton Bajafash lagi :(

    ReplyDelete
  3. Wiii keren.... di NTT juga sudah 2 kali pagelaran jazz tapi belum ada yang mencoba kolaborasi Jazz dan fashion.. Kayaknya bisa juga dicontoh untuk pagelaran tahun selanjutnya...

    ReplyDelete
  4. mudah-mudaha tiketnya terjangkau, pengen nonton, yang tahun lalu ga bisa nonton karena lagi ke melaka

    ReplyDelete
  5. Seruuuu bangeettt Mbak Lina, sayangnya jauuh hiiks...

    ReplyDelete
  6. Di Yogya jg ada pertunjukan jazz, yg super di candi prambanan. Tapi tiketnya mihil ( utk ukuran saya)

    ReplyDelete
  7. Wah keren di ya Batam ada event kayak gini. Di Surabaya ada juga kayaknya tapi aku gak pernah nyoba ikut. Tapi kayaknya seru ya. Next, bs dicobain karena dasarnya aku suka penyanyi yg suaranya jazz kayak andien dan citra idol hehe :)

    ReplyDelete
  8. Pengen ikut lagi teh..tapi kalo ingat transportation kemalaman, agak ngeri juga ke ajistone.

    ReplyDelete
  9. Beneran unik ini jazz sama fashion. Keren deh pertama di Indonesia tempat nya di Batam

    ReplyDelete
  10. aku penasaran dnegan gelaran ini lho teh tahun kmrn nggak nonton

    ReplyDelete
  11. Kereeeen, sepertinya musik jazz semakin banyak peminatnya dan di tiap daerah ada event musik jazz. Jadi pengen nonton Bajafash

    ReplyDelete
  12. Bajafash seperti java jazz ya mba? Tapi kalau java jazz sih setahuku ga ada fashion nya

    ReplyDelete
  13. Wow kolaborasi musik jazz dengan fashion, kreatif banget ya idenya ini. Keren!

    ReplyDelete
  14. Keren nih acaranya. Bisa meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional, sekaligus mengenalkan Indonesia ke kancah internasional.

    ReplyDelete
  15. Jenis musik yang anggun dan elegan, namun jarang anak muda suka musik jazz.
    Atau aku yang gak tau kalau memang banyak fans genre musik ini?

    Batam mantap yaa..

    ReplyDelete
  16. Wah Jazz saya suka saya suka.
    Maret ya? Kebayang pasti pecinta musik jazz berkumpul sekalian liburan ke sana :D

    ReplyDelete
  17. Owww udah keempat kalinya dan sekali pun saya belum pernah hadir di event ini. Semoga kali ini bisa!

    ReplyDelete
  18. Belum pernah nonton secara langsung padahal suka mudik jazz

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...