BAJAFASH 2018 Pagelaran Jazz & Fashion Pertama di Indonesia

Suatu tempat atau wilayah, senantiasa dikenal dengan keunikan dan kekhasannya masing-masing. Baik itu dilihat sebagai destinasi wisata, budaya daerah yang kental, festival yang selalu digelar, atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di wilayah tersebut.

Karena itu, tak salah jika beberapa penggiat dan pecinta musik di Kota Batam ingin mengangkat nama Kota Batam itu sendiri dengan sebuah pagelaran yang lain daripada yang lain. Adalah Bajafash atau Batam Jazz & Fashion, sebuah festival musik jazz yang dikolaborasikan dengan pagelaran busana yang merupakan perwujudan dan sumbangsih para pecinta musik jazz kepada Kota Batam tercinta.

Seperti pagelaran musik jazz di wilayah lainnya yang memiliki keunikan tersendiri, kali ini Batam hadir dengan mengkolaborasikan musik jazz dengan fashion. Merupakan ide kreatif kolaborasi jazz fashion pertama di Indonesia.

Bajafash akan diselenggarakan untuk keempat kalinya di tahun ini tepatnya pada 16 - 17 Maret 2018 bertempat di Batam View Resort, Nongsa Batam. Dengan melirik audiens dari luar terutama tamu-tamu yang berkunjung ke Batam View Resort dan sekitarnya. Namun tentu saja tidak menutup diri bagi tamu-tamu lokal dari Batam, para penikmat jazz yang rata-rata dari kalangan menengah ke atas.



Tema Bajafash kali ini adalah “Representing Diversity South-East Asia”, merupakan salah satu bentuk upaya untuk menyatukan keragaman negara-negara di Asia Tenggara melalui musik dan fashion dimana keduanya merupakan komoditas industri yang menjanjikan dan mempunyai potensi untuk menjadi lebih besar. Karena itu, Bajafash kembali digelar sebagai dedikasi persembahan murni karya anak bangsa dari Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Bajafash 2018 memberikan suguhan dengan karakter yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dengan menampilkan para musisi jazz ternama serta fashion designer dari berbagai negara. Selain itu juga dilengkapi dengan open dialogue yang menghadirkan nara sumber dari para ahli dengan harapan Kota batam menjadi salah satu “Fashion Hub” di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara.

Event ini akan semakin lengkap dengan adanya Music Camp yang menghadirkan bintang tamu para pemusik handal dalam bentuk master class yang akan berbagi ilmu dan pengalaman tentang memainkan berbagai alat musik.

Dengan diselenggarakannya Bajafash 2018 diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun manca negara untuk mendukung peningkatan ekonomi kreatif di Kota Batam sehingga semakin diperhitungkan di tingkat nasional maupun internasional sebagai kawasan yang berada di perbatasan wilayah Indonesia (Cross Border Area).

23 komentar :

  1. aca tungra yang di tunggu-tunggu, banyak musisi yang luar biasa yang akan tampil

    BalasHapus
  2. Tahun ini kayaknya gak bisa nonton Bajafash lagi :(

    BalasHapus
  3. Wiii keren.... di NTT juga sudah 2 kali pagelaran jazz tapi belum ada yang mencoba kolaborasi Jazz dan fashion.. Kayaknya bisa juga dicontoh untuk pagelaran tahun selanjutnya...

    BalasHapus
  4. mudah-mudaha tiketnya terjangkau, pengen nonton, yang tahun lalu ga bisa nonton karena lagi ke melaka

    BalasHapus
  5. Seruuuu bangeettt Mbak Lina, sayangnya jauuh hiiks...

    BalasHapus
  6. Di Yogya jg ada pertunjukan jazz, yg super di candi prambanan. Tapi tiketnya mihil ( utk ukuran saya)

    BalasHapus
  7. Wah keren di ya Batam ada event kayak gini. Di Surabaya ada juga kayaknya tapi aku gak pernah nyoba ikut. Tapi kayaknya seru ya. Next, bs dicobain karena dasarnya aku suka penyanyi yg suaranya jazz kayak andien dan citra idol hehe :)

    BalasHapus
  8. Pengen ikut lagi teh..tapi kalo ingat transportation kemalaman, agak ngeri juga ke ajistone.

    BalasHapus
  9. aku penasaran dnegan gelaran ini lho teh tahun kmrn nggak nonton

    BalasHapus
  10. Kereeeen, sepertinya musik jazz semakin banyak peminatnya dan di tiap daerah ada event musik jazz. Jadi pengen nonton Bajafash

    BalasHapus
  11. Bajafash seperti java jazz ya mba? Tapi kalau java jazz sih setahuku ga ada fashion nya

    BalasHapus
  12. Wow kolaborasi musik jazz dengan fashion, kreatif banget ya idenya ini. Keren!

    BalasHapus
  13. Keren nih acaranya. Bisa meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional, sekaligus mengenalkan Indonesia ke kancah internasional.

    BalasHapus
  14. Jenis musik yang anggun dan elegan, namun jarang anak muda suka musik jazz.
    Atau aku yang gak tau kalau memang banyak fans genre musik ini?

    Batam mantap yaa..

    BalasHapus
  15. Wah Jazz saya suka saya suka.
    Maret ya? Kebayang pasti pecinta musik jazz berkumpul sekalian liburan ke sana :D

    BalasHapus
  16. Owww udah keempat kalinya dan sekali pun saya belum pernah hadir di event ini. Semoga kali ini bisa!

    BalasHapus
  17. Belum pernah nonton secara langsung padahal suka mudik jazz

    BalasHapus
  18. Duhhh temanya keren banget. Aku cuma pernah sekali nonton festival jazz di Prambanan beberapa tahun lalu. Itu aja udah dibikin takjub karena bisa lihat Prambanan malam-malam.
    Gimana kalau ada pagelaran fashion juga ya. Pasti super keren.

    BalasHapus
  19. Keren ya,,, klau festifal jazz bisa jadi aset ntuk mngunjungi daerah bisa jadi tmh tertarik aplg ada fashion nya

    BalasHapus
  20. Dulu kalau denger Batam, langsung pikirannya ke hape black market.. sekarang makin banyak yang ngangkat wisata Batam, wuih baru tau kalau wisatanya juga kece.

    BalasHapus
  21. Ih keren deh acaranya. Jazz dan fashion jadi satu

    BalasHapus
  22. Moga makin bisa menyedot wisatawan ke Batam. Duh mbak kapan ya aku bisa ke Batam :D

    BalasHapus
  23. Pasti seru banget ya, Mba Lina. Penggemar musik dan fashion bisa tumplek blek di event Bajafash ini. Semoga acaranya sukseeesss :)

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita