Inspirasi dari Seorang Momblogger Ruli Retno



Simply Blog about Family’s Lifestyle and Travel. Begitulah tagline blog yang akan saya jelajahi hari ini. Blog seorang ibu dari 3 putra putri yang berinisial huruf Q. Yaitu Qorira, Qowiy, dan Qodhi. Keren ya. padahal di dunia ini nggak banyak loh orang tua yang memberi nama anaknya dengan awalan huruf Q. Susah mendapatkan  idenya. Saya menilai bahwa si bunda ini (dan tentu suaminya juga) adalah pasangan yang kreatif. Kreatif memilihkan nama anak-anak :D

Sebenarnya ini review blog yang sudah ngaret panjang berbulan-bulan. Terlalu banyak alasan di balik  ke-ngaret-an tersebut. Apapun itu saya sudah memaafkan diri sendiri hehe. Tahun ini semoga menjadi penyemangat untuk terus menulis dan menjelajah blog demi blog agar bisa mengambil ilmu dan manfaat apa saja yang mungkin akan membuat saya semakin rajin dan semakin produktif ngeblog. Karena inspirasi biasanya datang dari apa saja termasuk dari apa yang saya baca.

Kali ini saya mengunjungi blog Mbak Ruli Retno Mawarni, Bunda dari Trio Q di atas. Blognya adalah www.ruliretno.com. Dalam bio yang tercantum di blognya, Mbak Ruli memperkenalkan diri sebagai web content writer, volunteer, dan sea and beach lover. Nah poin terakhir ini yang ingin saya kupas. Ke pantai dan laut mana saja Mbak Ruli main, kuliner apa saja yang menarik di sekitar tempat tinggalnya di Samarinda, Kalimantan Timur. 

Mengetahui Mbak Ruli tinggal di Samarinda, Kaltim, saya langsung excited. Karena saya belum pernah menginjakkan kaki sekali pun di sana termasuk ke kota dan provinsi lainnya di Kalimantan. Maka, sebagai pejalan, penting rasanya untuk mengetahui pantai dan kuliner apa saja yang nge-hits di Kalimantan terutama di Samarinda, Banjarmasin, dan Balikpapan. 3 Kota yang paling ingin saya kunjungi karena ada beberapa saudara yang tinggal di sana. Penting mengetahui, buat jaga-jaga mana tahu ada rejeki ke sana haha.

Saya kemudian membaca tentang Pantai Kemala di pusat Kota Balikpapan. Jaraknya hanya sekitar 6 menit saja dari pusat kota. Menurut Mbak Ruli, lokasi pantai Kemala terletak di tengah kota. Hanya sekitar 6 menit saja dari kantor walikota Balikpapan atau 30 menit dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Nah selain pantai, di blog Mbak Ruli saya juga kepoin kuliner apa saja yang enak dan terkenal di Samarinda. Yang sudah saya tandai yaitu "Sambal Gami." Baru dengar banget nama sambal ini. Apa dan seperti apa penampakannya ya? Penasaran nggak sih? Nanti saja kalau saya ke sana ya buat liputan khusus berburu sambal ini :D 

Selain Samarinda, Mbak Ruli juga menuliskan beberapa kuliner khas dari Banjarmasin seperti wadai bingka,  sambal ARB (Acan  Raja Banjar) yang rasanya khas Banjar banget, ikan kemasan, dodol kandangan, dan mandai. Mbak Ruli menulis bahwa mandai adalah dami dari cempedak yang diasinkan. Lalu dami itu apa Mbak

Selain tema kuliner dan traveling, blog ini juga mengupas beberapa review blog dari rekan-rekan blogger lainnya seperti blog Mbak Liza Fathia, Mbak Ophi Ziadah, Mbak Diah Kusumastuti. Boleh di klik kok nama-nama mom blogger tadi, karena saya juga pernah menuliskan sosok para ibu keren ini.

Oh ya, yang paling saya ingat tentang Mbak Ruli ini, ia pernah merekomendasikan saya menjadi salah satu dari Mombassador SGM Batch #5 yang berlangsung di Jogjakarta. Alhamdulillah saya lolos dan akhirnya bisa berkumpul dengan para mom keren dari seluruh pelosok tanah air. Mengikuti berbagai rangkaian acara menarik yang disiapkan oleh pihak SGM Eksplor.

Ohya Mbak Ruli juga salah seorang aktifis Halal Corner loh, bahkan pernah mewakili Halal Corner untuk meliput event MIHAS (Malaysia International Halal Showcase) yakni  pameran produk halal internasional dari berbagai negara yang juga acaranya berbarengan dengan  MILE (Malaysia International Islamic Lifestyle) sebuah  pameran produk tentang gaya hidup islami. Kedua event ini berlangsung di Kuala Lumpur Malaysia. 

Penasaran dengan Mbak Ruli? Cuss meluncur saja ke blognya.

  





15 komentar :

  1. Aku juga belum pernah ke Samarinda. Maau bangettt ke sana aah. Yuuk, Mbak. Kapan? :D

    BalasHapus
  2. Aahh..aku salut sama Mba Ruli, begitu rajin ngeblog di sela2 mengurus ke3 anaknya. Sukses ya Mba Ruliii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh, aku anak satu aja ngeblognya masih malesan.

      Hapus
  3. Aku jadi fokus ke nama anaknya mbak Ruli, bener banget mbak susah loh kasi nama dengan awalan Q hihi cakep nama2nya..

    BalasHapus
  4. Mbak Linaaaa dan Mbak Ruliiii kesayangan, saya suka baca tentang Batam dan Travelling di blog Mbak Lina. Kalo ke blog Mbak Ruli suka baca tentang dunia mamah-mamah hehehe.

    BalasHapus
  5. Coba ah meluncur ke blog mba Ruli, mana tau bisa contek ilmunya dikit.

    BalasHapus
  6. Aku sering ngepoin Mbak Ruli terkait kehalalan suatu produk.
    Aku baru tahu kalau anak-anak Mbak Ruli dari Q semua. Salut deh dengan 3 anak tapi blog jalan terus.

    BalasHapus
  7. Blogger femesss...
    Suka berkunjung ke blog mba Ruli.

    Dan mashaAllah...
    BW makin melekatkan (hati) kita yaa, mba Lina...meskipun belum pernah bersua sekalipun.

    Tabarakallahu..

    BalasHapus
  8. Ahhh aku juga belum pernah ke Kalimantan. Mauuu. Tapi jadi mom blogger memang perlu komitmen dan dedikasi tinggi yaa biar rutin menulis.

    BalasHapus
  9. Wah keren nih mbk Ruli. Aktivis halal corner, salut aku. Dan Pengalaman di dunia blogging nya juga udah oke. Btw aku pengen loh mbk ikut mombasador tpi aku belum jadi mom hehehe

    BalasHapus
  10. Wah keren sekalii mba Ruli, rasanya ngga asing sih namanya, tp dasar aku kudet, selama ini jarang main ke blognya. Heuheu

    BalasHapus
  11. one day perlu jumpa sama mbak lina ini..

    BalasHapus
  12. Wah Mbak Ruli tinggal di Samarinda ya. Asik tuh, aku betah main di sana (meski rawan banjir). Mampir ah ke blog Mbak Ruli

    BalasHapus
  13. Sering tahu info2 di halal corner karena dishare Mbak Ruli :D

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita