BAJAFASH 2018 Diversity in South-East Asia Through Music & Fashion


Sebuah sejarah akan diulang lagi dan menjadi yang keempat kalinya diadakan di Pulau Batam Provinsi Kepulauan Riau. Pertama, pada tahun 2007 Bajafash diadakan di Hotel Novotel. Tahun 2016 diselenggarakan di Hotel Planet Holiday. Kemudian tahun 2017 lalu berlangsung di Hotel Radisson. Dan tahun 2018 ini, Bajafash 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 16 - 17 Maret 2018 di Batam View Beach Resort dengan mengusung tema "Keanekaragaman di Asia Tenggara Melalui Musik dan Mode."

Baca juga Bajafash 2017.

Bajafash 2018 adalah FESTIVAL yang menggandengkan musik JAZZ dan FASHION. Dimulai dengan ide cemerlang sosok bernama Indina Putri Fadjar sebagai salah satu pendiri Batam Jazz Society yang merupakan komunitas atau asosiasi pemain dan penikmat musik jazz di Batam. Bajafash 2018 menjadi terobosan yang merupakan bukti nyata dedikasi karya bangsa sebagai bentuk persembahan dari Batam ke Batam dalam rangka meningkatkan daya tarik baik pariwisata domestik maupun mancanegara sehingga bermanfaat positif bagi pergerakan ekonomi di kota Batam pada khususnya.


Perjalanan Bajafash semakin diwarnai dengan mengoptimalkan bentuk potensi lokasi geografis Kota Batam yang sangat strategis sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia di wilayah utara. Selain perbaikan infrastruktur untuk meningkatkan pariwisata, perlu juga dikembangkan ide-ide dan berbagai konsep acara yang unik dan menarik sehingga menjadi pilihan alternatif wisatawan datang berkunjung ke Batam. Konsep acara tersebut salah satunya adalah Bajafash 2018 ini.


Bajafash 2018 series yang akan datang, akan mengalami beragam perkembangan dan perbaikan jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari pemilihan lokasi yang berada di Batam View Beach Resort Nongsa, juga terdapat penyelenggaraan program OPEN DIALOGUE dengan tema "Industri Kreatif Berkelanjutan dalam Keanekaragaman Asia Tenggara Melalui Jazz & Fashion" yang ditujukan untuk "komitmen" para pembuat kebijakan termasuk negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura supaya bersatu dan bekerja sama guna menciptakan solusi bagi perbaikan terus menerus di industri kreatif. Selain itu untuk membuka peluang positif bagi pemerintah yang sekaligus membuka jaringan kerja sama bisnis kreatif.


Di event ini akan ada banyak pembicara yang mumpuni yang akan menuntaskan kehausan pengetahuan kamu tentang musik seperti Khadijah Ibrahim, penyanyi legendaris asal Malaysia, Rudy Djoe, Penyanyi Jazz Melayu asal Singapura dan juga penyanyi Indro Hardjodikoro dan Glenn Fredly dari Indonesia. Selain itu, nara sumber lainnya adalah Sigit S. Widiyanto (Menteri Counselor Economic Fair Kedutaan Besar Indonesia di Singapura), Lukita Dinarsyah Tuwo (Kepala BP Batam), Teguh Wicaksono (Founder Archipelago Festival), Piyapong Muenprasertdee (Co-founder & Community Manager dari Fungjai.com) dari Thailand dan beberapa nara sumber hebat lainnya. Dialog terbuka akan dipandu oleh dua moderator keren, Guntur Sakti yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Badan Informasi dan Komunikasi Kepulauan Riau. Ia akan berkolaborasi dengan Tengku Ryo seorang pemain biola yang telah menampilkan keahliannya dalam menggesek biola di berbagai negara dan hampir semua benua.


Hal lain yang berbeda di Bajafash 2018 adalah acara MUSIC CAMP yang memberikan kesempatan terbuka bagi peserta dari berbagai negara untuk belajar secara langsung bagaimana memainkan alat musik yang baik dari para mentor yang sangat ahli di bidangnya. Dan pada saat yang sama juga bisa berbagi pengalaman dengan peserta lainnya. Bahkan para peserta bisa melihat secara langsung para mentor beraksi memainkan alat musik di depan mereka selama jam session. Jam session ini merupakan suatu kondisi dimana para musisi tampil bersama tanpa perencanaan, tanpa latihan, bebas berekspresi, namun tetap beretika agar penampilan bersamanya ini tetap beretika dan menyenangkan semau partisipan dan juga penonton.


Di MUSIC CAMP ini akan hadir nama-nama besar seperti Indro Hardjodikoro (Jazz Bass Class), Balawan (Jazz Guitar Class), Andy Gomez (Jazz Piano Class) ketiganya dari Indonesia. Dan yang lebih luar biasa adalah kehadiran mentor Malaysia Zahid Ahmad (Drum Class), Azmi Hairudin (Saxophone Class), dan Stan Calvin (Tabla & Music Apps). Peserta juga bisa mengeksplorasi ilmu Steve Thornton yang berasal dari Amerika Serikat (Kelas Percussions). Kegiatan MUSIC CAMP ini akan berlangsung dua hari dan ditutup dengan hidangan sunset jazz menjelang senja.


Berbicara tentang Bajafash 2018 secara keseluruhan maka ini adalah perpaduan yang lengkap sebagai perwujudan dari konsep "A SMART ENTERTAINMENT" yang tidak hanya menampilkan jazz dan fashion, tapi juga eksistensi para peserta yang beragam dan mengandung unsur pendidikan yang terkandung dalam kegiatan Music Camp dan Open Dialogue yang menggambarkan “Life Style” dari para pemain dan pengunjung yang akan hadir. Dengan berbagai hal positif ini, diharapkan Bajafash 2018 mendapat dukungan dari berbagai pihak sehingga event ini bisa berjalan dengan baik dan mencapai tujuan akhir yang ingin dicapai.


Secara musikal, Bajafash 2018 akan menghadirkan acara spektakuler yang dimeriahkan oleh musisi jazz profesional dari berbagai negara. Dari Indonesia adalah Glenn Fredly dan Baku Cakar, Balawan dan Batuan Ethnic, Syaharani, Soukma, Light Craft bersama musisi Batam lainnya seperti Bajafash All Star, Cheppy & friends, 4 Pieces Batam Percussion, Royal Coustic, ASAP feat Choir dan Sakazada. Sementara dari Malaysia akan tampil penyanyi legendaris Khadijah Ibrahim, Siel dan Slef Trio. Dari Singapura Rudy Djoe, Steve Thornton dari Amerika Serikat juga Janine Annice dari Inggris.


Peragaan busana juga akan menjadi salah satu hal menarik bagi para pengunjung yang hadir, menampilkan koleksi perancang busana terbaik seperti Chossy Latu, Arturro dari Seminyak Bali, Wieke Dwiharti, Didit Jarit, Nasution, Decy Tyramona dan juga tidak ketinggalan koleksi show dari perancang busana lokal Batam yaitu Natasya Rofalina dan Febby Erika didukung oleh Iwapi Batam sehingga para pengunjung tidak hanya bisa menikmati musik jazz dan fashion show tapi juga bisa berbelanja berbagai produk dari peserta EXACITION dengan penawaran harga terbaik mereka.


Persiapan Bajafash 2018 sampai pelaksanaannya pada 16-17 Maret 2018 tidak terlepas dari bantuan banyak pihak mulai dari promosi dan publikasi yang didukung oleh berbagai mitra, seperti Radio 100.7 BATAM FM, Radio 101.6 ZOO FM, Sindo News, Majalah Pria, Femina, Blogger Kepri, Generasi Pesona Indonesia, CGV Blitz Kepri mall, Niaga Advertising dan Alfatron. 


Pihak lain yang juga mendukung Bajafash 2018 adalah PAPPRI KEPRI, Komunitas Jazz Batam, Roasteree Cafe, Anchor Cafe, Desain Seni Kellapa, Batam View Beach Resort sebagai penyedia tempat dan juga sponsor Prana Living Shop, Puri Khayangan, Batam Rak, Horison Hotel, Bank Indonesia, Inez Cosmetic, Tirosa Enterprise Batam, Djarum, OW Water, Dige Batam, Miracle Batam dan akan mengikuti beberapa pihak lain yang akan berpartisipasi.


Kedutaan Besar Indonesia di Malaysia dan Kedutaan Besar Indonesia di Singapura juga merupakan pihak yang telah memberikan dukungan positif kepada Bajafash 2018. Pemerintah sampai saat ini telah memberikan dukungan nyata dari Badan Pengusaha (BP) Batam. Semoga Pemerintah lain seperti Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kota Batam selaku pembuat kebijakan baik di tingkat pusat maupun daerah juga dapat memberikan dukungan nyata sebagai bentuk kerjasama dalam upaya meningkatkan pariwisata. 


Kunjungan wisata sebagai potensi penting untuk meningkatkan sumber pendapatan daerah yang diharapkan dapat berdampak positif terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi di tingkat regional dan nasional.


Untuk info lebih lanjut, tiket dan reservasi kunjungi situs www.bajafash.com atau hubungi Official Bajafash +62 778 325769 atau +62 822 8539 9933. Anda juga bisa menghubungi Batam View Beach Resort +62 778 761740 dan +65 6288 8138. 


Bajafash representative Malaysia hubungi Jart Hasan +60 172 941 774 atau Ikeu Saribanon +60 193 767 051. Untuk Singapura Anda bisa menghubungi Din Safari +65 9661 5114 atau Evi Fedira Kusrini +65 9674 4345. Selain itu Anda juga bisa mengikuti instagram bajafash.2018 dan fanpage Bajafash. .


Pastikan Anda menjadi bagian dari rangkaian acara yang menarik saat Bajafash 2018 berlangsung. Mengukir sejarah bersama-sama, bergandengan tangan untuk menyatukan pemahaman dan kecintaan akan jazz dan fashion dan juga kepedulian dan rasa memiliki untuk membangun bangsa melalui industri kreatif dan ekonomi kreatif. 


Beli tiket dan undang keluarga, teman, rekan kerja, mitra bisnis dan orang yang Anda cintai untuk hadir di Bajafash 2018 pada hari Jumat dan Sabtu, 16-17 Maret 2018 di Batam View Beach Resort.

30 komentar :

  1. Tahun ini lebih banyak musisinya ya teh, semoga lebih sukses dari tahun sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Wow kelasnya udah internasional ya, mba. Senangnya kalau makin banyak hiburan yang didukung beberapa negara sekaligus :)

    BalasHapus
  3. Apakah fashion nya..menampilkan baju2 ala2 penyanyi jazz atau gimana..?

    BalasHapus
  4. Sukses buat BAJAFASH-nya ya, Mbak. Berasa pengen terbang ke Batam ih. Sayang saldo rekening melarang aku. ehehehe

    BalasHapus
  5. Pastinya akan di tunggu Samantha pencinta music jazz Dan performance musisi handle pastinya tidal akan menyiakan moment Keren Kaya gini

    BalasHapus
  6. wah keren. Aku baru tahu ada acara beginian di batam.

    BalasHapus
  7. Wah, seru ada Glenn Fredly. Event seperti ini bisa sekaligus mengajak orang berwisata ke Batam yang punya pantai yang bagus-bagus juga

    BalasHapus
  8. Keren ide acaranya jadi menarik untuk di lihat, semoga tambah maju y,Batam aku blm.pernah ke sana mba,

    BalasHapus
  9. Keren banget ini event-nya. Bisa belajar alat musik dengan ahlinya juga

    BalasHapus
  10. Sempet siweer pas baca Syaharani, kukira Syahrini incess. Hihi

    BalasHapus
  11. woaah aku pingin nonton glen fredly :(

    BalasHapus
  12. Asyik banget kayaknya nih acaranya. Ada penyanyi favorit saya juga Glenn Fredly, keren banget pasti

    BalasHapus
  13. Seneng banget kalau bisa menikmati festival musik macam ini, apalagi di Batam :D
    Sukses acaranya :D

    BalasHapus
  14. Kayaknya bakal super duper keren nih acara. Seneng dong ya yang tinggal di sana dan bisa nonton secara langsung konser ini ^^

    BalasHapus
  15. Keren nih kayaknya Bajafash, tahun lalu belum sempat nonton, mudah-mudahan tahun ini bisa

    BalasHapus
  16. kepoin ah acaranya nanti sepertinya asyik dan seru.. jazz di batam. super wow ya teh

    BalasHapus
  17. List musisinya mantep nih... pasti acaranya seru...

    BalasHapus
  18. wow ada Glen Fredly pasti makin keren nih acara Bajafash tahun ini, acaranya juga digelar disalah satu Resort keren di Batam nih, pasti bakalan rame dan seru nih

    BalasHapus
  19. Dari dulu pingin banget nonton pertunjukkan Jazz live, tapi gak pernah bisa. Katanya, dengan bertambah usia, jadinya pada suka jazz ya mbak, apa benar mbak? .😁

    BalasHapus
  20. Waah ada Glenn juga. Pastinya seru banget bisa nyanyi-nyanyi bareng ama Glenn yaa..

    BalasHapus
  21. Saya belum terlalu tertarik pada musik jazz, tapi kelihatannya ini acara keren banget. Semoga sukses BAJAFASH 2018!

    BalasHapus
  22. ada bang Glen Fredly. langsung membayangkan betapa asiknya alunan musik jazz di Nongsa Point Marina. pasti keren banget

    BalasHapus
  23. Sepertinya acaranya bakal seru ini. Tapi lagi-lagi gak bisa hadir tahun ini. Saya suka jazz. Apalagi ini acaranya di pantai!

    BalasHapus
  24. Aah masih belum rezeki nonton lagi bajafash tahun ini teh.. Pas puncak2nya persiapan akreditasi sekolah. Padahal dah mupeng bgt sejak thn lalu

    BalasHapus
  25. dulu pernah liat acara jazz di pgogram tvri
    sekarang tidak ada lagi sepertinya
    memang sih musik jazz tidak merakyat seperti musik pop dan dangdut
    tapi jazz punya kelas tersendiri ya
    jadi tetap jdi musik yg punya tempat tersendiri

    BalasHapus
  26. Wah background nya pinky mambo... hehehe... Pengin ikut ini even tiga hari Bajafash karena sungguh menggoda... Andaikan saya bisa... Ah sudahlah baca tulisan teh Lina aja kalau begitu...

    BalasHapus
  27. Kalau Pak Guntur ketemu Tengku Ryo, bakal jalan gak yaa diskusinya atau malah ketagihan nyanyi terus? hehehe. peace, Pak!

    BalasHapus
  28. semakin banyak event.... bisa jadi ajang promosi wisata yang ada di batam juga...

    BalasHapus
  29. wah di Batam ternyata ada acaran keren seperti ini ya mba..

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita