Pilih Kamera DSLR atau Kamera Smartphone untuk Traveling?

Menjadi seorang blogger yang suka jalan-jalan sekaligus sering bepergian ke acara-acara tertentu, membuat begitu banyak momen yang harus saya abadikan melalui kamera. Baik itu kamera digital seperti DSLR, kamera pocket, maupun kamera smartphone/handphone (hp). Yang pada akhirnya, saya lebih sering menggunakan kamera hp dibanding DSLR dan kamera pocket karena masalah kepraktisan.



Bicara soal kepraktisan dalam memotret, seringnya saya membutuhkan kamera yang simpel, ringan, yang bisa ditenteng kemana-mana dan dikeluarkan seketika sehingga tidak ketinggalan momen-momen penting. Tentu dengan hasil foto yang baik dan maksimal. Selain itu saya membutuhkan memori yang besar agar kamera bisa digunakan  untuk membuat video juga. 


Di lain sisi, semakin hari semakin terasa kalau saya bepergian misalnya mendaki gunung, kekuatan tubuh semakin melemah seiring bertambahnya usia. Dulu, memanggul ransel atau keril yang 80 liter saja saya sanggup. Sekarang hanya menggemblok daypack seri ultralight saja sudah ngos-ngosan. Tampak sekali era kejayaan saya sebagai pendaki gunung akan segera berakhir. Hehe. Begitu juga saat traveling. Beban apa saja kalau bisa dienyahkan. Apalagi beban hidup ya. Dan ternyata menenteng kamera DSLR saat hiking maupun traveling itu tidak praktis banget. 

Bawa kamera DSLR ini saat di kapal? Beraaat Bo.

Pernah sekali waktu mendaki Gunung Guntur di Garut Jawa Barat, saya mengalungkan DSLR karena niatnya ingin mengabadikan momen pendakian. Namun yang terjadi adalah, saya tetap saja menggunakan kamera hp untuk memotret secara spontan karena kalau menggunakan DSLR harus sering berhenti dan menyeting kamera seiring perubahan cahaya matahari di jalur yang dilewati. Alhasil saya sering ketinggalan rombongan sehingga harus terburu-buru menyusul. Hingga akhirnya kaki pun keseleo. Dimana 6 bulan setelah pendakian itu keseleonya baru bisa sembuh.


Bertahun-tahun, ratusan momen telah terekam dalam ribuan foto. Tercatat lebih dari 6 ribu foto yang telah tersimpan dalam hp yang saat itu saya gunakan. Hingga masa kejayaannya pun harus segera berakhir. Hasil jepretan kamera hp tersebut perlahan tampak buram, pucat dan bercak-bercak seperti ada noise. Mungkin karena pernah beberapa kali jatuh dan terbanting, kualitas kamera hp mulai menurun sekaligus memburuk. Sementara, keperluan untuk menggunakan kamera hp dengan hasil yang baik dan cantik makin mendesak. 


Suatu waktu, iklan dan berita tentang Huawei Nova 3i mulai bermunculan di internet. Beberapa blogger yang saya kenal banyak yang mengadakan lomba dengan hadiah Huawei Nova 3i ini. Saya sedikit tertarik saja, namun ketika membaca tema yang dilombakan, rasanya belum klik dengan hati. Hingga suatu saat saya membaca pengumuman di blog Nurul Noe kalau ia juga mengadakan giveaway dengan hadiah yang sama. 


Wait, Nurul Noe? Wah ini sih travel blogger favorit saya karena sering mampir dan baca-baca blognya. Saya tahu bagaimana gaya dan karakter tulisannya yang cenderung puitis romantis. Selain itu, Noe sudah punya anak perempuan yang saya kira sebagai seorang ibu dari seorang gadis kecil, kami sedang berada dalam satu frekuensi yang sama. Dan jika saya mengambil sudut pandang dari seorang ibu mungkin bisa saja menang. Dan setelah membaca tema yang dilombakan tentang "A Place to Remember," tempat yang spesial untuk diingat dan diinginkan untuk kembali ke sana, seketika saya mengingat Gunung Semeru yang menjadi tempat spesial saya dan si gadis kecil melakukan perjalanan mendaki gunung.


Bismillah, saya menantang diri sendiri untuk bisa menyelesaikan tulisan dalam waktu dua hari. Hingga jarum jam merayap begitu cepat. Deadline waktu yang ditentukan tinggal beberapa menit lagi menuju pukul 24:00 WIB. Saya gemetaran sambil terus berdo'a hingga akhirnya tulisan itu terkirim sebelum jam 12 tengah malam berdentang. 


Sebulan kemudian, kabar gembira itu datang. Saya menjadi salah satu pemenang giveaway berhadiah Huawei Nova 3i yang diadakan oleh Huawei dan blog Noe Traveller. Sungguh Allah SWT mengetahui apa yang saya sangat butuhkan saat ini. Hadiah yang tepat di saat yang tepat. Di saat saya lagi sayang-sayangnya eh di saat lagi butuh-butuhnya. 😃


Maka, ketika kotak kayu yang dinanti-nanti itu datang ke tempat kerja, bahagia tak terhingga. Dan biasa deh, hasrat pamer mulai menghinggapi perasaan. Teman-teman meminta untuk segera membuka kotak kayunya, namun saya membiarkan saja karena tentu akan menjadi pusat perhatian orang-orang. Ingin rasanya cepat-cepat pulang ke rumah untuk segera unboxing, menyaksikan penampakan Huawei Nova 3i yang selama ini ditunggu-tunggu dengan harap dan cemas. Semoga saja warnanya Iris Purple, sesuai dengan yang diidam-idamkan. Warna yang menyiratkan kesan elegan dan mewah.😃

Iris Purple. Warna idaman yang akhirnya kesampaian juga

Postingan ini sebenarnya postingan untuk ulasan atau review tentang penggunaan Huawei Nova 3i selama 3 bulan terakhir mengisi hari-hari saya. Namun ternyata prolog-nya kepanjangan. Jadilah saya potong dua bagian. Untuk review murni tanpa basa-basi seperti ini lagi, akan dilanjutkan di postingan berikutnya. Semoga saja malasnya segera beranjak dari diri ini.


24 comments :

  1. Jadi setelah punya Huwawei Nova, camera dslr-nya ditinggal di rumah ya Mbak Lina.baku pun mengakui bahwa produk Huawei kameranya cakep-cakep. Tapi saat ini masih bawa dua kamera DSLR dan ponsel. Adang foto dari ponsel kurang memuaskan dan kadang dari DSLR yang kurang. Jadi untuk menyeimbangkan saja

    ReplyDelete
  2. Kalo saya Traveling lebih suka motret pakai kamera hape krn lebih simpel..

    ReplyDelete
  3. Wooah senangnya dapat hadiah Huawei Nova 3i Selamat ya mbak. Iris purple memang cakep ya warnanya.
    Bakal makin rajin nih pepotoan, dibawa traveling pastinya cocok, ringan dan praktis.

    ReplyDelete
  4. Waaahhhh selamat kakaaakkkk menang giveaway hadiah hp baru, mupeng dong ah! Ditunggu reviewnya tentang Nova 3i-nyaaa

    ReplyDelete
  5. Waaa selamat yaa mba.. nova 3i ini memang cocok banget buat diajak travelling. Bisa tetap foto2 bagus tanpa keberatan lagi setelah ini yaa :)

    ReplyDelete
  6. kalau untuk jalan-jalan aku tim kamera HP, mba..soalnya kalo pake DSLR rempong harus setting kan..
    tapi kalau udah jelas lokasinya dan hunting di tempat yang udah ditentukan aku prefer DSLR

    ReplyDelete
  7. Wah selamat ya Mbak Lina. Aku juga sekarang tim kamera handphone. Repot juga ya kalau harus setting-setting. Pake handphone juga udah bagus dari kacamata aku sih.

    ReplyDelete
  8. Huawei yang nova 3i ini lensanya memang bagus mbak, kan pakai Leica ya. Aku aja mupeng. Pengen beli

    ReplyDelete
  9. Aku tim smartphone! Aku punya keyakinan bahwa kamera yang paling baik adalah yang kita pahami cara penggunaannya dan tahu persis kelebihan kekurangannya. jadi intinya, daripada bawa kamera DSLR dan aku ga bisa cara pakenya yang bener gima, mending pake smartphone, wahahaha.

    ReplyDelete
  10. kamera mirroless masuk itungan gak mba? hehhehe.. tapi kalo travelingnya siang hari sih biasanya aku pake kamera HP aja udah cukup

    ReplyDelete
  11. Ada kelebihan dan kekurangannya ya dua kamera ini.
    Jujur kalau rombongan apalagi ada anak kecil, lebih enak pake smartphone. Tapi kalau serius motret dan pengen diadu sama foto-foto lain plus upgrade skill, saya sih seneng bisa pake dslr (tapi belum punya juga sih :D)

    ReplyDelete
  12. Kadang walau sudah bawa kamera mirrorless atau dslr, saya pun masih sering menggunakan kamera handphone untuk lebih praktis. Karena lensa yang dimiliki kamera mirrorless dan dslr berbeda dengan kamera handphone.

    ReplyDelete
  13. Prolognya aja udah seru mak :D
    Duh, cantik banget sih warna nova 3i nya :)

    ReplyDelete
  14. Huawei ini memang mantap ya Teh, kameranya keren pisan, jernih..apalagi warnanya cantik, lengkap sudah..

    ReplyDelete
  15. Lebih praktis memang pakai kamera ponsel ya dibandingkan bawa DSLR yg ukurannya bikin berat. Apalagi sekarang banyak hp dengan kualitas kamera yang bagus kaya Nova 3i ini contohnya

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah ya mba, bisa mendapatkan smartphone sesuai dengan keinginan. Kece banget nih Nova3i yang Irish Purple. Pernah megang dan nyobain bentar, bawaannya pengin bawa pulang :))

    ReplyDelete
  17. Bener yaa, kak...
    Gimanapun, hasil terbaik tetap DSLR. Tapi...kalau HP ini sungguh praktis sekalii...
    Apalagi Huawei Nova 3i.

    Allah sungguh maha mengetahui kebutuhan hambaNya.
    Barakallahu fiik, kak Lina.

    ReplyDelete
  18. Ini keren banget tampilannya, spesifikasinya juga keren ih. Duh mupeng banget saya pengen ganti hape

    ReplyDelete
  19. Aku ke mana2 bawa DSLR apalagi kalau jalan dan kerja, soalnya kamera henponku yang sekarang jelek :(
    Wah kalau kameranya sebagus hape Huaewei ini enak ya mbak :D Gak usah lagi berat2 bawa DSLR :D

    ReplyDelete
  20. Aku beneran mupeng dengan hp nya, apalagi sejak lama aku udah make huawei jadi udah familiar dengan kualitasnya. ganti hp ah, Nova i3 ini speknya emang ga kaleng-kaleng bah!

    ReplyDelete
  21. Now, I can say I am a smart phone team. I still use DSLR camera, but only when I have enough time or enough energy to go traveling around

    ReplyDelete
  22. Bener bangeet, pengennya bisa pakai kamera DSLR kalau foto-foto selama travelling. Tapi berat, dan gak simple. (Padahal biasanya suami sih, yang bawa-bawa kameranya wkwkwk)
    Eh, tapi kalau kami bepergian ke tempat yang jauh dan ke alam bebas, kami memang lebih senang menggunakan kamera smartphone aja.

    ReplyDelete
  23. kalau udah ada kamera henpon yg mumpuni kayaknya bakalan milih hp dehh. secara kalau dslr berat banget jadi malas bawanya.

    ReplyDelete
  24. Wah... rejeki ya... Allah bener-bener maha baik. Dia memberi sesuai kebutuhan hamba-Nya.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates