Monday, 11 March 2019

Berburu Foto saat Traveling Menggunakan Huawei Nova 3i

Huawei nova 3i kini hadir dan menjadi salah satu anggota keluarga baru dalam perlengkapan memotret saya. Dan selama 3 bulan terakhir ini, telah menjadi senjata andalan tatkala saya bepergian atau traveling. Ia hadir tepat menjelang pergantian tahun baru yang lalu. Alhamdulillah, tahun baru smartphone pun ikut-ikutan berganti baru. Yeay. 😄





Smartphone Huawei nova 3i yang saya miliki ini benar-benar sesuai dengan keinginan dan ekspektasi sebelumnya. Dimana berhari-hari, bahkan berminggu-minggu saat menunggu paketan tiba, saya berharap semoga pihak Huawei akan mengirimkan warna iris purple. Warna yang pertama kali saya melihatnya, sudah membuat jatuh hati. Bagaimana tidak, gradasi biru ke ungu pada bagian bingkai belakang tampak elegan, mewah dan glowing.

Didesain menggunakan bingkai metal yang kokoh dengan corak warna yang indah pada kaca belakangnya, smartphone ini mampu mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya. Begitu juga layar yang luas selebar 6,3 inch memberikan daya pandang yang nyaman dan leluasa. Body smartphone yang memiliki lebar 75,2 mm, panjang 157,6 mm serta tebal 7,6 mm ini pun terasa ramping ketika dipegang. Begitu juga beratnya yang hanya sekitar 169 gram saja, membuatnya terasa ringan dan simpel karena mudah dikantongi dan diselipkan di dalam saku baju.




Menjajal Huawei nova 3i Saat Traveling

Tepatnya selama 3 bulan terakhir ini,  saya telah menjajal kemampuan dan ketangguhan kamera Huawei nova 3i langsung saat traveling. Kebetulah sedang malas bawa-bawa kamera DSLR dan kamera jenis lainnya. Kebetulan juga sedang membutuhkan jenis kamera yang dapat menangkap dan merekam momen dengan cepat. Apalagi kebanyakan dari berbagai kegiatan tersebut saya mobile, bergerak terus, hingga memerlukan kamera yang cepat tanggap dan mudah dipakai saat dalam perjalanan.

Maka sejak Desember 2018 hingga Akhir Februari 2019 lalu, saya hanya menggunakan smartphone ini untuk mengabadikan setiap momen traveling yang saya jalani. Telah lebih dari 3000 foto dan 535 video tersimpan dalam memori si biru ungu yang cantik menawan ini. Tak sedikit pun khawatir memori akan lekas penuh karena kapasitas RAM 4 GB + 128 GB ROM sudah lebih dari cukup untuk memproses dan menyimpan seluruh foto serta video yang saya ambil. Belum lagi slot micro SD card yang support hingga kapasitas 256 GB.



Kamera Huawei nova 3i ini saya gunakan diantaranya untuk memotret dan membuat video dalam berbagai kegiatan  diantaranya seperti:


1. HARRIS DAY



Harris Day merupakan sebuah event besar yang biasa digelar setiap tahunnya oleh Grup Harris Hotel di hampir seluruh jaringan Harris di Indonesia. Alhamdulillah saat itu saya diundang untuk meliput kegiatan Harris Day di Kota Batam. Event yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Harris ini serentak dilakukan di 6 kota di Indonesia. Untuk Batam kegiatan yang diselenggarakan berupa funbike yang mengambil titik start dari Hotel Harris Batam Center menuju titik finish di Harris Resort Waterfront Marina.

Tulisannya bisa dibaca di sini: Harris Day Hari Pestanya Para Pesepeda Batam

Di acara ini, saya bebas mengeksplor kemampuan kamera Huawei nova 3i dalam ruangan terbuka seperti halaman hotel, jalan raya, para pesepeda yang sedang melaju di jalan, marching band para tentara yang menyambut para pesepeda, beragam perlombaan di lapangan, serta merekam video para pesepeda yang melintasi jalur yang lumayan menantang di sepanjang rute Simpang Jam menuju kawasan Tanjung Riau. 


2. KEMPING KELUARGA



Kamera Huawei nova 3i ini juga saya gunakan sepenuhnya untuk memfoto dan merekam video dalam kegiatan "Kemping Bersama di Pantai Melayu Barelang Batam" bersama kelompok arisan keluarga. Ratusan foto dan puluhan video saya abadikan mulai dari awal keberangkatan hingga kepulangan. Semenjak di halaman rumah, di dalam kendaraan hingga tiba di lokasi Pantai Melayu Barelang. Hasilnya? saya sangat puas.

Banyak hal yang saya lakukan untuk mengeksplor kemampuan kameranya. Menangkap panorama senja, membuat video timelapse, membuat jejak cahaya di malam hari, serta merekam berbagai kegiatan anak-anak bermain pasir, berenang, menangkap ikan, bermain sampan, dan banyak hal seru lainnya. Alhamdulillah berbagai momen berharga liburan keluarga kami terekam baik dengan kamera ini. Dengan empat kamera AI 24 Mega Pixel + 2 Mega Pixel di bagian depan dan 16 MP + 2 MP di bagian belakang, Fitur Huawei nova 3i dapat memastikan hasil foto yang mengesankan dengan kejernihan yang tinggi dan efek bokeh.


3. TRAVELING KE PEKANBARU



Karena berangkat ke Pekanbaru dadakan tanpa persiapan, saya pun seperti sebelum-sebelumnya tidak membawa kamera DSLR. Niatnya hanya ingin jalan-jalan simpel dan cepat sehingga untuk keperluan foto-foto, cukup mengandalkan Huawei seri ini saja.


Di Pekanbaru saya mengunjungi beberapa tempat seperti Masjid An-Nuur, Transmart Pekanbaru, Jembatan Sungai Siak, Pasar Bawah, dan restoran serta kedai-kedai yang menjajakan kuliner khas Pekanbaru. Ternyata lagi-lagi hasilnya memuaskan. Foto-foto makanan di hotel tempat saya menginap tampak menggoda. Foto bangunan Mesjid An-Nur Pekanbaru pun tampak anggun dikala senja hari. Begitu juga foto-foto Transmart Pekanbaru, Jembatan Sungai Siak, serta kios-kios di Pasar Bawah yang menjajakan beragam barang kebutuhan rumah tangga. Warna fotonya jernih apalagi Huawei nova 3i didukung oleh kemampuan merekam dan mengenal  warna sebanyak 16,7 juta warna.


4. MEREKAM PERJALANAN UMROH



Untuk keberangkatan ke Kota Mekah dan Madinah, saya sengaja tidak membawa kamera DSLR karena niatnya untuk ibadah bukan untuk foto-foto. Dan kalaupun harus foto-foto saya percaya bahwa kamera Huawei nova 3i akan mampu merekam dengan baik berbagai momen yang ingin saya abadikan selama dalam perjalanan ibadah umroh tersebut.

Namun, meskipun sangat sedikit melakukan aktifitas memotret saat itu, saya tak lupa untuk merekam video yang mengambarkan jamaah umroh sedang melakukan ibadah. Saya mengambil video timelapse pada saat jamaah sedang tawaf. Ketika kembali menyaksikan video tersebut saya masih saja terharu dan merinding. Semoga saja bisa kembali suatu saat nanti.


5. TRAVELING DAN ZIARAH  DI JORDANIA


Wadi Rum, Jordan

Jeep Tour di Wadi Rum Jordan

Sepulang umroh, saya melanjutkan perjalanan untuk berziarah ke negeri para nabi. yakni Negeri Syam. Negeri yang kini telah terbagi menjadi beberapa negara yaitu Yordania, Syiria, Libanon dan Palestina. di Jordania saya mengunjungi Wadi Rum, Kota Tua Petra, Laut Mati, Makam Nabi Syuaib dan Gua Ashabul Kahfi. Semua perjalanan ini pun lagi-lagi hanya direkam menggunakan Huawei nova 3i.

Petra, Jordan

Fitur AI pada HUAWEI nova 3i mampu mengingat 22 kategori dari 500 lebih. Terbukti pada saat berada di suatu tempat atau kamera diarahkan kepada suatu objek, maka dengan mudah objek yang akan difoto dikenali oleh kamera. Seperti saat saya sedang berada di laut mati, dengan seketika kamera mengenali objek dengan tulisan "beach". begitu juga dengan objek lainnya.

Semua foto-foto yang diambil di Jordan ini, sudah lebih dari cukup untuk menjadi ilustrasi saat tulisan-tulisan perjalanan ziarah tersebut saya tulis di blog ini. Semoga saja masih ada kekuatan dan semangat yang menggebu untuk menuntaskan semua tulisan perjalanan ke sana.


6. BERZIARAH KE MASJIDIL AQSO PALESTINA

Masjid Al Qibli, Kompleks Masjidil Aqso Palestina

Halaman lapang di kompleks Masjidil Aqso

Perjalanan jauh terakhir menggunakan Huawei nova 3i adalah mengunjungi Masjidil Aqso di Al Quds (Yerussalem) Palestina. Alhamdulillah, selama di sana cuaca sangat baik. Teduh dan nyaman. Walaupun sedang musim dingin, namun atmosfer yang bersahabat membuat hati terenyuh, tersentuh dalam syahdu yang entah bagaimana telah menelusup dalam hati. Terlebih warna langit di siang dan senja hari sangat menakjubkan. Sungguh, Huawei nova 3i bekerja sangat baik tatkala saya ingin mengabadikan warna langit yang tampak indah dari halaman Masjidil Aqso. Dan betapa takjubnya hati ini tatkala menyaksikan awan-awan yang menghiasi langit yang bersusun-susun seakan sedang berbaris. Saat menyaksikan hasilnya, saya sangat gembira. Foto susunan awan itu keindahannya tampak sesuai dengan apa yang saya saksikan. Mungkin karena pengaturan cahaya dan fitur HDR Pro yang canggih dari Huawei nova 3i dengan 4 kamera AInya. 

FITUR PENTING LAINNYA



1. Fitur Super Slow Motion
Beberapa fitur dari kamera Huawei nova 3i yang belum saya coba diantaranya adalah fitur untuk menangkap momen pada gerakan super lambat dengan mode 16X Super Slow Motion. Ini karena saya keasyikan mengulik fitur biasa sehingga lupa untuk mengeksplor bagian-bagian lain. Fitur gerakan super lambat ini dapat merekam setiap gerakan yang mengesankan dan mengubah kilasan momen menjadi urutan aksi dengan 480 frame per detik di layar.

2. Smart Shopping dengan AI
Pada fitur ini cukup ketuk layar yang lama dengan dua jari pada gambar yang diinginkan atau dengan memindai obyek. Fitur Huawei nova 3i akan menemukan barang tersebut secara online untuk kebutuhan belanja yang cepat dan tidak merepotkan. *Aplikasi Amazon diperlukan dan barang tergantung pada persediaan.

3. Pencarian Gambar dengan AI
Fitur AI merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki Huawei nova 3i untuk mengatur foto yang dapat diurutkan berdasarkan tanggal, tempat, orang, dan bahkan objek dalam foto. Pengelompokkan gambar dari fitur AI membuat pencarian foto yang diinginkan menjadi sangat mudah.

4. Konektivitas yang Kuat dengan AI
Konektivitas Pergerakan AI yang adaptif selalu membuat kita tetap terhubung, secara cerdas menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berada di sekitar kita. Mode elevator dengan cepat memulihkan sinyal 4G dan secara dinamis mengoptimalkan kinerja pada jaringan smartphone.

5. Huawei Geo 1.5
HUAWEI GEO 1.5 pada spesifikasi Huawei nova 3i menyediakan layanan yang lebih akurat dan meningkatkan kinerja bahkan pada saat kita sedang berada di dalam terowongan. Didukung oleh GPS, GLONASS, BeiDou (hanya didukung oleh beberapa INE-LX2 yang dijual di Asia Pasifik), dan AGPS.


Berikut Spesifikasi Huawei nova 3i secara keseluruhan:

Ukuran
Lebar: 75,2 mm
Panjang: 157,6 mm
Tebal: 7,6 mm
Berat: 169 gram (termasuk baterai)

Warna
Iris Purple 
Hitam

Layar
Ukuran: 6,3 inch
Warna: 16,7 juta warna
Ukuran Saturasi Warna (NTSC): 85% (typical value)
Typle: TFT LCD (IPS)
Resolusi: FHD+ 2340 x 1080, 409 PPI

CPU
HUAWEI Kirin 710
4 x Cortex A73 2,2 GHz + 4 x Cortex A53 1,7 GHz

Sistem Operasi
Android 8.1

Memori
INE-LX2: 
4 GB RAM + 128 GB ROM
Micro SD card slot: support up to 256 GB

Jaringan
INE-LX2 (Dual SIM)
4G LTE TDD: B38 / B40 / B41 (2.545 - 2.655 MHz)
4G LTE FDD: B1 / B3 / B5 / B7 / B8 / B28
3G WCDMA: B1 / B5 / B8
2G GSM: B2 / B3 / B5 / B8
Secondary SIM card:
4G LTE TDD: B38 / B40 / B41 (2.545 - 2.655 MHz)
4G LTE FDD: B1 / B3 / B5 / B7 / B8 / B28
3G WCDMA: B1 / B5 / B8
2G GSM: B2 / B3 / B5 / B8


GPS
GPS, GLONASS, BeiDou (hanya didukung oleh beberapa INE-LX2 yang dijual di Asia Pasifik), AGPS


Konektivitas
802.11b/g/n, 2.4 GHz
Bluetooth 4.2, BLE, HWA, aptX and aptX HD
Micro USB, USB 2.0
3,5 mm Headset Jack
PC Data Synchronization

Kamera
Kamera Belakang:
16 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel (color), F/2.2 aperture, supports autofocus (phase focus, contrast focus)
Kamera Depan:24 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel(color), F/2.0 aperture, supports fixed focal length
*Piksel foto dapat bervariasi tergantung pada mode pemotretan.

Audio
Audio File Format: mp3, mp4, 3gp, ogg, aac, flac, midi

Video
Audio File Format: mp3, mp4, 3gp, ogg, aac, flac, midi

Emotion UI
EMUI 8.2

Baterai
3.340 mAh
5 V / 2 A charger

Sensors
Sensor Gravitasi
Sensor Cahaya
Sensor Sentuh
Giroskop
Kompas
Sensor Sidik Jari


Isi Kemasan
Phone x 1
Built-in battery x 1
Quick Start Guide x 1
Charger x 1
Warranty Card x 1 (dependent on market)
Headset x 1
Eject pin x 1
Micro USB cable x 1
TPU Protective case x 1
TP protective film x 1

30 comments:

  1. aku ngincer hape Huawei yang seri ini. Katanya lensanya pake Leica ya. Duuh mupeng. Oia aku pengen banget nih ke Aqsha liat fotonya mbLina jadi terharu sendiri.

    ReplyDelete
  2. Bening banget kamera Huawei nova 3i ini. Memang kalau gak mau ribet pakai smartphone aja buat foto2 saat liburan. Mana RAMnya udah 4 lagi

    ReplyDelete
  3. Mbaak, adek iparku beli Huawei. Dari pas beli lalu dicoba coba sama anak-anak, aseli hasil foto sama videonya jernih banget. Aku jujur banget kepincut dan sedang nunggu moment ada rejeki bisa ganti hape Huawei. Semoga bisa punya dan mau coba sendiri. Warna casingnya juga menarik banget. Aku suka yang Iris Purple, gak kecowooan banget, bisa juga buat emak emak sepertiku

    ReplyDelete
  4. Mantul! Lihat hasil foto nya jernih banget ga percaya kalau itu hasil jepretan kamera. Buat selfie bagus juga kali ya, ga usah pake skinker2an, auto mulus di layar HP ��

    ReplyDelete
  5. Sama, Mbak.
    Saya juga pas jalan-jalan mengandalkan smartphone.
    Soalnya lebih praktis dan bisa terus mobile.
    Mau langsung posting di sosial media juga bisa langsung.

    ReplyDelete
  6. wow, hasil fotonya jernih banget ya mbak, keren deh. Dan aku mupeng banget lihat foto-foto di Jordania itu deh :D

    ReplyDelete
  7. Ya Allah mbaa.. Awan yg berjejer itu.. Indah betul. Speachless liatnya. Keren banget hpnya. Cucok banget sm travel blogger keceh kyk mba lina..

    ReplyDelete
  8. Makin banyak pilihan smartphone dg kualitas kamre bagus ya, termasuk Huwaei

    ReplyDelete
  9. Wah keren banget bisa memuat sampai 3000 foto, tentunya gak cape mindahin karena memori cepat full ya, dan saya butuh Hp kaya begini ��

    ReplyDelete
  10. yaduuu mbaak...foto2nya cakep2 banget mbak lina. padahal pake hp "doang" ya..jd ga doang dong hehehe. kereen huawei !

    ReplyDelete
  11. Bagus ya hasil cameranya HP Huwai ini... Keren banget apalagi pas lagi di palembang

    ReplyDelete
  12. saya pengen #2019GantiHandphone dan lagi cari hape yang kameranya hasil potonya kece.. ini huawei ku masukin list ahhh.. tinggal intip apakah harganya sesuai budget

    ReplyDelete
  13. Ya ampun ROM-nya 128 ya, saya jadi mupeng kepincut Hape ini. Hape ini pas banget dibawa saat traveling ya utk menyimpan foto dan video ..

    ReplyDelete
  14. Spesifikasi hape Huawei cakep juga mba. Bodynya aku juga suka lihatnya.

    ReplyDelete
  15. Mbak..
    Fotonya cakep semua..
    Dipakai di saat siang, mendung, oke ajah ya.

    ReplyDelete
  16. Speknya keren banget mbak. Kalau brand huawei emang ga perlu diragukan lagi. Aku dulu 2012 punya juga nih smartphone dengan merk ini. Dan asli, puas banget

    ReplyDelete
  17. Huawei sepertinya dulu underrated, ya. Sewaktu belum zaman smartphone. Tapi, sekarang sudah bermetamorfosis. Fitur-fiturnya bikin tergoda. Salut.

    ReplyDelete
  18. Waaaaah canggih juga yak hape ini kak hehe. Traveling makin happy dong ya hehe

    ReplyDelete
  19. Seketika naksir dan pengen beliin buat ortu. hpnya yg dulu hilang, beliau pengen tetep bs komunikasi via WA sm anak cucunya di luar kota ini. apalagi ponsel ini jernih banget hasil bidikannya. pasti gambar2 jepretannya jg oke punya

    ReplyDelete
  20. Saya baca detailnya. HP ini benar2 sangat cocok untuk travelling. Sudah ga perlu lagi bawa kamera yang merepotkan. Cukup Huawei

    ReplyDelete
  21. Duuuh fotonya dahsyat semua ini
    Keren-keren banget sih. Selain karena memang kamera Huawei kece punya, ini pas banget dia berada di tangan yang tepat. Eksekusinya mantap jiwa

    ReplyDelete
  22. Sebagus itu ya hasil foto Huawei Nova 3i ini..Bikin mupeng saja
    Di Masjidil Aqso, Petra...dan lainnya. Clear bener.
    Fitur lainnya pun lengkap juga. Idaman banget dan sesuai budget!

    ReplyDelete
  23. Jernih banget hasil fotonya, ya. Kalau kayak begini, jalan-jalan tanpa bawa kamera pun masih tetap santai. Asalkan jangan lupa bawa smartphone ini

    ReplyDelete
  24. Merekam gambar by smartphone saat ini menjadi langkah praktis bagi traveller apalagi dgn keunggulan kamera berkapasitas 24mp utk kamera utama, hasil gambar pun akan sangat baik pasti

    ReplyDelete
  25. Tahun lalu pas GA ini aku ya berharap-harap bisa menang, wkwkwk. Tapi emang belum rejekinya. Beneran mantap smartphone ini. Kamera sama dimensinya yang tipis yang bikin aku jatuh cintrong. Tapi slot memorynya juga oke punya. Biasalah, kolektor foto suka mati gaya kalau memori udah merah.

    ReplyDelete
  26. Canggih nih kamera ponsel. Ngalah ngalahin kamera pocket bahkan dlsr sekalipun ya. Harganya berapaan itu ya?

    ReplyDelete
  27. Masya Allah..cakep sekali hasil fotonya mbak. Udah berasa motret pakai kamera aja ini mah. Tapi kembali lagi yaa..itu semua alat, ya tergantung gimana skill penggunanya.

    ReplyDelete
  28. Kalau ga dikasih tahu smartphone apa yang dipakai pasti ga nyangka ini hasil jepretan kamera HP, spotnya juga amazing banget ini mah susah ngejarnya :-)

    ReplyDelete
  29. Sekarang travelling makin light ya karena banyak hape berkamera bagus. Inget zaman dulu kalau travellig bawa dslr yang beratnya minta ampuun, pegel punggung.

    ReplyDelete
  30. Smartphone Huawei yg series ini cocok banget ya buat travelling, aduh aku mupeng nih mba. Semoga ada rezeki buat bisa beli ini khusus pas lagi jalan-jalan jauh hehe

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...