4 Tips Sewa Mobil Aman Menjelang Lebaran



Sewaktu merencanakan mudik ke Jakarta, Depok dan Garut, kami sempat bingung apakah perjalanan Jakarta ke Garut dan begitu juga sebaliknya harus menggunakan bis atau naik kereta api. Kalau naik bis tentu akan berbarengan dengan kebanyakan masyarakat ikut arus mudik dan arus balik. Sedangkan kalau naik kereta, harus via Bandung atau Cibatu Garut. Jarak ke rumah dari kedua stasiun ini hampir sama jauhnya. Dan ketika memutuskan naik kereta api dan mencoba mem-booking tiket via online travel agent, ternyata tiket sudah ludes. Bahkan semenjak sebulan sebelum hari H. Opsi terakhir kami merencanakan akan menyewa mobil saja. Nah ini beberapa tips Menyewa mobil di Jakarta.


Tips Sewa Mobil Jakarta

Para pemudik yang sedang berkunjung ke luar kota dengan membawa sanak keluarga biasanya akan pulang ke kampung halaman dengan menggunakan transportasi umum seperti bis atau pesawat. Apalagi jika daerah kampung halaman sangat jauh dan tidak memungkinkan untuk membawa kendaraan pribadi.

Melakukan penyewaan mobil adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan agar bisa melakukan perjalanan selama berada di kampung halaman. Baik ketika ingin mengunjungi sanak saudara atau ketika melakukan perjalanan wisata ke tempat-tempat hiburan.  Bagi rekan-rekan yang ingin melakukan sewa mobil di Jakarta, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.


1. Tentukan Tujuan Anda 

Untuk memilih mobil yang akan disewa, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan dulu tujuan awal yang ingin dilakukan. Anda harus menentukan secara pasti mengenai siapa saja yang akan Anda ajak, apakah keluarga besar ataukah hanya beberapa orang saja.

Selain dari faktor jumlah orang, lokasi tujuan juga harus menjadi pertimbangan. Apakah Anda ingin menggunakan mobil untuk bepergian jarak pendek atau bepergian jarak jauh. Dengan begitu Anda dapat membertimbangkan dengan matang, jenis mobil apa yang kira-kira akan digunakan.


2. Cari Tahu Harga Sewa Mobil di Pasaran

Sebelum memutuskan untuk menyewa mobil, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu perihal harga sewa mobil yang ada di pasaran. Cari tahu juga mengenai harga sewa mobil Jakarta per jamnya. Penyewaan mobil biasanya memberikan pelayanan sewa dengan rentangan harga yang bervariasi mulai dari 6 jam, 12 jam, hingga full day 24 jam.

Dengan mengetahui harga pasaran, maka Anda dapat menyiapkan budget seefektif mungkin sesuai dengan kebutuhan. Selain itu tindak kejahatan seperti penipuan juga dapat diantisipasi apalagi jika pihak penyewa memberikan biaya sewa yang harganya lebih rendah dibandingkan dengan harga standar.


3. Pilih Jenis Mobil yang Sesuai

Setelah mengetahui tujuan spesifik Anda untuk melakukan sewa mobil Jakarta, tips selanjutnya yaitu dengan memilih jenis mobil yang sesuai. Memilih jenis mobil ini harus sesuai dengan kondisi jalan yang akan ditempuh.

Jika Anda akan menyewa mobil untuk berkendara di perkotaan, maka mobil dengan tenaga 1000 cc dapat menjadi solusinya, contohnya yaitu mobil Grand Livina,Xenia, Avanza, dan APV. Sedangkan jika track yang dilalui merupakan jalan menanjak seperti pegunungan, maka mobil dengan tenaga 15000cc lah yang cocok digunakan, contohnya adalah mobil Grand Innova.


4. Cek Kondisi Mobil Sewa Pilihan

Tips yang satu ini juga tidak boleh terlewatkan. Sebelum menyetujui penyewaan mobil dengan pihak penyewa, Anda harus mengecek kondisi mobil terlebih dahulu. Pengecekan dilakukan mulai dari kondisi fisik mobil seperti kelengkapan spion, lampu, ban hingga pengecekan bagian mesin.

Dengan melakukan pengecekan secara keseluruhan, maka Anda dapat memastikan secara langsung apakah mobil sewa aman digunakan atau tidak.

Demikianlah beberapa tips sewa mobil Jakarta yang dapat diinformasikan. Jika Anda berencana untuk menyewa mobil, Anda dapat mengunjungi SEMBODO Rent Car. Menghadirkan berbagai jenis kendaraan berkualitas yang didukung oleh tenaga kerja profesional menjadikan kegiatan wisata dan liburan Anda bersama keluarga menjadi lebih aman dan juga menyenangkan.

24 comments :

  1. Sewa mobil emang pilihan paling pas untuk yang gak punya mobil pribadi.. lebih praktis.. jenis mobil bisa pilih2. tinggal sesuaikan sama budget ya..

    ReplyDelete
  2. Betul betul betuuulll.
    Kalo mau sewa mobil emang kudu pastikan sedetail mungkin ya Mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Semua tips nya untuk nyewa mobil setuju banget, terutama yang rentang waktu. Kadang kita pilih yang murah, karena yakin pulangnya masih aman dalam rentang waktu sewa. Ternyata jalan macet di luar prediksi, jadi mesti nambah uang sewa jadinya. Aku sering sewa mobil untuk acara bareng teman-teman alumni. Mobil pribadi masih kurang karena banyak yaang ikut, jadi ya kudu sewa mobil mbak

    ReplyDelete
  4. Sewa mobil memang menjadi salah satu alternatif saat mudik. Tidak hanya dimanfaatkan saat mudik dan balik saja, namun juga bisa dipakai jalan-jalan saat di kampung halaman.

    ReplyDelete
  5. Kalau musim liburan pasti rame ya rental mobil. Kita emang harus teliti sih. Nggak cuma soal harga tapi juga kondisi mobil harus benar-benar dicek.

    ReplyDelete
  6. Betul harus cek ricek dulu ya,kondisi kendaraan dan cari tipe yang irit bensin..biar ayem di jalanan..

    ReplyDelete
  7. saat hari raya lebaran, suka ada keperluan buat sewa mobil ya mba. pilihan tempat sewanya harus pintar-pintar dan ikutin 4 tips dari mba ini insyaaallah bisa nolong banget ya.

    ReplyDelete
  8. Dan lagi kalau nyewa mobil jauh jauh hari sebelum mudik ya mbak, karena biasanya full booked
    Bukan cuma itu sih, kakak aku yg pas perjalanan setelah hari raya nyewa mobil nggak dapat hheee
    Terima kasih untuk tipsnya mbak ^_^

    ReplyDelete
  9. Kalau mencari transportasi di saat jelang lebaran memang agak susah. Karena sebagian sudah dipesan orang yang akan mudik. Jalan terbaik memang perlu sewa mobil. Makasih ya, mbak, usah share tips sewa mobil di Jakarta.

    ReplyDelete
  10. Sewa mobil saat libur lebaran memang menjadi alternatif nih, apalagi kalau diluar kota gitu. Aku selalu pilih menyewa mobil saat berada diluar kota.

    ReplyDelete
  11. buat mudik tahun depan, aku kepikiran sewa mobil aja supaya lebih fleksibel keliling ke rumah saudara. Sekalian gitu nyoba mobil yang jarang ku naiki. Cara ini lebih hemat dibanding punya mobil sendiri, lho.

    ReplyDelete
  12. Aku pernah mba nyewa kendaraan pas lebaran. Tpai alhamdulillah nggak papa. Memang benar untuk cek dulu kendaraan ya :)

    ReplyDelete
  13. Nah iya bener banget nih, mau sewa mobil kudu dicek bener". Kemaren waktu di Lampung juga sempet mau sewa mobil tapi karena suatu hal gak jadi

    ReplyDelete
  14. Wajib banget nih keamanan utk kendaraan lebaran...
    Supaya silaturahmi berjalan lancar dan selamat sentosa
    Tfs tipsnya mba lin

    ReplyDelete
  15. Kalo anggota keluarganya banyak emang lebih enak sewa mobil ya Mbak.Gak ribet nurunin barang, kecuali pas sampek tujuan.

    ReplyDelete
  16. Untuk yang akan menyewa mobil sebaiknya memang dicek keadaan fisik, mesin dan juga ditanyakan juga hal hal apa yang sangat diperhatikan untuk mobil yang akan disewa juga ya Mbak, dan lebih penting adalah mobil yang disewa typenya hampir sama atau sama dengan mobil yang biasa dikendarai.

    ReplyDelete
  17. 4 tips di atas memang wajib banget diketahui dan jangan lupa sewanya ini pakai supir sekalian apa nyetir sendiri. Kalau aku ya suka sama supir karena belum bisa nyetir juga, hahaha

    ReplyDelete
  18. Cek kondisi Mobil penting banget. Jangan sampe pas kita pakai eh mogok di jalan ya.

    ReplyDelete
  19. Eh bener loh mba saudara2 dari kanpung selalu pd sewa mobil buat muter silaturahmi kadang emang sk ada aja masalah.. tipsnya membantu mba

    ReplyDelete
  20. Klo buat lbaran Blum pernah sih mba,, pernah sewa Mobil pas mau anter anak mondok bener bngt tipsnya semua..

    ReplyDelete
  21. Makin memudahkan dengan adanya SEMBODO Rent Car
    Jadi kalau ke Jakarta bareng keluarga nggak perlu kelimpungan

    ReplyDelete
  22. Bener juga ya mba, kalau mau dipake kota2 aja memang lebih baik pilih yg cc nya 1000 aja. Lebih irit di bahan bakar juga kan yaaaa

    ReplyDelete
  23. Iya nih wajib banget paham kondisi mobil karena kadang karena banyak yang butuh, persewaan main stock mobil yang jauh dari standart

    ReplyDelete
  24. Sewa mobil peru banget ini kalau mau mudik, aku pun pengen banget sewa kalau ntar ke Bengkulu, soalnya pengen mampir-mampir ke keluarga. Kalau di Jakarta asyik tuh sewa mobil muter wisata sejarah hehe...

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates