Inilah 10 Daftar Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling Supaya Tetap Santuy!

Coba tebak, suasana apa yang selalu membuat saya excited ketika sedang mempersiapkan traveling? Yes, saat packing alias kegiatan mengemas barang-barang yang akan saya bawa traveling ke dalam koper atau ransel. Rasanya seru, bergairah, semangat, bahagia, nggak sabar dan entah rasa apa lagi yang merasuki saya. *Entah apaaaa yang merasukimu... (Tiba-tiba kerasukan lagu tiktok DJ gagak 😂) Mungkin karena loncatan-loncatan adrenalin yang terpompa deras ke seluruh tubuh sehingga suasana mengemas barang itu saja rasanya sungguh nano-nano.



Bagi saya, kebahagiaan traveling itu tidak saja saat tiba di destinasi yang dituju, namun keseluruhan proses yang menyertainya. Dari awal mempersiapkan rencana keberangkatan, booking tiket, menyusun itinerary, packing, perjalanan menuju destinasi yang dituju, interaksi sosial selama traveling, hingga kembali ke rumah. Semuanya selalu saja memiliki daya tarik dan sensasi sendiri-sendiri yang unik.


Mempersiapkan barang-barang yang hendak dibawa sebelum keberangkatan sangatlah bermanfaat karena akan meminimalisir kemungkinan barang tertinggal. Jika semua siap, traveling akan terasa aman, nyaman dan lancar. Oleh sebab itu, agar perjalanan tidak terburu-buru dan santai, diperlukan persiapan yang matang dalam merencanakan perjalanan. Iya matang. Tidak hanya memasak makanan saja yang perlu matang, persiapan traveling juga harus matang. Kalau anak Generasi Z bilang "Biar Santuy". Maaf ya Pak Bu, itu kata anak gen Z. Milenial mah sudah lewat. Sudah pada jadi orang tua. So, istilah-istilah kayak gini itu banyak dipakai oleh mereka anak-anak kita. *Sungkem.


Nah untuk #SIAPDIJALAN supaya tetap Santuy selama traveling, biasanya saya selalu melakukan riset atau observasi kecil-kecilan baik dengan cara bertanya-tanya kepada teman, sodara, tetangga, abang, kakak, ade, atau kepada Mbah Google. Mencoba memahami dari awal destinasi traveling yang akan dituju supaya tidak tersesat lalu menyesal kemudian. Minimal kamu sudah riset sedikit seperti apa dan bagaimana di sana supaya nggak polos-polos banget jadi turis, yekan? Kalau istilah pantunnya begini:
Ikan sembilang ikan sepat,
Ikan sidat berenang-renang
Sudah kubilang kamu tersesat,
Jadi nggak sempat bersenang-senang  

Jleb banget kaaan. Btw, memahami dan mengetahui beberapa hal tentang tempat yang akan kita tuju seperti musim dan cuaca yang sedang terjadi di sana, bisa mengurangi resiko kesalahan membawa barang-barang yang tidak perlu. Selain itu kita juga tidak akan saltum alias salah kostum. Malu dong kalau ternyata kita mengenakan pakaian musim dingin lengkap sementara di sana sedang musim panas. Atau kamu menggunakan pakaian mini sementara di sana musim salju. Bisa mati kedinginan deh. Asli ini mah saltum banget kan!

Santuy dulu di padang pasir Bromo

Lalu apa saja sih yang perlu kita persiapkan agar perjalanan kita tetap santuy? Simak deh coretan hati saya di bawah ini. Hmmm...Mbaaaak, curahan hati dong ah, bukan coretan hati. Masa hati dicorat-coret. 😂 Baiq, baiqlah. saya ralat.


Inilah dia 10 daftar nama barang yang harus saya bawa saat traveling yang mungkin kamu juga sama membutuhkannya.


Duuh judulnya udah kayak berita online banget ya hahaha. Abaikan. Mari kita fokus ke laptop. 

1. Uang Tunai (Cash Money) 
Uang tunai sangat diperlukan saat traveling. Apalagi ketika melakukan traveling ke lokasi-lokasi seperti desa atau kampung-kampung yang jauh dari perkotaan. Dimana mesin atm sulit didapatkan. Sepengalaman saya,  pernah dua kali kehabisan uang tunai saat traveling. Yang pertama ketika sedang di kampung di Garut. Akhirnya harus jauh-jauh pergi ke kota untuk sekadar menggesek mesin atm. Guess what? kartu atmnya juga ketinggalan di rumah di Batam. Duuh nyebelin banget. Lalu sekali waktu saat traveling ke Petra di Yordania. Aku nggak sempat nukar dollar ataupun dinar Yordania sehingga nggak beli apa-apa sama sekali di sana. Sedih banget padahal gelang-gelang yang ditawarkan anak-anak pedagang asongan di Petra itu murah-murah banget.

Uang sangat penting untuk dibawa


2. Kartu Identitas seperti KTP atau Passport 
Identitas diri sewaktu traveling itu perlu banget dibawa. Malah jangan sampai pisah dari badan kita. Apalagi saat pergi ke luar negeri. Usahakan paspor terus menempel di badan. Bisa dimasukkan ke waist bag atau tas selempang kecil yang memuat dompet dan paspor. Karena jika ada sesuatu hal buruk terjadi kepada kamu (amit-amit ya) maka orang lain mudah mengenali.

Kartu identitas seperti paspor


3. Telepon Selular (Handphone/Smartphone) 
Selama traveling, ponsel sangat memegang peranan penting bagi kelangsungan perjalanan. Sebagaimana namanya, smartphone maka ponsel pintar ini bisa berfungsi apa saja yang kamu inginkan. Misalnya saja untuk kordinasi dengan teman jalan, untuk mengambil foto di tempat-tempat menarik dengan segera, bisa menjadi peta, bisa jadi petunjuk jalan dan berbagi informasi, juga merekam video perjalanan secara mudah dan simpel.

Smartphone 


4. Kamera
Terkadang kemampuan ponsel dalam menangkap gambar saat traveling itu terbatas. Kadang tidak bisa ngezoom objek yang jauh, tidak bisa menangkap cahaya malam, tidak bisa  menggunakan fitur macro dan hal lainnya yang hanya dapat dilakukan oleh kamera. Maka kehadiran kamera di sisi kamu saat traveling, akan menjadi sesuatu hal yang menyenangkan karena mampu mengabadikan momen-momen istimewa  selama traveling.

Kamera


5. Power Bank 
Menggunakan ponsel seharian dari pagi hingga petang, apalagi digunakan untuk merekam video selama traveling akan membuat baterai ponsel lekas habis. Maka ketersediaan power bank akan menjadi solusi bagi ponsel yang sudah hilang dayanya. Nah, saya jadi teringat waktu berkunjung ke Pulau Bintan sketika mengunjungi Madun Castle dimana terdapat karya dari kayu dan barang-barang bekas yang disusun dengan cita rasa seni yang tinggi, saya kehabisan baterai ponsel dan tidak membawa power bank. Huhu sebel. Jadi tidak maksimal membuat video padahal di sana itu keren banget.

Power bank


6. Penutup kepala seperti topi 
Meskipun saya berjilbab dengan kepala tertutup kerudung namun tetap saja ketika traveling saya terbiasa mengenakan topi atau bandana untuk menutupi kepala. Paparan sinar matahari saat traveling cenderung membuat kepala cepat pusing sehingga diperlukan topi atau bandana untuk menutupinya.

Topi dan payung


7. Payung 
Traveling ke wilayah-wilayah Indonesia di saat musim kemarau dimana limpahan sinar matahari sangat kuat, akan membuat kepala dan wajah terpapar sinar matahari yang tidak baik untuk kesehatan kulit. Nah, saya pernah traveling ke Pulau Gili Lawa di Kepulauan Komodo dengan membawa payung. Duuh untung banget ternyata karena payung ini berguna menghalau sinar matahari yang teramat menyengat siang itu. Sementara teman lainnya yang tidak mengenakan payung, mukanya jadi memerah karena efek sun burn. Tidak hanya musim kemarau, pada musim penghujan pun payung akan sangat berguna.  


8. Tongsis 
Semenjak era selfie atau berswafoto menggejala di media sosial, tongsis adalah benda yang sangat berjasa dalam hal ini. So, jika kamu memang hobby cekrak-cekrek selfie di destinasi traveling, maka tongsis adalah benda wajib yang harus dibawa. Kalau saya  juga sering bawa walaupun digunakan sesekali saja jika benar-benar dibutuhkan untuk foto rame-rame.

Bawa tongsis dan kamera underwater biar foto-foto bawah lautnya cakep


9. Tripod
Bepergian seorang diri terkadang ada suka dan dukanya. Bagi saya, dukanya adalah ketika mau foto sendiri namun dengan latar belakang foto yang penuh tidak setengah-setengah. Nah tripod ini berperan besar banget buat saya berfoto dengan baik walaupun tanpa bantuan orang lain. *elus-elus tripod.

Foto ini pakai tripod sewaktu bangun pagi sendirian nggak ada orang buat dimintain foto.


10. Buku 
Setiap bepergian saya selalu menyelipkan buku baru ataupun buku lama yang belum dibaca untuk menemani perjalanan traveling.  Lumayan selesai traveling selesai juga baca satu judul buku. Biasanya saya baca saat di kendaraan, seperti di bis dan di kapal. Tapi dengan catatan kondisi jalan mulus ataupun kondisi ombak tenang. Soalnya kalau ombak besar boro-boro mau baca lihat orang saja bawaannya mau muntah. Wkwkwk.

Membaca sekalian menulis puisi juga di tengah pemandangan seindah ini.

Sebenarnya ada beberapa benda lainnya yang harus saya bawa. Namun itu pilihan sih buat kamu. Selain yang 10 di atas tadi, saya biasa bawa sunblock atau sunscreen alias tabir surya agar kulit wajah tidak mengalami sun burn, gosong terbakar matahari. Selain itu saya bawa tumbler juga untuk kebutuhan minum, lalu membawa obat-obatan seperti antimo, minyak kayu putih, obat pegal, dan P3K. Yang paling nggak pernah ketinggalan sih kacamata hitam atau jenis kaca mata gelap lainnya yang berfungsi untuk menahan silau matahari di siang hari. 


Nah sekarang mari kita buat daftar di kertas lalu tata dan letakkan baranf-barang yang akan dibawa traveling secara berderet. Apakah barang-barang yang saya sebutkan di atas sudah kamu punyai semua? Kalau belum coba periksa jangan-jangan ketinggalan di tempat lain atau mungkin kamu belum punya. Nah kaan? Kalau belum punya segera lengkapi demi kesantuyan yang haqiqi. Agar kamu siap di jalan dengan segala kesantuyan yang kamu miliki. 


Sudah diperiksa? Barang apa yang belum punya? What? Ponsel, kamera, power bank, buku, catok rambut? Duuh, jadi perlu belanja banyak dong ya. Tapi tidak usah panik dan khawatir, karena kamu bisa belanja langsung barang-barang yang tidak kamu punya di atas di Ayoomall.com Kamu bisa mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan seperti ponsel dan  power bank dengan produk-produk original dengan harga yang terjangkau.


Kak, memangnya Ayoomall itu apa sih? Baiq, Kakak terangin ya Dek. Jangan wajah saja yang pengen terang dan glowing, tapi fikiran juga usahakan terang benderang banyak ilmu pengetahuan. 



Ayoomall.com Toko Retail Online Terluas se-Indonesia


Diantara luasnya samudera online dan gegap gempitanya dunia maya, Ayoomall.com hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Ayoomall merupakan salah satu pelopor toko online di Indonesia yang melayani penjualan barang-barang terbaik dengan lebih mudah dan praktis. Seperti laptop, gadget, tablet, kamera, modem, perlengkapan kantor atau ATK, produk fashion, buku, mainan, bahkan produk-produk yang dikonsumsi seperti kopi, pastry, biskuit, minyak goreng gula pasir dan masih banyak lagi yang lainnya. Keuntungan belanja online seperti  di Ayoomall.com bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Selain itu akan memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, mudah, dan menyenangkan. 

Produk yang dijual di Ayoomall.com 

Bagaimana dengan sistem pembayarannya kak? Nah, sistem pembayaran di Ayoomall juga terbilang mudah dan yang pasti aman dan terpercaya. Sistem pembayaran online-nya juga lengkap misalnya saja dengan pembayaran melalui Credit Card Fraud Detection System, Bank Transfer, Mobile Banking dan berbagai layanan pembayaran online lainnya.


Selain itu kualitas produk-produk yang dijual di Ayoomall merupakan produk-produk original dengan kualitas terbaik dan terjamin karena berasal dari Brand Terpercaya. Intinya, seluruh produk yang tersedia di Ayoomall.com adalah produk-produk original.


Oh iya sekarang sedang ada promo loh di Ayoomall yaitu  gratis ongkir untuk Wilayah Jakarta.


Setelah daftar barang-barang yang hendak dibawa sudah dibeli dan  lengkap, berikut tips tipis-tipis agar barang-barang tersebut tidak ketinggalan saat hendak berangkat. Ya gitu sudah capek-capek dibeli lalu masih juga ketinggalan. Duuh kebangetan ya kamu. 

1. Buat daftar barang 
Jangan lupa untuk membuat daftar barang yang akan dibawa, lalu packing atau kemas ke dalam koper/ransel beberapa hari sebelum keberangkatan.

2. Cek dan ricek
Periksa kembali barang-barang yang akan kamu bawa lalu beri centang pada daftar yang sudah kamu masukan ke dalam koper/ransel.

3. Buat simpel
Usahakan semua barang dimasukan ke dalam satu koper atau satu ransel sehingga tidak tercecer. Kalau kamu bawa dua tempat, pastikan barang-barang itu telah masuk di kedua tempat tersebut.

4. Jumlah barang
Ingat-ingat kamu akan membawa berapa koper atau ransel. Letakkan semuanya di tempat yang mudah dijangkau atau dekat dengan pintu keluar sehingga terlihat semua yang akan kamu bawa.

5. Berdo'alah 
Setelah semua siap (ready), tinggal berdoa saja semoga esok kamu nggak bakalan kesiangan atau ketinggalan pesawat terbang. Manusia hanya merencanakan. Tuhanlah yang menentukan. 


Selamat Traveling guys dan semua barang yang kamu bawa semoga akan membuat kamu #SIAPDIJALAN sehingga tetap santuy.


Salam santuy seutuhnya!


59 comments :

  1. Keperluan saat bepergian memang sangat penting dan jangan sampai ada yang ketinggalan ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Iya Mbak, pasti kalau ada yang ketinggalan itu bingungnya minta ampun hehe.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak informasinya Mbak, pasti akan sangat membantu hehe.

    ReplyDelete
  4. Saya juga suka mencatat barang apa saja yang akan saya bawa, agar tidak ada yang ketinggalan hehe.

    ReplyDelete
  5. Power bank memang sangat penting ya Mbak, jangan sampai hp kehabisan batry soalnya hehe.

    ReplyDelete
  6. Informasi yang sangat penting sekali ini Mbak, terimakasih banyak Mbak.

    ReplyDelete
  7. Nah ini yg suka lupa. Payung. Apalagi udah masuk musim hujan harus selalu ada nih di tas

    ReplyDelete
  8. Nomor 1 s/d 5 wajib banget buat saya. Tapi, kadang-kadang saya suka lupa ambil cash. Padahal gak semua tempat yang dikunjungi bisa cashless

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw ... bener juga, ya. Saya suka deg-degan kalau berangkat pakai pesawat atau kereta. Btw, saya belum pernah belanja di Ayoomall. Kayaknya mau syaa lihat-lihat dulu. Siapa tau ada produk yang saya suka

      Delete
    2. Buku juga penting. Saya kadang-kadang masih suka bawa. Meskipun seringnya lupa untuk dibaca :D

      Delete
  9. wah, mak Lina makasiii udah bikin check list niiih.
    AyooMall.com memang recommended buat para traveler yak.
    sip sipp
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  10. Aku bawa payung kalau musim hujan aja. Terus gak pakai tongsis karena gak doyan selfie. Power bank, ini wajib, juga sekalian colokan

    ReplyDelete
  11. Wah betul banget tuh mbak, barang-barangnya emang wajib banget dibawa. Tapi kadang dari semua item ada yg nggak aku bawa soalnya kadang suka keribetan sendiri wkwk

    ReplyDelete
  12. Duh ga pernah kepikiran bawa payung..mungkin pikiran lgs terima tak auto ribet deh hehe... Padahal kalau ke Labuan Bajo pas bawa payung wah bermanfaat banget tuh mba..terlindung banget double sama topi juga..hehe..

    ReplyDelete
  13. Sebag besar dari 10 bawaannya sama nih mba, itu juga barang2 wajib yg selalu ada di tas saat bepergian. Hehe..

    ReplyDelete
  14. salam santuy jugaa
    waktu traveling ke bali kepake banget bawa tripod buat foto sekeluarga. skr tripod khusus hp itu udah patah. lagi nabung buat beli tripod kamera untuk jalan2 berikutnya, aamiin

    ReplyDelete
  15. Aku tuh kemarin bawa tongsis tapi malah lupa dipakai. Hahhaa. Padahal kayaknya enak kalau bisa asyik berfotoan ya mba pakai tongsis rame rame. Power bank juga mneurutku emang wajib banget

    ReplyDelete
  16. Sudah kerudung, topi, masih payung pula ya. Mantap! Semua kayaknya ada nih di ayomall

    ReplyDelete
  17. Waktu ke Malang sama anak dan suami, suami ngga nyiapin payung, tapi jas hujan. Xixixi... Soalnya waktu itu memang masih musim hujan, dan kalau pakai payung takut ribet. Cuma payung ini tetap penting untuk dibawa, yaa.. Buat jaga-jaga siapa tahu cuacanya panas menyengat.

    ReplyDelete
  18. Satu lagi mbak yang kurang, travel adaptor. Kalo sering ke luar negeri ini barang wajib yang kudu dan harus dibawa. Biar bisa ngechas hp dan barang barang elektronik lainnya.

    ReplyDelete
  19. aku malahan ga suka bawa tongsis ataupun tripod mba hahaha padahal perlu yah apalagi kalau jalannya sendirian

    ReplyDelete
  20. Aku belum punya tripod sih Mbak, baru tongsis yang aku punya. Tapi, bisa diakal juga nih tongsis biar bisa berfungsi layaknya tripod. Hahaha!

    And yes, aku setuju sama Mbak Lina, ke-10 barang ini adalah barang wajib yang dibawa saat traveling

    ReplyDelete
  21. Saya itu suka banget minim bawa cash, karena terbiasa cashless tapi emang perlu banget sih nyetok uang, jaga-jaga ada di tempat nggak ada atm. Yang paling jarang saya bawa itu tongsis dan tripod. Selebihnya sama semua sih.

    ReplyDelete
  22. Aku tuh paling sering lupa bawa topi saat liburan deh
    Trus tau-tau liburannya ke pantai atau tempat panas lainnya
    Jadinya beli topi baruuuuu
    Klo kata suami, "Ibu mah moduuus!' hahahaha

    ReplyDelete
  23. wah sama banget nih mba daftar barang yang harus dibawa saat traveling, biar gak ribet dan semuanya terpenuhi

    ReplyDelete
  24. Kalau saya kemanapun powerbank jadi satu paket sama smartphone dan charger nya. Tapi setelah kemalingan kemarin, power bank dan charger hilang, kini hanya hp nya saja yg ada di saya. Sedang berusaha dapat powerbank baru nih. Semoga segera ada rezekinya. Amin...

    ReplyDelete
  25. Prepare dalam keadaan santuy juga penting ya biar gak hectic lalu ada yang ketinggalan . Hehehe

    ReplyDelete
  26. Tripod, noted. Kadang suka lupa bawa tripod padahal sangat dibutuhkan yah, thanks sharingnya ya mbak. Oiya kalau powerbank sih selalu bawa hehe, soalnya batere hp cepet abis dipake video an.

    ReplyDelete
  27. 10 it list ini selalu ada di daftar traveling ku
    padahal aku bukan penyuka traveling banget, tapi berjaga dan bersiap sebelum hujan itu lebih baiiik... ga kebayang kamu ke kota cuman buat gesek ATM! Ck ck ckck... aku juga pernah kek gitu, kapooook~

    ReplyDelete
  28. Iya bahaya banget kalau kelupaan bawa uang tunai, ponsel atau pensil alis kalau aku teh hahaha..

    ReplyDelete
  29. Akkuk pernah kejadian nyatai banget nggak bawa uang cash. Eh ndilala nyari atm jauh bener. Akhirnya sejak sata itu kalau mau traveling, slalu bawa uang cash mba

    ReplyDelete
  30. Cucok aku tuh sama daftarnya mba Lina.

    Jadi, kapan lagi kita bolang bareng, mba?

    ReplyDelete
  31. Bener bngt tipsnya mba,, tapi kadang sendal jepit bisa ditambahin mba buat alternative,, ternyata bnyk manfaatnya... krn awal Aku sll beli akhirnya skrg aku bawa setiap Kali travelling

    ReplyDelete
  32. wah bawa payung, hihi iya juga ya biar nggak kepanasan pas panas dan ga keujanan pas ujan,, wkwkw

    ReplyDelete
  33. Pas bener ini aku lagi butuh payung kecil yang ringan buat dibawa traveling supaya meringankan beban. Cek Ayomall dulu deh siapa tau ada yang cocok. Nah bawa uang cash itu penting ya kalau lagi traveling jangan mengandalkan ATM aja takutnya nanti gak bisa tarik uang bisa repot

    ReplyDelete
  34. Pas traveling ke Solo, saya dan suami sempat kehabisan uang cash. Muter-muter keraton cuma pegang 100rb. Itu dipakai buat bayar tukang becak keliling keraton 50rb, beli batik 35rb, sisa 15 rb buat beli es cendol di komplek keraton yang untungnya cuma 10rb dapat 2 gelas. Sisa 5 rb buat parkir. Abis itu kami muter-muter nyari ATM, apesnya itu kan pas lagi ada karnaval, jadi ada jalan yang ditutup. Untung saja bensin masih cukup penuh, kalau tidak mah, mesti jalan kaki nyari ATM.

    Dan semenjak kejadian itu, kami kalau traveling harus ada uang cash yang lebih. Enggak mau berpikiran, "Ah gampang nanti kalau uang abis bisa ambil di ATM,"

    Uang cash itu memang sangat penting kalau ke mana-mana. Dan selanjutnya ya, setuju banget sama Mba Lina, identintas diri, ponsel, kamera dll.

    ReplyDelete
  35. waahhh daftarnya untuk konten semua ya mbak. hahaha..
    kalo aku tetap santuy sih walau ga bawa kamera, tripod, tongsis, dan powerbank.

    Mungkin kalau kerja, bakal bawa perlengkapan itu juga biar bisa makin keren kontennya.
    Jadi kangen ngebolang iihh

    ReplyDelete
  36. Aku udah mulai jarang bawa uang tunai mba.. secukupnya aja dan sisanya di CC hehe. Tapi kaau di Indonesia masih perlu ya mbaaa

    ReplyDelete
  37. Uang sama smartphone ini sih yang penting ya haha , kalau kamera aku rada males bawa soale berat euy , ransel juga biasanya udah penuh dan berat.

    ReplyDelete
  38. Aku juga bawa barang kaya di listnya mb Lina. Dan tak tambahin bawa jarik atau kain. Manfaat banget buat nutup muka pas di pesawat atau nutup kepala pas panas 😄😄😄😁

    ReplyDelete
  39. Kalo aku ada satu lagi yang nggak boleh ketinggalan yaitu headset. Soalnya kadang suka bosen diperjalanan jadi bisa dengerin musik atau nonton drakor hehe

    ReplyDelete
  40. daftar barang yang harus dibawa kurang lebih sama aku, paling penting sih uang ya sama surat surat kayak paspor kalau traveling keluar negeri.

    ReplyDelete
  41. Kalau saya paling enggak bisa ketinggalan handphone sama power bank. Nah, sekarang kalau traveling karena bawa naka-anak jadi barang yang enggak ketinggalan itu termos hehe

    ReplyDelete
  42. Iya banget, kak..
    Ternyata pergi dengan persiapan yang matang itu jauh lebih menghemat tenaga daripada asal packing aja.
    Ada baiknya memang mencari tau dulu cuaca tempat kita berlibur.

    ReplyDelete
  43. Dari 10 daftar barang yang harus dibawa saat travelling, hanya buku yang paling saya bawa, Mbak. Kalau untuk alat pendukung cari gambar atau video, pastina gak ketinggalan hihihi

    ReplyDelete
  44. Horee aku sudah bawa semuanya. Masih tambah lagi toiletris sm obat2an buat bocil.Maklum,perginya sama balita, jadi makin banyak perintilannya.

    ReplyDelete
  45. Sama, mbak. Aku juga selalu bawa buku kalau travelling. Power bank ini termasuk barang yang sering lupa masuk tas. Udah dibawa eh ketinggalan di hotel. Bentar lagi libur panjang harus ngelist barang nih kalau belum lengkap bisa beli di ayomall.com

    ReplyDelete
  46. Kalau kamera, tripod, dll bisa digantikan ma hp.
    Mungkin kalau saya mau nambahin barang kyk obat2an dan juga skincare minimal facial wash n sunscreen xixixi :D
    Betul banget sebelum berangkat sebaiknya cek dan ricek lagi bawaan biar aman semua keangkut ya mbak :D

    ReplyDelete
  47. Dari kesepuluh barang tadi, hampir sama semua mbaaa dengan apa yang ada di listku ketika hendak melakukan perjalanan. Terutama power bank nih ketika hendak pergi ke daerah yang sekiranya minim listrik. Udah isi 2 power bank full dan ngecharge sampai penuh handphone sebelum perjalanan.

    ReplyDelete
  48. kalau aku: Uang, Credit card, id card & passport, handphone & power bank, skincare, dan jilbab hitam hahaha

    ReplyDelete
  49. Kalau liburan hal yang paling penting aku bawa itu adalah skincare sama make up ��. Terus bawa baju yang warna netral biar bisa di combine dengan situasi apapun

    ReplyDelete
  50. Uang cash penting banget ya memang saat Traveling, terutama untuk Traveller Wisata Alam yang seringkali jarang nemu Toko modern yang bisa cashless bayarnya.

    ReplyDelete
  51. Repot kalau dari 10 ini Ada yg ketinggalan yaaa. Selain yg diatas Saya biasanya bawa tolak angin. Jompo soalnya hahaha

    ReplyDelete
  52. Wah..itu penting semua emang..,. Kapan2 pergi punya daftar ceklis.., ya takut aja ketinggalan..terus liburan tanpa kamera hampa...hehehhe

    ReplyDelete
  53. Topi jarang daku bawa kak, Palingan payung sama kacamata hitam biar pas panas-panasan nggak terlalu menyengat banget

    ReplyDelete
  54. Aku biasanya sebelum packing saat bepergian ngekist dulu barang apa yg ingin saya bawa sehingga barang penting yg akan saya bawa tidak ketinggalan

    ReplyDelete
  55. aku ga bawa powerbank apalagi tongsis. Malu aku tu selfie-selfie gitu, hahaha
    selain daftar barang di atas, ku perlu bawa air minum dan camilan soalnya gampang lapar.

    ReplyDelete
  56. Mau belanja ke ayomall belum sempet melulu aku bun hehehe
    penasaran belanjanya lengkap di sini teredia ya kan.

    ReplyDelete
  57. Power bank dan uang cash sih karena ga semua tempat bisa bayar pake kartu atau dompet virtual apalagi kalo travelingnya di pelosok nusantara

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates