Menggali Makna di Sebalik Mawar Merah Sebagai Simbol Romantika Cinta

Mawar Merah

Memang ku tak mampu belikan dia perhiasan ... tak pernah
Atau memberi kemewahan
Tapi kuyakin dia bahagia
Tanpa itu semua...
Walau memang dirimu bernasib baik ... bapak lo kaya
Yang selalu kau andalkan untuk mendapatkannya
Percuma kau dekati dia
Karena cintanya pasti untukku
Aya ya ya... simpan saja uangmu
Aya ya ya . ...bawa pergi mercymu
Aya ya ya ... Enyahlah dari bunga mawarku
Aya ya ya... Enyahlah dari mawar merahku 
Karena dia milikku
Memang penampilanku, juga rupaku slengean
Memang cara hidupku tak teratur pengangguran (kata orang sih!)
Tapi ku yakin dia bahagia karena dia mawar merahkuuu..

Foto: Pixabay


Ada yang masih hafal dengan lagu Slank yang berjudul Mawar Merah di atas? Teman-teman generasi 90-an atau yang sudah eksis di tahun 90-an, tentu sangat familiar dengan lagu tersebut. Terutama bagi para Slanker yang pasti hafal dengan sangat baik setiap bait per bait lagu-lagu Slank. 

Salah satu yang sering dibawakan oleh teman-teman saya saat nongkrong gitaran adalah lagu Mawar Merah ini. Maka, ketika mendengar lagu tersebut, selalu ada perasaan magis yang membawa kenangan kembali ke zaman-zaman itu. Mawar Merah selalu ceria dinyanyikan bersama-sama.

Mawar merah di lirik lagu Slank  ini melambangkan perwujudan seorang perempuan yang cantik, anggun, tangguh namun sederhana dan disukai oleh banyak pria. Seperti hal bentuk fisiknya, mawar merah terlihat indah sehingga banyak yang menyukai, namun pada kenyataannya tak mudah untuk dipetik.

Mawar Merah dikenal sebagai tanaman hias yang ditanam sebagai bunga di taman dan terkadang di dalam ruangan. Mawar Merah juga digunakan secara komersial untuk wewangian dan tanaman bunga potong. Beberapa diantaranya digunakan sebagai tanaman lanskap, untuk mempercantik lanskap dan stabilisasi lereng.

Tanaman mawar terutama mawar merah disebut sebagai ratu bunga karena memainkan peran utama dalam puisi, agama, seni, sastra, musik, obat-obatan, desain fesyen, parfum, dekorasi rumah, bahkan masakan. Namun yang paling kita kenal, mawar merah sering dianggap sebagai lambang atau simbol cinta dan kasih sayang.


Beberapa Manfaat Mawar Merah untuk Kesehatan

Penggunaan mawar merah untuk kesehatan sudah lama dikenal. Beberapa penelitian membuktikan bahwa bunga mawar merah mengandung beberapa senyawa seperti sitrat, sitronelol, geraniol linalol, dan nerol. Selain itu bunga mawar juga mengandung antioksodan, antosianin, zink, dan vitamin C. Bunga mawar juga dikenal kaya oleh kandungan air. Sebanyak 95 persen dari kelopak bunga mawar merah mengandung air.

Bagi orang Indonesia, memakan bunga mawar masih terasa aneh dan asing. Padahal kebiasaan ini sudah banyak dikenal dalam dunia kesehatan terutama pengobatan tradisional China dan Timur Tengah. Mereka sudah lama mencampurkan bunga mawar merah dalam menu makanan.

Mengonsumsi bunga mawar mempunyai banyak manfaat. Ramuan teh bunga mawar dapat menjadi sarana untuk menurunkan berat badan, mencegah bau mulut, mencegah hipertensi, dan mencegah kenaikan tekanan darah dalam tubuh. Bagi kaum wanita, mengonsumsi ramuan bunga mawar dapat menyehatkan organ kewanitaan. Selain itu bunga mawar juga berguna untuk melancarkan siklus datang bulan atau haid dan mampu meredakan nyeri yang seringkali muncul saat haid.

Manfaat lainnya dari bunga mawar  adalah sebagai anti inflamasi alami. Itulah sebabnya bunga berduri ini dapat mencegah terjadinya peradangan dan mencegahnya datang kembali. Bunga mawar juga ampuh untuk mengatasi kaki bengkak. 



Mawar dalam Sejarah Dunia

Menurut bukti penelitian, fosil mawar yang pernah ditemukan berumur 35 juta tahun. Sementara itu budidaya taman mawar dimulai sekitar 5.000 tahun yang lalu di Tiongkok. Selama periode Romawi, mawar tumbuh luas di Timur Tengah. Mereka digunakan sebagai confetti pada berbagai perayaan, untuk tujuan pengobatan, dan sebagai sumber parfum. Para Bangsawan Romawi mendirikan kebun mawar besar di selatan Roma. 

Tahun 1867 merupakan tahun yang penting dalam sejarah mawar, karena menandai debut mawar teh hibrida. 

Mawah merah.Foto: Pexels.com

Istri dari Napoleon Bonaparte yaitu Josephine Bonaparte, merupakan pecinta dan kolektor bunga mawar. Ia pernah mengoleksi 250 mawar berbeda dari seluruh dunia untuk ditambahkan ke Taman Malmaison yang terdapat di kastilnya di luar Paris.


Arti Mawar Bagi Kebanyakan Masyarakat Dunia

Ada banyak jenis bunga yang dapat diberikan seseorang kepada orang terkasihnya. Dari sekian banyak jenis bunga, mawar adalah salah satu yang paling banyak difavoritkan. Warna bunga mawar pun beragam. Bunga mawar berwarna merah memiliki makna cinta, kekuatan, hasrat atau passion. Biasanya, mawar merah diberikan kepada seseorang untuk menunjukkan rasa cinta yang kuat atau sebagai bentuk pujian kepada orang terkasih. Mawar merah ini merupakan bukti dan simbol kedalaman cinta serta pengorbanan tiada henti dari pasangan mereka. Karenanya wanita atau cinta sangat identik dengan mawar merah.

Filosofi mawar merah sangat kental dengan romantisme. Merah yang menjadi warna utama dari kelopak adalah simbol dari darah. Ada juga yang mengartikaannya sebagai cinta yang abadi, atau pengorbanan tiada henti. Duri duri yang ada pada tangkai merupakan simbol perjuangan dan ujian serta perlawanan terhadap rasa sakit. Begitu juga tangkainya yang berwarna hijau merupakan simbol keteguhan yang tiada batas dan senantiasa memaafkan serta menerima ibarat #BridgingTheDistance.


Dimana Bisa Membeli Buket Mawar Merah?

FlowerAdvisor merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan beragam mawar termasuk mawar merah dengan berbagai hiasan dan paduan yang menawan. Flower Advisor memiliki 5 rekomendasi buket mawar merah terfavorit yang bisa diberikan oleh rekan-rekan kepada orang terkasih. Terlebih sebentar lagi Februari, dimana di dalamnya terdapat hari berkasih sayang yakni hari Valentine. Berikut 5 rekomendasi buket mawar merah yang terdapat di Flower Advisor:

1. Hey Pretty Baby

Buket mawar single dengan nama Hey Pretty Baby merupakan buket dengan satu tangkai bunga mawar dengan fillers cantik yang terlihat elegan dan begitu spesial. Buket satu ini dibanderol dengan harga Rp 218.000.

2. Heartfelt Hope FA

Buket mawar merah Heartfelt Hope FA merupakan satu buket bunga mawar merah yang dibentuk menyerupai hati. Dibentuk dengan cantik dan indah. Buket satu ini dihargai Rp 636.000. Sangat cocok untuk dijadikan kado ulang tahun istri atau kekasih.

3. Bae All The Way

Bae All The way merupakan buket mawar merah yang berisikan 12 jumput mawar merah nan segar dengan hiasan teddy bear yang begitu lucu. Buket satu ini dibanderol dengan harga Rp 640.000. Buket ini merupakan Buket Bunga Valentine sangat tepat dihadiahkan kepada pasangan muda dalam merayakan hari valentine dengan kombinasi bunga mawar dan boneka teddy bear.

4. Lots Of Love

Buket Lots of love merupakan opsi terbaik bagi teman-teman yang sedang dilanda kasmaran karena merupakan sebuket mawar yang dikombinasikan dengan carnation dan Chrysanthemum Poms yang dilengkapi Silver Dust dan fillers pastinya akan membuat pasangan anda meleleh. Buket satu ini bisa anda bawa pulang dengan budget Rp 750.000.

5. Beary Love You

Rekomendasi terakhir dari Flower Advisor adalah Beary Love You. Buket bunga mawar satu ini berisikan 6 tangkai mawar merah cantik yang dikombinasikan dengan beruang teddy bear lucu di dalamnya. Buket cantik ini hanya dibanderol dengan harga Rp 450.000.

25 comments :

  1. Mawar memang identik sama hal romantis. Untuk pengobatan, baru tahu deh. Jadi kalau makan mawar tuh bukan berarti sedang ada sesuatu sama makhluk halus ya

    ReplyDelete
  2. Bunga mwar merah memang identik dengan cinta ya. Nggak heran banyak yang memberikan bunga mawar merah buat pasangannya. Kalo dimakan rasanya seperti apa ya hehe.
    Btw aku baru tau tentang Flower Advisor, ntar mau kepoin ah web nya, penasaran juga dengan paket2 bunganya.

    ReplyDelete
  3. Aku..akuu angakatan 90 tau donk lagunya slank, whuaaa bentar lagi valentine bertabur mawar merah so romantis yaaa..Btw Cantik2 banget poto mawarnya atulaaah ..

    ReplyDelete
  4. Mawar merah nih sangat menggoda sekali ya, kadang akupun suka luluh kalau sudah dikasih bunga mawar gini. Jadi ingat masa-masa pacaran dan kalau ulang tahun selalu dikirim bunga mawar. Selain itu mamahku dan almarhum mertua juga menyukai mawar merah.

    ReplyDelete
  5. Saya sudah lihat di website Flower Advisor. Keren-keren bunganya bisa buat ngasih ke siapa saja.

    ReplyDelete
  6. aih aku auto nyari loh, buket bunga yang satu itu menarique sepertinya yaaaa, romance dan seolah mengatakan "hanya kau satu satunya di hatiku"

    #eaaaa

    ReplyDelete
  7. Mawar merah itu kesannya romantis banget, ya. Dikasih 1 tangkai aja udah bikin seneng. Apalagi dalam bentuk buket

    ReplyDelete
  8. Auto nyanyi baca syair lagu mawah merahnya.
    eh bunga mawar bisa di makan juga, bisa dibuat campuran teh?

    Kalau teh melati udah banyak ya, tapi teh mawar saya belum pernah nemu

    ReplyDelete
  9. Ingat lagi slank jadi ingat masa lalu. Jadi pengin dibeliin ama patjar masa itu, mawar merah. Apa daya doi gak ngarti2. Mawar merah emang udah paling cakepp kalo menurutku

    ReplyDelete
  10. Oalaah teryata ada banyak buket bunga ya mba. Aku kira satu jenis aja. Hhehee. Dan senangnya nih mba bisa ada banyak pilihan. Kira2 aku milih yang mana yaaa :)

    ReplyDelete
  11. Banyak sekali ya ternyata kandungan filosofi pada mawar merah. Layak bila menjadi pilihan banyak orang untuk menyimbolkannya sebagai ungkapan cinta. Cinta yang abadi dan penuh perjuangan.

    ReplyDelete
  12. Aku langsung google Mawar.
    Berasal dari genus Rosa, sekaligus jadi nama bunga, kayak namaku dong, uhuk!

    Aku suka saat mba Lina menggambarkan di bagian ini:

    "... duri duri yang ada pada tangkai merupakan simbol perjuangan dan ujian serta perlawanan terhadap rasa sakit"

    Dan ini,

    "... tangkainya yang berwarna hijau merupakan simbol keteguhan yang tiada batas dan senantiasa memaafkan serta menerima"

    So deep...!

    ReplyDelete
  13. Aku suka sama mawar merah emang ya tanda cinta banget bisa bikin hati luluh lantah gitu karena mawar merah

    ReplyDelete
  14. buket bunga memang selalu membuat hati hangaaat ya mba..dan sekarang memang gampaang yaaa mba untuk mesen - meseen

    ReplyDelete
  15. Slanknya aku tau mbak tapi judul lagu ini aku gak ngeh coba aku googling dulu di youtube :)
    Bunga memang dari dulu punya makna sendiri ya apalagi mawar yang melambangkan keromantisan

    ReplyDelete
  16. Aku maaau semuanyaaaa. Secara bagus-bagus bunganya. Yang rekomendasi buket warna merah ini bagus-bagus ya mbak. Dan ternyata pilihannya banyak banget di flower advisor ini

    ReplyDelete
  17. Aku baru Tau klo mawar bisa d makan mba biasay di jadiin Essen buat parfum ya...bnyk pilihan ini beli buket di sana

    ReplyDelete
  18. duu bunga mawarnya cantik banget mba, ini kenapa pas dibilang lau Mawar Merah saya malah ingetnya lagu dangdut Anggur Merah haha sama merahnya aja ^_^
    btw mba, saya baru tahu, buket Mawar aja bisa beragam bentuk ya, saya pengen dikasi paksu yang "Lots of Love" dari Flower Advisor, kapan ya ? ^_^

    ReplyDelete
  19. Baru tahu, ternyata di balik keindahan bunga mawar ternyata ada manfaat yang lain, yaitu mengatasi kaki bengkak

    ReplyDelete
  20. Wah kebayang istrinya Napoleon punya kebun bunga mawar pasti cakep banget kebonnya :D
    Gak tau kenapa kalau denger kata mawar langsung mengasosiasikannya dengan warna merah ya hehe. Padhal ada warna lainnya juga :D
    Sebuket mawar merah ditambah coklat atau bonekat teddy pasti bikin kaum hawa hatinya meleleh heheh

    ReplyDelete
  21. Cantiknyaa~
    Aku kalau lihat mawar, ingatanku kembali ke beberapa tahun silam, saat masih tinggal bersama orangtua. Aku paling rajin nanem mawar macem-macem jenis dan warna. Kalau uda mekar bunganya, aku sayang-sayang...hihii~

    ReplyDelete
  22. Wah tulisannya penuh dengan riset soal bunga mawar
    Ini penting sekali memang diketahui supaya ga asal ngasih bunga mawar saja, ye kan?

    ReplyDelete
  23. mbaca postingannya kok ya mataku berkaca2... ternyata artinya mawar itu luar biasa

    ReplyDelete
  24. Lihat mawar merah auto ingat lagu Sekuntum Mawar Merah yang pernah kunyanyikan buat lomba blog ulang tahunnya Pakde Abdul Cholik dulu, hahaha. Btw, sekarang enak ya pesan karangan bunga maupun buket bunga udah semakin mudah. Bisa pesan online lagi, semakin praktis.

    ReplyDelete
  25. Mawar ini menjadi bunga sejuta umat ya mba wkwkkw. Selalu menjad simbol kasih sayang mengalahkan bunga-bunga lainnya. Selain juga banyak jenis mawwar yang memang harganya sangat terjangkau

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates