Apa yang Menarik di Safari Lagoi & Eco Farm Bintan?

Hujan deras tiba-tiba saja mengguyur sesaat kami tiba di loket masuk Safari Lagoi & Eco Farm Pulau Bintan, Provinsi Kepulaua Riau (Kepri). Sejatinya, kami berniat untuk melihat-lihat komodo, gajah dan satwa-satwa langka lainnya yang sedang dirawat dan direhabilitasi di sini. Namun hari itu hujan teramat deras. Memaksa para pengunjung berlarian untuk mencari perlindungan. Bersyukur kami masih berada di bangunan tempat loket masuk sehingga tidak sempat terkena hujan. 

Safari lagoi & Eco Farm
Pintu Masuk

Di bangunan pintu masuk ini, terdapat bangku-bangku panjang dari kayu yang dapat dimanfaatkan para pengunjung untuk beristirahat sambil menunggu hujan reda. Tak jauh dari sana terdapat beberapa kotak kaca dimana terdapat ular-ular berukuran sedang dan beraneka warna. 

Hampir 1,5 jam menunggu, hujan akhirnya reda. Satu persatu pengunjung yang sudah membeli tiket melangkah menuju lokasi Safari Lagoi & Eco Farm yang lokasinya terdiri dari perkebunan dan kawasan perawatan binatang-binatang langka. Sebagian lagi menaiki kendaraan angkutan sejenis buggy yang telah disediakan pengelola untuk berkeliling mengitari seluruh kawasan Safari dan Eco Farm.

Safari Lagoi
Loket pembelian tiket


Jadi, jika teman-teman terutama yang berada di wilayah Kepri ingin bertemu satwa-satwa langka yang belum pernah ditemui seumur hidup hingga hari ini, maka tepat jika berkunjung ke Safari Lagoi & Eco Farm. 

Di Safari ini terdapat rumah-rumah bagi beruang madu, gajah Sumatera, komodo, buaya muara, orangutan, berbagai jenis burung langka seperti elang, nasar, lories, condor (hering), bermacam reptil, dan banyak lagi yang lainnya. 


Selain bertemu para satwa langka, para pengunjung juga dapat dengan leluasa berjalan-jalan di Eco Farm yang akan membuat kita merasa sedang berada di taman tropis dimana terdapat berbagai tumbuhan mulai dari palawija, berbagai jenis bunga, dan beberapa jenis tanaman keras. 

Safari Lagoi
Petunjuk Arah 

Safari Lagoi
Bunga Krisan di Safari Lagoi & Eco Farm 


Di sini akan sangat mudah menjumpai tanaman tropis seperti padi, kacang tanah, jagung, pepaya, pisang, dan buah naga. Untuk bunga-bunganya bisa kita jumpai dengan mudah bunga matahari, krisan dan lavender yang juga dibudidayakan. 

Berjalan dan berfoto di antara jalan setapak di hamparan bunga lavender ini sungguh instagramable. Dan tentu saja para pengunjung takkan melewatkan untuk berfoto di lokasi ini. Sayangnya saat kami ke sini, taman lavender belum lagi berbunga.

Pengelola juga menyediakan paket tur edukasi yang dapat mempermudah pengunjung memahami dan mendapatkan pengetahuan tentang flora dan fauna yang ada di kawasan ini. Mereka dapat menjelajahi kebun-kebun dimana terdapat petani (Pegawai Safari) yang sedang menanam dan merawat tanamannya. Anda juga dapat menikmati sajian minuman jahe atau teh rosella, rujak yang terbuat dari buah-buahan dan bahan-bahan yang dipanen sendiri dari lokasi ini. 

Didirikannya Safari Lagoi & Eco Farm bertujuan untuk memberi informasi dan mendidik masyarakat tentang perlunya melindungi dan melestarikan keanekaragaman hayati dan warisan alam Indonesia secara luas dan menyeluruh. Semua bisa ambil bagian dalam pelestarian ini sehingga tidak hanya menjadi bagian dan tugas pemerintah saja. 

Safari Lagoi
Ngeri-ngeri sedap sebenarnya deketin gajah

Sebagai pusat perlindungan bagi fauna Indonesia yang terancam punah, hewan dan burung yang berada di Safari Lagoi adalah satwa-satwa yang diselamatkan dari perdagangan hewan peliharaan dan pasar-daging ilegal. Yang lainnya adalah hewan-hewan yang sakit atau terluka dan kemudian dirawat dan diselamatkan di tempat ini. 


Para satwa langka penghuni Safari Lagoi sebagian besar dinilai tidak mampu bertahan hidup jika dilepaskan kembali ke alam liar. Karena itu, diberikan perawatan berkualitas dan berkelanjutan di pusat rehabilitasi dan konservasi satwa liar. Lembaga ini memelihara kemitraan erat dengan individu, lembaga, dan badan pemerintah yang sepemahaman termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia. 

Safari Lagoi & Eco Farm terletak di kawasan Bintan Resorts dimana lokasi ini sangat cocok untuk berwisata setengah hari. Setelah itu, para pengunjung bisa menikmati kegiatan alam lainnya seharian penuh dengan mengikuti Tur Mangrove atau bersenang-senang di kawasan Treasure Bay, Rumah Imaji, atau bisa juga menuju Pusat Jajanan Kota (Pujasera) untuk mencicipi camilan dan hidangan lokal seperti nasi goreng, bakso, dan lain sebagianya.



Safari Lagoi & Eco Farm
Biaya Masuk :Dewasa: Rp 100.000, Anak-Anak: Rp 50,000 
Jam Operasi: Senin - Minggu : 8:00 pagi - 4:00 sore WIB
Alamat: Kota Baru, Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29152, Indonesia 
Email: safarilagoibintan@yahoo.com
Telepon: +62 (823) 8663 9665 

Untuk penawaran khusus dan pemesanan tur lebih awal, silaHkan hubungi holiday@bintan-resorts.com

46 comments :

  1. Waah Safari Lagoi eco ini lengkap juga ya binatangnya, makin nambah nih destinasi kalo main ke Kepri, trus langsunng menyusuri Mangrove sambil kulineran. Tunggu aku di sanaa. Kapan? yang penting niat dulu yak. hahaa

    Btw bunga kuning itu mempesona kaliee, cerah ceriaaa.

    ReplyDelete
  2. asyik banget sepertinya mbak, bisa berfoto sama gajah pula. Sebagai tempat perlindungan untuk satwa yang terluka, bagus konsepnya. Saya juga sering geram kalau dengar berita perdagangan ataupun perburuan hewan liar langka kayak gini

    ReplyDelete
  3. Menarik ya. Aku belum pernah ke Eco Farm, apalagi lihat gajah secara langsung. Beberapa hewan langka baiknya tetap di sana ya. Daripada di hutan nanti gak tahu gimana nasibnya

    ReplyDelete
  4. Sayang pas hujan jadi ada waktu menunggu agak lama sebelum akhirnya menjelajah eco farm ini ya mbak?
    Penasaran klau tur edukasinya kita mesti bayar lagi di luar tiket masuk itu ataukah udah include? Apakah ada minimum peserta buat tur edukasinya atau per keluarga misal 3-4 org aja udah bisa ikutan tournya?

    ReplyDelete
  5. Wah, anak2 WAJIB BANGET diajak ke sini
    Bisa tahu dan paham mengenai satwa2 langka
    Menambah wawasan banget kan

    ReplyDelete
  6. Anak-anak saya paling demen nih diajak ke taman dan melihat aneka tanaman/bunga seperti. Mungkin segar dan bebas aja gitu yaa bawaannya? Entahlah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kaan anak2 ya Andy, emak2 pun rasanya bebas lepas, segaar kalo lihat pemandangan di atas. Kuy aahh kesanaaa,

      Delete
  7. Sudah sering dengar tentang Pulau Bintan sebagai tempat wisata yang cantik tapi baru tahu tentang Safari Lagio Eco Farm ini. Bisa jadi rujukan tempat yang wajib dikunjungi kalau ke Bintan nih. Anak-anak pasti seneng lihat aneka binatang di sana.

    ReplyDelete
  8. Berwisara di Safari Lagoi Eco ini dapat paket lengkap ya. Bisa belajar tentang fauna, flora, dan bahkan bisa jadi latar belakang foto-foto cantik untuk IG. Mungkin ini Kebun binatang paling lengkap di Kepulauan Riau ya Mbak

    ReplyDelete
  9. NAmanya Safari Lagoi & Eco Farm Pulau Bintan ya ... noted ah, siapa tahu suatu hari nanti bisa ke Pulau Bintan. SAya penasaran sama pulau Bintan.

    ReplyDelete
  10. Sudah sering dengar keindahan Pulau Bintan yang sering jadi tujuan wisata tapi baru tahu tentang Safari Lagoi Eco Farm ini. Bisa masuk bucket list kalau ke Bintan nih.

    ReplyDelete
  11. Saya pernah foto dan perutnya dibelit sama belalai gajah. Ternyata keras juga belalainya, ya. Untuk belitannya gak kenceng :D

    ReplyDelete
  12. Noted nih. Bisa jadi pilihan saat traveling ke Bintan nanti bersama keluarga. Yang penting udah punya infonya, perihal kapan berangkatnya sih belum tahu wkwkwk. Semoga ada kesempatan dan rejeki.

    ReplyDelete
  13. Duh, Lihat Eco Farm nya beneran bikin hati adem nih mbaaak
    Apa lagi sejak corona beneran belum keluar rumah sama sekali huhuhu
    Butuh lihat yang adem-adem untuk menyejukkan jiwa nih

    ReplyDelete
  14. dulu waktu kecil aku pernah jalan2 ke lokasi eco wisata di palembang. ketemu gajah liat2 hewan lainnya., seruu banget.

    ReplyDelete
  15. Destinasi yang menarik kalau pas jalan ke bintan nih. Tapi kapan ya? nunggu pandemi selesai dulu. hehehe. semoga harga tiketnya nggak naik tuh.

    ReplyDelete
  16. Wah aku suka banget wisata edukasi gini, andai deket uda ngajak anak2 deh kesana. Apalagi tiket masuknya cukup terjangkau

    ReplyDelete
  17. Persis seperti di Taman Safari Bogor yaa, kak..
    Ada gajah yang bisa diajak foto bersama. Rasanya sereem...takut kalau gajahnya ngamuk.
    Senangnya bisa melihat hewan dari dekat, Taman Safari Legoi Eco Farm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermacam-macam bunga bisa mengenalkan anak-anak bahwa banyak tumbuhan yang bisa tumbuh di negeri tropis dan cantik-cantik pulaa...
      MashAllah~

      Delete
  18. Waah ternyata di Pulau Bintan ada Safari juga. Eco Farm nya kereen ya. Bunga Krisannya cantik. jadi kangen lihat ijo-ijo.

    ReplyDelete
  19. kayak kebun binatang kecil ya mba. tapi ada gajah itu termasuk besar pasti lahannya. seru juga ecopark di sana ya. kalau di sini ecopark tempat bermain, tanaman banyak sama burung gitu mba. sisanya track joging sama orang rekreasi :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ada gajahnya. Kalau anakku suka nih diajak ke tempat beginian. Apalagi bocil seneng banget lihat gajah

      Delete
  20. Baru tahu di pulau bintan ada taman safarinya juga. Asyik banget ya bisa jalan-jalan ke sana dan mendapatkan banyak sekali yang bisa dilakukan yaa, bagus ini konsep farming yaa, eco farm.

    ReplyDelete
  21. Jadi kangeeen juga melihat binatang - binatang ini dari dekat yaaa mba. Dan pastinya anak - anakku pasti suka deeh

    ReplyDelete
  22. Keknya asyik jalan ke sini. Bukan hanya untuk refreshing tapi juga belajar tentang alam dan binatang, ya 😃

    ReplyDelete
  23. Hewannya apa aja Mba selain gajah? Enak ya.. Habis lihat taman bunga terus belajar tentang hewan juga. Kepikiran pas PSBB kemarin hewan2 di zoo kaya gini gimana ya, semoga tetap terurus dengan baik

    ReplyDelete
  24. Asyik kali yah jalan2 sambil menimba ilmu yah Kak, kangen liburan jadi pengen liburan deh

    ReplyDelete
  25. Baru tahu tempat ini. Ternyata isinya unik juga, ya, beda dari taman safari yang udah ada.

    ReplyDelete
  26. Bisa kopdar bareng beruang madu, gajah Sumatera, komodo, buaya muara, dan hewan2 eksotis lainnya
    Aakkkk, pengin segera ke sana!
    Ajak bocah makin seruuu nih

    ReplyDelete
  27. Keren ya Ecofarm-nya ... ada berbagai tumbuhan mulai dari palawija, berbagai jenis bunga, dan beberapa jenis tanaman keras. Pengen lihat langsung.

    ReplyDelete
  28. Karena hewan-hewan yang dipelihara di sini akan dilepas ke habitat asli, pasti perawatan mereka meminimalkan perawatan manusia ya Mbak

    ReplyDelete
  29. Wah menarik sekali mbak Eco Farmnya. Bunga krisan kuningnya cantik. Duh bakalan betah deh kalau pergi ke sini, apalagi mamaku yang suka tanaman :)

    ReplyDelete
  30. Safari Lagoi Eco Farm ini dikelola swasta atau pemerintah, mbak? Aku pengen ih bisa ke sana. bisa sekalian dengan paket tur mangrove juga ya

    ReplyDelete
  31. Destinasi wisata yang seru untuk Keluarga ya Mba, edukatif juga jadi cocok sebagai ajang memperkenalkan binatang² langka ke Anak-anak secara langsung, sambil menanamkan rasa peduli terhadap mereka dan supaya lebih dapat mencintai Bumi sebagai tempat tinggal kita semua.

    ReplyDelete
  32. Taman tropisnya kalau sudah jadi pasti bagus banget ya, satu deret ditanami tanaman yang sama, deret berikutnya ditanami tanaman dengan daun/bunga yang berbeda warnanya.

    ReplyDelete
  33. Perawatan berkualitas dan berkelanjutan di pusat rehabilitasi dan konservasi satwa liar Safari Lagoi bagi hewan langka yang tidak mampu bertahan hidup jika dilepaskan kembali ke alam liar pasti membantu kelestarian hidup mereka. Tempat yang tepat juga untuk refreshing bersama keluarga sekalian edukasi buat anak-anak kita ya

    ReplyDelete
  34. Wisata di Bintan memang tak ada habisnya...selalu keren dan menarik, termasuk Eco Farm ini..Cocok untuk wisata keluarga khususnya anak-anak ya

    ReplyDelete
  35. Luasnya berapa hektar, mba? Kalo mengelilingi Safari Lagoi ini jalan kaki atau ada armada yang disediakan untuk pengunjung? Aku penasaran karena membayangkan jalan kaki kalo tempatnya luas kayak Kebun Raya Bogor gitu bisa pegel, wkwkk. Aku udah pernah jalan kaki bertiga sama anak-anak dan akhirnya kelelahan, istirahat di dekat taman yang ada kolam teratai di KRB

    ReplyDelete
  36. Eco Farm nya terlihat sangat asri dan natural alamnya mbak, Jadi seger gitu lihatnya, apalagi bisa datang langsung. hehehe. Dengan berkunjung melihat flora atau fauna seperti di Safari Lagoi Eco Farm gitu, bisa menumbuhkan sifat sayang sama mereka ya mbak.

    ReplyDelete
  37. Anak-anak pasti nggak mau pulang nih kalau diajakin ke Lagoi Eco Farm. Oke noted ah, siapa tau ada rejeki ke sana

    ReplyDelete
  38. Bunga-bunganya cantik gitu ya mba. Aahh berharap pandemi ini segera berakhir agar bisa seseruan jalan-jalan gitu menikmati SAfari Lagoi Eco Farm barengan dengan keluarga ataupun teman.

    ReplyDelete
  39. wah Julio passti senang banget bisa lihat gajah sedekat itu mba, sampai bisa menyentuh juga ya. Paling seru emang jalan jalan ke tempat yang berbau alam begini ya mba, nyenengin!

    ReplyDelete
  40. Huaaa ternyata di Bintan ada komodo juga ya. Hehe. Seru banget mbak jalan-jalannya. Aku sih betah banget seharian di sana. Btw, Safari Lagoi ini punya pemerintah atau swasta mbak?

    ReplyDelete
  41. Duh seru banget nih bisa main ke tempat kayak gini. Adem dan asri. Boleh-boleh nih wiken ke tempat gini. Refreshing.

    ReplyDelete
  42. Eco farmnya kelihatannya nyaman buat tempat refreshing keluarga nih.... dan sukses bikin aku pengen jalan2

    ReplyDelete
  43. Semoga pandemi segera berakhir ya mbak biar bisa travelling ke Bintan

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates