Pengalaman Belajar di Kelas SEO Online

Pernah nggak sih teman-teman bertanya-tanya sendiri, ngeblog sudah bertahun-tahun tapi kok performa blog gitu-gitu saja tidak ada peningkatan, baik itu dari sisi trafik maupun DA (Domain Authority)? Trafik sepi sementara DA malah anjlok. Saya sendiri ngeblog sudah belasan tahun sejak zaman multiply tapi kok rasanya nggak ada peningkatan. Jadi muncul keinginan untuk belajar lagi tentang ilmu perbloggeran yang benar, khususnya belajar di kelas SEO Online yang memang bisa menyelesaikan kedua permasalahan yang saya hadapi di atas.

Pengalaman Belajar di Kelas SEO Online
Pengalaman Belajar di Kelas SEO Online


Beruntungnya, bulan Oktober lalu di grup whatsapp BRT ada tawaran dari Mas Punto Wicaksono alias Mas PeWe untuk ikut Kelas SEO Online Batch 3. Tanpa ragu saya langsung daftar soalnya sudah tak sabar ingin segera memperbaiki blog yang menurut saya masih berantakan dalam segala hal. Sebenarnya dari pengumuman adanya kelas SEO dari batch 1 dan 2 saja sudah ingin ikut namun belum memaksakan diri untuk daftar karena berbagai faktor.

Kelas SEO Online ini berlangsung selama 2 minggu dimulai dari tanggal 1 sampai 15 November 2020. Materi disampaikan via chat di grup whatsapp yang dibuat khusus dan dinamai Kelas SEO Online #3. Jam belajar atau sharing materinya disesuaikan menurut kesepakatan peserta yakni pada jam 8 malam. Selama 2 minggu pembelajaran dilakukan dengan selang-seling antara materi dan diskusi. Sehari materi, sehari diskusi, lusa materi, keesokannya lagi diskusi. 

Para Pemateri Kelas SEO Online

Ada dua orang pemateri di Kelas SEO Online yang kami ikuti ini yaitu Mas Irwin pemilik blog masirwin.com dan Mas Punto Wicaksono aka Mas PeWe pemilik blog pe-we.com. Keduanya merupakan master SEO yang sudah tidak diragukan lagi kompetensinya. Cek saja blog keduanya yang memiliki DA di atas rata-rata dan trafik puluhan ribu yang mereka capai setiap bulannya. 

Menurut mas Irwin, Kelas Coaching SEO ini dibuat untuk menaikkan standar blogger di Indonesia sehingga para blogger bisa naik kelas. Mengapa demikian? Karena standar dari agency atau perusahaan yang mencari jasa para blogger meningkat. Dulu, agency hanya tahu blogger tempat backlink saja. Sekarang, blogger dituntut untuk mendapatkan trafik ke situs mereka. Bagi blogger sendiri, tentu saja ingin agar tulisannya dibaca orang banyak sehingga trafik naik. Itu saja akan membuat para blogger senang luar biasa. 

Menurutnya lagi, tidak sedikit blogger yang mengemis pageview dengan cara Blog Walking atau share ke media sosial namun tak kunjung mendapatkan trafik yang diinginkan. Absen sehari saja trafik akan turun. Oleh sebab itu ia dan Mas Pewe memutuskan untuk mengadakan Kelas Coaching SEO untuk meningkatkan potensi dan derajat para blogger. 


Mengapa SEO Sangat Penting untuk Blog?

Mengapa blogger harus mengenal SEO? Karena SEO merupakan salah satu cara untuk mendapatkan trafik jangka panjang. Namun butuh waktu yang tidak sebentar. Dibutuhkan usaha para blogger untuk menerapkan beberapa trik SEO agar tulisannya mendapatkan trafik yang tinggi. Kalau mau instan sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu SEM atau Seach Engine Marketing. 

Materi-Materi di Kelas SEO Online

1. Google Analytics (GA)

Saya jadi ingat pada bulan Juni yang lalu pernah berlangganan email dari Neil Patel tentang ilmu SEO. Ada sesi belajar selama 7 minggu yang harus dituntaskan. Saya mengikuti semua emailnya, membuka semua videonya namun tidak menerapkan dengan sungguh-sungguh. Selalu saja bilang kepada diri sendiri nanti saja nanti saja hingga akhirnya malah tidak mengerjakan sama sekali. Pelajaran penting: Jangan menunda-nunda pekerjaan. Segera eksekusi selagi masih bisa nafas! 

Pelajaran pertama yang dishare oleh Neil Patel di minggu pertama adalah tentang Google Analytics. Saat itu saya masih berkutat dengan permasalahan kenapa Google analytics saya angkanya masih nol. Berkali-kali baca tutorial dan artikel tentang GA namun tak satupun yang memuaskan. Akhirnya cari-cari sendiri dan baru pada pertengahan September lalu menemukan caranya. Dan itu senangnya luar biasa. pengen menulis tentang masalah ini semoga ke depan tidak ada lagi orang yang kesusahan seperti saya. Semoga bisa menulis tema ini dengan segera. 
 
Nah ternyata di kelas SEO Online ini pun kami mempelajari Google Analytics. saya jadi seperti diingatkan kembali dengan pelajaran sebelumnya dari Neil Patel. Namun kelebihan mengajar dari mas Irwin lebih detail dan membahas satu per satu menu atau fitur apa saja dan kegunaannya.

2. Google Search Console (GSC)

Google Search Console sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools adalah platform gratis bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik google.
GSC memungkinkan para pemilik blog untuk mengetahui kinerja blog msing-masing, berapa jumlah klik, mengetahui domain yang memberikan link ke websitenya (refering domain) hingga mampu menganalisis halaman website dengan trafik tertinggi.

3. Keyword Research

Keyword Research adalah suatu riset yang dapat para blogger lakukan sebagai strategi SEO atau optimasi bagi mesin pencari. Keyword research ini adalah senjatanya para blogger agar tidak mengemis trafik.

Sebelum menulis, para blogger harus memastikan diri melakukan research agar trafik makin banyak. 

Ada dua macam keyword berdasarkan jumlah kata.

1. Short keyword: Kata kunci yang jumlah katanya antara 2-3 kata. Contoh jual baju anak, ojek online, program magang.

2. Long keyword: Kata kunci yang lebih atau sama dengan 4 kata, contoh jual baju anak cewek di Jakarta, ojek online terpercaya di Tangerang, Program magang dari Perusahaan Caltex.

Kata kunci berdasarkan kegunaan:
Informasional: kata kunci yang kegunaannya untuk memberikan informasi. Contohnya: cara menggunakan lampu LED, tutorial hijab la Ria Ricis, teknik mencetak sablon secara online.
Transaksional: kata kunci yang kegunaannya untuk menjual, contohnya: jual baju impor, jual beli cilok di Bandung, kursus tataboga di Bekasi.
Navigational: kata kunci yang menunjukkan suatu tempat, contohnya Gunung Semeru, Stasiun Senen, Museum Seni Jakarta.

Menurut Mas Irwin ia menyarankan agar blogger menargetkan informational keyword yang long keyword.

4. Parameter SEO Onpage

SEO onpage adalah teknik optimasi dari dalam blog. Secara garis besar SEO onpage adalah teknik optimasi dari dalam blog. Setiap blog punya treatment masing-masing untuk menangani teknik ini.

1.  Ada keyword di judul dan panjang meta judul 55 karater. 
2.  Judul sebaiknya di awal.
3.  Ada keyword di permalink dan panjang permalink maksimal 75 karakter. 
4.  Ada keyword di deskripsi dan maksimal 155 karakter. 
5.  Ada keyword di 150 karakter paragraf pertama. 
6.  Keyword tidak perlu di bold, italic, atau underline. 
7.  Selalu ada kesimpulan dengan sisipan keyword. 
8.  Jumlah kata lebih dari kompetitor.
9.  Paragraf tidak perlu panjang, cukup 2-3 kalimat. 
10. Ada H1, H2, H3 yang ditempatkan secara urut. 
11. Keyword ada di H2 dan H3. 
12. Keyword di nama image menggunakan tanda strip (-), misal sabun-muka-cair.jpg. 
13. Title & alt image/video. 
14. Internal link ke dan di artikel sejenis. 
15. Gunakan LSI keyword.
16. Share media sosial (fb/twitter/dll). 
17. Inspect url di GSC. 

5. SEO Offpage

SEO offpage adalah langkah optimasi yang dilakukan di luar konten atau website. Kalau onpage hanya berkutat pada faktor-faktor internal website maka offpage merupakan optmasi dari faktor-faktor eksternal. Contoh SEO offpage seperti share di media sosial dan google business.

6. Audit SEO/Web

Terdapat tools online yang mumpuni untuk melakukan pengecekan dan audit blog seperti ahrefs, moz, semrush. Namun semua ini berbayar. Sementara itu terdapat tools yang gratis yaitu:

1. Lighthouse
2. Webpagetest
3. Security Header

Saat blog di test menggunakan moz.com oleh Mas Pewe ternyata blog saya banyak sekali PRnya. Ada sekitar 7.700-an issue atau kesalahan yang harus diperbaiki. Oh My Good. Berapa lama waktu yang mampu saya selesaikan? Pyuuh PRnya banyak banget.
 
Belajar di Kelas SEO Online
Audit Blog saya ada 7.700 issue


Kesan Setelah mengikuti Kelas SEO Online

Bersyukur! Itu kesan terakhir yang saya dapat dari mengikuti kelas SEO Online ini. Karena setelah mempelajari beberapa materi yang diantaranya sudah familiar namun belum saya terapkan, akhirnya saya memahami hal-hal dan teori mendasar apa yang harus diterapkan di blog sehingga bisa menaikkan trafik dan DA.

Kedua pemateri yang baik hati dan gemar menolong para peserta yang kebanyakan emak-emak yang cukup cerewet ini pun telah meninggalkan kesan yang baik sehingga para peserta tidak putus asa dalam menghadapi segala permasalahan blog masing-masing yang menumpuk. Saya sendiri amat bersyukur karena setelah pembelajaran usai, kelas tidak dibubarkan sehingga kami masih bisa konsultasi dan bertanya ini itu jika ada hal yang kurang faham dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan serta kesalahan blog yang kami alami.


Kesimpulan

Jika ingin mencapai sesuatu tentu ada proses yang harus dilalui. Tidak semua blogger bisa langsung menrapkan ilmu SEO secara instan. Semua butuh perjuangan dan belajar secara tekun sehingga penerapannya bisa maksimal. Ada banyak tools yang harus dipelajari sehingga penerapan SEO ke dalam blog kita dapat maksimal. Untuk itu, rajin-rajinlah mempelajari ilmu SEO ini dari berbagai sumber karena ini merupakan salah satu kunci sukses untuk mencapai hasil yang maksimal. Bagi saya sendiri, belajar di Kelas SEO Online ini merupakan pengalaman baru dan sangat berharga sehingga ke depannya bisa memperbaiki kinerja blog secara maksimal.

23 comments :

  1. Asyik ada kesempatan belajar SEO di kelas Seo Online mbak. Tinggal diterapkan ya supaya blognya makin oke & sehat nagkring di halaman muda google. Betul banget semuanya perlu perjuangan untuk belajar yang penting konsisten & disiplin

    ReplyDelete
  2. Kalo sebelumnya kita selalu hadir di kelas secara offline, tapi situasi sekarang mengharuskan kita bisa beradaptasi ya.. termasuk dalam hal berlajar, dan ternyata belajar seo dalam kelas online itu asik juga dan jadi tambah pengalaman.. ribet tapi seru hehe

    ReplyDelete
  3. aku masih meraba2 masalah seo ini. teorinya udah masuk semua tapi prakteknya perlu trial and error sih. kadang yg mau biasa aja malah bagus dan SEO otomatis masuk. begitu mau dibuat post SEO eh nggak nyantol2, hahaha..

    ReplyDelete
  4. Waaaaaah, seneng bener yach Mbak LIna akhirnya bisa iktan kelas online tentang SEO ini :) Mengetahui teori saja rupanya ga cukup namun mesti diterapkan dan rajin berbenah blog hehehe :) Iya ya, keyword mesti pakem, strategis penempatannya di paragraf2 tertentu.

    ReplyDelete
  5. senang ya mbak klo bisa belajar seo, krn seo itu salah satu kemampuan yg harus dimiliki oleh seorang blogger ya mbak

    ReplyDelete
  6. Wah sangat mencerahkan tulisan ini Mbak Lina. Aku selama ini juga kurang abai dengan SEO sekalipun berusaha menempatkan kata kunci. Rupanya saya salah dalam menerapkan kata kunci, selalu memulai dari paragraf pertama. Jadi sebaiknya di H2 ya. Noted. Makasih sharingnya Mbak

    ReplyDelete
  7. Belajar SEO emang harus telaten juga ya..karena untuk menerapkannya pun ntar step by step banget... Banyak faktor yang harus dicek dulu biar SEOnya ngefek..Semangat berSEO!

    ReplyDelete
  8. Yes, SEO memang penting sih Mbak ... saya nerapin secara sederhana juga. Kadang malah untung2an, yang banyak dicari orang malah yang tidak diseriusin waktu praktikin SEO-nya. PAyah saya nih ....

    ReplyDelete
  9. Selalu seruu belajar kelas SEO tuh,asiik bikin kita explore terus dan berasa seninya mengemas. Makanan aku sehari2 initu dari 2010, dan suka lupa diterapkan ke blog sendiri saking udah enek wkakakaka *curhat

    Yang terpenting SEO tuh praktek..praktek..
    SAmpe ketemu di SERP yaa!!

    ReplyDelete
  10. Baca postingan ini ehemmm jadi malu liat DA sendiri ahhaha,, btw makasih shringnya, semoga bisa menerapkan tips2 SEO di atas..

    ReplyDelete
  11. Terima kasih atas share ilmu SEO-nya. Nambah lagi nih ilmu SEO-ku. Long Keyword justru jarang nih aku gunakan. Biasanyan make yang short. Jadi paling banyak 2 -3 kata aja. Okeeeh, nanti akan aku praktekin. Baidewei, pas 2 hari yang lalu blogku dicek ke Moz juga jadi bikin PR hahaha, tulisan-tulisan jadul masih banyak yang nggak ada deskripsinya.

    ReplyDelete
  12. BRT nih keren pol! Selalu ada ilmu 'daging yg dibagi2kan dalam workshop online-nya.
    pematerinya juga bukan kaleng2
    Beneran cihuy bangettt!

    ReplyDelete
  13. Aku udah lama gak ikut kelas SEO Online. Waktu kelas 1 daftar dan kelas 2 lewat, gak sempat. Ini mau ikut lagi, tapi nunggu nanti karena jam sibuk dan sedang enggak nentu

    ReplyDelete
  14. Runtut ya materinya. Jadi kita asyik ngikutinya. Yang penting sepertinya harus dipraktikkan ya mb, ilmunya. Kalau tidak bakalan lupa.

    ReplyDelete
  15. waktu itu liat info kelasnya. pengen banget ikutan tapi belum bisa komit sama waktunya. mudah2an kalo kelasnya buka lagi bisa ikutan. penasaran banget pengen belajar seo ga bisa2 nih

    ReplyDelete
  16. Aku sering banget belajar SEO nggak khatam-khatam rasanya Teh kurang mengerti haha..jadinya nulis ya nulis saja..

    ReplyDelete
  17. aku kok masih selalu pusing kalo ikut pelatihan SEO ya mbak :(
    Ada beberapa point yang paham sih, tapi ada yang tetap bingung saat pengaplikasian. Sepertinya memang harus banyak latihan.

    ReplyDelete
  18. Aku belajar SEO itu sampai 4 kali dan dengan coach yang berbeda. Tapi intinya sama kok, harus praktek dan itu enggak mudah. Karena butuh konsisten ya mbak. Meski begitu kalo bisa menerapkan dalam postingan di blog bakal naikin DA, PA, dan juga view organik ya mbak.

    ReplyDelete
  19. Emang mengandalkan seo tu oke banget. DUlu aku belajar dari para founder WP. Tulisan2 lama sedikit2 diperbaiki kalau telaten bisa ngakring page one hehe.
    Btw mbak Lina dulu anak MP juga? Apa nih nama akunnya? :D

    ReplyDelete
  20. Langsung ta bookmark nih artikelnya. Aku udah lama pengen ulik2 materi Seo tapi belum sempat aja

    ReplyDelete
  21. Sekarang artikel SEO yang lagi hits setelah banyal blogger. Jadi kembali diasah untuk tetap bisa bikin good content and page one nih blogger ya

    ReplyDelete
  22. ya ampun mengemis pageview xD. aku bw buat komenan mak sambil silaturahmi kayak gini.
    dari kemaren mau ikutan tapi ga ada waktu akhir2 ini sibuk sekolahan, tapi baca ini jadi refresh lagi materinya

    ReplyDelete
  23. Haturnuhun kak Lina...sudah berbagi.
    Aku suka diginiin juga siih..."Ngemis PV dari blogwalking."
    Heuheu~
    Sedih, tapi aku suka...heheh...

    Btw,
    Kak Lina...mau tanya doonk...itu maksudnya Keyword di nama image menggunakan tanda strip (-), misal sabun-muka-cair.jpg.
    **itu untuk nama per-image, perlu diganti sesuai keyword? (rename file)

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates