Tempat Wisata Semarang yang Wajib Kamu Coba!

Salah satu wish list kota yang ingin saya kunjungi di 2024 adalah Semarang. Beberapa kali menginjakkan kaki di Semarang hanya sekadar numpang lewat saja tidak benar-benar eksplor tempat-tempat wisata serta kuliner yang ada di sana.

Tempat wisata Semarang
Tempat wisata Semarang

Ada banyak tempat wisata Semarang yang sudah menjadi daftar kunjung yang tentunya akan saya simpan di sini terlebih dahulu agar lebih mudah nanti saat mencarinya kembali. Tentu saja beberapa tempat wisata ini bisa menjadi rujukan teman-teman juga jika suatu saat berkunjung ke sana.

Sebagai penyuka sejarah, alam, dan kuliner, mengunjungi Semarang merupakan paket komplit yang tepat dimana wisatawan dapat memperoleh semua pengalaman ini hanya dengan mengunjungi wilayah Semarang saja.

Lalu tempat mana saja yang berhubungan dengan ketiga hal di atas? Untuk wisata sejarah terdapat Lawang Sewu dan Kota Lama Semarang. Untuk penyuka alam sekaligus sejarah terdapat Candi Gedong Songo, untuk penyuka alam terdapat Brown Canyon dan untuk penyuka kuliner terdapat Simpang Lima yang merupakan pusat kuliner dan satu lagi tentu saja ada Holycow Steak yang merupakan restoran steak terbaik di Semarang.

Seperti apa keren dan serunya tempat-tempat tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Lawang Sewu

Hampir semua rujukan wisata ke Semarang selalu menyertakan Lawang Sewu sebagai salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi. Gedung bekas kantor pusat perusahaan kereta Hindia Belanda yang ikonik ini memiliki banyak pintu hingga masyarakat menjulukinya Lawang Sewu atau Seribu Pintu meskipun pada kenyataannya tidak benar-benar memiliki jumlah seribu pintu.

Pada masa orde lama gedung ini juga sempat dijadikan kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer. Sekarang, Lawang Sewu difungsikan sebagai museum dan tempat wisata. Gedung yang terletak di Jalan Pemuda ini dekat dengan Simpang Lima yang dianggap sebagai pusat kuliner di Kota Semarang.

2. Kota Lama Semarang

Sebagaimana kota-kota tua peninggalan masa kolonial Belanda, Kota Lama Semarang memiliki bangunan-bangunan tua bergaya Eropa yang khas. Pada sekitar abad 19 hingga 20, Kota Lama merupakan pusat dan menjadi denyut nadi perdagangan di Kota Semarang.

Dalam rangka mempertahankan kelestarian bangunan-bangunan yang ada di Kota Lama Semarang ini, pemerintah telah melakukan berbagai perbaikan melalui program konservasi dan revitalisasi sehingga lokasi ini menjadi tempat wisata sejarah yang populer di Semarang.


3. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. Istilah Gedong Songo disematkan karena di lokasi ini terdapat Sembilan bangunan candi. Gedong berarti bangunan dan songo berarti sembilan.

Selain menelusuri sejarah peradaban masa lampau tanah air, di kawasan Candi Gedong Songo kita juga bisa menikmati pemandangan alam yang damai dan indah di tengah suasana sejuk lereng pegunungan.


4. Brown Canyon

Brown Canyon merupakan tempat wisata yang terletak di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Lokasi bekas tambang yang viral di media sosial ini dinilai mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat sehingga menginspirasi penamaan lokasi ini.

Tak heran jika Brown Canyon kerap dijadikan lokasi untuk prewedding dan atau photo shoot karena lokasi ini instagramable.

5. Simpang Lima

Jika ke Semarang tidak sah rasanya jika tidak mengunjungi kawasan Simpang Lima yang merupakan sentra perdagangan dan kuliner di kota ini. Di Simpang Lima para pengunjung bisa mendapati kuliner khas dan tradisional Semarang yang beragam.


Berbicara tentang kuliner Kota Semarang ada satu hal yang wajib teman-teman coba di sini yakni makan steak di Holycow. Kenapa? Karena restoran ini menyajikan daging sapi berkualitas yang sudah bersertifikasi halal dan juga telah mengantongi CHSE dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Seperti apa sih restoran steak yang sudah memiliki cabang di berbagai kota besar di Indonesia ini? Kita kepoin yuk!


Holycow Steak - Restoran Steak Terbaik di Semarang

Bosan dengan makanan resto yang menyajikan hidangan ayam dan ikan terus-menerus? Teman-teman pecinta kuliner wajib banget untuk mencoba Holycow Steak Semarang yang menyajikan berbagai aneka menu steak seperti Wagyu Tenderloin, Fillet Mignon, dan Sirloin. Bagi pengunjung yang membawa serta keluarga, ada juga steak khusus anak-anak sehingga tidak perlu keluar lagi mencari resto dan menu lainnya yang kids friendly.

Di Holycow Steak Semarang terdapat menu-menu spesial yang lezat seperti:

1. Wagyu Tenderloin MB 4-5 200GR

Wagyu Tenderloin merupakan daging wagyu potongan has dalam yang berasal pada bagian tengah sapi wagyu. Tekstur bagian ini merupakan daging yang paling empuk, lembut, dan mengandung lemak yang membuat rasanya nikmat. MB 4-5 adalah marbling yakni istilah yang menunjukkan pola halus dari jaringan lemak dengan tingkatan angka 1-5.

2. Fillet Mignon

Di Holycow juga terdapat menu Fillet Mignon yang merupakan daging has dalam dari bagian tengah badan. Sesuai dengan karakteristik daging has, daging ini terdiri dari bagian-bagian otot utama di sekitar bagian tulang belakang.

3. Holycow! Sirloin Steak 200GR

Di Holycow juga tersedia menu Sirloin Steak 200GR. Sirloin merupakan potongan daging yang berasal dari punggung sapi. Potongan daging dari bagian ini memiliki lemak yang lebih sedikit dibandingkan tenderloin.


Nah setelah membaca menu-menu steak wagyu di atas teman-teman tentu penasaran dong. Yuk segera meluncur ke Holycow Semarang!


HOLYCOW SEMARANG

Alamat: Jl. Sultan Agung No.142, Kaliwiru, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232
Jam Buka: Setiap hari (Senin - Minggu) Pukul 11:00 - 22:00
Whatsapp Reservasi: 0895-3549-91000

Posting Komentar

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita