Saturday, 13 October 2018

Mudahnya Memesan Kartu Nama di Gogoprint


Sebagai blogger, sudah lama saya berfikir bahwa memiliki kartu nama itu sangat penting. Apalagi jika sering menghadiri berbagai event, seminar, famtrip dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bertemu banyak orang. Perlu sekali memperkenalkan diri siapa saya sesungguhnya. Karena dari perkenalan inilah jaringan atau networking akan mulai terjalin.

Thursday, 11 October 2018

Harga Kamera Polaroid : Tips Menggunakan Kamera Polaroid




Akhir-akhir ini, saya mulai tertarik dengan kamera polaroid. Tampangnya yang gaul dan trendy membuat hati terpikat ingin segera memiliki. Saya pun mulai berselancar melayari halaman demi halaman yang berhubungan dengan kamera polaroid. Dan berikut beberapa temuan yang saya catat sehingga bisa jadi panduan kamu juga jika ingin membeli kamera polaroid.

Monday, 8 October 2018

5 Destinasi Wisata di Gunung Kidul Jogjakarta yang Menarik untuk Foto-Foto

Ada banyak tempat wisata di Gunung Kidul Jogjakarta yang bisa dijadikan destinasi liburan saat akhir pekan ataupun saat libur panjang. Tidak hanya pantai, di Gunung Kidul kamu bisa menemukan beberapa tempat unik dan menarik yang sangat cocok untuk memuaskan hasrat berfoto-foto ria ala anak milenial zaman now.

Sunday, 30 September 2018

Kutitipkan Rindu Pada Semeru

"Pada lembaran-lembaran album kenangan yang kubuka, aku tahu bahwa pada kisah-kisahku dahulu, ada begitu banyak kisah dan cerita yang mengagumkan. Setidaknya bagi aku dan gadis kecilku."

Ranu Kumbolo Gunung Semeru

Bertahun-tahun keinginan mengunjungi Semeru seakan hanya di awang-awang. Semeru, adalah kerinduan pada sebuah perjalanan. Pada sunyi yang merubahnya menjadi puisi. Pada sepi yang setia menghiasi mimpi-mimpi. Dan pada dingin yang menghantarkan gigil dalam beku yang mematikan. 

Saturday, 29 September 2018

Ide-Ide Sederhana Jalani LDR dengan Hangat dan Mesra

Kalau boleh memilih, tidak ada pasangan yang baru saja jadian lalu berpisah kota. Apalagi yang sudah menikah, maunya sih terus dekat dengan si dia. Tapi apa daya, ada pilihan karir atau studi yang bisa memaksa kamu dan si dia menjalani long distance relationship alias LDR. Sebenarnya kalau sama-sama sibuk, LDR pasti tidak terasa. Tapi rasa kesepian yang melanda saat pulang ke rumah dengan tubuh yang lelah tanpa si dia yang menemani, inilah kenapa LDR disebut penuh dengan cobaan.

Thursday, 27 September 2018

Tampil Keren Dengan Jam Tangan Baru Saat Traveling

Jam Tangan Baru Untuk Traveling
"Engkau dapat menunda, tetapi waktu tidak akan menunda." – Benjamin Franklin


Sewaktu bepergian atau traveling, pernah nggak sih teman-teman mengalami momen terlambat? Baik itu terlambat datang atau terlambat pulang? Aku pernah. Beberapa kali. Dan itu menyebalkan banget. Sebal sama diri sendiri. Memalukan rasanya! Bahkan pernah punya perasaan ingin ditelan bumi saja saking malu dan kesalnya. 

Thursday, 20 September 2018

Daftar Hotel Bintang 5 di Bandung dan Tips Berwisata ke Bandung

Bandung merupakan ibukota Jawa Barat yang mempunyai destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi. Konsep tata kota Bandung yang indah tetapi tidak meninggalkan unsur budaya dan tetap mengusung konsep modern membuat banyak sekali orang yang menyukai kota ini. 


Monday, 17 September 2018

Kenduri Laut Masyarakat Pesisir Pulau di Batam

Kenduri Laut Batam 2018
Perlombaan Perahu Layar pada Kenduri Laut 2018

Mendung menggelayut di langit manakala kapal yang kami tumpangi melaju menuju perairan Pulau Mongkol, Kelurahan Pemping, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam.

Friday, 14 September 2018

Mengunjungi Kompleks Bebatuan Purba di Alif Stone Park Natuna

Alif Stone Park Natuna
Alif Stone Park berlatarkan Gunung Ranai.

Alif Stone Park merupakan sebuah kompleks bebatuan raksasa seluas kurang lebih 4,3 hektar yang terdiri dari beragam bentuk dan formasi batu. Jika keseluruhan bebatuan yang tersebar di area ini dihitung hingga bebatuan terjauh dari tepi pantai, maka luasnya diperkirakan mencapai 9 hektar.

Thursday, 6 September 2018

Cara Cepat dan Hemat Belanja Gadget untuk Keperluan Traveling

Gadget untuk Keperluan Traveling

Kalau sedang traveling terlebih lagi yang long trip, kita mungkin pernah menyesal karena membawa barang-barang yang cukup banyak, berat dan bikin ribet. Sementara yang didambakan oleh kita tentu saja yang simpel, multifungsi dan ringan-ringan saja. Oleh karena itu bijak dan cermat dalam memilih barang-barang yang akan dibawa, adalah salah satu kunci sukses kenyamanan saat kamu traveling.

Monday, 3 September 2018

Jatuh Bangunnya Perjalanan Ngeblog



Sejak remaja, saya sangat menyukai aktifitas menulis di buku diary. Dan ketika berkenalan dengan dunia internet lalu berselancar ke berbagai situs, muncul keinginan untuk mengalihkan isi fikiran yang biasa ditulis pada diary ke dalam sebuah situs/website. Setidaknya tulisan saya akan mirip seperti jurnal, cerita ,atau artikel-artikel yang saya baca di situs-situs tersebut.

Sunday, 26 August 2018

Taman Wisata Alam Gunung Gundul Lokasi Berwisata Terbaru di Natuna

Bagaimana rasanya memendam  rindu yang tak berkesudahan kepada kampung halaman, keluarga dan handai taulan? Bagaimana rasanya puluhan tahun di perantauan tidak pernah pulang-pulang? Berat. Sungguh berat. Mengalahkan beratnya Rindu Dylan pada Milea. Mengalahkan rekor Bang Toyib yang hanya tiga kali puasa tiga kali lebaran nggak pulang-pulang.



Friday, 24 August 2018

Memilih Layanan Web Hosting Untuk Bisnis Online Travel


Akhir April 2018 yang lalu, saya dan beberapa ibu di Kota Batam mengikuti kelas Coding Mum yang diselenggarakan oleh Bekraf bertempat di Universitas Universal Batam. Btw, sudah pada tahu belum apa itu Bekraf? Bekraf adalah sebuah lembaga atau badan pemerintah non kementrian yang berada di bawah presiden langsung. Bekraf bertugas khusus membantu presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengkordinasikan, dan mensinkronisasikan berbagai kebijakan ekonomi kreatif. Saat ini Bekraf dipimpin oleh Triawan Munaf, ayah dari mantan penyanyi cilik, Sherina Munaf.



Sunday, 19 August 2018

Batu Sindu Sebuah Legenda Bujang dan Dara yang Saling Merindu

Batu Sindu Natuna
Batu Sindu, Natuna

Lihat aku sayang
Yang sudah berjuang
Menunggumu datang
Menjemputmu pulang


Ingat slalu sayang
Hatiku kau genggam
Aku tak kan pergi
Menunggu kamu di sini
Tetap di sini

Tuesday, 7 August 2018

Colour to Life Membuat Hidup keluarga Saya Semakin Berwarna

Sejak umur dua tahun Chila sudah mulai suka dengan dunia gambar-menggambar. Meskipun hanya berupa garis dan corat-coret coretan tidak jelas, namun ia tetap bangga dapat melakukannya. Yah namanya juga balita. Saat itu saya percaya bahwa menulis atau menggambar, sangat bagus untuk melatih saraf motorik Chila dan juga dapat menstimulasi tumbuh kembang otaknya. Maka, meskipun ia masih kecil, saya seringkali menyediakan buku gambar kosong dan pensil untuk ia corat-coret sesuka hati.



Monday, 6 August 2018

Menelisik Keanggunan Masjid Agung Natuna Masjid Tercantik di Kepri

Masjid Agung Natuna - Anggun, Indah, dan megah. Itulah kesan pertama tatkala kendaraan yang kami tumpangi melaju menuju kompleks Masjid Agung Natuna. Dengan berlatarkan Gunung Ranai yang hijau dan asri, keanggunan kubah-kubah masjid Agung Natuna yang dominan berwarna hijau, semakin terpancar bagai zamrud yang berkilauan di ujung utara Selat Karimata.

Masjid Agung Natuna
Masjid Agung Natuna

Wednesday, 1 August 2018

Cara Mendapatkan Promo Belanja

Beberapa waktu yang lalu saya belanja online dan mendapat banyak promo dan diskon untuk beberapa produk buat keperluan traveling. Jelas ngiler dong, tapi mencoba bertahan supaya kuat iman. 😁


Monday, 30 July 2018

Potensi Air Bersih untuk Kehidupan Masyarakat Danau Toba yang Lebih Baik

Danau Toba - Matahari pagi memancarkan warna keemasan di ufuk timur. Bak lazuardi yang kemilau, sinarnya menyinari bukit-bukit kokoh yang mulai menyibakkan selimut kabutnya. Tersingkap jelas lekuk-lekuk punggungan serta jurang-jurangnya yang terjal. Pohon-pohon pinus berjejer di lereng-lereng perbukitan, seakan berbaris menyambut datangnya pagi. Sementara itu, semburat sinar mentari membias berkilauan di permukaan danau, memantulkan warna keperakkan pada riak-riak air. Sungguh pagi yang menakjubkan di pinggiran Danau Toba, Sumatera Utara.


Danau Toba. Foto: Shutterstock.com


Pagi itu, bentor yang saya tumpangi melaju menyusuri jalan aspal sepi di tepian Danau Toba. Dari dalam kendaraan roda tiga tersebut, saya mengamati pemandangan sekeliling. Damai seketika menelusup ke dalam jiwa. Ketenangan seakan merasuki rongga dada. Saya menarik nafas perlahan, membiarkan udara bersih di sini mengisi ruang-ruang dalam paru-paru saya. 


Menerawang ke kejauhan, ke tengah danau yang berkilauan oleh sinar keperakaan, saya hanya mampu termangu. Betapa luar biasanya danau terbesar di Indonesia ini. Betapa terberkatinya penduduk di sekitar sini. Betapa banyak manfaat yang bisa dipetik oleh masyarakat sekitar karena keberadaannya. Baik dari atas permukaannya hingga ke kedalaman air danaunya. Dengan segala potensi yang ia punya, Danau Toba tentu akan mampu menghidupi masyarakat yang hidup di sekelilingnya. 


Sebagai sebuah danau terbesar dan terluas di negeri ini, maka potensi utama yang dimiliki Danau Toba adalah persediaan air tawar. Air yang melimpah dan tinggal mengolah serta mengelolanya dengan benar. Terutama sebagai salah satu sumber air bersih bagi penghidupan dan kehidupan warga di sekitar nya. 


Mungkin karena itulah, karena ketersediaannya yang melimpah, Filter Air Bersih di Danau Toba dibangun. Sebuah terobosan baru yang tentu saja disambut gembira oleh masyarakat sekitar. Karena selama ini masyarakat hanya mengharapkan air bersih dari mata air yang mengalir ke wilayahnya. Dan itu pun cukup jauh dari tempat tinggal mereka. Tatkala musim kemarau tiba, mata air menjadi alpa dan tiada. 


Pembangunan Filter Air Bersih Danau Toba yang diinisiasi tersebut telah diresmikan di Nagori Tambun Raya, Kecamatan Pematang Damanik, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Sebuah peresmian yang menyunggingkan senyuman di mata warga.


Teknologi ini tentu bukan hal baru. Di Pulau Batam Kepulauan Riau, Satu juta lebih penduduknya hidup dengan mengkonsumsi air yang berasal dari danau-danau atau dam buatan. Air danau yang berasal dari curah hujan yang ditampung dan kemudian diolah oleh sebuah perusahaan swasta untuk dialirkan ke rumah-rumah penduduk. Ada sekitar 7 danau yang menjadi sumber air bersih bagi warga pulau yang dekat dengan Singapura ini. 


Kita mungkin masih hafal dengan baik Pasal 33 UUD 1945 ayat 3 yang berbunyi ”Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”. Maka dalam hal ini, negara mempunyai tanggung jawab dalam memelihara dan mengelola sumber air dalam kerangka kemakmuran rakyat. Sehingga upaya-upaya dari pemerintah maupun swasta dalam memelihara kelestarian Danau Toba harus kita dukung bersama.


Ke depannya, masyarakat tidak cukup hanya menggunakan saja. Sumber air di Danau Toba juga perlu dipelihara dan dilestarikan melalui program-program yang mendukung gerakan kebersihan air di Danau Toba seperti KALPATARU, gerakan penanaman 11,000 pohon dan GAUL (Gerakan Aksi Untuk Lingkungan), sebagai upaya pelestarian Danau Toba yang terus berlanjut.


Bentor yang saya tumpangi telah berlalu sejak 7 jam yang lalu. Di puncak Gunung Pusuk Buhit, gunung yang dikenal menjadi tempat asal-usulnya suku Batak, saya berdiri mematung memandang bentangan alam yang terhampar di hadapan. Inilah wujud sekarang dari salah satu peristiwa dahsyat sepanjang sejarah peradaban umat manusia. Hasil dari letusan dahsyat Gunung Toba Purba pada 74.000 tahun yang silam. Bukit-bukit yang mengelilingi Danau Toba memang seperti sebuah kerucut besar yang dipangkas setengah. Kerusakan alam yang kini menjadi berkah bagi kelangsungan hidup manusia di sekitarnya.


Baca juga kisah perjalanan saya mendaki gunung Pusuk Buhit di catatan ini: Catatan Perjalanan Gunung Pusuk Buhit.

Thursday, 26 July 2018

Tamasya ke Nusantara Lama Bersama Film Buffalo Boys

Sebagai penyuka sejarah yang juga suka kelayapan, saya selalu penasaran dengan suasana nusantara zaman dahulu kala. Terutama pada zaman kolonial Belanda dan bahkan masa-masa sebelum itu. Zaman kerajaan-kerajaan di nusantara sedang jaya-jayanya.


Wednesday, 25 July 2018

Keseruan Menonton One Shot EduCity Fitness Challenge 2018 di Iskandar Putri, Johor

Teriakan-teriakan penyemangat dari penonton menggema di seluruh ruangan stadion. Berpasang pria dan wanita penuh peluh bercucuran tampak sedang berjuang mengenyahkan batas-batas kekuatan diri. Selama puluhan menit mereka melakukan beragam tantangan yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan fisik. Mengangkat barbel, bersepeda statis, melompati barbel bersama-sama, dan push up bersama juga. Tiap-tiap kegiatan sambung menyambung tanpa jeda. Setiap peserta didampingi oleh juri sehingga tidak bisa berkutik untuk mencuri waktu berehat barang sejenak saja. Sungguh sangat menguras tenaga.



Thursday, 19 July 2018

Inilah 5 Hotel Terbaik Untuk Staycation di Yogyakarta



Secara sederhana, staycation berarti berlibur di kota sendiri. Namun terkadang tidak semua kota di Indonesia memiliki destinasi wisata yang cukup banyak atau cukup menarik untuk dikunjungi. Jadi bagi Anda yang ingin merasakan sensasi “staycation” yang memuaskan, tidak perlu bingung karena Yogyakarta bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sunday, 8 July 2018

Mengunjungi Tempat Wisata a la Film Karya Christopher Nolan

Nama Christopher Nolan memang baru dikenal sejak tahun 2000-an, tetapi prestasi demi prestasi yang ia torehkan di dunia perfilman membuatnya sering disejajarkan dengan sineas-sineas legendaris seperti Steven Spielberg hingga Stanley Kubrick. 

Tuesday, 3 July 2018

Apa yang Menarik di Pantai Marina Batam?

Pantai Marina Batam merupakan pantai yang sudah lama dijadikan destinasi wisata oleh warga Pulau Batam. Sudah puluhan tahun menjadi destinasi berlibur warga bahkan sebelum kawasan ini dibangun dan didirikan berbagai fasilitas berkelas seperti pelabuhan internasional dan resort-resort.  Resort yang dekat dengan pantai ini yaitu Harris Resort Waterfront dan Holiday Inn Resort.

Monday, 2 July 2018

Berlibur ke Taman Kelinci Sekupang Batam

Semakin hari, tempat-tempat berekreasi di Batam makin bertambah dan berkembang banyak. Terutama tempat-tempat wisata jenis manmade atau buatan manusia. Salah satu yang terbaru yang dibuka pada 21 April 2018 lalu adalah Taman Kelinci Tebing Langit di Kawasan Sekupang.

Taman Kelinci Tebing Langit Sekupang Batam

Tuesday, 26 June 2018

Serunya Menikmati Sea Food di Restoran Kopak Jaya 007 Kampung Tua Tiangwangkang Barelang

Semenjak tinggal di Batam, saya jadi sangat menyukai makanan laut alias sea food seperti udang, sotong, rajungan, kepiting, kapis, dan gonggong. Gonggong merupakan hewan sejenis siput laut yang hanya didapati di wilayah perairan Provinsi Kepri seperti di perairan Batam, Tanjungpinang, Bintan, Lingga, dan lainnya.


Sunday, 24 June 2018

Asyiknya Naik Ferry di Provinsi Kepri

Tinggal di Provinsi Kepri yang perairannya 95% lebih luas dibanding daratan, membuat saya mau tidak mau harus berhubungan dengan moda transportasi laut seperti perahu, speed boat dan Kapal Ferry. Dibanding moda transportasi laut lainnya, saya lebih menyukai naik kapal ferry karena alasan keselamatan, keamanan dan kenyamanan. 

Pelabuhan Tanjung Uban Bintan. Foto: Lina W. Sasmita

Monday, 4 June 2018

5 Brand Kuliner Batam yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh Saat Pulang Kampung Lebaran

Seperti kota-kota lainnya di Indonesia, bisnis di bidang oleh-oleh khas Kota Batam makin semarak. Dahulu, periode tahun 90-an, jika pulang kampung kami sangat kesusahan untuk mendapatkan oleh-oleh yang benar-benar khas dari Batam. Setidaknya, yang menyatakan khas oleh-oleh Batam itu ada tersebut dalam tulisan di bungkusan atau kardusnya. Karena sebenarnya, yang diburu keluarga saat kita tiba di kampung, selain menerima pertanyaan mainstream dan ekstrim "mana calonnya?", pertanyaan  lainnya adalah "Mana oleh-oleh Batamnya? Apa oleh-oleh khas Batamnya?" Nah loh. Mau jawab apa kalau memang nggak ada sama sekali.

Apa sih oleh-oleh khas dari Batam?

Thursday, 31 May 2018

Pesona Ramadan 2018 di Kampung Tua Tanjung Uma Batam

Pokok kurma di bawah lembah
Tanam senduduk bercabang due
Tanjung Ume tanah bertuah
Semoga kekal selame-lamenye

Tanjung Uma atau Tanjung Ume seperti yang disebutkan pada pantun di atas adalah sebuah kelurahan di Kecamatan Lubuk Baja, Batam yang terletak di salah satu tanjung bagian utara Pulau Batam yang berhadapan langsung dengan perairan Selat Singapura. Tanjung Uma telah ditetapkan Pemerintah Kota Batam sebagai salah satu dari puluhan kampung tua yang bersejarah.

Tanjung Uma dan Selat Singapura yang Dipenuhi Kapal-Kapal Dagang Internasional 


Wednesday, 23 May 2018

Ternyata Ini Merchandise Piala Dunia 2018 yang Terlaris di Situs Belanja Online


Bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia, tentu tahun 2018 ini sangat istimewa. Alasannya karena di tahun 2018 akan diselenggarakan pagelaran Piala Dunia 2018. Di tahun 2018 ini, Piala Dunia merupakan Piala Dunia ke 21 yang merupakan ajang gelaran besar empat tahunan yang amat dinanti dan digelar di Rusia. Bagi para penggila bola, mungkin sudah bersiap untuk memesan tiket pesawat dan tiket pertandingan Piala Dunia 2018 ke Rusia sana. Selain itu jangan lupa juga miliki merchandise Piala Dunia 2018S hingga lengkap rasanya.

Sunday, 20 May 2018

Belanja Kebutuhan Liburan Setelah Ramadan? Ya di ShopBack aja!


Kapan Liburan lagi? 

Sudah beberapa purnama rasanya, kami sekeluarga belum pergi liburan lagi. Padahal liburan bagi kami, ibarat motor mogok yang baru diservis. Langsung cusss mendadak waras 😄. Liburan yang dimaksud adalah pergi berlibur ke luar daerah atau ke luar negeri. (Namanya aja sih ke luar negeri padahal cuma Singapura dan Malaysia doang hehe). Menurut kami, kalau mainnya masih di sekitar tempat tinggal yakni di Batam, Bintan, dan Tanjungpinang, bukan liburan namanya karena masih di daerah sendiri. Liburan bagi kami itu, adalah pergi ke tempat yang cukup jauh. 

Saturday, 19 May 2018

Seru-seruan Blogger Kepri di Rumah Imaji Lagoi Bay Bintan


Rumah Imaji Lagoi Bay Bintan - Seru-seruan bareng teman itu banyak caranya. Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman Blogger Kepri juga Genpi Bintan berkesempatan mencoba salah satu wahana menarik yang berada di Plaza Lagoi, kawasan Bintan Resort, Lagoi Bay Bintan, Provinsi Kepri. Kudu banget ya dijelasin dimana lokasinya ini biar lebih banyak lagi orang tahu. 😂 Biar nggak nyasar menuju wahana yang menampilkan nuansa serba terbalik yang diberi nama Rumah Imaji ini.

Jika tiba di Plaza Lagoi, Rumah Imaji terletak di lantai dua. Lokasinya berada di sebelah Food*Gram. Tempat makan yang bangku, meja, dan kursinya instagramable banget. Tempat duduknya bisa buat pefotoan ala-ala dengan berbagai latar warna-warni yang cantik. 

Plaza Lagoi Bay Bintan
Blogger Kepri di Tangga Plaza Lagoi Bintan. Foto: Robbi Hafzan.

Monday, 14 May 2018

Mengenang Dina Kairupan Sang Putri Gunung Klabat

Semeru, selalu saja mengisahkan cerita baru. Seperti pada suatu pagi yang hangat, saat angin berhembus menyelinap pada ranting dan dedaunan cemara yang meneduhi sepanjang perjalanan Pos Cemoro Kandang (2500 mdpl). Pos selepas padang savanna Oro Oro Ombo yang terhampar permadani berwarna ungu, Verbena Brasiliensis vell yang mirip lavender. Dari sini kisah itu bermula. 

Dina Kairupan dengan ketiga juniornya. Foto: fb Dina

Friday, 11 May 2018

Festival Padang Melang 2018 Menyingkap Eksotisme Pulau Tropis di Barat Indonesia


Festival Padang Melang adalah sebuah festival yang merupakan hajatan besar yang digelar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepri yang bertempat di Pantai Padang Melang, Pulau Jemaja, Anambas. Festival ini sudah menjadi Calender of Event Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas dan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri yang didukung oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Tahun 2018 ini adalah tahun ke-3 penyelenggaraan.

Festival Padang Melang 2018
Kadispar Kab. Anambas bersama perwakilan Kemenpar, Medco, dan Yayasan Umar Kayam

Tuesday, 1 May 2018

Coding Mum Batam 2018 Where Cool Mum Meets Code

Coding Mum adalah sebuah upaya pemerintah khususnya Badan Ekonomi Kreatif atau disingkat Bekraf dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia Indonesia khususnya para mum/ibu agar mempunyai pengetahuan yang lebih maju dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Agar dengan pengetahuan terhadap dunia internet khususnya coding ini, para ibu di Indonesia akan mempunyai keahlian yang kelak dapat digunakan untuk memberi nilai tambah secara ekonomi.


Thursday, 26 April 2018

Tempat-Tempat Menarik yang Wajib Dikunjungi di Pulau Lingga

Pantai Pasir Panjang

Menyusuri tempat-tempat menarik dan bersejarah di Pulau Lingga, Kepri, seperti tak ada habis-habisnya. Setelah saya dan seorang teman seperjalanan -Rina Sandra- mengunjungi Perkampungan Warisan Budaya Melayu dimana terdapat berbagai situs bersejarah seperti makam Raja Riau Lingga, Museum Linggam Cahaya, Istana Damnah dan situs lainnya, kami meluncur menuju Pantai Pasir Panjang yang berada di sekitar Kota Daik, ibukota Kabupaten Lingga. Kami berangkat dengan mengendarai sepeda motor yang kami sewa dari pemilik penginapan. Karena takut tersasar, kami meminta Boy, penjaga replika Istana Damnah untuk menemani.

Pantai Pasir Panjang Lingga
Pantai Pasir Panjang

Tuesday, 24 April 2018

Mengunjungi Kapal Perang TNI Angkatan Laut KRI Layaran 854

KRI Layaran 854 adalah kapal perang TNI Angkatan Laut yang dibuat oleh PT. Palindo Marine Shipyard Batam. Tidak hanya KRI Layaran saja yang diproduksi di perusahaan shipyard ini, namun ada dua KRI lainnya yang dibuat secara bersamaan. Yakni KRI Tatihu 853 dan KRI Madidihang 855. Ketiga KRI ini merupakan kapal patroli yang dipesan oleh TNI Angkatan Laut untuk memperkuat Satuan Kapal Patroli Cepat yang akan menjaga wilayah timur Indonesia. Selain itu ketiganya juga difungsikan sebagai kapal operasi SAR jika suatu saat terjadi bencana dan diperlukan tindakan pencarian dan penyelamatan.

KRI Layaran 854

Sunday, 22 April 2018

Tips Mengajak Balita Mendaki Gunung

Bagi pasangan menikah yang hobby mendaki gunung dan sedang mempunyai balita, adalah sebuah dilema tatkala memutuskan hendak mendaki dan harus meninggalkan bayi di rumah dengan Sang Nenek ataupun pengasuhnya. Rasanya nggak tega dan separuh jiwa tertinggal di rumah.

Thursday, 19 April 2018

Shelter Adventure Tempat Sewa Alat Gunung di Lombok

Hobby mendaki gunung adalah hobby yang mahal. Bagaimana tidak dikatakan mahal jika saja  harga-harga perlengkapan dan peralatan mendaki bagi seorang pemula yang akan memulai karir pendakian sungguh menyesakkan dada. Satu jenis perlengkapan saja harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Shelter Adventure
Berbagai peralatan mendaki

Tuesday, 17 April 2018

Menyelami Sejarah Melayu di Museum Linggam Cahaya Daik Lingga

Apa jadinya jika sebuah peradaban tidak mempunyai bukti yang bisa dijadikan dasar kekuatan argumen tentang keberadaan peradaban itu sendiri? Maka pastilah peradaban itu disebut sebagai cerita atau dongeng belaka.

Sejarah dikenang karena ada bukti baik secara tulisan maupun penemuan benda-benda bersejarah. Maka keberadaan suatu museum di satu kota atau daerah dalam usaha melestarikan benda-benda cagar budaya sungguh patut diapresiasi sebagai bentuk pelestarian sebuah peradaban. 

Sunday, 15 April 2018

Apa yang Menarik di Perkampungan Warisan Budaya Melayu Lingga?

Pulau Lingga
Berpose dengan sepeda di depan Kator Bupati Lingga

Sepertinya tidak sempurna jalan-jalan seorang traveler, backpacker, turis, wisatawan atau apalah namanya ke Pulau Lingga, jika tidak mengunjungi Perkampungan Warisan Budaya Melayu Lingga yang terletak di sepanjang Jalan Raja Muhammad Yusuf, Daik Lingga. Betapa tidak, perkampungan Budaya Melayu ini memiliki tidak kurang dari 10 situs atau destinasi menarik yang berada di sepanjang jalan ini. 

Thursday, 12 April 2018

Peresmian Kapal Ferry Penyebrangan Terbesar Batam Johor

Akhir Maret lalu, saat saya dan beberapa teman blogger berangkat untuk menghadiri Grand Opening Techworld (pusat penjualan gadget, laptop, dan komputer) di Berjaya Waterfront Mall Johor, kami tidak menyadari bahwa kapal feri yang kami naiki dari Batam merupakan feri baru yang pada hari itu akan juga sama-sama diresmikan penggunaannya. Dalam undangan via email, panitia memang tidak menjelaskan secara detail perihal peluncuran kapal baru ini dan kami pun hanya membaca sekilas itinerary yang dibagikan melalui whatsapp.

Kapal Ferry Batam Johor
Kapal feri baru Oceanna 175

Tuesday, 10 April 2018

Gonggong Kuliner Khas Kepri yang Enak dan Lezat

Tahukah kamu kalau Batam secara de facto maupun de jure tidak saja meliputi satu buah pulau Batam saja melainkan meliputi 300an pulau lebih? Woooow... banyak bukan? Hal ini menjadikan warga Batam seperti saya sangat mudah mencapai tepi laut atau bermain-main ke pulau-pulau sekitar yang kerap diistilahkan sebagai wilayah hinterland.

Gonggong
Gonggong

Sunday, 8 April 2018

Blog Review: Jalan-Jalan Bersama Sie Thie Nurjanah

Blog review kali ini saya bertandang ke blog milik Sie-thi Nurjanah yang mempunyai tagline blog “The Light of Heaven, Sebuah Kisah, Sebuah Cerita dan Perjalanan.” Membaca tagline di atas maka kita akan dibawa ke dalam sebuah kisah dan cerita perjalanan hidup si empunya blog yang terlahir sebagai sulung dari empat bersaudara. Sie-thi dianugrahi nama yang indah oleh kedua orang tuanya. Nurjanah atau Cahaya Surga. Karena itulah dia menamai blognya dengan sebutan "The Light Of Heaven".

Header Blog Sie-thi Nurjanah

Wednesday, 4 April 2018

Mengintip Resort Terbaru yang Unik dan Cantik di Kawasan Jembatan Barelang Batam



SEKILAS TENTANG HARRIS RESORT BARELANG

Sejak pertama kali mengetahui ada pembangunan resort di kawasan Jembatan Barelang Batam, saya excited sekali untuk mengetahui lebih banyak lagi. Karena sesungguhnya, ide membangun resort ataupun hotel di wilayah Barelang ini sungguh brilian. Bagaimana tidak, ribuan orang baik warga lokal maupun turis setiap akhir pekan akan membanjiri kawasan Barelang untuk bertamasya. Maka bukankah keputusan yang luar biasa ketika turis sudah berbondong-bondong datang dan pihak swasta menyediakan fasilitas yang akan membuat mereka lebih betah berada di sana. 

Tuesday, 3 April 2018

Techworld Berjaya Waterfront Tempat Belanja Gadget Murah di Johor Bahru

Berjaya Waterfront
Berjaya Waterfront dilihat dari kapal feri sesaat setelah sampai

Jika Anda berkunjung ke Johor Malaysia menggunakan jalur laut dari Batam ataupun Tanjungpinang, maka pemandangan pertama yang akan terlihat sesaat setelah kapal menepi adalah bangunan tinggi menjulang bertuliskan Berjaya Waterfront.

Pemandangan dari dek paling atas feri yang baru diresmikan.

Berjaya Waterfront Sdn. Bhd merupakan sebuah perusahaan properti, penanaman investasi, dan pengelolaan terminal feri yang berada di Negara Bagian Johor Bahru. Bangunan Berjaya Waterfront ini terintegrasi dengan terminal feri, mal atau pusat perbelanjaan, dan juga hotel. Dahulu, kompleks kawasan bangunan ini dikelola oleh The Zon Johor Bahru. Namun kini, pengelolaan dan pengembangan sepenuhnya telah dimiliki Berjaya Waterfront dan mulai rebranding dengan membawa nama Berjaya.

Monday, 2 April 2018

Serunya Bersepeda Menyusuri Pulau Lingga Sang Bunda Tanah Melayu

Gunung Daik Lingga
Daik, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau

Selain di Batam dan Bintan, saya belum pernah bersepeda jauh keluar dari dua pulau ini. Selain fakir cuti, belum tentu keluarga mengizinkan saya sepedaan jauh-jauh sendirian. Terutama urusan mengantongi izin dari Chila, gadis cilik semata wayang yang bahkan kalau saya telat pulang sepedaan keliling kompleks saja marahnya minta ampun. Sebaliknya, Ayah Chila sendiri sering setuju dan selalu mendukung semua kegiatan saya selama hal itu membuat senang dan bahagia. Alhamdulillah.

Thursday, 29 March 2018

Cara Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Batam Ternyata Hanya 1 Jam


Saat hendak mengurus perpanjangan paspor di kantor Imigrasi Batam, saya tidak banyak berharap. Maksudnya  tidak banyak berharap ini itu selain niat akan mengikuti alur sebagaimana mestinya. Tahulah ya kan bagaimana pelayanan publik di Indonesia yang banyak mengecewakan.

Saturday, 24 March 2018

100 Travel Blogger Indonesia Berdasarkan Peringkat DA dan PA

2 tahun lalu saya pernah membuat daftar 60 Travel Blogger Indonesia berdasarkan peringkat DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Sebenarnya waktu itu ingin membuat genap menjadi 100 travel blogger, namun karena membutuhkan waktu yang cukup lama sementara koneksi internet kurang bagus, maka saya buat semampunya saja (kayak mau sedekah ya semampunya 😄). Kebetulan hanya mampu mengumpulkan 60 blogger itu pun dengan niat memasukkan blog saya di urutan paling buncit haha. Kaaan, pantesan saja cuma 60. 😅

Wednesday, 21 March 2018

Glenn Fredly Memukau Penonton di Puncak Pagelaran Bajafash 2018

Zahid Ahmad Project

Puncak acara Bajafash 2018 yang digelar 17 Maret 2018 di Batam View Beach Resort memang heboh. Pagelaran musik jazz yang dipadu dengan peragaan adi busana karya desainer-desainer muda Indonesia ternyata sangat memukau dan memuaskan para penonton. Permainan-permainan alat musik yang lihai dan mumpuni berkali-kali membuat penonton berdecak kagum, berteriak, menjerit, dan bertepuk tangan.

Friday, 16 March 2018

De'Sanas Pelopor Parfum Halal MUI di Kota Batam



Sesuatu yang baik biasanya menyenangkan. Dan sesuatu yang halal tentu saja menenangkan bukan? Nah, akhir-akhir ini saya sering galau dengan pilihan parfum untuk digunakan sehari-hari.  Terutama sering ragu saat hendak melaksanakan ibadah sholat 5 waktu. Benar nggak sih parfum yang saya pakai ini halal? Kata siapa halal? Jaminannya apa? Terus kalau nggak halal bagaimana? Apa sholat saya diterima? Suka muncul pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang pada akhirnya membuat sholat tidak khusuk.

Wednesday, 14 March 2018

Inilah Kelebihan Lipstik Mirabella yang Harus Kamu Ketahui


Mirabella Chic. Foto: Bukalapak

Beberapa bulan terakhir ini, rekan-rekan kerja di kantor dikagetkan oleh penampilan saya yang sedikit berbeda. Haha. Jelas kaget dong. Bayangkan belasan tahun bekerja di sana, baru kali ini saya beneran dandan dan menggunakan lipstik. Tentu itu sesuatu banget buat mereka. Alhamdulillah semua komentar tidak ada yang negatif. Semua senang saya jadi makin cantik menggunakan lipstik.😄 Aaah padahal ada sebabnya juga saya pakai lipstik itu. Yakni gara-gara bibir saya makin kering dan pecah-pecah seiring bertambahnya usia.

Thursday, 1 March 2018

BAJAFASH 2018 Diversity in South-East Asia Through Music & Fashion


Sebuah sejarah akan diulang lagi dan menjadi yang keempat kalinya diadakan di Pulau Batam Provinsi Kepulauan Riau. Pertama, pada tahun 2007 Bajafash diadakan di Hotel Novotel. Tahun 2016 diselenggarakan di Hotel Planet Holiday. Kemudian tahun 2017 lalu berlangsung di Hotel Radisson. Dan tahun 2018 ini, Bajafash 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 16 - 17 Maret 2018 di Batam View Beach Resort dengan mengusung tema "Keanekaragaman di Asia Tenggara Melalui Musik dan Mode."

Baca juga Bajafash 2017.

Bajafash 2018 adalah FESTIVAL yang menggandengkan musik JAZZ dan FASHION. Dimulai dengan ide cemerlang sosok bernama Indina Putri Fadjar sebagai salah satu pendiri Batam Jazz Society yang merupakan komunitas atau asosiasi pemain dan penikmat musik jazz di Batam. Bajafash 2018 menjadi terobosan yang merupakan bukti nyata dedikasi karya bangsa sebagai bentuk persembahan dari Batam ke Batam dalam rangka meningkatkan daya tarik baik pariwisata domestik maupun mancanegara sehingga bermanfaat positif bagi pergerakan ekonomi di kota Batam pada khususnya.

Thursday, 15 February 2018

Pulau Bawah Surga Tersembunyi di Utara Negeri

Seaplane Pulau Bawah

Pernahkah teman-teman mendengar nama Pulau Bawah? Mungkin bagi banyak kalangan, pulau ini terdengar asing, tidak sepopuler Bali atau Lombok. Namun siapa sangka gugusan pulau yang kurang dikenal ini pernah dinobatkan sebagai “Pulau Tropis Terbaik di Asia” oleh media internasional sekelas CNN pada tahun 2012 silam.

Wednesday, 14 February 2018

Sejarah Indosat Menjadi Indosaat Ooredo dan Cara Transfer Pulsa Indosat yang Benar


sumber foto: arenalte.com

 
Indosat, atau yang di dunia usaha dikenal dengan nama PT Indosat Tbk, adalah perusahaan pertama di Indonesia yang didirikan dengan modal asing (PMA). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1967 dengan nama PT Indonesian Sattelite Corporation Tbk, dan kala itu menjadi penyedia jasa sambungan telepon internasional.

Thursday, 8 February 2018

Sepotong Tiongkok di Chinese Garden Singapura

Chinese Garden

Beberapa waktu yang lalu, sebelum berangkat ke Kantor Google Singapura untuk satu kegiatan, saya dan seorang teman Blogger Batam menyempatkan dulu mampir ke Chinese Garden. Yakni sebuah taman kota seluas 13.5 hektar yang sangat etnik, asri, sejuk, dan bersih yang terletak di kawasan Jurong, wilayah bagian barat Singapura.

Thursday, 1 February 2018

10 Pesan Pendaki Malaysia Setelah Mendaki Gunung Daik Lingga

Ini merupakan tulisan kedua dari cerita sebelumnya tentang Pendakian Gunung Daik Lingga yang Mengecewakan 44 Pendaki Malaysia. Klik link di atas jika penasaran dengan cerita pertama.

Gunung Daik
Para Pendaki dari Pahang Malaysia berfoto di gerbang masuk Jalur Pendakian Gunung Daik, Kabupaten Lingga

Perubahan Rencana

Karena sampai tengah malam tidak terjadi kesepakatan, maka saya, Fazli, dan Herman memutuskan untuk mencari guide lain saja. Setelah sibuk menghubungi dan bertanya sana-sini, tengah malam itu juga Herman mendatangi sebuah kampung di sekitar kaki Gunung Daik. Ia mengetuk rumah Pak Yasir, seorang guide senior yang sudah biasa memandu pendaki ke Gunung Daik (1.165 mdpl) dan Gunung Sepincan (1.100 mdpl).

Wednesday, 31 January 2018

Pendakian Gunung Daik Lingga yang Mengecewakan 44 Pendaki Malaysia

Gunung Daik. Foto: Buralimar (kadisparprov Kepri)

Disclaimer:

Saya sengaja mengundur-undur untuk menuliskan pengalaman ini agar tidak dalam keadaan menahan emosi baik amarah ataupun sedih. Tulisan ini semata-mata sebagai pengingat bagi saya pribadi, bagi para pendaki gunung, bagi para pelaku wisata, pemangku kebijakan, atau warga Negara Indonesia khususnya warga Kepulauan Riau, untuk tetap menghormati tamu melebihi keegoisan diri sendiri. 

Saya tidak bermaksud menyinggung atau menyindir siapa pun. Namun tulisan ini dibuat hanya ingin agar kita sama-sama introspeksi memperbaiki diri. Saya tidak harus dan tidak selalu menuliskan yang baik-baik atau yang manis-manis saja dalam blog ini, namun yang pahit pun perlu ditulis, anggap saja sedang menelan pil pahit yang biasanya akan menyembuhkan.

Tuesday, 30 January 2018

Inspirasi dari Seorang Momblogger Ruli Retno



Simply Blog about Family’s Lifestyle and Travel. Begitulah tagline blog yang akan saya jelajahi hari ini. Blog seorang ibu dari 3 putra putri yang berinisial huruf Q. Yaitu Qorira, Qowiy, dan Qodhi. Keren ya. padahal di dunia ini nggak banyak loh orang tua yang memberi nama anaknya dengan awalan huruf Q. Susah mendapatkan  idenya. Saya menilai bahwa si bunda ini (dan tentu suaminya juga) adalah pasangan yang kreatif. Kreatif memilihkan nama anak-anak :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...