Pulau Ranoh Destinasi Wisata Utama di Batam Setelah Pandemi Corona

Pulau Ranoh merupakan pulau yang berada di gugusan Pulau Abang, Batam. Luas area pulau ini mencapai 536.125 meter persegi atau setara dengan 53,6 hektar. Sementara itu keliling pulau mencapai 3,24 kilometer. (pengukuran menggunakan google map mencakup sisi pesisir pantai). Maka, jika pesisir Pulau Ranoh dikelilingi dengan berjalan kaki, tak akan lebih dari 15 menit sudah bisa diselesaikan. Namun karena sisi satunya merupakan vegetasi pohon bakau yang rapat, pulau ini belum dapat dikelilingi via daratan.

Pulau Ranoh
Pulau Ranoh yang berpasir putih


Vegetasi utama Pulau Ranoh adalah pohon bakau, semak belukar dan pohon kelapa. Ketinggian rata-rata daratannya kurang dari 10 meter di atas permukaan laut. Tidak ada tampak bukit atau dataran yang tinggi karena permukaannya hampir seluruhnya datar atau rata. 

Semula, Pulau Ranoh merupakan pulau kosong tanpa penghuni. Sejak pertama kali berkunjung ke pulau ini pada tahun 2005, penduduk Pulau Abang yang mengantarkan kami mampir ke sana bilang bahwa Pulau Ranoh ada pemiliknya. Saat itu saya penasaran orang kaya mana yang punya pulau sekeren ini. Lantas bertanya -tanya dalam hati kenapa pulau secantik ini tidak dikembangkan menjadi destinasi wisata. Padahal di Batam, masyarakat sangat haus akan adanya destinasi wisata baru karena masyarakat sudah bosan dengan lokasi wisata yang itu itu saja.

Lebih dari sepuluh tahun kemudian, pulau ini baru benar-benar dibangun dan dikembangkan menjadi destinasi wisata bahari yang lengkap, cantik dan menarik. Saya pun sangat gembira dan excited menyambutnya. Penasaran dengan orang yang bertangan dingin yang mampu mengubah pulau kosong tanpa penghuni menjadi sebuah destinasi wisata yang lengkap dan berkelas. Tak kurang dari 1 hektar lahan pantai yang berpasir putih, disulap menjadi lahan yang dilengkapi berbagai fasilitas bermain dan bersenang-senang ala resort. 

Pulau Ranoh sangat cocok dijadikan tempat liburan tropis utama di Provinsi Kepri terkhusus lagi di Batam. Tempat rekreasi dan relaksasi yang sangat cocok bagi mereka yang menginginkan ketenangan berlibur. Jauh dari hiruk-pikuk kota dan segala polusi yang ada di dalamnya. 

Pulau Ranoh
Pulau-Pulau di Gugusan Pulau Abang, Batam

Fasilitas & Aktivitas di Pulau Ranoh

Mengamati berbagai fasilitas pendukung untuk liburan di Pulau Ranoh yang sangat lengkap, saya hanya berdecak kagum. Ya karena saya berkali-kali berkunjung ke pulau ini di saat belum ada apa-apanya. Hanya pohon bakau dan kelapa saja yang menghiasi. 

Pulau Ranoh
Penampakan Pulau Ranoh tahun 2016 sewaktu belum dikembangkan

Ternyata, untuk membangun satu destinasi wisata itu perlu niat yang kuat, gelontoran dana yang cukup besar, juga komitmen dari para stakeholder yang pada akhirnya melahirkan sebuah destinasi impian hampir semua orang. Menginap di pulau tropis yang memiliki pantai dengan hamparan pasir putih alami dan jauh dari keramaian.

Fasilitas pendukung yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di Pulau Ranoh terdapat beberapa jenis. Ada yang bersifat permainan dan ada yang bersifat olahraga air yang menantang. Berikut beberapa permainan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung:
  • Panahan
  • Catur
  • Catur Tiongkok
  • Mahjong
  • Darting (tolak peluru)
  • Frisbees (mainan berbentuk cakram yang dilempar ke atas udara)
  • Voli pantai
  • Sepakbola
  • Ayunan
  • Kemah
  • Payung pantai dengan bangku-bangku untuk bersantai
  • Lazy bag
Sedangkan fasilitas water sport atau olahraga air yang dapat dinikmati oleh para tamu Pulau Ranoh seperti:
  • Single canoe
  • Double canoe
  • Waterpark
  • Snorkeling
  • Trendy floating
  • Inflatable island
  • Jetski
Pulau Ranoh
Penampakan Pulau Ranoh dari udara. Foto: Ranohisland.com

Di pulau ini juga dibangun sebanyak 10 tenda dengan konsep glamping atau glamour camping. Tenda-tenda berwarna putih dengan tempat tidur dan fasilitas menginap layaknya sebuah kamar hotel menjadikan berkemah atau kemping di Pulau Ranoh benar-benar kemping yang mewah dan glamor.

Bagi para tamu yang tidak ingin menginap di tenda, tersedia juga penginapan dengan konsep dormitory seperti di hostel. Tiap kamar memiliki 12 tempat tidur dengan fitur bunkbed (yakni tempat tidur bertingkat yang praktis) sehingga dapat memaksimalkan space yang ada.

Selain itu terdapat fasilitas bar dan restoran tepi pantai yang dapat digunakan pengunjung untuk memesan makanan dan minuman. Duduk-duduk santai di bangku restoran dan bar sambil menikmati semilir angin dengan sajian air kelapa muda yang langsung dipetik dari pohonnya, sungguh merupakan kenikmatan liburan yang tiada terkira.


Bagaimana Caranya Menuju Pulau Ranoh?

Selain fasilitas fisik, pihak pengelola juga melayani dan memberikan fasilitas antar jemput untuk para tamu. Pengelola menyediakan transportasi yang dapat mengantar dan menjemput tamu secara khusus. Sebelum itu, para tour travel dan agen perjalanan biasa menyediakan layanan perjalanan darat dari Batam hingga pelabuhan penyebrangan menuju Pulau Ranoh di Pulau Galang Baru.

Pulau Ranoh
Speedboat antar jemput Pulau Ranoh


Terdapat beberapa pelabuhan yang dapat digunakan untuk menyebrang ke Pulau Ranoh. Namun biasanya penjemputan resmi dari pihak pengelola dilakukan dari Pelabuhan PT Pari. Sementara masyarakat yang menaiki kapal atau pompong umum, dapat juga datang melalui Pelabuhan Hasyim ataupun pelabuhan lainnya. Tentu saja dengan telah reservasi terlebih dahulu sehingga tidak kehabisan tempat tidur untuk menginap. 

Perjalanan Batam - Pelabuhan PT Pari dapat ditempuh selama 1 jam kemudian menyebrang ke Pulau Ranoh menggunakan speedboat alumunium dengan waktu tempuh sekitar 20 menit tergantung kecepatan kapal dan besar kecilnya gelombang. Speedboat ini memiliki kapasitas 75 penumpang. 

Umumnya pengunjung memesan tiket rekreasi ke Pulau Ranoh dalam bentuk paket all inclusive dimana setiap paket Pulau Ranoh memberikan para tamu akses ke berbagai fasilitas dan kegiatan khusus. Termasuk diantaranya transportasi pulang pergi ke dan dari Pulau Ranoh. Untuk jadwal keberangkatan dan kepulangan kapal speedboat dari pelabuhan di Pulau Galang Baru berangkat pukul 10 pagi dan kembali pukul 4 sore setiap harinya.

Paket ini juga termasuk makan siang prasmanan yang lezat di restoran tepi pantai. Pulau eksklusif ini memiliki berbagai permainan dan juga fasilitas untuk bersantai yang melimpah. Bahkan melampaui harapan dan ekspektasi semua tamu yang datang berkunjung. 

Selain melayani tamu secara perseorangan, pengelola juga melayani tamu korporat yang datang berkelompok untuk acara-acara perusahaan dalam rangka meeting, outing, fun day atau kegiatan team building. 

Bagi warga teman-teman yang masih pada bingung kenapa harus memilih Pulau Ranoh untuk destinasi berlibur setelah Batam mengalami fase New Normal nanti, maka perlu mengingat kembali hal-hal terbaik yang dimiliki Pulau Ranoh berikut ini:
  1. Pulau Ranoh terbilang sangat dekat dengan Singapura melalui jalur pulau-pulau yang unik dan menarik.
  2. Paket all-in yang mencakup transportasi, makanan, dan kegiatan rekreasi harganya sangat pantas.
  3. Merupakan lokasi dengan pemandangan yang indah yang masih alami dan belum tercemar. 
  4. Pantai dengan pasir putih alami dihiasi pepohonan kelapa yang tinggi dan laut biru yang tenang.
  5. Fasilitas rekreasi dan relaksasi yang lengkap untuk wisatawan dan pecinta olahraga yang menguras adrenalin.
  6. Destinasi wisata dengan standar internasional, dilengkapi listrik dan fasilitas toilet modern.
  7. Pengoperasian destinasi wisata ini merekrut lapangan pekerjaan bagi penduduk lokal terutama penduduk pulau-pulau setempat sehingga menambah pendapatan ekonomi daerah.
  8. Para staf yang ramah layaknya keluarga dan didukung lingkungan yang aman dan terjaga.

Pulau Ranoh
Telepon & Whatsapp: 085271765102
Website: www.ranohisland.com
Instagram: @ranohisland

51 comments :

  1. Fasilitas dari pemilik, mempermudah kita nyebrang dari Galang Baru ke Pulau Ranoh itu sangat jadi nilai lebih ya. Setidaknya wisatawan tidak kebingungan mencari sarana transportasi menyebrang ke sana.

    Semoga berkesempatan main ke Pulau Ranoh. Bermain di pasir putihnya. Aamiin...

    ReplyDelete
  2. Huwaaaa... kangen jalan-jalan donggg...
    Kapankah bisa jalan-jalan, kadang pengen nekat jalan aja, tapi di mana-mana masih PSBB, bahkan di gang-gang kampung pada ditutup jalan-jalan.
    Aksesnya nggak semudah biasanya.

    Btw ini keren banget ya pemandangan pulan Ranohnya :)

    ReplyDelete
  3. Saya batu tahu soal Pulau Ranoh yg indah ini. Terus jadi kangen Pantai deh jadinya Mba Lusi hehe. Semoga saya punya kesempatan ke Batam terus main2 deh ke Pulau Ranoh hehee

    ReplyDelete
  4. Jadi mupeng untuk melihat indahnya pantai dan spot olahraga air yang patut di coba selama bermukim di pulau ini

    ReplyDelete
  5. Investasinya pasti gede banget ya. Tapi gpp juga kalau memang bagus, mahal pun orang akan tetap datang, seperti pulau2 di seputar Bali. Kalau di seputar Batam mah ngarepinnya tetap pesta seafood. Hehee

    ReplyDelete
  6. Pulaunya cantik yaaa. I always love going to the beach, Island, and the ocean where everything looks beautiful and peaceful

    ReplyDelete
  7. Batam selalu menyajikan destinasi wisata terbaik.
    Impian sekali bisa jalan-jalan ke Batam dan menikmati keindahan Pulau Ranoh.

    ReplyDelete
  8. Nggak ada bukit sama sekali dan ketinggian daratan gak sampai 10 meter ya. Aman nggak mba, misal ada air pasang gitu? Tapi pulau nya cantik banget ya, cocok memang untuk menyepi dan beristirahat menikmati suasana pantai yang tenang dan bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku langsung kepo akun instagram Ranohisland, sukses bikin mupeng mbak. Pasirnya putih dan bersih banget, pantainya juga cantiiik. Pantas aja mba Lina segera berkunjung begitu pulau ini dikelola secara profesional.

      Delete
  9. Aku belum pernah ke batam tapi sepertinya menarik juga ya, jadi pengen kesana suatu hari nanti

    ReplyDelete
  10. Wah sudah mulai bermunculan review tempat wisata lagi ya ini. Alhamdulillah mulai menjalani new normal. Semoga semua akan terus semakin membaik ya.

    ReplyDelete
  11. Ya Allah semoga pandemi ini segera berakhir dan saya bisa jalan-jalan lagi. Ga mau banget menyia-nyiakan waktu buat santai di rumah kalau memang ada kesempatan buat traveling mumpung masih muda. Ini masuk list tujuan nih.

    ReplyDelete
  12. Sekitar 20 menit ya naik speedboat, lumayan juga ya jaraknya mba untuk mencapai Pulau Ranoh. Tentu senang sekali Mba Lina bisa menyaksikan sendiri perkembangan pulau ini dari nggak ada apa-apanya hingga menjadi tempat wisata yang cantik.

    ReplyDelete
  13. cantik sekali Pulau Ranoh, ah jadi pengen ke Batam buat liburan trus merasakan kuliner di sana

    ReplyDelete
  14. Aku baru denger pulau Ranoh mbk. Bagus banget ya.. Setelah pandemi berakhir Pulau Ranoh pasti banyak pengunjung. Kalo main ke Batam, ini bisa masuk daftar list pulau yang harus dikunjungi nih

    ReplyDelete
  15. coronaaaa, segeralah berlaluuuu
    Aselik kngen banget halan-halan.
    Aku blum pernah ke Batam, Mba
    Kayaknya ini jadi bucket list next year!

    ReplyDelete
  16. Rekomendasi tempat yang asyik nih ya..untuk berwisata di Batam
    Fasilitas penunjang nya saja cukup lengkap dengan berbagai kegiatan seru. Selain keliling pulau juga bisa snorkeling

    ReplyDelete
  17. Menarik juga ya kalau bisa ke Pulau Ranoh ini. Itu karena pulau kecil jadi gak sampai sehari bisa diputari. Kaya Pulau Panjang di Jepara

    ReplyDelete
  18. Ya ampun aku sudah rindu mau liburan... Ternyata di Batam banyak tempat yang bisa jadi destinasi wisata buatku nanti jika main kesana nih. Sepertinya ini kalau di Jakarta mirip pulau Bidadari ya mbak, aku demen deh main ke tempat kayak gini apalagi harus nyeberang.

    ReplyDelete
  19. Wah jadi semakin cantik ya Pulau Ranoh sekarang. Semoga kealamiannya tetap tejaga hingga bertahun ke depan :)

    ReplyDelete
  20. Wah lumayan lama juga naik speedboat ya aku bakal deg-degan Teh hihi tapi terbayar tegangnya lihat pulau yang cantik berpasir putih..banyak fasilitas hiburannya pula ya

    ReplyDelete
  21. Asik juga ya menginap di pulau Ranoh ini. Apalagi ada paket all ini. Udah gak ribet lagi deh mau ngapain aja

    ReplyDelete
  22. Duh, cantik banget tempatnya pulau ranoh ini... Mudah-mudahan ada rezeki bisa main ke sana...

    ReplyDelete
  23. Cantik ya pantainya Pulau Ranoh ini, pasirnya putih dan banyak pohon kelapa. Ditambahh fasilitas lengkap,patutlah menjadi tempat bersantai nanti pasca covid

    ReplyDelete
  24. Semoga suatu saat bisa ke sana, Pengen merasakan camping yang glamour, pengan duduk di pantai dan menikmati kelapa muda

    ReplyDelete
  25. Kayaknya kalau pulau wisata yang dikelola swasta gini kok malah lebih rapi daripada yang dikelola negara ya. Hehehe. Semoga keindahan pulau selalu terjaga ya. Di Bontang juga ada sih pulau mirip begini, orang2 nyebutnya sand island.

    ReplyDelete
  26. Dari pulau kosong akhirnya pulau Ranoh ada penghuninya dan dijadikan destinasi wisata ya. Bisa gamlaping enak banget ini di pula

    ReplyDelete
  27. mirip kayak pulau tikus Bengkulu pasirnya, airnya juga bening. ada biota air apa aja yang hits dan bisa dilihat di sini Mba

    ReplyDelete
  28. Pemandangannya bikin jatuh cintaa. Duh, aku blm pernah main2 ke pulau begini. Main area lokal aja bisanya. Di daerah riam kanan ada pulau pinus yg pernah didatengin 2x. Itu sdh seneeeng. Smg usai pandemi bs jalan2 kesini jg.

    ReplyDelete
  29. Boleh bnget nih nti selesai pandemi klo mau ke pulau ini ada banyak 10 tenda dengan konsepny unik lagi glamping atau glamour camping.

    ReplyDelete
  30. Beneran nikmat banget abis berbulan2 di rumah trussss bisa ke Pulau Ranoh. Fasilitas2nya cukup lengkap dan asik banget ada glamping.

    Kira2 butuh biaya berapa ya liburan ke sana untuk satu orang?

    ReplyDelete
  31. Waah...bener-bener Crazy Rich yaah...punya pulau doonk...
    Di saat orang hanya investasi properti.
    Penasaraaan...seperti apa Pulau Ranoh yang dikelola dengan baik?
    **wisatawan pasti pada happy travelling dan merasakan tinggal di sebuah pulau mungil dengan fasilitas lengkap.

    ReplyDelete
  32. Waaa, ini seperti di film-film kartun ngga sih? Pulau kecil, dengan pohon kelapa dan sebuah rumah. Ya Allah, kok jadi pengen ke sana. Surga dunia banget kayaknya. :)

    ReplyDelete
  33. Pantainya cantik, aduh kangen pantai. Batam dekat dengan mana-mana ya bun kalau ke luar negeri kayak pulau ranoh ini deket ama singaura. semoga ada kesempatan dolan ke sini heheheh.

    ReplyDelete
  34. Aku baru tertarik ke pantai kalau pasirnya berwarna putih 😊 btw pulau Ranoh ini pasirnya jg putih yah, trus elegan juga, banyak hal yg bsa dieksplorasi di sana, i wish someday bisa ke sana, amiinn

    ReplyDelete
  35. Wuaaaah... kapan bisa ke Batam, yaaaah. Keren gini! Baru liat pulau pulau yg dikelola dan indah dari majalah dan internet.

    ReplyDelete
  36. Kalau saya bisa ke sana kayaknya bakal memilih camping, deh. Soalnya belum pernah ngerasain camping di pantai

    ReplyDelete
  37. huaaaah mupeng bgt! ini mah keren sihhh jadi aku masukin ke bucketlist tujuan destinasi setelah pandemi ini.

    ReplyDelete
  38. Astaga, semakin banyak aja nih tambahan bucket list ku mba hehehe. Apalagi kalo travelling Indonesia yah, emang gak akan ada habis2 nya. Semoga after pandemi bisa menjelajah satu per satu, salah satunya pulau Ranoh ini ;)

    ReplyDelete
  39. Duh pengin sekali travelling keluar pulau, tapi apa daya lagi pandemi gini tapi kalau tidak lagi pandemi pun masih rempong sama anak balita nih hehe. Btw indah banget ini pulau berpasir putih nya.

    ReplyDelete
  40. Ya Allah cantik ya Pulau Ranoh ini. Akupun penasaran siapa yang punya pulau ini yah hehe. Banyak hal yang bisa dilakukan di pulau ini ternyata

    ReplyDelete
  41. Selalu suka mampir kesini rasanya adem pengen nabung dan honeymoon terus sampe tua hhahha ya allah semoga bisa mengunjungi tempat-tempat eksotis seperti ini aamiin

    ReplyDelete
  42. ternyata Indonesia masih menyimpan kekayaan the hidden gems yang terserak di kepulauannya ya Lina,
    ah .. kuberdoa bisa main ke Pulau Ranoh sama keluarga amiiin

    ReplyDelete
  43. Pengen piknik ke pantai ajak bocah, rasanya jenuh banget di rumah terus huhu semoga situasi segera aman ya Teh..pantainya cantik dan bersih...

    ReplyDelete
  44. Seumur-umur baru sekali ke Batam dan itupun cuma sekadar transit aja sebelum ke Singapura. Baru tahu kalau ada Pulau Ranoh ini dan secantik itu pulaunya. Meskipun pulau kecil ternyata banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana ya. Baiknya kalau mau ke pulau ini di bulan apa ya mbak?

    ReplyDelete
  45. Bener kak, nggak mudah untuk membangun sebuah tempat menjadi destanasi unggulan sekali pun tempat itu sangat potensial. Tapi Pulau Ranoh ini emang kece banget yah kak, masih agak tenang mungkin karena belum banyak yang tau yaah. Next, after pandemic semoga saya bisa kesana. aamiin

    ReplyDelete
  46. Boleh ini, dijadikan salah satu destinasi yang harus dikunjungi pasca corona berlalu. Siaap

    ReplyDelete
  47. Ulasannya keren. Blognya juga keren. Semoga kelak bisa berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  48. Keren. Semoga kelak bisa berkunjung ke Pulau Ranoh

    ReplyDelete
  49. Wah, pulau Ranoh cantik bgt semoga pengelolaannya konsisten dg baik biar semakin banyak turis yg datang ke sana.

    ReplyDelete
  50. Baca ini aku jadi pengen jalan-jalan teh, semoga habis pandemi ini bisa menjelajahi banyak tempat lagi ya. Amin.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates