7 Pantai di Kawasan Barelang Batam yang Wajib Kamu Kunjungi

Sebagai kota kepulauan yang wilayahnya terdiri dari ratusan pulau dan dikelilingi oleh laut, Batam memiliki puluhan pantai yang dapat teman-teman kunjungi hanya dalam satu dua hari saja dalam sekali jalan. Hal ini tentu mudah dilakukan karena kebanyakan dari pantai-pantai ini berada di kawasan tertentu dan jalan utama menuju ke sana berada di jalan masuk yang sama.

Secara lokasi, pantai-pantai di Batam terkonsentrasi dalam kawasan tertentu seperti di kawasan Nongsa, kawasan Sekupang, dan kawasan Barelang. Cara menuju ke pantai-pantai ini yang lebih nyaman adalah membawa kendaraan sendiri karena tidak ada angkutan umum yang langsung menuju pantai.

Pantai-Pantai di Kawasan Barelang Batam


Barelang merupakan akronim dari Batam - Rempang - Galang yang dihubungkan oleh jalan yang disebut Jalan Raya Trans Barelang. Namun sesungguhnya jalan raya ini melintasi tujuh pulau yakni Pulau Batam - Pulau Tonton - Pulau Nipah - Pulau Setokok - Pulau Rempang - Pulau Galang - Pulau Galang Baru. Panjang jalan yang terbentang dari Batam hingga Pulau Galang Baru ini sekitar 63 kilometer dan dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan berkendara.

Berikut 7 pantai yang berada di kawasan Barelang yang dapat  dikunjungi hanya dalam seharian dan sekali jalan:

1. Pantai Setokok

Pantai ini terletak di Pulau Setokok, oleh sebab itu disebut Pantai Setokok. Jika teman-teman berkendara dari arah Batam menuju jalan raya Barelang, maka setelah Jembatan 3, kurang lebih 100 meter kemudian, terdapat belokan ke sebelah kanan dimana terdapat tulisan yang mengarah ke jalan Pantai Setokok. Dari pertigaan ini waktu tempuh kurang dari 10 menit saja.

Jika berkunjung ke Pantai Setokok, sebaiknya membawa kendaraan sendiri karena tidak ada angkutan umum menuju ke pantai ini. Ada pun Damri dengan trayek Pasar Jodoh – Sembulang (Pulau Rempang) hanya melewati simpang saja tidak masuk hingga ke dalam.

Di Pantai Setokok sudah terdapat warung atau kedai-kedai yang menjual berbagai jajanan dan makanan ringan. Fasilitas dasar lainnya sudah ada toilet, tempat bilas, serta gazebo. Tiket masuk pantai cukup terjangkau sebesar Rp 10.000.


2. Pantai Airnanti

Pantai Airnanti
Pantai Airnanti


Setelah mengunjungi Pantai Setokok, maka perjalanan mengunjungi pantai-pantai di Barelang dapat dilanjutkan menuju Pulau Rempang. Di pulau ini terdapat beberapa pantai yang sebagian besar terletak di pesisir pulau bagian barat. Pantai yang pertama ditemui adalah Pantai Zore dan Pantai Airnanti. Namun yang akan saya ceritakan adalah Pantai Airnanti saja. Pantai ini terletak sekitar 1,5 kilometer setelah dan Jembatan 4 Barelang, kemudian di sisi kanan jalan akan terlihat tulisan Pantai Airnanti. Belok kanan dan masuk menyusuri jalan tanah. Sekitar 250 meter ke depan, kita sudah tiba di pantai.

Pantai Airnanti memiliki parkiran yang cukup luas dan cukup untuk menampung puluhan kendaraan roda empat. Meskipun lapangan parkirnya masih tanah, belum diplester atau dipaving block, parkirannya cukup bersih. Sayangnya ketika hujan tiba di beberapa titik agak becek.

Setelah 5 tahun beroperasi, fasilitas Pantai Airnanti lumayan memadai. Terdapat lapangan parkir, musala, 5 toilet, 15 tempat bilas, 13 gazebo kayu, 10 gazebo tembok, 2 warung yang menjual makanan dan minuman ringan, tempat penyewaan ban dan tikar. Sementara itu tempat sampah juga berjejer banyak dan ukurannya cukup besar sehingga cukup memuat sampah pengunjung seharian.

Untuk masuk Pantai Airnanti pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang dan untuk anak-anak di bawah umur 10 tahun gratis. Jika berniat menginap dan memerlukan aliran listrik, pengunjung dapat menggunakan listrik sepanjang malam untuk keperluan lampu, menyalakan musik atau sekadar nge-charge HP dengan biaya Rp 100.000 per rombongan. Sementara itu untuk sewa tikar dan ban dipatok seharga Rp 20.000-Rp 25.000.


3. Pantai Melayu

Pantai Melayu
Pantai Melayu


Perjalanan mengunjungi pantai-pantai di Barelang kita lanjutkan ke arah selatan lagi. Sekitar 13 kilometer dari Pantai Airnanti terdapat belokan di sisi kanan yang mengarah ke Pantai Melayu. Tiket masuk untuk dewasa Rp 10.000 dan anak-anak Rp 5.000 sementara biaya parkir gratis. Alhamdulillah sewaktu ke sana, rombongan kami hanya membayar Rp 170.000 padahal kalau dihitung-hitung dengan 18 dewasa dan 21 anak-anak kami seharusnya membayar Rp 275.000. Mungkin inilah keuntungannya pergi ramai-ramai, jadi dapat banyak diskon.

Pantai Melayu cukup landai untuk dijadikan tempat bermain pasir bagi anak-anak. Fasilitas cukup memadai karena sudah terdapat musala, toilet, aula dan gazebo. Di halaman aula terdapat pepohonan yang rindang dengan ukuran batang sepaha orang dewasa membuat betah siapapun yang nongkrong di bawahnya. Biaya sewa aula dengan listrik semalaman Rp 600.000. Sedangkan biaya ke toilet serta kamar mandi semalaman untuk semua rombongan kami Rp 100.000.


4. Pantai Melur

Pantai Melur merupakan salah satu pantai yang paling awal dikembangkan dan dikenal di kawasan Barelang. Pantainya berpasir putih dan memiliki pantai yang cukup panjang sehingga pengunjung dapat menyusuri tepian pantai dengan bebas.

Kini di sekitar pantai ini terdapat Pantai Glory. 


5. Pantai Viovio

Pantai Viovio terletak di Pulau Galang. Dari jalan utama yakni Jalan Trans Barelang, jalan masuk menuju pantai ini masih berupa jalan tanah. Pantainya memiliki pasir putih yang cukup luas dan lebar. Sayangnya jika cuaca panas, pengunjung susah untuk berteduh karena pepohonan yang masih kecil-kecil kecuali menyewa gazebo yang sudah cukup banyak di sana.

Pasir serta air laut di pantai ini cukup landai sehingga aman bagi pengunjung. Namun untuk anak-anak harus tetap dalam pengawasan. Fasilitas di Pantai Viovio pun sudah cukup lengkap.

6. Pantai Mirota

Pantai Mirota merupakan pantai yang terletak di Pulau Galang. Pantai ini sudah dikembangkan dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti vila, restoran, musala, toilet, gazebo, dan sarana water sport seperti banana boat dan perahu karet.

Pantai Mirota memiliki pasir putih kemerahan dan meskipun dalam keadaan air laut pasang, pantainya masih cukup luas untuk bermain bola atau sekadar menimbun diri di pasir.

7. Pantai Elyora

Pantai Elyora merupakan pantai terujung dari perjalanan mengunjungi 7 pantai di Barelang. Terletak di Pulau Galang Baru, Pantai Elyora memiliki panorama yang indah dengan pasir putihnya yang luas dan lebar. Air lautnya juga bersih dan memiliki lapangan rumput yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat.

Spot yang menarik di pantai ini adalah pelantar yang panjang yang menjorok ke tengah laut. Selain itu pepohonan di pantai Elyora juga sudah cukup banyak sehingga pengunjung dapat berteduh jika cuaca terik.

2 komentar :

  1. Yeay!
    Semua udah pernah aku kunjungi kecuali no 2.
    Baru denger sekarang nama pantainya

    BalasHapus
  2. sejauh manapun perjalanan........ kalau dibatam ketemunya laut dan laut..... perlu dikunjungi satu per satu nampaknya pantai2 nya ini

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita