Danau Kawah Gunung Galunggung

Seperti kebanyakan gunung berapi lainnya di Indonesia, Gunung Galunggung di Tasikmalaya Jawa Barat mempunyai danau yang terbentuk oleh aktivitas vulkaniknya di masa lampau. Danau ini berada tepat di dalam kaldera. Di tengah-tengah danau terdapat sebuah pulau kecil yang menyembul ke permukaan sehingga menambah indah penampakan danau.


Dengan dinding-dinding kawah yang menjulang tinggi serta pepohonan hutan yang menghijau membuat suasana di sekitar danau kaldera ini begitu tenang dan damai. Tak heran jika tempat ini banyak dikunjungi oleh para pendaki yang ingin bersantai dan menenangkan diri.


Di sekitar kaldera yang tidak berair, lokasinya kerap dijadikan tempat untuk kemping para pendaki gunung.


Danau Kawah Gunung Galunggung
Danau Kawah Galunggung

Gunung Galunggung mempunyai ketinggian 2.167 mdpl. Gunung ini meletus pada 5 April 1982 dan terus saja mengeluarkan muntahannya hingga benar-benar berhenti pada 8 Januari 1983.


Pulau di Tengah Danau 

Lebih Dekat Lagi 


5 komentar :

  1. cakep banget mba fotonya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan klo menurut saya mah hihi..*pede. Kalo melihat langsung ke wall penyelenggara udah jiper duluan, banyak yg lebih keren.

      Hapus
  2. itulah enaknya ikut turnamen foto, dikirimi foto-foto danau yang belum pernah dilihat :D makasih banyak sudah ikutan mbak Lina :) salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, salam kenal juga. Makasih sudah mengingatkan di twitter kemaren ya.

      Hapus
  3. Menakjubkan... Subhanallah
    Sungguh indah ciptaanNya

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita