Batam Blogger Gathering di Kota Mandiri Nuvasa Bay Nongsa

Nuvasa Bay - Mendung mulai menggelayut di langit Kota Batam. Musim hujan memang baru saja dimulai pada akhir September lalu. Ini berarti telah satu bulan lebih Batam diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Sebenarnya tidak tepat juga jika mengatakan Batam sedang musim hujan. Karena sesungguhnya, kota kepulauan ini tidak mempunyai musim seperti wilayah lainnya di Indonesia. Di sini, hujan datang dan pergi sesuka hati dan sinar matahari tropis selalu berlimpah setiap hari. Menjadikan langit kami selalu biru cerah mewarnai hari-hari yang dilalui.

Para Blogger Perempuan Batam dan Bintan

Namun, tidak dengan hari itu, Sabtu, 26 Oktober 2019. Mendung seakan enggan beranjak, membuat sebagian warga Batam waspada dan memilih untuk tetap “stay” di rumah. Kecuali mereka yang memang punya keperluan seperti saya dan beberapa teman blogger lainnya. Walaupun hari mendung, dengan penuh semangat kami tetap berangkat untuk mengikuti event #NuvasaBayBloggerGathering yang ditaja oleh Sinar Mas Land. Sebuah perusahaan properti Indonesia terbesar yang kerap memegang proyek-proyek pembangunan apartemen, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, kawasan industri, bahkan kota mandiri. 


Sungguh, event seperti Blogger Gathering ini merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan bagi kami para blogger daerah karena memang jarang ada. Maka kesempatan ini tentu harus dimanfaatkan oleh kami sebaik-baiknya. Bahkan dua orang teman blogger dari Tanjungpinang dan Bintan juga menyempatkan datang padahal mereka harus menyebrang pulau dan mengeluarkan biaya transportasi yang tidak sedikit.


Keberangkatan Pasukan Blogger ke Nuvasa Bay

Siang itu, selepas azan zuhur, kami berkumpul di halte Masjid Agung Batam Center (Sebelumnya disebut Masjid Raya Batam Center). Perlu setengah jam untuk mengumpulkan kami di sana. Dan tepat jam satu siang, bis meluncur menuju Nuvasa Bay yang terletak di kawasan Nongsa Batam. Sepanjang perjalanan teman-teman blogger banyak yang mengobrol dan bercerita berbagai hal. Maklum kami jarang kopi darat karena kesibukan masing-masing. Jadi ketika ada event seperti ini, sungguh kesempatan emas untuk curhat atau ghibah tipis-tipis membahas dunia perbloggeran yang penuh drama. Hehehe. 

Suasana di dalam Bis

Tidak semua orang dilahirkan sebagai tukang ngoceh. Seperti teman-teman di dalam bis itu. Sebagian ada yang diam saja, sebagian lagi ada yang aktif berfoto-foto dan merekam video. Sementara saya yang sebangku dengan Citra, blogger yang berasal dari Tanjungpinang, asyik mengobrol dengannya membahas dimana ia menginap dan kenapa ia berani berangkat ke Batam sementara ia baru saja pulang dari rumah sakit. Salut deh sama Citra. 


35 menit kemudian bis sudah tiba di Nuvasa Bay. Kami diarahkan menuju kantor pemasaran Nuvasa Bay yang terletak tak jauh dari bibir pantai. Sebelum masuk, para peserta melakukan registrasi terlebih dahulu kemudian menuju lantai dua kantor pemasaran Nuvasa Bay dimana di sana sudah disiapkan sebuah ruangan untuk acara gathering. Sebelum naik ke lantai dua, kami melewati ruangan marketing dimana terdapat maket keseluruhan Nuvasa Bay atau gambaran utuh dari master plan pembangunan di sana. Sungguh megah dan mewah. Gambaran menyeluruh sebuah kota mandiri yang sebentar lagi hadir di tengah-tengah Kota Batam. Satu kata saat melihat maket tersebut yakni “wow.” 

Peserta registrasi terlebih dahulu

Acara dibuka oleh Kang Harris Maulana perwakilan Sinar Mas Land yang khusus datang ke Batam untuk mengawal acara ini. Selain bekerja di Sinar Mas Land, Kang Harris ini sebenarnya bukan orang baru di dunia perbloggeran. Dulu saya mengenal namanya dari berbagai pengumuman lomba blog yang sering dimenangkannya. Sering melihat namanya di deretan blogger-blogger yang diundang ke acara-acara besar selain teman saya yang ceriwis, Danan Wahyu yang pada saat kami meninjau lokasi pembangunan Tower Kalani sempat mengganti namanya menjadi Danan Rose. Ia mendadak terinspirasi dengan Feni Rose, presenter acara iklan properti di televisi. Hahaha. 


Karena kami datang dengan menyiapkan perut kosong, sementara panitia juga telah menyiapkan hidangan prasmanan, maka tanpa menunggu lama kami meluncur ke ruangan sebelah dimana telah tersaji berbagai hidangan makan siang yang lezat dan nikmat. Ruangan ini semi outdoor karena tanpa dinding dengan atap seperti parasut. Dari lokasi ini kami bisa menyaksikan pemandangan 180 derajat ke arah pantai dan Palm Spring Golf & Resort. Sebenarnya, tempat terbuka ini mirip balkon namun cukup luas sehingga seperti sebuah ruangan tersendiri. 


Gerimis turun di saat kami menyantap makan siang. Karena tak terlalu deras, kami hanya menggeser meja kursi ke tempat teduh lalu tetap melanjutkan makan walau kecipratan tempias. Biarlah sesekali makan bersama gerimis. Karena nanggung. Anggap aja biar romantis. Hehehe. 


Selepas makan siang, para peserta Nuvasa Bay Blogger Gathering kembali ke ruang utama untuk mengikuti acara berikutnya yakni mendengarkan paparan tentang Nuvasa Bay secara umum dan pembangunan The Nove secara khusus, yang akan disampaikan oleh Bapak Raichan Bohari sebagai Project Sales & Marketing Head. 

Pak Raichan Bohari

Sambil mendengarkan paparan, sesekali kami nge-tweet dan posting di instagram. Kebetulan acara ini dilombakan dalam dua kategori yakni lomba foto instagram dan lomba live tweet. Paparan yang disampaikan Pak Raichan ternyata seru banget untuk disimak. Seru juga untuk dijadikan cuitan di twitter. Saya sampai bingung antara mau merekam suara, merekam video atau sambil menulis tweet saja. Duuh coba punya ponsel 3 biji sekaligus ya, biar bisa melakukan kerja ala influencer ini secara maksimal. Hahaha. Akhirnya terpaksa mengatur ponsel yang satu biji ini bergantian secara fungsi. Tangan sibuk merekam, lalu distop. Lanjut videoin 1 menit, sebentar kemudian nge-tweet. Kalau seperti ini, menit demi menit berasa berharga banget ya karena produktif. 


Setiap kali mendengarkan paparan dari Pak Raichan, selalu saja bikin ngakak tertawa. Celetukannya yang khas Jakarta terdengar kocak dan menghibur. Meskipun sebenarnya paparan yang disampaikan kelas berat. Ya gimana nggak berat Mak, harga per unit rumah di The Nove sebesar 1,9 milyar rupiah. 


Btw, saya suka kagum dengan tipe-tipe orang seperti Pak Raichan dan Kang Harris Maul. Pribadi mereka enak untuk diajak ngobrol, ramah, humble dan cepat nyambung kalau ngobrol. Mungkin karena hal itu juga ya mereka bisa bekerja di perusahaan keren sekelas Sinar Mas Land. 


Tanpa menunggu lama, setelah paparan selesai, kami lantas foto bersama. Kemudian turun untuk melihat-lihat rumah percontohan dan unit apartemen yang nantinya akan persis sama dengan yang ada di klaster The Nove. Rumah contoh ini terhubung dengan kantor marketing jadi kami tidak perlu keluar ruangan. 

Ruangan yang cozy banget

Aaaah andai saja

Suka banget dengan desain kamarnya

Di rumah percontohan ini terdapat beberapa ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dapur, toilet dan kamar mandi yang semuanya tertata rapi, indah dan penuh estetika. Mimpi rasanya punya rumah dengan ruangan-ruangan ciamik seperti ini. Baru keingetan saat pulang, kenapa nggak berdoa ya di sana supaya bisa gitu punya rumah keren seperti itu. Sambil membayangkan diantara tumpukan cucian dan setrikaan. 


Selepas melihat-lihat rumah percontohan yang cozy, cosy, homey dan safely, kami pun segera meluncur keluar untuk melakukan field trip. Beramai-ramai berkunjung untuk meninjau langsung pembangunan The Nove yang kini telah memasuki fase ke-2. 


Untuk menuju lokasi The Nove, kami menaiki buggy yang biasa menjadi kendaraan dinas para staf di Nuvasa Bay. Karena pernah sekali menggunakan kendaraan ini, saya pun percaya diri untuk mengendarai sendiri. Walaupun oleng sana oleng sini, saya pantang menyerah, pokoknya harus mampu mengendalikan si mungil buggy ini. 

Naik Buggy ke lokasi pembangunan The Nove

Dengan niat kuat dan usaha yang keras, didorong oleh doa yang terus-menerus sepanjang perjalanan serta diiringi keinginan luhur mewujudkan impian mengendalikan buggy dengan sempurna (Bwuahahaha hiperbola banget ini bahasanya) akhirnya saya mampu mengendalikan buggy sehingga tidak sampai terjun bebas atau nabrak atau nyungsep ke pinggir jalan. 


Ya Lord, betapa menegangkan sebenarnya tadi itu. Lebih menegangkan dibanding menghadapi ijab kabul saat walimahan. Ditambah lagi Ayung dan Seri ikut numpang di belakang dan Ayung menjerit-jerit ketakutan. Sementara Seri anteng dan kalem sambil merekam video. Jadi saya panik semacam ada beban moral bagaimana supaya mereka tetap selamat. Untung saja saya punya pengawal, mas-mas karyawan Nuvasa Bay yang setia memberi arahan. Lupa nanya nama Masnya siapa. Hmmm…begitu ya sudah nggak butuh lalu ia dilupakan. Wkwkwk. 


Selayang Pandang Tentang Nuvasa Bay 

Nuvasa atau Nu-vasa merupakan Bahasa Hawai yang bermakna lautan. Saya sempat mencari makna-makna lainnya di google terjemahan namun tidak menemukan istilah lain yang tepat selain kata lautan. Semoga definisi yang saya simpulkan ini benar bahwa pemberian nama Nuvasa Bay bisa diartikan sebagai kawasan teluk yang menghadap lautan. 

Lagoon Condo. Foto: www.nuvasabay.com

Sebenarnya saya sedikit kepo alias curious dengan penggunaan-penggunaan Bahasa Hawai untuk beberapa penamaan objek dan tempat di kawasan Nuvasa Bay ini. Walaupun merupakan bahasa asing, istilah-istilah Bahasa Hawai yang digunakan ternyata lebih mudah dilafalkan oleh lidah Indonesia kita dibandingkan dengan istilah-istilah Bahasa Inggris. Sebut saja penamaan 3 tower yang akan dibangun yang diberi nama Kaina, Kalani dan Kahuwa. Semuanya dalam Bahasa Hawai namun sangat mudah diucapkan oleh lidah lokal kita. 


Jika dilihat dari atas, lokasi Nuvasa Bay tampak berupa daratan di salah satu teluk di kawasan Nongsa. Nuvasa Bay memiliki garis pantai sepanjang 1,2 kilometer yang merupakan satu-satunya kawasan hunian dan bisnis yang memiliki pantai tersendiri. Menjadikan kawasan ini sebagai kawasan premium karena dibangun dengan penuh eksklusivitas namun tetap bersinergi dengan alam. 


Keharmonian pembangunan Nuvasa Bay dengan alam bisa kita lihat pada master plan yang telah dibuat dimana tetap melestarikan keberadaan hutan mangrove serta menyediakan water driving range atau laguna buatan seluas 1,25 hektar (ditargetkan selesai pada Januari 2020) dimana lokasinya juga terhubung dengan Palm Spring Golf and Resort yang menawarkan lapangan golf berkelas internasional. Sebagaimana kita ketahui, bahwa pohon mangrove merupakan safety tank alami yang dapat menyerap polutan dan menetralisir air laut dan lumpur yang tercemar limbah di lingkungannya. Maka keberadaannya di lokasi ini sungguh patut dilestarikan. 

Golf dan laguna. Foto: www.nuvasabay.com

Nuvasa Bay yang mempunyai tagline "The New Face of Batam" direncanakan akan menjadi Kota Satelit pertama di Pulau Batam bahkan di Provinsi Kepri dimana akan dibangun berbagai fasilitas pendukung Kota Mandiri seperti klaster perumahan elit, apartemen, kondominium, fasilitas medis, pendidikan, rekreasi, hiburan, ritel dan fasilitas penyedia makanan dan minuman. 


Nuvasa Bay juga akan menjadi hunian mewah pertama di Batam yang terintegrasi dengan pengembangan fasilitas yang serba guna. Lahan seluas 230 hektar ini akan dikembangkan secara terintegrasi dan akan dilengkapi dengan infrastruktur dan fasilitas kelas satu seperti jaringan dan akses jalan yang luas, pasokan listrik yang stabil, pasokan air yang lancar, perlengkapan komunikasi serta sistem keamanan selama 24 jam. Ini akan menjadi surga bagi para elit di Batam untuk tinggal dan menikmati kehidupan yang tenang dan serba mudah. Didukung oleh keindahan alam yang tampak langsung dari tempat tinggalnya masing-masing. Ya Allah saya mah tidak minta banyak cukup 1 unit saja ikhlas banget menerimanya. 

Gambaran hunian di tepi laguna. Foto: www.nuvasabay.com

Sebenarnya siapa sih yang berada di balik pembangunan mega proyek ini? Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa hadirnya Nuvasa Bay di Pulau Batam adalah karya besar yang dipersembahkan oleh Sinar Mas Land. Sebuah perusahaan properti raksasa di Indoenssia dan merupakan perusahaan properti kelas dunia yang track record-nya telah tercatat di berbagai ajang penghargaan internasional. 


Salah satu proyeknya yang terkenal dari Sinar Mas Land adalah BSD City di Tangerang Selatan. Lalu ada Kota Deltamas, Kota Wisata dan lainnya. Sementara untuk di Batam, siapa yang tidak mengenal kawasan perumahan kaum elit dan tempat tinggalnya para pejabat, Taman Duta Mas yang berada di kawasan Batam Center. Yup, saya malah baru tahu kalau pengembangnya ternyata Sinar Mas Land. Hehehe. 


Ke depan, Nuvasa Bay bisa menjadi salah satu penggerak roda perekonomian di Batam. Kawasan ini mudah dijangkau dari berbagai lokasi. Dari Singapura hanya membutuhkan waktu 30 menit saja melalui pelabuhan Nongsapura. Dari Bandara Hang Nadim hanya 15 menit. Dari Batam Center hanya 10-15 menit melalui jalan lingkar luar yang sebentar lagi akan dibangun. Kemudian dari Pelabuhan Telaga Punggur dan Kawasan Industri Kabil hanya sekitar 30 menit. Apalagi akan dibangun jembatan menuju Bintan dari kawasan ini. Bersama kawasan Nongsa, Kabil dan Telaga Punggur termasuk wilayah Batam Timur yang akan menjadi future business center Batam di masa yang akan datang. Selain itu, kawasan Nongsa dimana di dalamnya terdapat Nuvasa Bay, merupakan area resort di Batam yang setiap harinya dikunjungi turis asing dari Singapura, Malaysia dan negara lainnya. 


Sejak 2016 dan launching dari tahun 2017 hingga sekarang, Nuvasa Bay tidak pernah absen untuk mendapatkan awards atau berbagai penghargaan bergengsi. Dari yang saya dapat di website resmi Nuvasa Bay, Tahun 2016 telah memenangkan penghargaan sebagai Best Future Mega Project dari Mipim Asia. Tahun 2017 memenangkan penghargaan sebagai Most Favourite New Resort Apartment in Batam dari Housing Estate Award. Tahun 2017-2018 mendapatkan penghargaan dari Asia Property Award sebagai The Best Mega Project in Asia. Tahun 2018 juga menang sebagai The Best for New untuk seluruh project yang ada di Batam. Lalu tahun 2019 ini mendapatkan dua penghargaan sekaligus di skala nasional sebagai The Best Architectural and Landscape dan juga sebagai The Best Condo Development. Ya ampuun, belum jadi fisiknya saja sudah banyak penghargaan bagaimana nanti kalau sudah selesai pembangunannya? Yakin Nuvasa Bay akan bejibun dengan beragam penghargaan. 



Pembangunan Klaster The Nove 

Pembangunan fisik di Nuvasa Bay dilakukan secara bertahap dan melalui fase-fase yang terjadwal dengan baik dan tepat waktu. Pembangunan ini dimulai dari fase 1, fase 2 dan fase 3. Klaster hunian premium The Nove yang meliputi lahan seluas 5 hektar dengan pembangunan rumah, tower apartemen dan kavling sudah mulai dikerjakan. Pada fase 1 pembangunan telah selesai 87% dimana dibangun 47 unit rumah yang dipasarkan dengan harga 1,6 milyar rupiah. Untuk tahap ini, penjualan sudah mencapai 95% dan akan diserahterimakan pada Desember 2019. Di klaster fase 1 ini pemandangan ke luar rumah bisa disaksikan secara 360 derajat. Setiap unit rumah bisa menyaksikan pemandangan langsung ke alam seperti lapangan golf, laut dan hutan mangrove. 

Poster Tower Kalani yang sedang dipasarkan

Adapun yang sedang panas-panasnya dibahas dan dipasarkan sekarang adalah The Nove fase 2. Pada fase ini sedang dibangun Tower kedua yaitu Tower Kalani (Apartemen), 66 unit rumah dan 30 kavling. Pembangunan fase 2 diperkirakan selesai dalam jangka waktu 2,5 tahun. Harga jual per unit sekitar 1,9 milyar. Sementara untuk kavling dijual dengan harga 8 juta per meter. Hunian ini akan selesai pada Juli 2022 bersamaan dengan selesainya Tower Kalani. 


Pada tahun 2022 diperkirakan seluruh pembangunan fase 1 dan dua tower sudah selesai dibangun. Dan pada 2024 ditargetkan untuk Klaster The Nove sudah jadi secara keseluruhan. Sambil menunggu itu, area komersial dan retail di dekat tepi laut juga segera dibangun sehingga pembangunan fisik terus berlanjut secara berkesinambungan. 


Di tengah kondisi ekonomi Batam yang lesu, banyak pertanyaan dan keheranan yang muncul di saat pembangunan The Nove di kawasan Nuvasa Bay ini. Namun hal ini dengan mudah diyakinkan oleh Pak Raichan Bohari yang menyatakan bahwa Sinar Mas Land mempunyai komitmen tinggi kepada Batam, customer dan juga investor untuk tetap membangun. Karena ketika Kota Satelit Nuvasa Bay telah rampung, ini akan menjadi satu kebanggaan bagi Kota Batam. Jika dibandingkan dengan hunian dan kawasan kota mandiri lainnya di Indonesia, mungkin Nuvasa Bay menjadi yang pertama sebagai kawasan yang memiliki padang golf, laut dan pantai serta kawasan mangrove sekaligus. Menurutnya, Nuvasa Bay bisa disejajarkan dengan kawasan hunian di Miami Amerika Serikat atau Gold Coast Australia.

Para Blogger berfoto bersama dengan latar pembangunan Tower kalani

Pembangunan Fisik Lainnya

Selain klaster The Nove, ke depannya Nuvasa bay juga akan membangun villa golf, hotel & resort, kondominium, eco hotel & glamping, resort keluarga & bungalow. Ini akan menjadi kawasan resort di Batam yang elit dan elegan.  Selain itu ada area komersial seperti supermarket/minimarket, restoran & kafe, bank, ATM center, salon kecantikan, spa & reflexology, barber shop, laundry, budget hotel, food court, dan banyak lagi fasilitas lainnya. 

Condominium. Foto: www.nuvasabay.com

Selain itu untuk segi rekreasi telah hadir Sea Forest Adventure Batam yang dirancang untuk menjadi tujuan liburan keluarga dan pendidikan yang fokus pada ilmu survival, alam dan kegiatan di luar ruangan. Sea Forest Adventure memiliki taman air terapung dan aqua track yang unik, fasilitas olahraga air, area tembak, paintball dan berbagai fasilitas rekreasi lainnya. 

Sea Forest Adventure. Foto: www.nuvasabay.com

Di Nuvasa Bay juga akan dibangun kawasan untuk Senior Living. Sebagai tempat berlindung bagi penduduk Singapura dan negara-negara lain yang mencari pensiun yang efisien dengan biaya terjangkau namun dekat dengan Singapura. Area perumahan khusus yang diperuntukkan bagi warga senior yang menginginkan pensiun mewah dan nyaman dan terletak dekat dengan pusat kesehatan kelas dunia di Singapura, namun dengan harga Indonesia. 

Pengumuman Lomba Instagram dan Live Tweet


Senja mulai tiba. Iring-iringan buggy meluncur menuju kembali ke lokasi semula. Para blogger pun segera beranjak ke ruang pertemuan di lantai dua untuk segera menyimak dengan deg-degan siapa saja yang menang lomba foto di instagram dan lomba live tweet


Tiba waktu pengumuman lomba, satu per satu para pemenang dipanggil. Ada Asad Saputra, Syafiq Hidayat Taplin dan Teh Cucum Suminar yang memenangkan lomba foto di instagram. Sedangkan lomba Live Tweet Alhamdulillah dimenangkan oleh saya, Danan Wahyu dan Angga Adi Widodo.

Pemenang Lomba Instagram

Pemenang Lomba Live Tweet

Sebelum maghrib tiba, kami sudah saling berpamitan dan pulang ke rumah masing-masing. Alhamdulillah, meskipun hanya setengah hari, Blogger Gathering ini menjadi ajang silaturahim bagi kami Blogger Batam, Tanjungpinang dan Bintan. Selain itu kami mendapat pengetahuan baru tentang perkembangan Batam ke depan melalui pembangunan di Nuvasa Bay. Hmmm…sepertinya para blogger sudah harus berfikir bagaimana kelak bisa membuka usaha di salah satu unit komersil dan ritel di Nuvasa Bay ya. Semoga. 


Saksikan Video Batam Blogger gathering di akun youtube saya:



JAKARTA OFFICE 
Sinar Mas Land Plaza, BSD City
Jalan Grand Boulevard
BSD Green Office Park
Tangerang – Banten, Indonesia 15345
+62 21 5036 8368 (ext. 13106) 


BATAM OFFICE 
Nuvasa Bay
Jalan Hang Lekiu
Nongsa – Batam, Indonesia 29465
(+62 778) 761199 



Referensi: 
1. https://wikipedia.org/wiki/Sinar_mas_land 
2. http://www.nuvasabay.com 





135 comments :

  1. Seru ya acara blogger gathering ya ....dan proyek nuvasa bay juga bikin wow...andai saja duit banyak..maylu lah investasi disana sebijik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mau banget invest di sana. Yakin dwh prospeknya menguntungkan.

      Delete
  2. Eh keren banget nih Nuvasa Bay, terimakasih infonya kk... Mau ambil satu nih properti di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ciyus Mbak? Ambil nanti kalau jadi kabari ya mana tahu aku bisa ngopi-ngopi nongkrong di sana.

      Delete
  3. Smoga Batam akan semakin banyak blogger gathering kece seperti ini ya mba. Awalnya aku liat foto kok mirip mas Haris karena pernah ketemu sekali, eh teryata bener. Salut sama teman yang rela nyebrang pulau buat ke sini. Btw, kota mandirinya cakep bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Amiiin. Semoga banyak gathering lainnya.

      Delete
  4. Sinarmas land memang tidak perlu diragukan lagi ya teh, apalagi proyek mega satu ini sudah menyambet beberapa penghargaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya perusahaan properti level dunia Cit.

      Delete
  5. Walah jadi tahu Kang Haris teh kerja di sinar mas land toh?

    Blogger gathering di kepulauan gini mah perlu perjuangan banget ya mau bisa ngariung teh.
    Tapi sekalinya bisa jumpa pasti seru. Hehehe...
    Senang itu bisa ketemu Teh Cucum juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh Kang Harris di Sinar Mas Land.

      Wah Teh Okti kompasianer juga rupanya.

      Delete
    2. Iya Teh setelah Multiply hangus, saya blm punya blog TLD itu ngeramnya di Kompasiana. Hehehe... Bisa dibilang sebelum punya TLD saya besar dan belajar di Kompasiana dulu. Setelah saya resign kerja dari kota, tinggal di kampung baru punya TLD ini. Kebetulan Teh Cucum kan mombassador juga tuh

      Delete
  6. Nuvasa Bay keren lah. Kalo kaya Miami, impian saya banget. Di tepi pantai, dikelilingi hutan, dan jauh dari kebisingan kota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku dulu suka nonton film tentang Miami, pas banget memang gambarannya dengan Nuvasa Bay masa depan.

      Delete
  7. jalan0jalan banyak faedahnya ini mah. tempatnya bikin mata wah gitu...

    ReplyDelete
  8. Keharmonisannya dengan alam itu keren banget, Mbak Lina. Mana pula elegan kelihatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Membangun tanpa mengganggu ini mah. Malah sekaligus melestarikan.

      Delete
  9. mba Linaaa, aku kebayang tuh seru dan dahsyatnya bisa meet up bareng fellow bloggers, asyik buanget yak.
    kalo di Sby, kami udah ada beberapa event sih, jadinya engga se-"gayeng" temen2 Batam kali ya.
    Btw, itu kota Mandiri Nuvasa Bay Nongsa cakeepp amatt. cocok buat investasi ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah walaupun jarang-jarang kami masih bisa berkumpul Mbak.

      Iya Nuvasa Bay ini cocok banget buat investasi.

      Delete
  10. Seru banget blogger Gatheringnya. Ga salah deh, Sinarmas memang yahud banget 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin bahagia blogger ya Mbak. Difasilitasi buat gathering oleh Sinar Mas Land.

      Delete
  11. Wah serasa punya unit sendiri saat futu2 di sini ya teh... Mupeng dgn interior apartemennya.... Huuuu nyaman bgts...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Berasa mager gak mau bangun haha.

      Delete
  12. Aku baru ngeh, bloger Batam nih sebenarnya orang terkenal semua ya. Kayak kenal dan familiar sama nama serta wajahnya :D

    By the way, Nuvasa Bay Nongsa ini keren banget ya, dengan lapangan golf internasionalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kami mendadak berasa terbang di awang-awang Mbak Rani haha.

      Delete
  13. Semoga proyek nuvasa bay lancar dan pastinya bisa meningkatkan ekonomi Batam ya. Suka dengan hunian kaya gitu. Jadi berasa kota sendiri apalagi kalau fasilitasnya lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Insya Allah Mbak Nuvasa Bay ini bakal jadi Kota Mandiri karena semua fasilitas untuk kebutuhan hidup ada di sana semua.

      Delete
  14. cozy banget tempatnya Mba, cakep pula. Moga-moga bisa investasi di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin Mbak. Semoga bisa invest ya kita. Haha.

      Delete
  15. Asik banget pemandangan di kamarnya ..betah goler-goler di kasur haha... Kalo ke Batam aku cari Kak Lina aja..ntar minat ditemenin jalan-jalan keliling Batam sama Kak Lina...termasuk ke Nuvasa Bay ini..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Ayoo ke sini mau kemana aja saya antar.

      Delete
  16. Dari namanya aja udah terlihat eksotis, nih. Ternyata emang pemandangan dan iklimnya pun keren gila, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul Mbak. Pemandangannya itu sekeliling hijau oleh padang rumput golf dan mangrove.

      Delete
  17. Asik dan seru banget acaranya ya teh, keren banget nih Sinar Mas Land membangun Nuvasa Bay yang membuat Batam bakalan semakin menjadi kota maju di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Sad. Alhamdulillah ya kayak tempat lain akhirnya Batam bakal punya Kota Satelit.

      Delete
  18. Seru ya, ikut acara blogger gathering. Ketemu temen, eh di penghujung bisa dapat hadiah pula...Hunian yang modern dan nyaman sekali ya nuvasa bay ini....Tapi bener sih, berat juga....duitnya hehe

    ReplyDelete
  19. Cita-cita ingin ke Batam sampai sekarang belum kesampaian mbak....jadi terpesona dengan Nusava Bay, indah banget. Semoga blogger Batam makin bersinar ya mbak, dan sering ngadain gathering yang makin menambah keakraban sesama blogger....semoga aku bisa ke Batam....duuuh pengen banget menikmati pemandangan alam Batam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin... Semoga kami sering-sering gatheing seperti ini Mbak. Ayo sini main ke Batam.

      Delete
  20. Sinar Mas Land makin keren nih karena sudah menjangkau Batam. Properti yang mereka ciptakan merupakan hunian impian banyak orang, termasuk aku nih. Semoga Sinar Mas Land terus berkarya ikut membangun bangsa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah sudah menjangkau luar negeri Mbak. Banyak malah yang sudah dibangun di beberapa negara lain. Sempat baca di wikipedia.

      Delete
  21. Aih..cakep y mba, interior apartemennya. Jadi pengen merogoh kocek (orang) deh..hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakeeep, suka lihat kamarnya yang pemandangan jendelanya menghadap ke pantai itu.


      Adakah kocek orang yang bisa dirogoh, Mbak Mechta? :D

      Delete
    2. Haha. Iya ya merogoh kocek orang. 🤣

      Delete
    3. Wahahaha akupuuuuunnn pengin ya punya satu properti di sini

      Delete
  22. noted. nuvasa bay,,,

    bagus mbak

    seru banget staycation rame2 gituuuu,, pengen deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma gathering aja Mbak, kami nggak staycation.

      Delete
  23. huwooo... keren betul nuvasa bay ini ya mbak. apa krn deket singapura jd namanya pun pake bay hehehe. byw ngakak ketika baca deg2an lbh dr saat walimahan. bersyukur selamat ya mbak haha. btw selamat utk juara live tweetnya ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga Mbak. Di sini memang banyak teluk karena kontur lautnya menjorok ke daratan makanya banyak yang siberi nama bay ujungnya.

      Delete
  24. Senang banget ya Mbak, bisa melihat lokasi pembangunannya ini, perencanaannya bagus banget ya, kalau punya 1 unit disitu rasanya woow banget pasti ya Mbak. Moga pembangunannya lancar sesuai rencana.
    Anyway selamat juga Mbak menang lomba live tweetnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya satu uni saja kita udah termasuk horang kaya Mbak. Warbiyasak.

      Delete
  25. Seru banget kegiatan blogger gatheringnya ya mbak. Nuvasa bay ini pun keren sekali.. pasti nanti bakal laku keras deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang fase 1 malah sudah hampir laku 100% dan sekarang fase 2 juga sudah banyak yang laku, tinggal beberapa unit lagi.

      Delete
  26. Lengkap banget lah info di blog teteh panutanku ini.. cukup menarik jika punya properti di sini. Taman rekreaainya gak kaleng2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau jadi pindah ke Batam, tinggal di Nuvasa Bay aja ya Non haha.

      Delete
  27. Salut sama mba Lina bisa multitasking, eui.
    Aku masih struggle untuk multitasking begitu, hihihi.
    Mendengarkan materi, membuat video sekaligus ikut lomba live tweet.
    Daebaq!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha saking pengen lengkap infonya mbak. Kayak gurita ya semua dipegang.

      Delete
  28. Sinar Mas Land ini selalu menunjukkan ke-pioneer-annya dalam hal pengembangan hunian ya. Kagum loh dengan usaha tetap mempertahankan kawasan hutan mangrove yang ada. Semoga sukses untuk pengembangan The Nove fase-fase berikutnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak salut banget. Selalu jadi pioneer dimana pun dan projectnya selalu sukses di pasaran

      Delete
  29. Kak Linaa...
    Jadi puitis banget nulis tentang Nuvasa Bay.
    Kebawa suasana yaa...

    Kalo punya kavling di Nuvasa Bay, kak Lina bisa jadi penulis novel romance.
    Hihii~
    So sweet.

    Aku juga seneng banget lihat suasana Nuvasa Bay yang keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Aku gak apa-apa punya kavling di sana. Selain nongkrong di lapangan golf bisa cari inapirasi nulis novel romance ya.

      Delete
    2. #DukungKakLinaNulisNovel
      Hihii...Nuvasa Bay membawa keceriaan tersendiri bagi penghuninya.

      Delete
  30. asik bangeet, gatheringnya sambil liburan ini mah hehe tempatnya seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, ternyata nggak nyangka lokasinya bakal ke tempat liburan.

      Delete
    2. semoga silahturahmi sama temen temen komunitas terjalin terus ya Mbak, beruntung banget disana aktif

      Delete
  31. Wah, mbaaa. aku sekolah sampe SMA di Batam. Sampe akhirnya kuliah dan kerja di Bandung & Jakarta.
    Sampai sekarang masih suka bolak balik Batam. Selain karena rindu, masih ada rumah yang ingin ditengokin.
    Seneng banget ngeliat Batam terus maju pembangunannya. Setelah pembangunan mall pengganti top 100 penuin ituu, sekarang bakalan ada resort sekece ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalaaaah ini mah anak Batam ternyata ya. Kapan-kapan kalau pulang ke Batam kabari ya!

      Delete
  32. Wah ada mas Harris juga ya, btw kebayang banget ga sih asyiknya punha rumah disana , suasananya indah gt ada lapangan golf juga deket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya malah Kang Harris ini yang mengundang kami Mbak.

      Delete
  33. wkwkwkw..Nuvasa Bay meninggalkan drama buat akuh. Paling diingat ya ini, drama ketakutan naik buggy. Aku teriak takut kehimpitan buggy teh, kalo jatuh mah dah biasa. kalo kelindes, jadi apa bentuk badan saya yang mungil ini. hahahahA.

    ReplyDelete
  34. Wow keren banget nih kalau proyeknya udah kelar semua, Batam bisa makin jd kota modern hehe. Itu Mas Haris kan ya yang di poto di bis haha, dah nyampek aja ke sana :D
    Wah setuju kamarnya bagus banget mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bakal keren banget. Bakalan jadi kebanggaan anak tongkrongan di Batam haha.


      Iya itu yang di bis Mas Harris.

      Delete
  35. adain lagi acara keren kayak gini ya mbak Lin.
    Pembangunan di Batam memang pesat. Seperti apa nantinya NUvasa Bay, pasti lebih menawan dari pada maketnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah Mbak. Kalau ada yang mengundang lagi kita haha.

      Delete
  36. Seru bangettttt, apalagi bisa keliling naik bugy. Terus nggak nyangka juga semuanya mewah ya mba. Bagus bagus gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, ini memang diperuntukkan bagi kalangan elit di Batam.

      Delete
  37. alamak seru banget dari berangkat lalu sampe ke nuvabay makan siang dengan gerimis mengundang dapat materi ahhh mantap sekali mba :) aku pengen deh ke Batam dulu punya kawan baik orang sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah seru acaranya Mbak. Ayo sini main ke Batam

      Delete
  38. Wah keren Sinar Mas Land. Proyek Nuvasa Bay nya megah banget nih, bakalan membuat Batam semakin menjadi kota maju nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya proyek besar nan megah. Insya Allah akan ada dampaknya bagi kemajuan Batam.

      Delete
  39. kamar yang mba tempatin sepertinya nyaman banget ya mba, bikin malas kemana-mana heheh.. btw aku belum pernah ke Batam lho mba, huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Andy ini kamar dan kasurnya bikin mager. Yaudah sini main ke Batam.

      Delete
  40. Wow, mantap banget, Mbak. Lahan seluas 230 hektar akan dijadikan hunian elit di Batam.

    Aduh, itu pas naik Buggy rasanya nano-nano.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak akan jadi hunian plus fasilitas lainnya seperti hotel, resort, pertokoan, dll.

      Delete
  41. Area yang dibangun sama Sinar Mas Land selalu bagus, nih. Gak hanya bangunannya, tetapi juga view. Impian banget deh punya 1 unit yang dibangun oleh Sinar Mas Land

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, impian banget punya 1 unit aja di lahan Sinar Mas Land ini.

      Delete
  42. asyik banget sih bisa seseruan bareng banyak blogger gini..fotonya pas naik buggy manteb banget sukak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, asyik banget. Alhamdulillah lebih seru juga saat naik buggy.

      Delete
  43. mantap semoga lebih maju dari singapura,,,,salam dari jawa

    ReplyDelete
  44. Senang y mba bisa kumpul bareng teman2 dpt ilmu dah gitu bisa nikmati pemandangan Nuvasa Bay hunian yg keren.

    ReplyDelete
  45. Nuvasa Bay oke catet pengen kesana juga, di Batam ya mbak, nanti bilang ke suami buat itenary suatu saat pengen. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, kayaknya Batam bakal punya icon baru namanya Nuvasa Bay.

      Delete
  46. Luar biasa nih ada blogger yang dari Tanjungpinang dan Bintan juga ya yang ikutan gabung ke Batam. Emang jarang banget ada ya mba blogger gathering di sana?

    Selain bisa ketemu dengan rekan blogger, jadi menambah wawasan tentang konsep hunian ala Nuvasa Bay. Perencanaan yang matang dari Sinar Mas Land ini patut diacungi jempol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarang Mbak. Paling banyak setahun dua atau tiga kali aja.

      Delete
    2. Semoga dengan adanya berbagai gelaran event bisa menambah intensitas blogger gathering ya mba. Aku tuh seneng banget setiap kali bisa keluar dan ketemu teman-teman blogger dalam acara apapun :)

      Delete
  47. Paling suka acara gathering begini, silaturahmi dapat, wawasan pun terdongkrak!
    Eits, bisa icip-icip kuliner jugak :)

    ReplyDelete
  48. Udah lama gak kumpul sama Blogger2

    Tempatnya juga oke ya. Bisa jadi kota yang mandiri. Semoga pembangunannya lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin. Ini jadwal pembangunannya Alhamdulillah ontime loh Mbak.

      Delete
  49. waaah yg dari tanjungpinang dan Bintan juga hadir ya? menyempatkan diri untuk event yg jarang ada ini. akhirnya gak sia2 karena meriah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada Citra dan Jasmi dari sana. Salut deh sama mereka.

      Delete
  50. Akhirnya baca artikelnya juga tentang kota mandiri yang mba Lina share di instagram kemarin. Sinar Mas Land selalu menjadi yang terdepan untuk ide hunian mandiri. Beneran nih kayak tinggal di resort ya di Nuvasa Bay Nongsa ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Sinar Mas Land ini perusahaan properti raksasa yang selalu punya ide untuk hunian mandiri di berbagai wilayah tanah air.

      Delete
    2. Tinggal di Nuvasa udah kayak liburan aja tiap hari ya mbak. Membayangkan liburan di resornya aja, eh orang Singapuran, Malaysia banyak yang liburan juga di resor nya

      Delete
  51. Baper sama sea forest adventurnya. Memang keren deh sinar mas land.
    *btw, tadi aku salah komen mba, malah kirim massage.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha gpp Mbak. Pantasan ada pesan masuk ke email.

      Delete
  52. Kok enak banget sih ini Nuvasa Bay, aku paling demen kalau staycation gitu pemandangan langsung lautan. Jadi pengen ngajak pak suami dan anakku untuk liburan ke Batam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tempatnya bisa dijadikan buat staycation kalau hotelnya udah jadi.

      Delete
  53. Setuju deh kalo ada event blogger gathering itu memang perlu dimanfaatkan untuk refreshing ya. Nusabay keren banget ya. Berapa tahun lagi ya akan jad .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan malah gatheringnya di tempat refreshing nih Mbak. Jadi pas banget.

      Delete
  54. sinarmas land, emaang bukan kaleng2 ya mbakk hheheh ya jelas lah

    enak bgt bisa rame2 staycation gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan staycation Mbak, cuma gathering aja.

      Delete
  55. 1.9 M itu unit paling murahnya ya mba? Luar biasa bener2 elit ya kawasan huniannya. Alhamdulillah bisa blogger gathering sekalian nyobain skill ngendarain buggy ya, mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak unitnya mulai harga segitu.

      Alhamdulillah kalau ada rejeki ke sana lagi udah nggak gugup pakai buggy. 😅

      Delete
  56. Berarti cuaca di Batam sama ya dengan kampung kelahiran saya di Serui (Papua). Tak bermusim karena panas dan hujan suka datang sesuka hati, hehe. Btw salut nih dengan teman2 bloggernya yang sampai menyeberang pulau demi mengikuti gathering blogger tsb. Ya kapan lagi ada momen kayak gitu, apalagi gatheringnya bersama Nuvasa Bay seru banget ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah Mbak itu Serui Papua bagian mana? Ternyata ada wilayah lain di luar Kepri yang tidak mengenal musim ya. Saya kira di sini saja.

      Delete
  57. Oh ternyata Nuvasa Bay project ya Sinarmas Land ya pantesan ada Mas Harris Maulana. Di sini ada perumahan namanya savasa pujya Sinarmas juga agak mirip ya penamaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha mirip memang. Pantas aja ya satu ibu satu bapak. Sama-sama Sinar Mas Land. 😅

      Delete
  58. Wah, gathering yang berfaedah nih. Udah bisa seseruan bareng temen-temen blogger, bisa lihat-lihat Nuvasa Bay Nongsa yang keren pula. Modern namun tetep homy dan cozy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini berfaedah banget Mbak bisa dapat ilmu dan syukurnya gak ada ghibah haha.

      Delete
  59. Duh paling seneng kalau ada acara gathering sama para blogger soalnya bisa kenalan secara real hehehehe. Udah gitu tempat gatheringnya juga enak banget lagi, paket lengkap dehh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, gatheringnya di tempat yang kece ini Mbak.

      Delete
  60. Wah acara seru nih... Blocker gathering memang selalu ditunggu apalagi di daerah spt.Mba ini ya..jarang terjadi jd istimewa sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak jarang Gathering kami. Bisa dihitung dengan jari dalam setahun ini.

      Delete
  61. Btw kalau senior living itu jadi istilahnya WNA bisa beli property di resort ini ya mbak? Wah, iya sih tinggal nyebrang doang ya hehehe

    ReplyDelete
  62. Seru ya acara blogger gatheringnya, bikin mupeng saya yang sudah 2 tahunan nggak ikut acara blogger gathering, nuvasa bay kereen banget, cerita mba Lina naik buggy seru banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bukannya Mbak Rani tinggal di Bandung ya? Biasanya Bandung tiap weekend ada terus.

      Delete
  63. Wah pengen main ke Batam lagi. Tempat gatheringnya by a man banget nih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau Nuvasa Bay udah jadi, main ke sini lagi Mak. Dijamin betah. 😅

      Delete
  64. Lihat masterplannya Nuvasa Bay di Batam kayaknya ini hunian modern dengan lingkungan alam yang asri ya. Konsepnya smartcity gitu kah, Mbak? Enak pastinya kalau bisa tinggal di hunian seperti itu. Mana lagi pengembangnya Sinar Mas Land, salah satu perusahaan properti terpercaya dengan desain dan konsep hunian ramah lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak bisa dibilang smart city juga sih soalnya sedang dibangun beberapa fasilitas yang berkonsep digital.

      Delete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates