Pentingnya Asuransi perjalanan Saat Traveling


Matahari baru saja tenggelam di balik bukit-bukit batu kapur di tepi perairan Laut Andaman. Pesawat terbang yang kami naiki baru saja tiba di Bandara Internasional Krabi Thailand bersamaan dengan lembayung senja yang menyeruak dari balik tebing-tebing batu dengan formasi mengagumkan. Saat pesawat berhenti, lembayung itu tampak kemerahan di langit sana, membuat suasana hati menjadi sendu, syahdu mendayu-dayu.

Tebing-tebing Batu di Perairan Laut Andaman


Saya, Reny dan anak-anak turun dari pesawat dengan wajah yang sumringah. Menanti kejutan-kejutan yang menarik di Krabi yang tidak ada dalam bayangan sebelumnya. Ya, saya dan Reny bersahabat semenjak SMA. Setelah lebih dari 17 tahun tidak reunian, kami sengaja mengatur waktu untuk berlibur bersama dengan mengajak anak-anak ke Krabi Thailand. Saya mengajak Sierra dan Reny mengajak kedua putrinya Shera dan Desty. Tanpa mengikutsertakan para suami.


Sebelum keberangkatan liburan kali ini, saya sudah menginformasikan kepada pihak resort yang akan kami inapi untuk menjemput. Alhamdulillah layanan antar jemput ini free alias gratis.


Di pintu kedatangan mata saya awas mencari-cari. Melihat penuh waspada kepada para penjemput. Membaca setiap lembar kertas HVS yang mereka acungkan dengan kedua tangan. Sekilas saya melihat ada nama saya terpampang di sana.


Seorang lelaki paruh baya tampak berdiri dengan penuh harap. Saya pun segera menyapanya. Memperkenalkan diri sebagai si pemilik nama. Meskipun kami tidak berkomunikasi dengan bahasa yang sama, kami tetap bisa saling memahami dengan menggunakan bahasa isyarat masing-masing. Setelah itu ia mempersilahkan kami langsung menuju kendaraan jemputan.


Tepat ketika anak-anak akan masuk mobil, saya mendadak ingin memfoto mereka. Mengingat bahwa momen ini penting bagi mereka yang baru saja mendarat, menginjakkan kaki pertama kali di Thailand. Lantas saya membuka tas untuk mengambil telepon seluler (ponsel) yang seingat saya diletakkan di sana. Loh kok tidak ada? Saya mencari-cari di semua kantong tas dan kompartemennya juga tidak ketemu. Ya Salaaaam.

Mobil Jemputan dari Resort

Panik disertai penasaran, saya pun minta izin sebentar kepada sopir penjemput untuk mencari ponsel ke dalam bandara. Mengikuti balik jalan yang baru saja kami lewati, mana tahu tercecer di lantai atau di tempat kami berhenti di sekitar bandara. Mungkin di toilet atau di lokasi pengambilan bagasi. Hasilnya nihil. Fix ini hilang atau tercuri. Saya tidak yakin pasti. Karena saat memeriksa tas, resleting tas memang sudah terbuka. Sehingga kalau pun ada ponsel di sana bisa saja jatuh saat saya berjalan atau memang ada yang sengaja membukanya.


Tak habis akal saya pun mendatangi konter maskapai penerbangan, mana tahu ponsel saya tercecer di pesawat. Namun sayang, ternyata konter sudah tutup karena kami tiba menjelang maghrib. Saya juga melapor ke petugas bandara, namun disuruh mendatangi kantor polisi untuk membuat surat kehilangan. Ketika bertanya dimana kantor polisinya, ternyata jauh dari bandara. Mereka pun menyarankan agar saya mendatangi kantor polisi keesokan harinya. Duuh bisa berantakan itinerary traveling kami kalau hari ini atau besok mampir ke kantor polisi. Selain itu, membuat laporan kehilangan, sepertinya tidak akan mengubah keadaan karena saya tidak mempunyai Asuransi Perjalanan.


Setelah drama pencarian yang melelahkan, kendaraan kami pun akhirnya melaju menuju Krabi Discovery Resort di wilayah Ban Tha Len, Provinsi Krabi, Thailand yang jaraknya lumayan jauh. Sekitar 45 menit dari bandara. Begitu tiba, langsung check in, di sana suasana sudah gelap. Namun melihat suasana kolam renang yang biru glowing oleh pantulan cahaya lampu, anak-anak merayu kami untuk langsung nyemplung ke kolam renang. Tentu saja kami melarangnya karena sudah malam. 


Kolam renangnya glowing

Tiba di kamar, Sierra anak saya bilang kalau ternyata antingnya yang sebelah kiri hilang. Duuh sudah jatuh tertimpa tangga pula. Drama apalagi ini. Baru saja kehilangan ponsel lalu kehilangan anting Sierra. Malam-malam akhirnya kami menyisir jalan taman antara tempat berhentinya mobil jemputan sampai ke kamar hotel. Karena bentuk kamarnya seperti villa, kamar kami memiliki teras masing-masing dan terhubung langsung ke taman, kolam renang serta lobby.


Lelah mencari, akhirnya kami pun berhenti, memilih berisitirahat di kamar. Keesokan harinya saya pun mencari lagi dan memeriksa kendaraan yang kami naiki. Nihil. Tidak ditemukan tanda-tanda. Lagi-lagi saya pun tidak bisa berbuat banyak atas kehilangan ini karena tidak memiliki Asuransi Perjalanan. Karena tidak mau merusak suasana liburan ini, saya pun berusaha ikhlas walau geram plus dongkol. Duh itu belum ikhlas dong namanya Zubaedaaaah. 😃

Anak-anak berenang keesokan harinya

Berusaha merelakan apa yang kita miliki di saat lagi sayang-sayangnya itu memang berat. Kalau anting Sierra bisa saja saya ganti dengan membelikan yang baru. Tapi kenangan yang ada di ponsel? Sungguh tak tergantikan. Walaupun gampang tinggal beli baru juga, rasanya tetap saja nyesek di dada mengingat ada lebih dari 3000 foto yang bercerita tentang perjalanan hidup saya dan keluarga selama 4 tahun terakhir. Apalagi banyak foto dan video Sierra saat bayi yang lucu banget. Saat dia tertawa, ngambek dan menangis.


The show must go on. Alhamdulillah akhirnya selama liburan di hari berikutnya, saya bisa melupakan kejadian tidak menyebalkan itu. Kini yang diingat adalah liburan reunian menyenangkan bersama sahabat semasa SMA dan anak-anak kami. Liburan mengunjungi Aonang beach dan Phi Phi Islands yang terdiri dari gugusan pulau dan pantai seperti Maya Beach, Lohsamay Bay, Monkey Beach dan Phi Phi Don yang sudah terkenal akan keindahannya. 

Saya dan Sierra di Phi Phi Don Krabi Thailand


Liburan ke Phi Phi Islands membuat saya belajar banyak bahwa memiliki asuransi perjalanan itu sangatlah penting sehingga kita sebagai traveler terproteksi saat melakukan perjalanan terutama pada saat terjadi hal-hal buruk seperti yang saya alami di atas.


Teman saya yang tinggal di Bangkok pernah bercerita, bahwa ibu dari teman sekantornya dari Jakarta datang berkunjung. Ibu tersebut tiba-tiba jatuh dari tempat tidur dan meninggal di sana. Karena tidak mempunyai asuransi perjalanan, biaya pemulangan jenazah Bangkok - Jakarta sangatlah mahal mencapai sekitar 40 juta rupiah. Akhirnya ia dan teman-teman lainnya patungan menggalang dana untuk membayar biaya kepulangan jenazah. 


Contoh lainnya, seorang teman yang sedang traveling ke India dan Kashmir harus rela kehilangan seluruh barang bawaan karena bagasinya ternyata terbawa ke negara lain. Jadi sepanjang perjalanan ia harus membeli pakaian baru apalagi di sana sedang musim salju. Untungnya ia telah membeli asuransi perjalanan sehingga seluruh biaya kerugian karena kehilangan bagasi tersebut dicover penuh oleh asuransi perjalanannya. Walaupun pada akhirnya bagasi dia ditemukan dan dikembalikan. Asuransi telah meng-cover biaya keterlambatan bagasi.


Memangnya Apa sih Asuransi Perjalanan itu?


Asuransi Perjalanan adalah salah satu layanan asuransi yang melindungi para traveler dalam melakukan perjalanan secara finansial. Sehingga apabila terjadi hal buruk yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan hingga kembali ke rumah, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi.


Hal buruk apa saja sih yang bisa ditanggung oleh asuransi perjalanan ini? Banyak. Contohnya kerugian karena keterlambatan pesawat terbang, keterlambatan dan kehilangan bagasi, sakit, kecelakaan, kehilangan barang dalam perjalanan, bahkan hingga meninggal dunia.


Durasi atau periode Asuransi Perjalanan ini pun bisa kita pilih mulai dari per perjalanan, per bulan atau per tahun. Jadi pemilihannya bisa disesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Jika dalam setahun diperkirakan akan melakukan beberapa perjalanan sebaiknya mengambil yang per tahun sehingga lebih murah dibanding kalau mengambilnya setiap per perjalanan atau per bulan.


Lalu Apa Manfaat Asuransi Perjalanan?


Asuransi Perjalanan membantu para traveler meringankan kerugian finansial yang disebabkan oleh hal-hal buruk yang terjadi di luar keinginannya. Dengan membeli suransi perjalanan ini berarti ia tidak perlu lagi khawatir terhadap resiko yang akan ditanggung jika terjadi hal-hal buruk seperti yang saya sudah bahas di atas, karena asuransi tersebut akan membantu meringankan kerugian finansial yang akan diderita.

Manfaat Asuransi 


Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh para traveler jika memiliki asuransi perjalanan. Saya mengulas setidaknya minimal ada 4 manfaat. Apa saja itu?

1. Perlindungan Perjalanan

Perlindungan perjalanan ini akan memproteksi kemungkinan terburuk seperti penundaan dan penggantian penerbangan.

2. Perlindungan Medis di Luar Negeri

Asuransi perjalanan melindungi para traveler jika mengalami sakit atau kecelakaan di luar negeri. Termasuk kebutuhan transportasi untuk kendaraan emergency dan evakuasi. Bahkan asuransi juga meng-cover biaya pemulangan jenazah jika terjadi kematian. 

3. Perlindungan Bagasi dan Barang Hilang

Asuransi melindungi para traveler dari kehilangan bagasi, kerusakan bagasi, keterlambatan bagasi, kehilangan paspor dan kehilangan barang berharga selama mereka melakukan perjalanan. 

4. Proteksi Perlindungan Rumah

Para traveler juga akan merasa aman saat meninggalkan rumah karena ada perlindungan jika terjadi musibah seperti kebakaran dan kemalingan. 


Lalu Beli Dimana Asuransi Perjalanannya?

Mega Travel Care dari Mega Insurance 


Salah satu Perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik dan sedang berkembang pesat adalah Mega Insurance yang mempunyai layanan Mega Travel Care yang memberikan jaminan ganti rugi akibat kerugian selama perjalanan para pemegang polis. 


Mega Travel Care memberikan layanan perlindungan bagasi dan barang-barang pribadi selama perjalanan yang diberikan kepada pemegang polis. Layanan ini mencakup perlindungan kehilangan bagasi serta barang-barang pribadi seperti dokumen dan uang. Mega Insurance juga memberikan layanan evakuasi medis dengan cakupan tanggungan menyeluruh hingga pemegang polis meninggal dunia. 


Mega Insurance memberikan manfaat perlindungan menyeluruh untuk para traveler dan keluarga selama melakukan perjalanan wisata ataupun perjalanan bisnis.


Mega Travel Care dari Mega Insurance mempunyai dua layanan yakni Mega Travel Care Internasional dan Mega Travel Domestik yang dapat memberikan rasa tentram dan aman selama kita bepergian. 

Mega Travel Asuransi 

Mega Travel Care Domestik

Merupakan layanan asuransi dari Mega Insurance yang memberikan perlindungan pada perjalanan domestik para traveler di seluruh pelosok Indonesia. Layanan ini bisa mencakup kecelakaan diri, meninggal dunia akibat kecelakaan, cacat tetap total, biaya pengobatan dan perawatan medis akibat kecelakaan, evakuasi dan pengembalian jenazah.

Di samping itu Mega Travel Care Domestik memberikan perlindungan atas ketidaknyamanan selama masa perjalanan atau traveling seperti kehilangan bagasi dan harta benda, pembatalan perjalanan, pengurangan perjalanan juga kerugian akibat pembajakan pesawat terbang. 

Seperti yang sudah saya sebut di atas tentang manfaat asuransi, Mega Travel Insurance juga mempunyai jaminan perluasan dimana melakukan proteksi terhadap isi rumah akibat kebakaran atau kemalingan. 


Mega Travel Care Internasional

Merupakan asuransi perjalanan internasional menyeluruh yang akan melindungi perjalanan para pemegang polis beserta keluarga selama perjalanan ke luar negeri hingga kembali ke tanah air. 

Cakupan perlindungan yang dilindungi oleh Mega Travel Care berupa kecelakaan diri, cacat akibat kecelakaan, meninggal dunia, biaya perawatan medis, perawatan lanjutan ke luar negeri, santunan tunai di rumah sakit, rawat inap, ICU dan masih banyak yang lainnya.


Nah, jika kamu hendak bepergian ke luar kota, luar provinsi atau luar negeri saatnya kamu memutuskan untuk segera memiliki asuransi perjalanan dari Mega Insurance ini.


Referensi:

1.https://www.megainsurance.co.id/pages/mega-travel-care
2.https://www.linasasmita.com/2016/01/itinerary-krabi-thailand-selatan-selama.html

39 comments :

  1. Asuransi keselamatan jiwa kita memang sangat penting ya Mbak, untuk menjamin perjalanan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Tepatnya kalau yang ini asuransi perjalanan yang meng-cover biaya² yang akan ditanggung ketika traveler meninggal dunia.

      Delete
  2. Terimakasih banyak sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat ini Mbak, semagat terus dalam berkarya.

    ReplyDelete
  3. Iya Mbak dengan menggunakan asuransi perjalanan kita bisa mendapatkan perlindungan ketika melakukan perjalanan.

    ReplyDelete
  4. Jadi ingin segera liburan niha Mbak hehe, sudah lama tidak liburan soalnya.

    ReplyDelete
  5. Saya jadi ingin menggunakan layanan asuransi dari Mega Isurance juga nih Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau akan bepergian sebaiknya menggunakan layanan ini Mbak. Yuk ahm

      Delete
  6. Iyaa, kehilangan ponsel bikin nyesek karena kenangan kita jadi ikutan melayang ya Mbak Zubaedah eh Mbak Lina ... :D

    ReplyDelete
  7. Betul bangettt, mba Lina
    Namanya travel insurance itu amat sangat pentiiingg
    Dan tiap pelancong harus banget punya travel insurance
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. yang namanya musibah gak tau kapan datangnya yaa mbak. Lagi liburan juga bisa aja kena musibah. sebelum baca ini gak pernah kepikiran soal asuransi perjalanan.

    ReplyDelete
  9. Selama ini melakukan perjalanan nggak pernah memakai asuransi perjalanan. Tapi, ternyata emang butuh banget, ya. Baru tau juga kalau asuransi perjalanan itu include kehilangan barang.

    ReplyDelete
  10. Kehilangan yang mirip Teh. Saya laptop dan ponsel berisi rekaman jejak anak mulai hamil, bayi sampai balita semua hilang karena digondol maling. Semoga ini jadi pelajaran sehingga kita bisa menjaganya, salah satunya dengan asuransi

    Meski betul, semua foto dan video yang hilang, momennya tidak akan pernah tergantikan...

    ReplyDelete
  11. Duh mba, itu kolam renangnya glowing bgt, kalah deh muka aku :D

    Penting bgt ya berarti ada asuransi perjalanan saat travelling, kalo ada kehilangan hp ini jd kita tenang. Dan aku baru tau kalo asuransi perjalanan mengcover kehilangam hape juga.

    ReplyDelete
  12. Bener mba asuransi perjalanan penting bngt trmakku pernah kehilangan koper ternyata kopernya ikut k perancis padahal dia cuma k Singapore duhh 4 Hari kopernya baru balik stelh bnyk drama

    ReplyDelete
  13. Oh, baru ngerti ternyata cakupan asuransi perjalanan itu banyak ya. Kirain cuma untuk mengganti tiket kalau ada pembatalan atau keterlambatan aja.

    ReplyDelete
  14. Aku pun selalu pakai mba.. you never know what will happen during your journey

    ReplyDelete
  15. Aku termasuk yang on off ne kalau pakai asuransi perjalanan.
    Tergantung budget, muahahaha
    Jangan ditiru ya, pemirsah! :)
    ... karena musibah suka hadir tanpa disangka.

    ReplyDelete
  16. Aaakk, jadi pengin ngetrip lagi dah!
    Ga boleh lupa pesen travel insurance duluuu
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  17. Ternyata asuransi perjalanan itu penting banget ya Mbak, dan benefitnya juga luas banget ini, segala yg dibutuhkan terkait perjalanan.
    Asuransi Mega ini juga bagus ya karena gak mengikat dan memberatkan karena ada pilihan pembelian per perjalanan.

    ReplyDelete
  18. Waduuhhh..ikutan nyesek kalo inget Handphone hilang di negeri orang. That's why penting banget ya mba punya asuransi perjalanan :)

    ReplyDelete
  19. Duhhh ikut merasakan pedihnya hati mba Lina karena kehilangan ponsel. Iya ya kalo enggak punya asuransi perjalanan, kita nggak bisa berbuat apa-apa. Laporan kehilangan juga sekadar jadi catatan pihak berwenang aja pastinya. Jadi pengalaman yang sangat berharga ya, aku jadi merasa dijewer juga nih baca ini. Kadang lupa nggak menyiapkan asuransi perjalanan

    ReplyDelete
  20. Ternyata pesawat terlambat dan rumah yang ditinggal selama travelling juga tercover asuransi ya. Tenang banget nih kalau pergi lama ninggal rumah nggak ada yang jagain.

    ReplyDelete
  21. Temenku setiap kali travelling lama, pasti asuransiin perjalannnya juga. Asuransi ini sangat penting banget ya teh.

    ReplyDelete
  22. Asuransi memang penting bangeet ya mbak, pernah suatu ketika aku habis liburan handphone tertinggal di taxi, langsung konfirmasi ke call center taxi tersebut slow respon sekali. Aku malah baru tahu kalau ada asuransi perjalanan

    ReplyDelete
  23. Seru juga ya traveling sama teman lama plus anak-anaknya ke Krabi. Allhamdulillah ada fasitlitas penjemputan gratis ya mbak dari pihak resrt jadi memudahkan kita. Siapa pun gak mau kena musibah ya mbak, walaupun berat harus diikhlaskan dan harus bisa menikmati traveling. Jadi aware deh skr aku juga akan pentingnya asuransi perjalanan supaya bis ada proteksi saat liburan.

    ReplyDelete
  24. Innalillahi... duh mbaa.. ga mbayangin kehilangan ponsel dan anting sekaligus gitu. Nyesek yaa mbayangin mau liburan tapi kok malah ada tragedi di awal gitu. Bener banget ya mba saat perjalanan kudu siap2 dengan asuransi perjalanan agar segala kerugian ketika ada di perjalanan bisa dicover oleh perusahaan asuransi yang kita gunakan.

    ReplyDelete
  25. Sedih banget mbak kalau Smpai traveling pas ada kejadian kehilangan barang.
    Jadi kalau buat travel gini, emang lebih aman kalau kita punya asuransi perjalanan yah mbak. Jadi bisa tetap aman saat jalan2 nya hehee

    ReplyDelete
  26. penting ya mba buat yang cukup sering melakukan traveling, terlebih ke banyak negara dan kota

    ReplyDelete
  27. yaampun mbak pernah ke phi phi thailand... aku pengen bgt kesana,,

    emang setuju, untuk perjalanan apalagi jarak jauh begini, asuransi mah penting bgt

    ReplyDelete
  28. Dalam perjalanan memang sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan jadinya asuransi penting

    ReplyDelete
  29. kayaknya belum banyak orang mikir asuransi perjalanan itu penting ya kecuali kalau mau bikin visa padahal penting banget kan

    ReplyDelete
  30. Bagi yang suka traveling, punya asuransi perjalanan kayaknya wajib yaa agar perjalanan lebih tenang

    ReplyDelete
  31. Kalau kehilangan seperti kaka Sierra, di cover juga kah...kalau pakai asuransi perjalanan?
    Aku bakalan sedih banget, tapi bener...kak Lina. Show must go on!
    C'moon...
    Have Fun!

    ReplyDelete
  32. Sekarang kalau mau bikin visa juga harus pake asuransi ya mbak. Jade mau ga mau kalo traveling harus punya asuransi

    ReplyDelete
  33. Penting banget mbak asuransi perjalanan dan saya sendiri senang lihat premi yang ditawarkan dari Mega Travel Insurance.

    ReplyDelete
  34. Punya asuransi jalan2 jd lebih tenang ya tp klo uangnya di pake bayar asuransi ga bisa jalan2 ...ginilah klo uangnya ngepas heheh

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates