Saturday, 13 October 2018

Mudahnya Memesan Kartu Nama di Gogoprint


Sebagai blogger, sudah lama saya berfikir bahwa memiliki kartu nama itu sangat penting. Apalagi jika sering menghadiri berbagai event, seminar, famtrip dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bertemu banyak orang. Perlu sekali memperkenalkan diri siapa saya sesungguhnya. Karena dari perkenalan inilah jaringan atau networking akan mulai terjalin.

Terkadang, dalam hati kecil muncul bisikan, siapalah saya ini hingga harus mengenalkan diri pada banyak orang. Namun, di sisi lain saya menyukai perkenalan dengan orang baru dari berbagai latar belakang. Kebetulan, karena saya tipe orang yang suka bercerita dan bertukar fikiran. Selain itu, saya selalu ingat dengan nilai-nilai yang sering diterapkan oleh keluarga besar di kampung halaman bahwa dengan silaturahim, menjaga hubungan baik dengan saudara dan orang lain, mengenal banyak orang baru, semua itu akan mendatangkan kebaikan, rejeki, dan memanjangkan umur.

Kenangan-kenangan bersama keluarga seketika bermunculan dalam ingatan. Dahulu, kedua nenek saya seringkali mengajak cucu-cucunya untuk berkunjung kepada sanak saudara dan teman-teman masa kecilnya di kampung lain, yang jarak tempuhnya hingga 1 jam perjalanan dengan berjalan kaki. Terkadang terhalang hujan, terkadang juga terhalang panas. Namun mereka tetap bahagia menjalaninya. Hal ini meninggalkan kesan tersendiri dalam hati saya hingga sekarang.

Saya teringat sebuah hadist dari Rosulullah SAW yang bersabda “Barangsiapa yang suka diluaskan rizkinya dan ditangguhkan ajalnya, hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dan menyambung silaturahim”. (HR. Bukhari No. 2067). Maka tatkala menghadiri berbagai pertemuan, seringkali saya sengaja berkenalan dengan orang lain dan menanyakan apakah boleh meminta kartu nama. Namun ketika mereka meminta balik kartu nama kepada saya, sayangnya hanya mampu mengatupkan kedua telapak tangan di depan dada sambil meminta maaf. Ya, karena saya belum punya kartu nama. Hehe.

Hari gini kok masih saja butuh kartu nama Jeng? Eh, jangan salah. Biarpun zaman makin canggih, Dikala semua hal serba digital, dikala semua orang dengan mudah bisa saling menghubungi via media sosial seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, telegram dan sejenisnya, kartu nama yang dicetak masih mempunyai banyak keunggulan sehingga biarpun tampak outdated tetap saja keberadaannya masih dibutuhkan.

Beberapa keunggulan kartu nama dibanding media sosial versi saya adalah:



1. Personal Branding & Melambangkan Profesionalisme
Sebagai blogger yang bercita-cita menjadi blogger profesional, bukan lagi blogger ala-ala yang hanya bisa berhaha-hihi di blog, kartu nama merupakan alat Personal Branding dimana akan menjadi momentum untuk membangun kepercayaan masyarakat untuk mengenal apa itu profesi blogger sesungguhnya. Sebagai blogger yang serius ngeblog, tentu saya akan banyak diuntungkan jika semakin hari, masyarakat semakin melek dengan dunia blogger. Maka dari itu wajib hukumnya untuk memperkenalkan sendiri apa itu blogger kepada teman atau kenalan yang kita jumpai. Ngomong-ngomong ada gitu blogger yang tidak serius ngeblog? Banyaaak Kak! Itu yang update blognya setahun sekali. Hehe. Itu mah aku ya. Duluuu tapi! 😂

2. Mudah Dibawa dan Disimpan
Tidak seperti gadget yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, kartu nama mudah dibawa dan diselipkan dimana saja. Namun hati-hati jangan sembarangan menyelipkan nanti malah tidak ketemu karena lupa.

3. Memuat Informasi Penting
Kartu nama memuat beberapa informasi penting yang sangat dibutuhkan untuk mengetahui identitas dan juga untuk menghubungi seseorang. Jika gadget hilang atau smartphone sedang ngambek plus lowbatt, maka jika kamu sedang terburu-buru mencari informasi atau sedang dalam keadaan penting bin genting dalam perjalanan menuju alamat seseorang, dengan adanya kartu nama, tentu akan sangat membantu.

4. Di Saat Sinyal atau Jaringan Hilang Tetap Masih Bisa Digunakan
Anggap saja kamu sedang menuju sebuah desa yang jauh dari kota, maka pencarian alamat tidak cukup dengan mengandalkan GPS atau sinyal internet saja, mengetahui detail kontak seseorang melalui kartu nama di saat-saat seperti ini, akan sangat membantu sekali.


Poin seterusnya kamu bisa menambahkannya sendiri. Intinya, saya akan membuat kartu nama. Horeeeeee.


Cetak Kartu Nama di Gogoprint.co.id



Karena keputusan sudah bulat dibuat, maka saya pun mulai mencari-cari dimana akan mencetak kartu undangan nama yang keren dan profesional. Nggak mau dong nanti kecewa. Misalnya saja, begitu pesanan kartu nama sampai ke tangan, ternyata cetakannya jelek, tintanya pucat, dan kertas cetaknya tipis sehingga mudah robek. Rugi deh.


Dan bulan ini saya bersyukur bisa mengenal gogoprint. Sebuah website yang melayani jasa pembuatan beragam hasil cetak seperti kartu nama, flyer, brosur, kartu pos, kartu ucapan, kartu undangan, poster, amplop, kop surat, menu, x-stand, banner, name tag, dan sejenisnya.


Sebagai perusahaan percetakan online di Asia Tenggara, gogoprint menawarkan produk cetak digital dan offset berkualitas terbaik, layanan pelanggan terbaik dan harga yang terjangkau. Menggunakan layanan gogoprint berarti kita dapat dengan mudah memesan kartu nama, brosur, flyer, banner, dan lainnya, secara online dan dapatkan pengiriman cepat dan gratis di seluruh pulau Jawa & Bali. Sekarang, gogoprint telah aktif beroperasi di Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, dan masih banyak lagi negara lainnya yang akan didatangi.

Langkah-langkah pemesanan kartu nama di gogoprint ternyata mudah. Awalnya saya sedikit ragu takut terjadi kesalahan, namun langkah-langkah dan perintah di petunjuk pemesanannya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, sehingga siapa pun yang membacanya akan segera memahami.


Berikut langkah-langkah pemesanan kartu nama di gogoprint:

Langkah 1:

Pertama buka halaman Gogoprint dengan mengetik gogoprint.co.id. Bisa diketik dengan menggunakan www atau tidak. Untuk memudahkan pemesanan, buat terlebih dahulu akun dengan mengisi data-data yang diperlukan seperti nama dan alamat email.


Langkah 2:

Pada halaman depan websitenya kita akan melihat beragam layanan produk yang ditawarkan. Silahkan klik kartu nama jika kamu memang menginginkan untuk membuat kartu nama. Perintah yang muncul di layar akan memberi opsi kepada kita apakah akan mengunggah (upload) desain sendiri atau menggunakan template yang sudah disediakan di sana. Klik salah satunya. Karena saya mendesain sendiri kartu namanya, maka saya klik bagian "Upload Desain Anda".






Langkah 3:

Setelah menekan pilihan "Upload Desain Anda" kita akan dibawa ke halaman selanjutnya yaitu penentuan format cetak. Apakah mau dua sisi full color bagian depan dan belakang, atau satu sisi saja full color bagian depan. Isian di bawahnya memberi pilihan untuk jenis kertas dan sentuhan terakhir pada kartu nama. Apakah mau dilaminating dengan plastik bertekstur matte atau glossy dan apakah mau digunting sudut-sudutnya atau tidak. Tinggal pilih sesuai keinginan.


Setelah itu kita tinggal memilih "jumlah kartu nama yang dipesan dan kecepatan pengiriman" mau dalam berapa hari. Perhatikan lokasi dengan benar sebelum menekan tombol harga. Jika lokasi atau kode pos di area rumah kamu tidak terdeteksi di database, jangan putus asa, tinggal kabari saja customer service-nya. Mereka helpfulness banget. Saya beberapa kali menanyakan tentang kode pos dan nama area tempat tinggal yang belum terdeteksi radar gogoprint. Tidak berapa lama, mereka sudah masukkan. Dan tadaaa... lokasi Batu Aji tempat tinggal saya yang kurang terkenal ini sudah bisa dibaca oleh sistem mereka. Sebagai warga Batu Aji Batam, saya sih bangga nggak tahu ya kalau Mas Anang Ical. 😄 

"Mbak, Mas Ical itu siapa?"
"Nganuu Kak, suami saya."
"Kalau Mas Anang?"
"Suaminya Ashanty" 
"Lalu hubungan Mas Ical dengan Mas Anang apa?" 
"&*$#@*&^%"👻🙎"



Pengalaman saya, karena tidak terburu-buru maka sewaktu melakukan pemesanan, saya memilih ketibaan sekitar 7 hari ke depan. Apalagi semakin lama waktu sampainya ke alamat si pemesan, maka harganya semakin murah.  Kalau mau cepat pun bisa, tinggal pilih saja kapan, lagian harganya pun tidak terlalu jauh berbeda. Klik saja angka-angka nilai rupiah yang cocok dengan budget dan waktu kamu. Semuanya transparan tanpa harus mengisi biaya ini biaya itu. All in nggak perlu mikir berapa ongkos kirim untuk Jawa dan Bali. Simpel banget mudah dimengerti semua orang. Tapi wait, saat aku memesan dari Batam pun ternyata tidak pakai ongkir loh. Mungkin  ke wilayah Sumatera juga sudah ada yang bebas ongkir.

Setelah memilih/menetapkan harga lalu mengkliknya, akan muncul pilihan dengan judul "Tetapkan Pilihan Anda". Pastikan format file dalam bentuk PDF dan periksa rangkuman pesanan kita apakah sudah sesuai semua atau belum. Jika belum atau ada kesalahan pencet tombol, maka ulangi saja hingga kembali ke tahap ini. Jangan lupa baca syarat dan ketentuan mengenai pembayaran karena jika terlambat melakukan pembayaran, akan berdampak juga pada keterlambatan pengiriman. Jika semua sudah yakin, klik tombol "Upload Sekarang".


Langkah 4:

Upload file dalam bentuk PDF. Besar file tidak boleh melebihi dari 1,86 GB. Setelah file takin ter-upload dengan benar, tambahkan ke keranjang belanja. Lalu lanjutkan ke Check Out.

Ini sih simulasi, aslinya kartu nama saya udah sampai di tangan.


Langkah 5:
Pada tahap ini sampai  ke "Proses Check Out" dimana kita harus mengisi beberapa informasi tagihan, alamat pengiriman dan proses pembayaran. Untuk proses pembayaran bisa menggunakan kartu kredit atau transfer bank. 


Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu kartu nama saya sudah sampai. Pesanan datang sekaligus sebanyak 500  lembar bersamaan dengan kartu nama beberapa teman blogger di Komunitas Blogger Kepri yang saya pesan juga.

Belasan tahun ngeblog, bahkan setelah lebih dari 150 purnama berlalu dari zaman ngeblog di warnet, baru kali ini punya kartu nama dengan embel-embel "Travel Blog" dan  "Travel Blogger". Jangan ditanya bagaimana perasaannya. Terharu. Tentu aku lebay, norak dan senang banget hehe.

Sekali lagi, Alhamdulillah. Teriak ala Khabib Nurmagomedov.😃




Kamu Blogger? Sudah punya kartu nama belum? Biar kelihatan profesional, cusss ah pesan kartu nama. Mudah kok tinggal klak-klik pencat-pencet tombol lalu bayar deh. Duduk manis di rumah atau di kantor,  dua tiga hari ke depan pesanan sudah sampai. Jangan lupa dibawa kalau setiap pergi-pergi kemana saja. Mana tahu ada brand atau perusahaan yang tertarik ingin bekerja sama dengan kamu.

17 comments:

  1. Wah sepertinya aku butuh kartu nama baru, dah bosan dengan design lama... Boleh dicoba deh pesan disini ya teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja,template desain dari gogoprint-nya sendiri sudah ada loh.

      Delete
  2. Kadang2 kartu nama juga diperlukan bagi orang yang suka koleksi kartu nama. hhe.

    Desain sendiri merupakan kepuasan bathin...

    alhamdulillah juga kak, sudah bantu dibuatkan kartu nama blog saya.
    makasih yaaaa.
    -waitingformine..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Tunggu ya agak telat datangnya soalnya belum sempat juga pergi ke kantor pos.

      Delete
  3. beuuuh desain baru ya Teh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku desain baru. Eh emang ada desain lama ya? Bingung.

      Delete
  4. Mbak salam dong buat mbak KD wakakakkakakak

    ReplyDelete
  5. Aah, kartu namanya lucu. Aku jadi pengen pesan juga. Proses pemesanannya cukup mudah juga ya, praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk dibuat Mbak. Mayan murah kok.

      Delete
  6. Cakep kartu namanya.. girly2 gituh.

    Keren juga ya sekarang kak udah bisa design sendiri kartu nama di Gogoprint ini. Ntar kartu nama habis, pesan dimari ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum pernah punya kartu nama sama sekali Chay. Jadi ini perdana yang bikin happy.

      Delete
  7. Wah.. aku juga mau bikin kartu nama. Kalo blogger punya kartu nama keren juga ya, biar lebih profesional kayaknya.. hehe

    ReplyDelete
  8. Kereeen... digital printing online. Pertama liat sekilas aku kira ada hubungannya sama google. Tapi cetak buku belum bisa, ya?

    ReplyDelete
  9. Kartu lamaku kuhabiskan dulu ah baru order lagi hihi

    ReplyDelete
  10. dengan kartu nama blogger akan menunjukkan bahwa masyarakat mengenali itu. gogo print melayani sepenuh hati (xixixixi).

    ReplyDelete
  11. iya sih. kartu nama bikin kita tampak profesional ya :)

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...