Monday, 6 August 2018

Menelisik Keanggunan Masjid Agung Natuna Masjid Tercantik di Kepri

Anggun, Indah, dan megah. Itulah kesan pertama tatkala kendaraan yang kami tumpangi melaju menuju kompleks Masjid Agung Natuna. Dengan berlatarkan Gunung Ranai yang hijau dan asri, keanggunan kubah-kubah masjid Agung Natuna yang dominan berwarna hijau, semakin terpancar bagai zamrud yang berkilauan di ujung utara Selat Karimata.

Masjid Agung Natuna
Masjid Agung Natuna

Dibangun dengan menggunakan dana APBD Kabupaten, pembangunan Masjid Agung Natuna diinisiasi oleh bupati terdahulu yaitu Drs. H. Daeng Rusnadi M.Si yang menghendaki adanya icon Natuna yang dapat menjadi kebanggaan dan sekaligus sebagai simbol eksistensi Agama Islam di Kabupaten Natuna. 


Menurut Penuturan Pak Both Sudargo selaku arsitek yang  merancang desain keseluruhan masjid ini mengatakan bahwa survei-survei untuk pembangunan masjid sudah dimulai sejak tahun 2002. Sedangkan pembangunan secara fisik baru dimulai pada tahun 2007 dan selesai tahun 2008. Namun secara resmi masjid dibuka untuk umum pada Jum’at 4 April 2009. 


Keindahan desain masjid sudah terlihat sejak jalan masuk yang terbentang sepanjang kurang lebih 1,2 km. Diantara jalan masuk dan jalan keluar masjid, terdapat sebuah sungai yang berhiaskan bebatuan besar yang dapat dugunakan pengunjung atau jama’ah untuk duduk-duduk sejenak sambil berfoto mengagumi keanggunan masjid ini. Dari lokasi ini penampakan Masjid Agung ini mirip seperti bangunan Taj Mahal di India.

Halaman Masjid

Labirin Kubah

Desain kubah dari dalam.

Mihrab

Ketika menginjakkan kaki di pelataran masjid yang luas, tak henti-hentinya kami terus mengarahkan kamera untuk merekam keanggunan masjid berkubah hijau ini. Luas bangunan masjid yang mencapai 5.500 meter persegi tak semuanya dapat kami jelajahi mengingat waktu berkunjung yang sedikit. Saya sendiri hanya sempat memasuki ruang utama, lantai dua masjid, dan area lorong yang berupa labirin. Padahal masih banyak titik lainnya yang perlu saya telisik lebih jauh lagi. Apalagi saya selalu penasaran apa alasan seorang arsitek memutuskan untuk menerapkan desain yang ia rancang. Ketika bertemu Pak Both Sudargo di Alif Stone Park, Arsitek Lulusan ITB yang mendesain masjid Agung Natuna ini sedang terburu-buru untuk mengerjakan sholat maghrib, jadi saya tidak sempat membicarakan banyak hal mengenai karya masterpiece-nya ini.


Bangunan utama Masjid terdiri dari 1 kubah besar dan 6 kubah kecil dan dilengkapi dengan 20 pintu. 3 pintu utama menghadap ke bagian utara. Di keempat penjuru masjid terdapat 4 menara setinggi 17 meter yang merepresentasikan 17 rakaat sholat dalam 5 waktu yang dijalani oleh umat Islam. Masjid juga dilengkapi oleh sebuah bedug raksasa dengan diameter 2 meter dan panjang 5 meter. Kayu bedug ini didatangkan dari desa Klarik dimana diperlukan waktu sekitar 8 bulan untuk membawa kayu ini keluar dari hutan Natuna.


Masjid Agung Natuna dapat menampung jama'ah hingga 5.000 orang. Namun jika seluruh area pelataran dan halaman samping masjid digunakan, maka bisa menampung lebih dari 10.000 jama'ah. Selain bangunan utama untuk sholat, di kawasan masjid juga terdapat Asrama Haji, Gedung Serbaguna, Ruang Pertemuan, dan di sebrang kompleks masjid yang dikelilingi jalan melingkar, terdapat sebuah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI).


Selain difungsikan sebagai pusat ibadah umat Islam di Natuna, di Masjid ini juga kerap diselenggarakan MTQ dan STQ guna menjaring putra-putra daerah Natuna dan Kepri untuk nantinya diperlombakan lagi ke tingkat nasional.


Tak lebih dari 1 jam kami berada di masjid Agung Natuna ini. Waktu berkunjung kami ternyata masih sangat kurang, namun setidaknya dapat mengobati kerinduan untuk menyaksikan dan merasakan langsung pesonanya dari dekat.


Apakah kamu juga ingin berkunjung ke Masjid Agung Natuna? Yuk rencanakan segera!

28 comments:

  1. masjid agung natuna ini salah satu tempat yang ingin aku kunjungi bila datang ke natuna, wuih kak lina jumpa dengan arsitektur nya ... sayang ya tidak bisa bincang banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ini juga termasuk salah satu wish list aku yang bulan ini tercoret.

      Iya aku ketemu arsiteknya juga, sayang waktunya sempit.

      Delete
  2. Cantik nya....... jadi pengen kesono lah. Tambah bangga sama kepri,

    ReplyDelete
  3. Keren ya teh masjid nya, unik dan pemandangan di luar masjid juga indah banget, moga next bisa berkunjung ke sini. Amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin. Iya Eka. Ini masjidnya dibangun dengan perencanaan yang matang dan memperhatikan estetika. Hasilnya tidak saja megah tapi anggun dan indah.

      Delete
  4. Alhamdulillah, sampai juga di Masjid Agung yaa kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal mau ketemu dirimu eh yang punya rumah sedang merantau rupanya haha.

      Delete
  5. I love all the details mba.. cantik yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Aku nyimak banget setiap detailnya. Pengen rasanya aku fotoin dan upload semua hehe.

      Delete
  6. Masjidnya cantik banget, kalau ke Natuna jangan samapi kelewatan nih mengunjunginya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Nis. Jangan kelewatan buat berkunjung ke Masjid keren ini.

      Delete
  7. Dari gambar yang paling atas, masjidnya kayak Taj Mahal ya :) hehehe

    ReplyDelete
  8. Pemandangan disekeliling masjid juga hijau dan asri ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Tepat di belakangnya ada Gunung Ranai yang lumayan tinggi.

      Delete
  9. Sekilas memang mirip kayak Taj Mahal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul Kak Sasa. Sekilas emang mirip.

      Delete
  10. Labirin kubahnya indah banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang pefotoan di sini. Sayang waktunya sedikit jadi gak eksplor lebih dalam lagi.

      Delete
  11. MasyaAllah cakep banget ��
    Dari kecil hidup dikepri tapi paling jauh cuma ke bintan. Pengen banget ini ke natuna. Tambah baca ini tambah mupeng teh. Btw saya suka wisata religi jd kemana2 suka nyari masjid yg indah-indah teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Alhamdulillah kalau gitu Mbak Eka. Yup,Natuna bisa dimasukan nih ke salah satu tujuan wisata religi.

      Delete
  12. Bagus bgt. Pemandangan mesjid dari luar. Itu sungai ya apa semacam embung buatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya embung buatan untuk menampung aliran air dari kawasan ini.

      Delete
  13. Tiap kali traveling, aku jg selalu seneng dateng kw tempat2 ibadahnya, ntah itu mesjid, pura, kuil, gereja. Selaluuu aja berasa tenang, kalo masuk ke tempat2 suci begini. Apalagi kalo design arsitekturnya bagus seperti mesjid agung ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Fanny, saya pun suka banget berada di lokasi-lokasi seperti ini. Toss ah.

      Delete
  14. Masjidnya cantikkk banget ya Mbak. Apalagi di depannya ada danau.

    ReplyDelete
  15. Wuih, gambar Masjid ini kalau ditembak dari atas pakai Drone pasti bagus banget nih.
    Masjid ini memang dibuka sebagai tempat wisata juga mba? Kalau ya, apakah ada guide di sini yg bs menerangkan mengenai bangunan ini?

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...