Senin, 26 September 2016

Ini dia makanan populer di Indonesia yang paling banyak dicari turis asing

Kekayaan Kuliner Indonesia


Ternyata tak hanya kebudayaan dan keindahan alam Indonesia saja yang menyita perhatian dunia, tapi juga kekayaan kuliner yang memang lain daripada yang lain. Ada beberapa menu kuliner yang memang sangat terkenal di lidah orang-orang luar Indonesia dan membuatnya jadi menu spesial dan harus disantap saat berada di Indonesia. Meskipun ada beberapa menu yang juga ditemui di negara lain, tapi soal rasa memang tetap beda.

Berikut ini kami tampilkan beberapa menu makanan populer yang juga banyak diburu oleh turis asing saat berada di Indonesia. Mungkin salah satunya adalah menu favorit anda.

1. Tempe

Di Indonesia tempe mungkin terdengar sebagai makanan tradisional yang murah karena memang mudah didapat dan jadi bagian lauk pauk masyarakat sehari-hari. Tapi ternyata tempe menjadi favorit di luar negeri dan lidah-lidah mereka bisa menikmati tempe sebagai makanan mahal yang populer. Tak heran jika di luar negeri, harga tempe bisa lebih mahal 5 kali lipat dibandingkan di Indonesia sendiri. 


Tempe Tahu


2. Nasi Goreng
Hidangan nasi bagi masyarakat Indonesia adalah makanan pokok yang tak akan tergantikan. Inilah yang membuat nasi goreng bisa diterima di daerah manapun meskipun memiliki rasa dan ciri yang berbeda-beda. Nasih putih yang ditumis dalam suhu tinggi dicampur kecap dan bumbu andalan lainnya. Variannya pun berkembang dengan menambahkannya dengan lauk lain seperti telur, daging, seafood, sosis, dan lainnya. Meski terlihat sederhana, tapi nasi goreng tak akan pernah mati gaya untuk orang Indonesia. Turis-turis yang datang ke Indonesia pun tak menyangkal jika nasi goreng di Indonesia memang luar biasa enaknya meskipun beberapa negara di Asia juga memiliki menu yang sama.


Nasi Goreng

3. Martabak
Martabak masuk ke dalam menu makanan yang tidak terlalu berat tapi juga mengenyangkan. Di luar negeri makanan model begini disebut pancake. Di Indonesia terkenal dua jenis martabak yang umumnya dijual bersamaan yaitu martabak manis atau di beberapa daerah juga disebut terang bulan, dan satu lagi martabak telur dengan bahan dasar telur dan daging. Martabak telur terbuat dari adonan yang digoreng di atas loyang bundar yang ditaburi cokelat, gula, keju, kacang, dan olahan manis lainnya. Sedangkan martabak telur berisi campuran telur, daging, bawang, bumbu pelengkap dan dihidangkan bersama dengan acar timun.
4. Rendang
Masakan Padang yang sudah tersebar dan menasional di setiap sudut daerah di Indonesia memang tak bisa dipungkiri memiliki rasa yang istimewa. Tak hanya turis asing, warga lokal pun menjadikan masakan padang sebagai menu yang mahal dan eksklusif. Rendang adalah salah satu olahan daging yang paling populer di warung makan Padang. Tak heran dengan tekstur dan rasa bumbu yang kaya rempah membuat turis-turis juga menyukainya.



5. Siomay
Menurut sejarahnya, Siomay bukanlah makanan asli Indonesia, tapi dari Mongolia. Tapi Siomay sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Mulai dari dijual pedagang keliling, di sekolahan, hingga masuk ke pasar elit seperti di mall, siomay tetap memiliki penikmat di mana-mana dan berhasil mencuri perhatian turis asing. Bagi mereka, siomay adalah dimsum ala Indonesia dengan bumbu kacang yang membuatnya lebih enak. Campuran siomay biasanya terdiri dari kukusan kentang, tahu, bakso, dan beberapa sayuran.



6. Pempek
Makanan khas Palembang ini memang sudah terkenal seantero Indonesia dan turis asing yang datang ke Indonesia akan dibuat penasaran dengan makanan yang satu ini. Makanan yang memiliki tipe kapal selam, lenjer, dan adaan ini berisi telur bulat dan disajikan dengan kuah pedas yang asam. Rasanya memang membuat ketagihan sehingga siapa saja yang pernah memakannya akan selalu ingin memakannya lagi.
7. Soto
Makanan rakyat ini memang sudah jadi menu sehari-hari. Turis asing yang berada di Indonesia biasanya menyantap soto untuk menu makan siang. Kuah segar dengan rasa kaldu yang unik serta campuran daging ayam atau sapi, mie, telur, kerupuk, tomat, kecambah, dan bawan goreng ini membuat lidah orang mancanegara menari-nari. Ditambah lagi setiap daerah di Indonesia sepertinya punya menu soto andalan sendiri-sendiri, sebut saja soto Kudus, soto Betawi, Soto Makassar, dan lainnya.
8. Indomie
Bukan soal merek dagangnya, tapi Indomie telah menjelma menjadi budaya masyarakat Indonesia yang sukses diterima di luar negeri. Mie instan merek ini telah mendarah daging bagi rakyat Indonesia dan tentunya berhasil mencuri perhatian masyarakat dunia. Terbukti dengan terus di impornya Indomie ke sejumlah negara. Ini secara tidak langsung  menyampaikan pesan bahwa mie instan ala Indonesia ini disukai lidah orang luar negeri.
9. Sate
Daging-daging yang dipotong kecil-kecil kemudian di tusuk bambu kecil dan dibakar adalah makanan yang juga menarik perhatian para turis. Di luar negeri daging yang dibakar bernama barbeque, dan setelah di Indonesia berubah menjadi potongan kecil yang ditusuk bambu dengan saus kacang yang memiliki rasa khas. Di Indonesia terdapat dua jenis sate yang cukup populer yaitu Sate Padang dan Sate Madura. Keduanya berbeda dalam hal penyajian bumbu dan sama-sama menarik perhatian pecinta kuliner nasional maupun mancanegara.



10. Sambal
Beberapa daerah di Indonesia memang memiliki menu sambal dan pedas yang menjadi favorit. Tak jarang sambal menjadi pelengkap yang harus ada di setiap rumah makan bahkan pada menu-menu tertentu seperti pecel lele, bakso, soto, sate, dan lainnya. Sambal telah mejelma menjadi sebuah kebutuhan akan rasa pedas yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Turis-turis yang juga menyukai masakan pedas biasanya akan merasa bahwa sambal menjadi bagian tak terpisahkan saat makan di Indonesia. Dengan beragam racikan seperti sambal terasi, sambal bawan, sambal cobek, dan lainnya pastinya tak lengkap jika makan tanpa sambal.



11. Bakso
Makanan yang aslinya berasal dari Cina dan berkembang saat para pedagang dari Cina menginjakkan kaki ke Indonesia ini memang menjadi makanan berat yang juga jajanan rakyat Indonesia. Siapa sangka menu daging giling yang dibentuk bulat-bulat ini mencuri perhatian para turis mancanegara untuk mencicipinya. Kuah yang menyegarkan di lidah dan bakso yang khas membuat makanan ini populer dalam beragam kalangan.




Nah dimana saja anda mendapatkan semua makanan populer di atas? Tentu saja hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Namun biasanya tiap daerah punya ke khasan masing-masing yang berbeda dengan daerah lainnya.

Bagi yang suka berburu makanan-makanan enak tersebut, bisa melakukan kegiatan hunting kuliner sekalian sambil traveling mengunjungi destinasi-destinasi menarik di berbagai provinsi di Indonesia. Namun yang patut diingat, sebelum traveling coba rajin-rajin pantau tiket promo dari tiket2.com agar bisa hemat travelingnya, sehingga budget yang tersisa bisa digunakan untuk hunting kuliner lokal.



64 komentar:

  1. Indomie jga masuk nominasi ya,turis nya pulang dr indonesia pasti borong indomie buat oleh2. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar loh di Batam tuh kejadian turis asal Sing pada ngeborong Indomie haha.

      Hapus
  2. Siomay...dan sate paling yahuddd....apalagi kalau dikasih cuma cuma...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss...dua makanan favorit saya juga :D

      Hapus
  3. Siomay...dan sate paling yahuddd....apalagi kalau dikasih cuma cuma...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reply komennya dirapel di atas ya Om haha.

      Hapus
  4. Nasi goreng sama rendang yang udah masuk list jadi makanana terenak di dunia ya teh (klo ngga salah). Rendang emang fenomenal banget lah dan yang paling enak itu rendang bikinan mamah :) ngga ada yang ngalahin pokonya lah hehheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seingat saya rendang Ci. Entah kalau nasgor.

      Hapus
  5. Ini yang akan selalu dikangenin kalo trip lama ke luar negeri hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Kadang kangennya itu udah di tenggorokan, kalau trip masih lama yang dilakukan cuma bisa nelan ludah doang haha.

      Hapus
  6. jangan kan turis asing teh...saya yang warga indonesia aja tak bosan bosannya makan semuaaaaaa yang ada diatas tuh....hapalagi rendang jengkol...wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha rendang jengkol. Tapi bener semuanya saya suka.

      Hapus
  7. org luar juga suka sama tempe ya? saya kira enggak hehe... dan harganya woww... beruntung kita bisa makan tempe dgn mudah, karena tempe adalah makanan sehat khas Indonesia. Bangga banget deh punya tempe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya haha tempe kalau udah dijual di luar negeri, naik level mbak harganya juga mahal :D

      Hapus
  8. arggg teteh bikin baperr eh laper euy..bangga jadi orang indonesia banget deh ahaha...Rendang selalu bikin ngangenin, tempe di goreng aja enak, bakso dan soto anget anget eaaaa......

    BalasHapus
  9. ambil semuaaa...suka semua.apalagi sate^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak aku suka banget sama sate.

      Hapus
  10. baso nya utk nimpuk orang sakit kali tuh ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk....sakit di badan terlebih hati lebih sakit :D

      Hapus
  11. Itu mah saya suka semua Mbak. Jangankan turis...xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya boro-boro turis kita juga suka 😂😀

      Hapus
  12. Aku juga sukaak semua makanannya mbaa. Bersyukur banget ya Indonesia kayak kuliner

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak kita pemakan segala semua suka haha 😀😀😀

      Hapus
  13. Aku suka semuanya mbaaaak. Tapi yang paling jarang didapat itu pempek T.T duh jadi pengen, kan kan kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini tiap pagi ada yang jual empek-empek jadi kalau kangen bisa cepat-cepat beli.

      Hapus
  14. Itu makanan kesukaanku smuanyahh mbak...

    BalasHapus
  15. Ahi hi hi kalau menurut saya mah tidak hanya bule saja mbak yang suka tapi saya juga suka atuh sama semua makanan diatas terutama bakso yang besar itu pasti muantappp kalau dicoba makan seporsi dengan bakso segede gituh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini baksonya bikin eneg kalau kebanyakan Mas 😊

      Hapus
  16. Jadi inget pidato Obama, nasi goreng! Bakso! Sate! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya ya dia sebutin jelas banget. 😀😀

      Hapus
  17. Aku suka semuanya, tempe dan tahu terus pakai sambal beeeh nikmatnya

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. Iya, noh Mbak Zulfa Emak Mbolang waktu di India suaminya sampe borong indomie 😀

      Hapus
  19. Wah... Pwmpel digemari orang asing kuga ya Mba?

    BalasHapus
  20. Kalo baca postingan ini aku bersyukur banget hidup di Indonesia makanannya enak-enak banget ternyata. Bahkan cuma makan nasi sama sambal atau mie instan pun enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, setuju, btw kalau kita bersyukur makanan apa aja enak dimakan.

      Hapus
  21. Kalo baca postingan ini aku bersyukur banget hidup di Indonesia makanannya enak-enak banget ternyata. Bahkan cuma makan nasi sama sambal atau mie instan pun enak.

    BalasHapus
  22. suka semuanyaa
    duh itu baksonya gede banget :D

    BalasHapus
  23. Suka semuanya Mbaaa, hahaha *maruk*
    Tempe dan tahu menurutku itu makanan mejik deh. Nggak ada bosennya meskipun tiap hari makan :D

    BalasHapus
  24. Rendang yang paling diakui :)

    BalasHapus
  25. Wah..tempe juga disukai sama bule, ya? Kalo rendang memang jadi makanan paling enak di dunia, katanya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, aku pernah baca tuh di Amrik juga pada suka. Ada yang jual orang Indonesia.

      Hapus
  26. Jangankan turis asing mbak, bule lokal kayak saya juga sukaaaaaaa hehehehe :D

    BalasHapus
  27. Aahh..aku juga turiis, suka semua makanan diatas.
    Ada tempe goreng ga Mbaa, aku laper ..!!

    BalasHapus
  28. Diakui bgt kalo kulinwr Indonesia jagonya dari yg di Barat.sampe presiden Obama aja inget sate, naso goreng n bakso wkkk

    BalasHapus
  29. Tempe. Aku juga selalu nyari loh, Mba.
    Ga pernah bosenlah :*

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...