Travelblog.id Situs untuk Referensi Jalan-Jalan dan Kulineran


Seorang cendekiawan sekaligus pengelana dan penjelajah dunia pada abad pertengahan, Ibnu Batutah atau Ibn Batuta mengatakan bahwa: "Traveling membuatmu kehilangan kata-kata lalu mengubahmu menjadi seorang pendongeng." Ya, traveling dan berkelana ke berbagai tempat kerap membuat kita kehilangan kata-kata. baik itu untuk melukiskan keindahan destinasi yang dikunjungi maupun sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta. Terkadang, traveling juga akan membuat si pemalu dan si penakut menjadi seorang yang pemberani. Traveling mengubah si pendiam menjadi si cerewet dan si introvert menjadi ekstrovert


travelblog.id

Salah satu sisi positif yang saya paling sukai dari traveling dalam mengubah kepribadian saya yang cenderung pendiam adalah menjadi gemar bercerita dan menuliskan jurnal perjalanan ke dalam sebuah blog. Bahkan hanya sekedar mampir ke pantai yang tak jauh dari rumah saja, sudah bisa menghasilkan satu tulisan postingan di blog dengan minimal 500 kata. Begitulah kata-kata yang tak terucap itu bertransformasi menjadi sebuah cerita.

Bagi orang-orang yang menyukai traveling seperti saya dan teman-teman, maka era ini adalah era kemudahan dan keleluasaan yang sangat menguntungkan. Dimana segala hal yang berhubungan dengan traveling bisa dengan mudah diselesaikan dengan internet. Jargon dunia di tangan kita, memang benar-benar telah terjadi. Segala informasi mengenai traveling seperti yang berhubungan dengan ticketing, destinasi, transportasi, akomodasi dan hal lainnya begitu mudah diakses. Semudah menjentikkan jari jemari. 


TRAVELBLOG.ID

Ada banyak referensi situs-situs menarik tentang traveling yang bertebaran di internet. Beberapa di antaranya menawarkan referensi cerita traveling yang detail, informatif, dan kekinian. Salah satu situs yang tengah saya gandrungi adalah travelblog.id. Sebuah situs yang menjadi sarana para pejalan berbagi cerita dan pengalaman tentang traveling dan semua hal yang berkaitan dengannya.

Travelblog.id merupakan blog ber-niche  traveling yang menyediakan ruang bagi para pejalan, traveller, backpacker, turis, wisatawan atau apapun istilahnya, untuk saling berbagi cerita perjalanan dan pengalaman selama traveling. Situs atau website ini dapat juga berfungsi sebagai sarana berbagi informasi mengenai destinasi, event wisata, kuliner, tips, atraksi seni dan budaya antar sesama para pejalan.

Didorong oleh keinginan untuk berbagi informasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan pariwisata dan traveling, maka situs yang semula merupakan blog pribadi ini diubah peruntukkannya menjadi blog travel umum. Sejalan dengan keinginan pemiliknya yang ingin turut berkontribusi pada kemajuan pariwisata Indonesia.

Sekarang, mari kita cek langsung ke situs travelblog.id! Halaman utamanya terlihat simpel dan mudah dipahami. Pada bagian header terdapat beberapa kanal yang mempunyai tema berbeda seperti kanal jalan-jalan, kuliner, tips & info, seni & budaya, serta kanal lainnya yang berisi berita, gaya hidup, dan infographic. Selain itu ada juga panduan untuk para kontributor tentang ketentuan membuat artikel serta point yang akan didapat jika rajin mengirimkan artikel ke travelblog.id.

Untuk pilihan bahasa telah tersedia dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dimana para pengunjung bisa dengan leluasa mengubah setingan bahasa tulisan yang akan dibaca dengan mengeklik icon bendera Indonesia atau bendera Inggris. Masih di bagian header juga terdapat kolom "search" untuk memulai pencarian sebuah judul/tema.


Apa Saja Kelebihan Travelblog.id?

Bagi sebagian besar masyarakat, rekomendasi akan suatu lokasi atau destinasi dari orang lain sangatlah penting. Terlebih rekomendasi dari orang yang telah melakukan perjalanan ke tempat tersebut. Maka tulisan-tulisan dari para penulis travel dan perjalanan (travel blogger) sangatlah diperlukan guna memberikan gambaran secara personal tentang destinasi yang orang lain cari tahu. Tidak seperti portal-portal berita yang walaupun mengusung tema tentang travel tetap saja selalu bergaya tulisan straight news yang miskin sentuhan personal dan emosional.

Oleh sebab hal di atas, salah satu kelebihan dari travelblog.id adalah karena tulisan-tulisannya mengandung sentuhan personal sehingga sudut pandang si traveler bisa terwakili. Selain itu tulisan yang ditayangkan juga sudah melalui proses editing sehingga enak dibaca dan mudah dipahami alurnya. Dengan membaca tulisan para kontributor, para pengunjung situs ini dapat merasakan "feel" sebuah tulisan dari gaya tutur para traveler.

Kelebihan lainnya, tentu saja semua orang yang punya cerita dan pengalaman jalan-jalan (traveling) serta tema lainnya yang sesuai dengan syarat dan ketentuan, dapat mengirimkan tulisannya ke situs ini. Para kontributor juga dapat menambahkan lokasi daerah wisata secara akurat dari latitude and longitude yang ditampilkan pada peta di bagian artikel yang ditayangkan.

Tersedianya point bagi para kontributor yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik, menjadi salah satu pemicu positif mereka untuk lebih rajin mengirim tulisan ke situs ini. Apalagi hadiah-hadiah yang ditawarkan sangatlah menarik.

Tersedianya fitur dua bahasa atau bilingual yaitu Indonesia dan Inggris memudahkan para pengunjung yang tidak mengerti bahasa Indonesia untuk menggunakan pilihan bahasa Inggris sesuai yang  dia inginkan.


Manfa'at Keberadaan Travelblog.id 

Keberadaan situs travelblog.id ini tentu saja mempunyai beberapa manfa'at yang dapat dirasakan oleh para pengunjung situs atau para pembacanya. Diantara manfa'at tersebut adalah:

  1. Memberikan beragam pilihan destinasi yang kurang dikenal oleh masyarakat luar daerah sehingga menguntungkan si pengelola destinasi karena semakin dikenal luas oleh khalayak ramai dan juga menguntungkan pengunjung luar daerah yang mendambakan lokasi atau destinasi baru untuk berlibur yang anti mainstream.
  2. Banyak tips dan info penting yang wajib diketahui pembaca. Yakni beberapa tips dan info mengenai berbagai hal dalam traveling dan pariwisata seperti tips bagaimana cara packing yang benar, perawatan tubuh dan wajah selama traveling, tips menghemat bagasi, tips bulan madu hemat dan tips-tips lainnya dikupas dengan lugas dan tuntas. 
  3. Para kontributor bisa mengunggah berbagai pilihan karya seperti tulisan, foto dan video sehingga memberikan pilihan yang beragam kepada para pembaca.
  4. Mengangkat berbagai sajian kuliner yang khas, yang unik, yang baru, ataupun yang sedang hits di suatu tempat sehingga memberikan rekomendasi kepada para pengunjung travelblog.id untuk segera mencobanya.
  5. Bisa menjadi rujukan bagi para calon wisatawan ataupun calon traveler yang akan mengunjungi suatu destinasi.



PERFORMA SITUS TRAVELBLOG.ID

Untuk mengetahui performa dan kinerja sebuah situs atau website, tidak terlepas dari beberapa tolak ukur yang biasa digunakan secara umum oleh para pemilik situs guna mengambil langkah-langkah ke depan dalam mengembangkan situs miliknya. Beberapa tools di bawah ini diantaranya dapat mengetahui dan mengukur performa sebuah situs.


1. Alexa Rank

Alexa berfungsi untuk memfasilitasi para web master (si empunya situs/blog) mengetahui informasi tentang peringkat situsnya berdasarkan dari jumlah trafik atau pengunjung situs. Peringkat trafik Alexa sendiri didasarkan pada trafik pengguna Alexa toolbar yang merupakan gabungan page views dan reach. Semakin kecil angka Alexa, maka semakin baik peringkat sebuah situs atau blog di internet. Sebaliknya, semakin besar angka Alexa rank maka semakin jauh pula situs/blog tersebut dari tingkat kepopulerannya. Alexa Rank mempunyai nilai peringkat dari nilai terkecil yaitu angka 1 hingga seterusnya (nilai berjuta-juta).

Nah bisa kita periksa Alexa travelblog.id beberapa waktu yang lalu untuk laexa Indonesia mempunyai nilai yang cukup baik dengan 36.993 namun untuk global hanya mencapai 1.422.573. Lihat gambar di bawah ini, Alexa terletak di sisi kanan atas gambar.




2. Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

DA dan PA merupakan metriks yang dikembangkan oleh moz.com yang sangat penting dalam teknik SEO. DA dan PA dikembangkan dalam hubungannya dengan tingkat kepopuleran suatu website terhadap mesin pencari (search Engine) seperti Google. Angka DA dan PA dimulai dari 0 (nol) hingga seratus. Semakin tinggi DA dan PAnya maka tingkat kepopuleran situs semakin baik di mesin pencari. Begitu pun sebaliknya.

Adapun nilai DA dan PA dari travelblog.id mempunyai angka DA 24 dan PA 25. Terbilang bagus untuk sebuah website yang baru dibuka kepada umum tahun lalu. Namun tentu saja harus ditingkatkan lagi supaya keberadaannya semakin mudah dilacak oleh mesin pencari. 



3. Ahrefs Rank

Ahrefs memiliki metrik serupa dengan DA dan PA, yaitu Domain Rating (DR) dan URL Rating (UR). DR dan UR merupakan metrik yang dikembangkan oleh Ahrefs untuk menunjukkan seberapa kuat profil backlink sebuah situs dan seberapa kuat profil link yang dimiliki oleh sebuah URL secara spesifik. Angka untuk DR dan UR berada pada skala 1-100 dengan ketentuan semakin tinggi angkanya, maka DR dan UR semakin kuat. Sementara untuk Ahreft rank (AR) yanki ranking sebuah website versi ahrefs angkanya semakin kecil semakin bagus.

Dari data di bawah kita bisa lihat bahwa DR yang dimiliki travelblog.id adalah 23. namun saya kesulitan mendapatkan nilai UR karena tidak tampak di laporan. Sedangkan untuk AR mempunyai angka 6.40M dengan backlink yang cukup banyak yakni sebanyak dua ribu lebih back link.





4. GTmetrix

Salah satu tool terpercaya untuk mengukur kecepatan suatu halaman situs adalah GTmetrix. Tool ini dapat menganalisis sebuah situs dengan menggunakan kombinasi rekomendasi kecepatan 27 halaman (tes kecepatan Google) dan 19 rekomendasi YSlow (tes kecepatan Yahoo). Untuk skor kinerja diberikan menggunakan huruf A ke F, serta detail halaman termasuk waktu buka, ukuran halaman, dan permintaan nomor.

Dari data di bawah ini kita bisa lihat pagespeed situs travelblog.id mempunyai nilai E yang berarti kurang cepat dan harus ditingkatkan lagi. Sementara untuk YSlownya mempunyai nilai lebih baik lagi yakni D.




Dari keempat tools di atas performa dan kinerja blog dari travelblog.id masih harus ditingkatkan lagi sehingga tidak hanya dari segi konten namun secara SEO dan SERP pun dapat diperhitungkan oleh para kompetitor blog.


BAGAIMANA CARANYA JIKA INGIN JADI KONTRIBUTOR TRAVELBLOG.ID?

Siapa saja yang mempunyai tulisan sesuai tema-tema yang telah ditentukan travelblog.id boleh bergabung menjadi kontributor. Cukup daftar sebagai kontributor dan hanya diperlukan waktu beberapa menit saja untuk melakukan pendaftaran.

Adapun cara membuat konten atau artikel agar terpublikasi, syaratnya harus merupakan karya asli buatan sendiri bukan jiplakan karya orang lain. Konten bisa berupa tulisan jurnal, feature, foto, video dan lainnya. Semua karya sendiri yang dikirim tidak boleh mengandung unsur SARA, pelecehan agama, pornografi, bermuatan kriminal, dan lainnya.

Adapun ketentuan membuat artikel di travelblog.id sangat mudah. Salah satu ketentuannya misalnya saja dilarang membuat dan menulis artikel dengan topik dan judul yang sama dengan artikel sebelumnya karena situs ini tidak menerima duplikasi konten. Kalaupun hendak menulis topik yang sejenis, maka harus ditulis dengan sudut pandang yang berbeda dari artikel sebelumnya.


Poin dan Hadiah

Para kontributor akan mendapatkan point sebagai feedback atau reward atas artikel yang dimuat di dalam situs. Jumlah point yang dikumpulkan dari pembuatan artikel akan langsung tertotal oleh sistem secara otomatis. 


Apakah kamu tertarik untuk ikut menulis dan berbagi di travelblog.id? Yuk kirim segera artikelnya!

39 comments :

  1. Keren juga ini web ya, kalau mau jalan-jalan ada referensi dulu ya. Ikutan ah mau nuis juga di travelblogid. Semoga bisa jalan-jalan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ikutan gabung di sana Mbak. Aku baru mau daftar sih.

      Delete
  2. Blm bsa jd kontributor, lah tulisanku ttg travel masih dikit walaupun hobby jalan2 juga hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku masih mempelajari gaya-gaya tulisan di sana sih Manda, belum ngirim juga.

      Delete
  3. Tertarik banget nihh mbak buat jadi kontributornya hhee
    Dan lagi situs ini membantu banget pasti untuk nemuiin refernsi jalan-jalan di kota tertentu
    Terima kasih sharingnya mbak ^_^

    ReplyDelete
  4. wah noted mba infonya..saya juga biasanya kalau mau jalan2 cari informasi di internet. Travellblog.id ini bisa jadi referensi baru buat saya cari info tentang tempat wisata. Nanti kalau udah jalan2, pengalamannya bisa ditulis di travelblog.id dan dapat poin. asiikkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau referensi dari para pejalan sih beda feel-nya Mbak. Lebih percaya kita.

      Delete
  5. Bisa jadi blog rujukan nih ya mbak, kalau mau traveling baca2 dulu review di travel logis.

    ReplyDelete
  6. waah blom lama aku dapet tawaran untuk gabung jadi kontributor nih mba lina...
    cm aku blom respon karena takutnya malah gak kepegang...
    owh gak harus nulis artikel ya mbaa?
    boleh dalam bentuk lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh foto dan video juga katanya Mbak.

      Delete
  7. Beberapa waktu kemarin dapat email tawaran untu jadi kontributor. Tapi untuk saat ini mau jadi penikmat tulisan dari para kontributor dulu mbak.
    *Jarang bepergian sih, gimana bisa buat tulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Hayu atuh bepergian Mbak biar ada yang kita tulis.

      Delete
  8. Sekarang ini platform untuk berkarya bagi para penulis atau blogger, tersedia berbagai macam media ya mbak. Salah satunya travel blog id ini. semoga teman-teman travel blogger Indonesia atau blogger yang senang jalan-jalan lalu ingin menceritakan pengalaman mereka dapat bergabung ke tempat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah, semakin banyak ruang untuk berkarya dan menyalurkan tulisan jalan-jalan teman-teman Mbak.

      Delete
  9. Waah kayanya seru bisa jadi kontributor di sini yaa.. tapi jalan-jalanku cuma muter di jogja aja hahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alaaah Jogja juga ribuan tempat yang menarik. Pasti nggak bakal habis untuk diceritakan kok Mbak.

      Delete
  10. Situsnya keren deh. Saya pernah dapat tawaran kerjasama nih untuk jadi kontributornya... Sepertinya udah harus saya iyakan.

    ReplyDelete
  11. DA 24 untuk yg baru rilis tahun lalu itu sudah OK loh. Blog baru saya saja masih 12, hiks. Tapi memang belum sebanyak travelblog.id sih tulisan2nya. Dan mungkin juga karena niche tak spesifik seperti milik travelblog.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya terbilang cepat naiknya. Bagus kalau untuk yang baru-baru buat.

      Delete
  12. Wah sekarang ada website yang menambah referensi kita untuk traveling ya teh, cepat banget naik peringkatnya..bisa nih dicoba kirim tulisan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin karena banyak link dari luar dan trafiknya tinggi Mbak.

      Delete
  13. Wah keren ya kalau ada situs untuk berbagi seputar cerita perjalanan kita. Bisa jadi panduan orang lain ketika ingin datang mengunjungi tempat tersebut. Bakalan jadi rujukan untuk banyak orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Bisa jadi panduan dan bahan referensi.

      Delete
  14. Aku pernah mampir nih mba.. dan mungkin supaya bisa banyak cakupannya, coba masukkan konten berbahasa Inggris juga supaya banyak yang tertaut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pilihannya ke Bahasa Inggris kok Mbak. Tinggal klik bendera Inggrisnya aja di atas (header).

      Delete
  15. aku pernah cek-cek juga nih gimana caranya jadi kontributor di web khusus travel ini. Kudu rajin nulis supaya dapat HP :D

    ReplyDelete
  16. owalah aku dapet email dari travelblogid tapi belum dibales krna ga paham dan jarang jalan2. jadi malu kalo ikutan jadi kontributor :D
    baca tulisan mba lina jadi dapat pencerahan. makasi ya mba

    ReplyDelete
  17. Aku belum pernah mampir nih bund, jadi kepo mau ke sana juga liat apakahh cocok untukku
    mau cari referensi banyak soal kota lain hehehhe

    ReplyDelete
  18. Yap aku mampir juga ke website ini dan jadi tahu ada website khusus jalan-jalan ini :)

    ReplyDelete
  19. Makasih ya mba informasinya baru tau ada travelblog. Id ini aku nya... Bermanfaat bgt buat nanti kalau mau traveling

    ReplyDelete
  20. baca ini jadi ingat kalau ebberapa waktu lalu dapat email dari travelblogid untuk menjadi kontributornya dan belum daku balas sampe sekarang ahahaha. nanti ah lihat-lihat dulu. lumayan nih buat backlink dan ngejar bonus.

    ReplyDelete
  21. aku paling suka kalau ada tulisan liburan yang anti mainstream, jadi lebih beragam dan banyak pilihannya dibanding tempat yg udah sering didatangin, nanti mau nyoba ngintip websitenya ah :D

    ReplyDelete
  22. Jadi siapa aja nosa jadi kontributor di sana ys mbak. Enak juga sih jd bisa dapetin informasi yang personal dari tempat wisata yang ditulis

    ReplyDelete
  23. Kadang ada orang yang suka traveling tapi malas menulis di blog ya. Semoga aja fitur travelblog.id ini mudah diakses oleh orang-orang yang gak punya blog tapi mau bercerita pengalaman travelingnya.

    ReplyDelete
  24. Travelblog ini sangat membantu sekali ya, untuk mencari referensi - referensi. Pengen ah cek-cek si Travelblog ini, seingatku aku pernah di email juga dari mereka untuk jadi kontributor.

    ReplyDelete
  25. Tertarik dan pengen cobain sih..heheh..semoga bisa aktif berkontribusi..

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates