Menjaga Kesehatan Selama Traveling Bersama Halodoc

Pernahkan teman-teman merasakan kembung, masuk angin sekaligus sakit kepala selama traveling atau bepergian ke suatu tempat? Saya sih sering. Bahkan masuk angin ini bisa berlangsung berhari-hari dengan level yang mengganggu sekali. Padahal, obat untuk mengatasinya sangat sederhana saja dan mudah kita jumpai di pasar atau warung terdekat yakni temulawak.

Temulawak. Foto: Halodoc.com

Temulawak merupakan tanaman herbal dan rempah asli Indonesia yang sudah sejak lama dijadikan sebagai bahan campuran jamu serta obat-obatan bagi kesehatan. Dalam kehidupan kita sehari-hari, khasiat temulawak yang paling dikenal oleh masyarakat adalah untuk menambah nafsu makan terutama pada anak-anak. 


Mual, pusing dan masuk angin selama dalam perjalanan biasanya saya alami saat sedang berada dalam kendaraan yang menempuh jarak jauh. Apalagi jika kendaraan yang ditumpangi terjebak macet atau kerap berhenti karena menaikkan dan menurunkan penumpang. Rasanya itu nggak enak banget. Duduk tidak nyaman, mau baring pun lebih tidak nyaman lagi karena kendaraan dalam keadaan penuh dengan penumpang. Mau baring dimana? di kolong kursi? 


Belakangan, demi menjaga kenyamanan dan kestabilan mood serta kesehatan fikiran selama dalam perjalanan, untuk mengatasi hal-hal yang tidak mengenakkan seperti masuk angin dan mual-mual, saya melengkapi tas dengan benda-benda seperti minyak kayu putih, balsam, koyo, aroma terapi, madu, serta beberapa kemasan sachet minuman herbal dari jahe dan temulawak. Sadar diri usia sudah tidak muda lagi. Risiko bertambahnya umur ya seperti ini, pergi sebentar saja sudah terkena masuk angin. 


Membawa barang segambreng begitu mulai dilakukan sebagai antisipasi agar perjalanan lancar dan menyenangkan. Tujuan utama traveling adalah untuk liburan dan bersenang-senang. So, jangan sampai esensi liburan tersebut tercoreng gara-gara kesehatan kita terganggu.


Masalah lainnya jika saat traveling terkena sakit, apalagi sedang solo traveling, kita tidak bisa mengadu kepada orang terdekat sesegera mungkin. Tidak bisa curhat kepada keluarga atau konsultasi kepada dokter. Bingung memilih obat karena takut salah. Mau beli obat di apotik pun tidak tahu obat apa yang tepat untuk sakit yang sedang diderita. Kalau kata Pak Ndul, youtuber yang sedang viral baru-baru ini, semestinya kita bertanya kepada ahlinya ahli, core of the core dan intinya inti. Yang intinya bertanya kepada ahli. Laaah, lalu kalau sedang traveling gitu bertanya kepada ahlinya ahli siapa dan dimana?

Kebun untuk tanaman obat (herbal)

Berkenalan dengan Halodoc


Baru-baru ini saya membuka sebuah halaman website tentang kesehatan yaitu halodoc.com. Awalnya rada-rada bingung dengan nama situs ini. Kira-kira apa ya artinya halodoc? Setelah menelusuri dan menjelajahi halaman demi halaman situs ini, saya baru ngeh ternyata halodoc ini merupakan akronim dari kata “halo dokter.” Hehe. Duh kirain saya halodoc itu bahasa daerah atau bahasa sain dalam bidang kesehatan dan farmasi.


Semenjak mengetahui situs halodoc.com, saya jadi ketagihan untuk berkunjung dan berkunjung lagi. Semua artikel yang ditampilkan mengupas tentang kesehatan dan obat-obatan. Dari A sampai Z dikupas jelas dan tuntas di situs ini. Bahkan ada halaman semacam kamus kesehatan yang membahas istilah dan permasalahan-permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat. Dan selain bisa dibuka secara web dan mobile version, halodoc juga lebih intens memberikan layanan kepada masyarakat dengan hadirnya aplikasi halodoc.


Yang paling menarik dari halodoc adalah…para pengunjung situs maupun aplikasi dapat berkomunikasi dan berkonsultasi langsung dengan dokter berpengalaman dan terpercaya via smartphone melalui chat, voice, atau video call kapan saja dimana saja. Baik dokter umum maupun dokter spesialis. Akan langsung terhubung dengan dokter kurang dari 3 menit dan dapat dihubungi selama 24 jam. Tentu saja layanan ini gratis. Ternyata bertanya kepada ahlinya itu tak perlu bayar ya. 😂


So, jika teman-teman dalam kondisi traveling, sedang jauh dari rumah sakit atau apotik, sedang berada di jalan, atau mungkin sedang traveling ke luar negeri sekalipun, tetap bisa terhubung dengan layanan konsultasi gratis ini dengan syarat terhubung dengan internet.


Kalau bingung mau bertanya apa saja, teman-teman bisa buka-buka terlebih dahulu beberapa halaman di situs ini. Banyak penyakit atau permasalahan kesehatan lainnya yang dikupas secara menyeluruh mulai dari penyebab, gejala, faktor pemicu, diagnosis hingga tindakan pengobatan dan pencegahan. Berbagai penyakit yang dikupas di sini diantaranya seperti diabetes, jantung, stroke, kehamilan, kolesterol, hipertensi, anemia, kanker, reproduksi, dan lainnya.


Selain itu Halodoc memiliki fitur yang memudahkan akses kesehatan. Salah satunya memudahkan orang membeli obat saat sakit tanpa harus ke luar rumah, seperti obat batuk, flu, demam, maag, diare, alergi, sakit mata, sakit kulit, nyeri otot dan sendi, asma, diabetes, hipertensi, hingga penyakit jantung. Obat-obat yang akan dibeli juga dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter di layanan konsultasi. 


So, jika mempunyai gejala sakit atau tidak enak badan saat traveling, coba istirahatkan badan mungkin kecapekan karena kaget dan belum menemukan ritme dalam perjalanan. Namun jika masih terasa sakit, segera raih smartphone kamu, segera hubungi dan konsultasikan gejala yang terasa kepada dokter-dokter di halodoc yang siap membantu, sehingga traveling kamu tidak terganggu.


Happy Traveling!


HALODOC
Alamat: Mensa 2 Building Jl. HR Rasuna Said 
              Kav B-34, 4th Floor, Kuningan, Jakarta  12940
Email:  help@halodoc.com
Telepon: +6221 31106999



29 comments :

  1. Setuju. Kadang kita sakit tapi ngga mau menyusahkan teman seperjalanan ya mbak. Situs ini andalan aku juga waktu di bontot sakit sesak nafas tengah malam .. terasa banget kebutuhan tentang seorang dokter yang bisa diakses kapan pun

    ReplyDelete
  2. Temulawak bagus banget tu mbak untuk menjaga kesehatan hati..untuk masalah kesehatan, situs kesehatan kayak halodoc ini memang membantu banget..saya juga pernah beberapa Kali konsultasi online, Dan selalu dijawab.. jadi paling nggak Kota nggak menebak2 sendiri soal gejala sakit Yang kita rasa

    ReplyDelete
  3. Aku lumayan sering baca rtikelnya halodoc karena bermanfaat kalau lagi urgent butuh info tentang kesehatan atau medis. Baru kepikiran kalau halodoc bermanfaat pas travelling juga ya ternyata. Aku lagi suka baca artikel kesehatan bayi sih di halodoc :)

    ReplyDelete
  4. aku jg pny aplikasi halodoc di hp, berguna banget kalau anak lagi sakit bisa tanya2 langsung, udah gitu kalau perlu beli obat tapi lagi rempong bisa beli pake halodoc ini, jadi aseli memudahkan banget :)

    ReplyDelete
  5. Terima kasih ke era digital!
    Sekarang tak perlu tunggu lama untuk mendapatkan pertolongan pertama.
    Dengan modal kuota, kita bisa mendapatkan pengobatan bahkan konsultasi gratis.
    Halodoc juga salah satu situs favorit aku.

    ReplyDelete
  6. Iya Mbak, kalau traveling kemudian kondisi drop atau tidak sehat, bisa mengganggu banget. Alhamdulillah kemajuan teknologi semakin pesat dan bermanfaat sehingga lewat smartphone bisa segera menghubungi dan konsultasi gejala yang terasa kepada dokter yang kompeten di halodoc agar mendapatkan rekomendasi tindakan medis yang tepat

    ReplyDelete
  7. Saya juga download apps Halodoc, Mbak..bahkan beberapa kali beli obat dari sini.
    Untuk konsultasi mudah sekali di sini. Jadi dimanapun kita bisa mendapatkan akses konsultasi medis. Saya juga anggota WAG HaloMom nya Halodoc. Keren pokoknya ini

    ReplyDelete
  8. Senangnyaaa yg bs langsung konsul ke dokter gratis via halodoc. Eh katanya sering ada voucher juga yah. Saya pernah tuh dapat voucher 200rb tapi kelupaan makenya. Ah mubadzir. Jadi nyesel gak kepakeee... padahal kan ini seru sekali...kapan lagi bs konsul gratis ke ahlinya ya kan? Dari rumah via video call, lagi

    ReplyDelete
  9. Saya kalau sudah merasa mual dan pusing saat naik kendaraan, justru harus duduk tegak mbak. Kalau duduk nyandar malah tambah pusing dan bisa-bisa isi perut melompat keluar

    Begitu turun harus segera cari teh hangat buat ngilangin pusing dan mualnya

    ReplyDelete
  10. Aku punya cerita khusus soal temulawak ini mba. Suamiku tuh kan sering banget perjalanan luar kota, bahkan kadang2 harus nyetir sendiri. Kondisi sering cape gini, apalagi istirahat kurang, potensial bikin badan ngedrop. Nah kalau udah gitu, temulawak deh turun cangkir :)) Langsung kubuatin wedang temulawak dalam cangkir besar.

    Tipsnya bisa dipraktekkan nih kalau yang soal traveling. Apalagi sekarang sudah ada app halodoc yang bisa kita manfaatkan untuk mencari tau seputar problem kesehatan.

    ReplyDelete
  11. Aku juga sering cari informasi kalau lagi sakit-sakit di Halodoc. Informatif banget memang ya teh

    ReplyDelete
  12. Alfie juga awalnya tanda tanya tentang halodoc. Kirain sejenis tanaman herbal karena di awal ada disebutkan dengan temulawak. Ternyata Halo dokter. Huakakak.

    Bicara tentang temulawak, memang ini tanaman herbal yang banyak khasiatnya kak. Trus kalau halodoc, kayaknya harus install aplikasinya di hape deh. Mantul kak

    ReplyDelete
  13. Keren juga nih, udah ada aplikasi kayak gini. Cocok buat yang lagi jalan-jalan ya, atau kita ga terlalu merasa sakitnya parah. Aku bisa tanya obat buat sakit ringan di luar negeri. Gratis lagi ya

    ReplyDelete
  14. Nah kalau ini istri eke nih yang suka cari referensi. Salah satunya di halodoc. Cukup membantu terutama ketika kita dituntut untuk cepat bertindak di pertolongan pertama. Kalau yang kami alamin sih waktu si Abang tiba-tiba mimisan, kami cari referensi salah satunya di halodoc.

    ReplyDelete
  15. Setuju banget nih mba untuk jaga kesehatan ketika mau travelling atau saat capek ketika travelling. Soalnya nggak nyaman banget kalau terlalu capek pas travelling

    ReplyDelete
  16. Asyik ya mba.. nggak perlu khawatir walau di perjalanan dan nggak sempat ke rs, bisa tanya ke dokter via halodoc secara gratis. Alhamdulillah smakin dimudahkan yaa

    ReplyDelete
  17. Wah iya, saat traveling nih riskan banget ya kenang sakit. Dari yang cuma masuk angin sampe ke penyakit berat. Ynag penting jaga makan, olahraga, cukup istirahat. Pasti deh bisa fit terus ya Mbak. :)

    ReplyDelete
  18. Selain membawa bekal vitamin dan obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan, asik juga ya Mbak kalau selama perjalanan kita bisa langsung terkoneksi dengan nasihat dokter kapanpun dibutuhkan. Syaratnya memang harus tersedia jalur internet ya. Mudah-mudahan halodoc juga bisa menerima konsultasi dengan telepon

    ReplyDelete
  19. Bunda buka lg link ini ngecek ada gak ya komentar bunda, ternyata blm ada- apa madih hrs dimoderasi ato bubundanya emang blom komen, hehe...Maklum...sepwrti disebut di atas faktor usia terkadang bnyk bawa perubahan. Herbal apapun bunda suka, tp yg namanya temulawak blm pernah nyoba tuh. Udah sebulan ganti minuman dari teh bawang dayak jadi rebusan ketumbar, jahe, sereh, kayumanis, gula merah. Heeem rasanya makyuus. Ktnya utk kwkuatan tulang etcetera, etcetera. Jadi karena rasanya yummy jd keasyikan konsumsi pagi n malam selagi perut kosong. Wuenaaak tenan terasa ke badan.

    ReplyDelete
  20. Aku sudah download Halodoc, banyak sekali informasi kesehatan ya. Apalagi saat travelling penting banget buat menjaga kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  21. Penting banget jaga kesehatan selama liburan. Apalagi di saat musim penghujan seperti ini.
    Apalagi sekarang semuanya diberi kemudahan untuk berkonsultasi secara online. jadi bisa lebih mudah dan praktis, deh!

    ReplyDelete
  22. Hmmm saya pernah ngedrop saat traveling dan rasanya gak enak, untungnya dengan istirahat dah cepet pulih jd bisa lanjut jalan2nya...
    Kalau pakai halodoc berasa kyk punya semacam dokter pribadi ya mbak. Bisa buat cari rekomendasi pengobatan dan konsul2 gtu :D

    ReplyDelete
  23. Banyak banget nih temen-temen aku sesama pencinta traveling yang menyarankan untuk pakai halodoc. Katanya emang simple dan membantu banget. Aku belum coba sendiri sih. Tapi emang penting banget buat jaga kesehatan.

    ReplyDelete
  24. Bener banget neh kak Lin. Kalau kita traveling pokoknya jangan sampai sakit.

    Halodoc memang andalan banget deh.

    ReplyDelete
  25. Aku juga kalo googling artikel kesehatan pasti yang cocok dan reasonable dr halodoc mba, sangat membantu..

    ReplyDelete
  26. Semenjak ada Halodoc ini jadi mudah banget karena tinggal download appsnya saja dan kalau mau beli obat tinggal cari deh. Tapi gak cuma itu saja, dengan Halodoc via apps kita juga bisa konsultasi dengan dokter yang sedang aktif juga loh.

    ReplyDelete
  27. Aku kadang buka halodoc kalo lagi bituh informasi kesehatan. Suka baca di sana. Bagus2 sumbernya dan datanya lengkap

    ReplyDelete
  28. Kalau mau konsultasi dokter, bisa lihat profil dokternya dulu kak, kak Lina?
    Keren yaa...inovasi jaman sekarang.
    Jadi mudah di saat urgent dan gak bisa kemana-mana sekalipun.

    ReplyDelete
  29. bagus banget ini teh
    kita jadi bisa membaca artikel tentang kesehatan
    jadi kadang bisa jadi referensi tentang kondisi yang sedang dialami
    bagi saya membantu banget
    jadi bisa jadi bahan konsultasi jg saat berkonsultasi ke dokter kita

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates