Staycation Seru di Yello Hotel Harbour Bay Batam

Weekend kemarin saya dan keluarga menginap di Yello Hotel Harbour Bay Batam. Sebenarnya sudah lama punya rencana menginap di daerah ini karena penasaran dengan vibe Harbour Bay yang semakin ke sini pembangunan kawasannya semakin masif dan progresif.

Yello Hotel Harbour Bay Batam
Yello Hotel Harbour Bay Batam


Harbour Bay kini lebih tertata rapi serta makin modern. Selain banyak gedung-gedung bertingkat yang baru berdiri, Harbour Bay juga memiliki pelabuhan internasional untuk pelayaran kapal-kapal ferry menuju Singapura dan Malaysia. Tak heran makin ke sini memang makin ramai.

Di kawasan ini juga terdapat banyak event yang digelar seperti pameran, bazaar, seminar, aktivitas olahraga, berbagai perlombaan serta kegiatan lainnya. Selain kawasan Batam Center dan Nagoya, Harbour Bay ini memang layak dijuluki downtown-nya Kota Batam.

Lokasi Yello Hotel Harbour Bay sangat strategis. Mudah diakses baik dari dalam maupun luar kawasan. Dari pintu masuk kawasan Harbour Bay, bangunan gedung Yello Hotel sudah terlihat jelas. Tinggal lurus masuk, beberapa puluh meter saja sudah sampai. Sedangkan dari Pelabuhan Internasionalnya cukup jalan kaki saja, dalam waktu kurang lebih 5 menit sudah sampai.

Bagi wisatawan, memilih untuk menginap di Yello Hotel merupakan keputusan yang tepat. Selain dekat ke mana-mana, di sekitar hotel terdapat banyak minimarket, restoran, dan perkantoran. Bahkan tepat di depan Yello Hotel terdapat kantor imigrasi.


Check in Time at Yello Hotel Harbour Bay Batam

Sesaat kami tiba di halaman hotel dan turun dari kendaraan, security langsung membantu kami membawakan barang-barang dan menaikkannya ke luggage trolley. Saya lantas menuju resepsionis. Mbak-mbak cantik berseragam kuning menyapa dengan ramah. Kurang dari semenit proses check in selesai. Cekatan, sopan dan ramah. Itulah kesan pertama dan kedua tentang Yello Hotel Harbour Bay yang paling saya ingat.

Selesai check in kami tidak langsung naik ke kamar karena terkesan dengan suasana lobby yang nyaman yang menyambung ke ruangan bersantai dan juga restoran. Ruangan tanpa sekat di lantai 1 ini begitu artistik dengan aksen paduan warna kuning, biru, abu-abu dan hitam yang menyenangkan mata.

Lobby at Yello Hotel Harbour Bay
Ruang bersantai


Di samping lobby terdapat sofa untuk duduk-duduk bersantai sambil menikmati welcome drink. Si bungsu, Aghniya, ternyata suka banget dengan ruangan ini bahkan dia bilang, "Bund kita nggak usah kemana-mana ya, di sini aja." Katanya sambil naik ke sofa abu-abu. Jus jambu yang baru saja diminumnya bahkan sudah habis. Ia menyerahkan gelas kosongnya untuk diisi kembali.  

Lobby at Yello Hotel Harbour Bay
Area Lobby dan Net Zone


Karena merasa tidak enak dengan security yang setia menanti untuk membantu mengantarkan barang, sekitar 5 menit kemudian saya mengajak Aghniya untuk naik lift. Baru masuk saja mata berbinar melihat street art yang terpampang di dinding lift. Salut dengan desain interior hotel ini. Detail banget. Jarang-jarang hotel yang punya effort untuk menyertakan seni urban jalanan di dalam lingkungan hotelnya.

Kamar kami terdapat di lantai 10 nomor 09. Syukur Alhamdulillah dapat lantai yang tinggi jadi bisa menikmati pemandangan Harbour Bay dari ketinggian. Terlebih pemandangan ke kawasan pelabuhan ini semakin indah tatkala matahari tenggelam, berlatarkan kapal-kapal ferry yang sedang bersandar. Sedangkan pemandangan di sisi lainnya terdapat Kampung Tua Tanjung Uma yang begitu eksotis berlatarkan rumah-rumah apung nelayan, kubah dan empat menara Masjid Al Mu'minin serta perahu-perahu tradisional yang sedang melaut.

“Klik,” gagang pintu kamar saya buka. “Assalamualaikum…” Saya mengucapkan salam. Ada orang tidak ada orang jika masuk rumah atau kamar tetap menjadi keharusan bagi kita untuk memberi salam. Begitu pintu terbuka, Aghniya langsung takjub, lantas menelisik setiap sudut kamar dengan detail. Ini bukan pertama kalinya dia menginap di hotel namun baru kali ini tampak antusias memeriksa dan mengomentari berbagai benda yang ada di dalam kamar.

Urban Extra Room di Yello Hotel Harbour Bay Batam
Kamar tipe Urban Extra Room

Kamar di Yello Hotel Harbour Bay Batam
Asyik nonton Upin Ipin


Di kasur tampak boneka towel art berbentuk gajah. Aghniya langsung memburu ke arahnya. "Tunggu Dek, bunda mau videoin dulu." Saya dengan sigap segera memegang tangan Aghniya yang dengan semangat hendak menyambar boneka gajah. Gawat sih kalau sempat diacak-acak dia duluan. Hahaha. Misi memvideokan boneka gajah selesai. Baru lengah sebentar saja, secepat kilat Aghniya sudah menghambur-hamburkan handuk yang menjadi badan boneka gajah. 


Fasilitas Kamar

Kami menempati kamar tipe Urban Extra Room untuk 3 orang dewasa yang dilengkapi 1 double bed dan 1 single bed. Cocok banget untuk kami sekeluarga. Sayangnya anak kami yang pertama, Kakak Chila belum bisa ikut karena masih di pondok. 

Dengan ukuran kamar 33 meter persegi sangat cocok bagi keluarga yang membawa anak-anak yang membutuhkan space luas untuk mereka ke sana ke mari berlari-larian. Tahu sendiri kan Bund, anak-anak memang pecicilan wara-wiri terus. Kami pernah menginap di hotel yang sempit di dekat Bandara Sukarno Hatta Cengkareng. Waktu itu Si Adek sampai terjatuh ke lantai karena mondar-mandir turun naik kasur gak henti-henti. Ya karena di bawah nggak cukup ruang buat dia main-main. Beda saat di Yello Hotel sini, dia mainnya kebanyakan di lantai dan kursi saja. Nggak turun naik tempat tidur lagi.

Di kamar mandi terdapat 3 jenis pilihan kran untuk mengguyur badan. Ada yang rain shower, standing shower dan model pancuran. Bersyukur banget ada model pancuran begini jadi bisa digunakan untuk berwudu sehingga tidak perlu wudu di wastafel yang ketika membasuh kaki repotnya minta ampun. Terkadang saya sering drama kalau wudu di wastafel, betis mendadak kram, mungkin otot-otot kaki kaget karena tidak terbiasa. Untuk arah kiblatnya juga sangat mudah ditemui karena ada di langit-langit kamar. 

Fasilitas yang terdapat di kamar kami ini diantaranya adalah:

  • Air Conditioning (AC)
  • Smart TV 43" dengan saluran Youtube, Netflix, We TV.
  • Wifi
  • Safe Deposit Box
  • Kulkas mini
  • Teko listrik
  • Air minum, kopi, dan teh
  • Hanger
  • Telepon
  • Hair dryer
  • Toiletries
Yello Hotel Harbour Bay memiliki 117 kamar dengan 5 tipe kamar stylish yang berbeda-beda. Bagi yang penasaran, berikut adalah tipe-tipe kamar yang tersedia di Yello Hotel Harbour Bay Batam:
  • Tipe Yello Room tersedia 30 kamar, memiliki luas 20 meter persegi dengan tempat tidur 1 double bed (180 cm x 200 cm).
  • Tipe Urban Room tersedia 67 kamar, memiliki luas 26 meter persegi dengan tempat tidur 1 double bed.
  • Tipe Urban Family Room tersedia 9 kamar, memiliki luas 31 meter persegi dengan tempat tidur 1 hollywood bed (200 cm x 200 cm).
  • Tipe Urban Extra Room, tersedia 9 kamar, memiliki luas 33 meter persegi dengan tempat tidur  1 double bed dan 1 single bed (90cm x 200 cm).
  • Tipe Hype Suite tersedia 2 kamar, memiliki luas 39 meter persegi dengan tempat tidur 1 hollywood bed.

Jalan-Jalan di Harbour Bay Batam

Setelah salat dan istirahat sebentar, sorenya kami jalan-jalan di sekitaran pelabuhan. Di sana terdapat area khusus untuk pejalan kaki yang banyak digunakan masyarakat untuk berolahraga atau berjalan santai sambil menikmati suasana matahari tenggelam. Kondisi jalan terbilang bersih, bebas sampah. Syukurlah pengunjung hari itu cukup tertib karena tidak nyampah sembarangan.

Sunset di Harbour Bay Batam
Menikmati sunset di pelabuhan


Selepas matahari tenggelam kami berjalan kaki menuju hotel. Si Adek sengaja saya bawakan kereta dorong sehingga tidak kecapekan. Namun muncul kekhawatiran dalam hati, biasanya magrib-magrib begini Si Adek gak pernah ada di luar. Selalu ada dalam rumah. Dan saya jadi ingat saat kecil dulu, kalau menjelang dan sesudah magrib orang tua selalu mengingatkan agar tidak keluar. Hmmm.

Sambil menuju kembali ke Yello Hotel, saya sengaja mampir-mampir ke beberapa minimarket seperti Circle K dan Indomaret yang banyak tersebar di beberapa gedung di sana untuk mencari lolipop. Sudah semingguan lebih Si Adek minta dibelikan lolipop tapi kok tidak nemu juga. Sudah 5 minimarket yang kami datangi, hasilnya nihil. Ya sudah kembali ke Yello dengan tangan kosong. 
 
Suasana malam di Yello tampak istimewa. Warna putih dan kuning dinding berpadu dengan cahaya lampu membuat suasana menjadi nyaman dan santai. Kami langsung menuju ke kamar. Menghabiskan waktu hampir semalaman menonton kartun Shaun The Sheep dan Upin-Ipin sambil menunggu Ayah Si Adek datang.

Menjelang tengah malam, suami datang. Ternyata dia main badminton dulu di kawasan Batam Center. Si Adek yang terbangun tiba-tiba merengek minta susu. Baru sadar susunya ketinggalan di rumah dan tadi sore kami keluar itu niatnya selain mau beli lolipop juga mau beli susu. Tapi malah nggak ingat sama sekali. Untung saja minimarket buka 24 jam sehingga masih ada kesempatan untuk beli susu tengah malam. Tanpa diminta, suami langsung keluar untuk beli susu. Alhamdulillah dapat. Setelah minum susu Si Adek pun tertidur lagi.

Sebenarnya salah satu keuntungan menginap di Urban Extra Room ini adalah mendapatkan fasilitas menggunakan sepeda listrik selama 2 jam untuk 2 orang. Sepeda listrik ini bisa digunakan untuk berkeliling-keliling di sekitaran Harbour Bay. Sayangnya Aghniya tidak mau naik karena masih takut-takut. Ya sudah kami batal berkeliling dan langsung menuju restoran saja untuk sarapan. 


Serunya Menu Sarapan di Yello Hotel Harbour Bay Batam

Terdapat banyak pilihan menu sarapan di Restoran Wok N Tok Yello Hotel Harbour Bay. Ada menu prasmanan dengan nasi dan lauk-pauknya seperti tumis sayur, kentang, ayam goreng, sosis, dan lainnya. Ada juga menu sarapan nusantara seperti nasi lemak, bubur ayam, lontong sayur, soto ayam, kolak ubi, gado-gado, dan nasi goreng. Ada juga live cooking yang melayani pesanan sesuai order seperti mie goreng, mie rebus, pancake, omlet, atau aneka olahan telur lainnya. Ada juga salad sayur, aneka buah, kue-kue, roti dengan berbagai pasta, serta minuman seperti kopi, teh, infused water, dan jus.  

Wok N Tok Restaurant
Suasana restoran


Restoran Wok N Tok buka 24 jam selama 7 hari. Jadi tidak usah takut kelaparan atau kehausan di sini. kalau mager bisa langsung pesan melalui saluran telepon. Staf restoran akan dengan senang hati mengantarkan pesanan langsung ke kamar.  


Berbagai Fasilitas di Yello Hotel Harbour Bay Batam

Memanjakan para tamu dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan namun tidak harus meninggalkan hotel merupakan tantangan tersendiri bagi beberapa manajemen hotel. Hal tersebut mampu dipenuhi oleh Yello Hotel dengan adanya beberapa ruang istimewa yang sengaja disediakan untuk para tamu istimewanya. Beberapa diantaranya adalah: 

1. Game On

Di sisi sebelah kiri lobby terdapat ruangan Game On untuk bermain game dimana tersedia Play Station 4 dan game analog seperti Hockey Table dan Soccer Fooshball.  Semuanya dapat digunakan secara gratis bagi tamu yang menginap di hotel. Jam operasionalnya mulai dari jam 07 pagi hingga jam 7 malam.


Game Zone di Yello Hotel Harbour Bay Batam
Ruang Game


2. Net Zone

Fasilitas Net Zone terletak di sebelah kanan lobby yang tersambung dengan restoran. Net Zone ini menjadi ruang bersama bagi tamu atau pengunjung hotel untuk mengobrol dan bersantai. Apalagi ruangan ini buka selama 24 Jam.


3. Roof Top

Secara fungsional, Roof Top Yello Hotel Harbour Bay saat ini masih digesa pengerjaannya. Saat saya ke sana, pengerjaannya hampir 95% rampung. Sepertinya tinggal menata furniture dan memberi sentuhan akhir sesuai dengan konsep desain yakni urban street art yang diusungnya. Menyaksikan suasana pelabuhan dengan pemandangan langit dan laut yang biru berpadu disertai iringan awan, atau suasana ketika matahari tenggelam ke peraduan bersama hiruk-pikuknya perkampungan nelayan di kejauhan merupakan pemandangan yang indah sekaligus istimewa. Terlebih jika teman-teman dapat menyaksikannya bersama keluarga, rekan kerja atau seseorang yang istimewa.  

Kampung Tua Tanjung Uma
Kampung Tua Tanjung Uma

4. Meeting Room

Selain menginap masyarakat Batam dan luar Batam juga dapat memanfaatkan fasilitas meeting room untuk berbagai kegiatan pertemuan seperti meeting kantor, seminar, kelulusan sekolah, halal bihalal, dan event lainnya.

Promo Menginap

Bagi teman-teman yang tertarik untuk menginap di Yello Hotel Harbour Bay saat ini ada diskon 20% untuk pemesanan kamar dan 15% untuk pemesanan  makanan serta minuman melalui website: discoverasr.com atau aplikasi Discover ASR. Ini langkah-langkah pemesanannya:
  1. Teman-teman bisa langsung daftar member terlebih dahulu di link bit.ly/ASRYHHBB 
  2. Gunakan kode promo: LINA untuk pesan kamar di discoverasr.com
Kode promo ini aktif selama 6 bulan dan bisa digunakan oleh teman-teman mulai sekarang. Cusss menginap segera di sini atau langsung dan klik link: https://bit.ly/YelloHarbourbBayXLina

Yello Hotel Harbour Bay Batam
Alamat : Jalan Duyung, Sungai Jodoh, Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau
Telepon: +62 778 8105888
Email: info-yello-harbourbaybatam@tauzia.com


22 komentar :

  1. Yello hotel ini masuk ke Tauzia Group, mantan klien ku dulu nih waktu di agency. Aku malah belum pernah staycation di Yello deh kalau yang lain saudaranya kayak Harris, Fox, Pop malah udah pernah. Tiap hotel punya ciri khas warna yang menonjol memang, kalau Yello udah pasti serba kuning. Design interiornya modern kekinian banget. Btw itu promonya nggak bisa dipakai untuk semua cabang Yello ya, Mbak? Hehe.

    BalasHapus
  2. Kamarnya luas banget ya mbak. Beneran luas atau efek kamera ya 😅🙈. Suka lihatnya. Nyaman buat anak yang senang bergerak

    BalasHapus
  3. tapi memang ya hotel yello itu design interior nya catchy dan unik juga terlihat artsy gitu, cakep banget yaa

    BalasHapus
  4. Berarti nggak perlu minta extra bed ya, kamarnya udah cukup untuk sekeluarga. Seru juga kalau ada fasilitas sepeda listrik, bisa puas explore sambil menikmati pemandangan yg cantik

    BalasHapus
  5. Mba berarti ini deket sama tempat penyebrangan ke Singapura dong ya. Akhir tahun lalu aku nyebrang ke Sinagpura dr Batam, cuma oneday trip aja, Nah cuma kmrn aku nginap ga di sekitaran Harbour bay meskipun ga jauh juga sih,cuma 10 menitan ke sana

    BalasHapus
  6. Kalau liat konten jalan2 rasanya kaki ga sabar bisa keliling dunia dan keliling Indonesia, aku pengen banget bisa ke Batam, dan menginap di Yello Harbour Batam, tempatnya cozy bangettt

    BalasHapus
  7. Perfect suasana Yello Harbour Batam ini ya Mbaak. semoga aku bisa ke Batam nih. Adik kandungku 2 tahun udah merantau di sana belum pernah aku tengok, Mbak Lina tinggal di batam sebelah mana? adekku di nongsa

    BalasHapus
  8. Kamarnya super lega, cocok banget untuk keluarga dengan anak yang sedang aktif-aktifnya. View dari kamar hotel juga pastinya menarik karena berada di lantai tinggi. Jadi kepikiran, kira-kira kapan nih bisa main ke Harbour Bay, Batam. Kalau kesampaian Insya Allah nginep di sini dah. Amiin

    BalasHapus
  9. Yellow Hotel Harbour Bay Batam benar-benar cantik luar dalam. Bukan cuma interior hotel yang memang cakep bener. Aku sampai terpesona dengan mural dan interior designnya. Pemandangan di luar hotel juga masyaa Allah indah banget. Mau dari bawah atau atas, cakep semua view di sekitar hotel.

    BalasHapus
  10. Yello Hotel ini strategis ya, dekat ke mana-mana, di sekitar hotel banyak minimarket, restoran, dan perkantoran. Bahkan tepat di depan Yello Hotel ada kantor imigrasi juga

    BalasHapus
  11. Lama ga mampir ke blognya mbak Lina euy. Ternyata tulisannya masih sekece yg dulu. Reviewnya aku save ya mbak hotelnya nyaman dan komplit bener. Entah kapan nyampe Batam tapi yg penting udh ada referensi dlu kan hehehe

    BalasHapus
  12. Cakep banget sih Teh hotelnya yaa, lobi area saja sudah full colour enak banget dipandang dan buat nongkrong terus bisa jalan-jalan di pelabuhan yang bersiiih...kamarnya pun luas..mupeng deh...

    BalasHapus
  13. Yello harbour..wah kalau anak saya diajak ke sini pasti langsung komen "mirip ya sama namaku" hehehe. Namanya elo btw. Kalau kamarnya luas gini enak buat ajak anak kecil ya mbak..mereka leluasa main jadinya nyaman. Mana dikasih berbagai fasilitas yg asik buat couple/family seperti sepeda dan gamezone.

    BalasHapus
  14. Masya Allah salfok sama view-nya, indah banget mba. Save dulu ah, siapa tau ada kesempatan ke sana, biar bisa stay cation juga 😍

    BalasHapus
  15. Lihat pilihan tipe kamarnya langsung ngerasa klik sama tipe urban extra room. Apalagi udah ada visualnya di atas, kelihatan lapang sekali ya kamarnya. Kalau saya sekeluarga ke sana, pas deh di kamar itu. Si sulung udah maunya tidur sendiri, si adek yang masih mau dipeluk ibu, otomatis jadi ikut bobo bareng kami orangtuanya. Pengen deh kapan-kapan bisa sampai ke Batam, ini nyampe Sumatera dan sekitarnya aja belum pernah. Paling barat ya di Pulau Jawa aja.

    BalasHapus
  16. Bagus banget Yello Hotel Harbour Bay Batam.
    Viewnya dan fasilitasnya semuanya mendukung untuk menikmati kota Batam di pesisir pantai yang romantis.

    BalasHapus
  17. Wah kamar tipe urban extra room-nya menairk nih buat menginap satu keluarga yang bawa anak kecil ya mbak. Mana kamarnya juga apik dan luas.
    fasilitasnya cukup lengkap dan menarik. Bisa liat sunset ke arah pelabuhan dari rooftop. Seru banget buat melewati liburan.
    Mantul nih promo diskonnya, terima kasih infonya.

    BalasHapus
  18. Ah, aku mau ke Batam lagi dan menginap di Yello Harbour Bay Hotel. Pemandangan dari hotelnya bagus banget. Apalagi deket pelabuhan, tinggal jalan kaki buat lihat matahari terbenam.

    BalasHapus
  19. Bener banget, ucapkan assalamualaikum kalau masuk ke ruang manapun, ada orang atau tidak :)
    Yello Hotel Harbour Bay Batam ini interiornya memang bikin mata berbinar, ya. Cantik-cantik ruangannya. Fasilitasnya juga keren banget ih, ada Game On dll :)

    BalasHapus
  20. Saya belum pernah ke Batam, Mbak Lina. Penasaran gimana doong situasi pulau yang super sibuk dengan industrinya ini.

    Menyenangkan sekali ya menginap di Yello, kamar dan berbagai tempat lainnya apik semua. Makanan juga lengkap di restonya, ga bakal kelaparan ini mah.

    BalasHapus
  21. Masyaallah mbak, hotelnya bagus nih kamarnya luas dan nyaman untuk menginap sekeluarga. Wah bisa jalan-jalan juga dengan pemandangan yang indah. Kayaknya dah lama deh aku gak staycation bareng keluarga, jadi mupeng pengen sekalian jalan-jalan trus nginep di hotel

    BalasHapus
  22. Yello hotel ini cakep yaaaa.. aku taunya yello hotel harmoni yang nggak kalah cakeeeeup. Jadi pengen main main ke batam juga niiii

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita