5 Cara Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sehat dan sakit memang takdir dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun, manusia masih tetap bisa berikhtiar untuk terhindar dari takdir sakit yang sia-sia menjadi takdir sehat yang penuh hikmah dan berkah. 

Ada banyak tips dan trik dalam upaya manusia menjaga kesehatan. Tubuh yang sehat bermula dari daya tahan tubuh yang kuat. Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat diperlukan komitmen yang terus-menerus dari seseorang untuk tetap dapat menjaganya.

5 Cara Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh
5 cara ampuh


5 Tips dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh Saya    

1. Tidur yang Cukup

Tahun lalu saya terkena flu dan batuk yang parah. Pekerjaan yang menumpuk, tugas kuliah yang tak kunjung selesai, dan jadwal memberi ASI yang tak menentu, membuat saya kekurangan tidur. Hampir berminggu-minggu tidur larut dan akhirnya tumbang juga. Badan meriang dan sudah bisa ditebak ujung-ujungnya terkena batuk dan flu.

Untuk kasus saya, polanya tetap sama. Ketika kurang tidur maka paginya mulai muncul gejala pilek. Hidung mulai tersumbat dan bersin-bersin. Kalau tidak segera berisitrahat dan minum suplemen kesehatan, biasanya tak berapa lama langsung pilek juga.  Sebenarnya dengan pola seperti ini sudah bisa dicegah dari awal namun karena saya kurang disiplin dengan waktu, maka seringnya kecolongan juga.

Tidur merupakan anugerah yang sangat luar biasa. Dengan tidur yang tercukupi, maka tubuh akan merespon berbagai hal dengan positif dan tidak berlebihan. Hal ini juga saya alami. Jika tidur cukup maka keesokan harinya produktivitas meningkat dan dapat berfikir dengan jernih. Sering kita lihat kalau orang tidur bawaannya marah-marah melulu. Ternyata memang ada korelasinya. 

2. Minum Air Putih

Awalnya karena saya sedang menyusui dan takut si kecil kekurangan ASI, maka saya berkomitmen merutinkan untuk mengkonsumsi 2,5 liter air putih sehari sewaktu periode 2 tahun menyusui. Ternyata setelah dijalani tidak begitu susah. Pasca penyapihan ASI pun Alhamdulillah masih tetap saya rutinkan. Efek yang sangat terasa adalah buang air besar jadi lancar dan teratur. Dengan minum air putih yang tercukupi, badan lebih terasa segar dan tidak mudah mengantuk. Bibir dan kulit yang biasa kering jadi cukup terhidrasi.

Untuk mencapai target minum air putih 2,5 liter per hari, saya buat pola dan jadwal meminumnya. Sebelum jam 9 pagi saya mengharuskan minum 500 ml air putih. Ini berarti saya baru saja menyelesaikan 1/5 dari target yang harus saya capai. Setelah itu saya mengecek kembali pada jam 12 siang, jam 3 sore dan saat pulang kerja jam 5 sore. Di tempat kerja ini, saya menyelesaikan minum 2 liter air putih dan ketika pulang ke rumah, dari magrib hingga jam 9 malam harus menghabiskan 500 ml terakhir. namun tidak minum lagi menjelang tidur. Kalau melihat polanya sekitar 3 jam sekali saya harus minum 500 ml.

3. Berolahraga dengan Rutin

Pasca menyapih dan si kecil sudah mulai paham untuk ditinggal, saya mulai merutinkan olahraga bersepeda dan lari. Alhamdulillah suami juga mendukung. Kalau hari biasa, pagi-pagi sebelum berangkat kerja saya jogging 3-4 kilometer mengelilingi kompleks perumahan sementara suami menjaga si kecil di rumah karena masih tidur. Kalau akhir pekan, Sabtu Minggu biasanya saya ditemani oleh keduanya. 

Rutin berolahraga sangat terasa dalam menjaga daya tahan tubuh. Alhamdulillah semenjak rajin berolahraga saya selalu merasa fit apalagi di tempat kerja biasanya baru duduk di depan komputer saja sudah mengantuk dan menguap berkali-kali, namun setelah rutin berolahraga entah kenapa menguap pagi-pagi ini sudah tidak terjadi lagi. Selain itu semenjak rutin berolahraga, berat badan tetap terjaga.

4. Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Suatu waktu anak saya yang pertama bertanya, "Bunda nggak pengen ya makan makanan atau jajanan yang lagi viral-viral gitu?" Saya hanya tersenyum dan berkata, "Duuh bunda mah nggak tertarik lagi kak makan dan minum jajanan yang begituan, sudah nggak masanya lagi. Itu tuh gula dan minyak semua. Sekarang yang harus bunda dan ayah makan itu makanan yang sehat." Jawab saya. 

Memang sudah seharusnya di usia berapa pun adanya kita, makan makanan sehat dan bergizi adalah suatu keharusan. Coba deh teman-teman perhatikan jika pergi ke pasar malam atau pusat jajanan hampir semua jajanan tersebut mengandung gula atau kalau tidak mengandung minyak. Bukan tidak boleh mengkonsumsi makanan bergula dan berminyak namun seperlunya saja agar tidak berakibat buruk kepada tubuh kita. Saya selalu ingat dengan ungkapan "You are what you eat.

Seiring bertambahnya usia, pengetahuan tentang kesehatan, dan pengalaman, banyak jenis makanan yang harus saya tinggalkan atau kurangi karena tidak baik bagi tubuh dan bahkan dapat merusak tubuh jika berlebihan. Makan makanan bergizi seperti sayur, ikan, buah-buahan, kacang-kacangan dan umbi-umbian adalah satu hal yang mulai saya terapkan. Setidaknya untuk camilan sebelum makan besar pun bukan makan camilan yang mengandung gula atau minyak.     

5. Konsumsi Suplemen Kesehatan

Akhir-akhir ini karena tubuh terasa kurang fit, saya mengkonsumsi suplemen kesehatan Echinacea MPL yaitu suplemen kesehatan yang terbuat dari herbal dan termasuk ke dalam golongan jamu. Suplemen ini tiap kapletnya mengandung 500 mg ekstrak Echinacea purpurea yang berkhasiat membantu memelihara daya tahan tubuh dengan meningkatkan sistem imun. Saya meminumnya 1 kali sehari 1 kaplet. 

Perlu teman-teman perhatikan bahwa produk yang mengandung Echinacea purpurea tidak boleh dikonsumsi berturut-turut selama lebih dari 8 minggu, karena tubuh kita sendiri sudah memproduksi imun. Jadi, mengkonsumsi produk ini dilakukan jika kita sedang tidak fit atau saat imun tubuh sedang turun. Seperti saya yang akhir-akhir ini merasa mengalami penurunan daya tahan tubuh karena kurang tidur. Badan lemas dan kepala sedikit pusing.

Meskipun beberapa malam terakhir saya kurang tidur, Alhamdulillah tidak terjadi apa yang saya takutkan yaitu terkena flu. Tubuh saya masih bisa bertahan dan semoga saja seterusnya sehat wal'afiat. Terkadang ada saja hal-hal tertentu yang mengharuskan saya tidur larut dan itu memang tidak terjadi setiap hari. Seperti beberapa waktu lalu ada sahabat SMA saya dari Jakarta yang berkunjung ke Batam dan tak terasa kami mengobrol hingga jam 2 pagi. Selain dari hari itu, saya tetap berusaha untuk berkomitmen tidur cukup dan mengurangi "cheat" yang sesekali dilakukan.

Oh iya, Echinacea MPL telah tersertifikasi halal dan sudah mengantongi izin dari BPOM jadi aman dan tenang untuk dikonsumsi. 

Tersertifikasi halal dan izin BPOM

Kalau teman-teman bagaimana, apakah punya tips ampuh lainnya untuk menjaga daya tahan tubuh? Yuk cerita di kolom komentar!

1 komentar :

  1. Tidur yang cukup dan olahraga tuh yang masih PR banget buatku :D Terima kasih tips dan rekomendasi suplemennya ya, bermanfaat sekali :)

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita