Jumat, 24 Juni 2016

Manfaat Internet Ala Diah Kusumastuti

Pada postingan kali ini saya ingin melanjutkan sesi Blog Review atau Blog Tour ke teman-teman Blogger Perempuan yang kece-kece. Nah blog yang akan saya sambangi adalah blog empunya Mbak Diah Kusumastuti yang bermarkas di www.dekamuslim.com. Mbak Diah ini kelahiran Solo, Jawa Tengah namun kini menetap di Sidoarjo, Jawa Timur bersama suami dan kedua buah hatinya yang masih balita.

Berkunjung ke blognya kita akan disuguhkan tulisan-tulisan yang mengalir, jujur, dan enak dibaca. Tampilan blognya simpel dengan dominasi latar warna hijau dengan gambar pepohonan dan dedaunan.


Menurut pengakuan di blognya, Mbak Diah ini seorang yang tertutup alias introvert sehingga ia kurang percaya diri dan secara verbal sangat sulit mengungkapan pendapat dan pertanyaan-pertanyaan yang terbetik di hatinya kepada orang lain. Namun ternyata setelah mengenal internet Mbak Diah ini jadi banyak berteman dan semakin terbuka wawasannya. Begitu banyak manfaat internet yang didapat oleh Mbak Diah. Bisa dibaca pada salah satu postingannya, ia menuliskan beberapa poin yang bermanfaat dari hadirnya internet di tengah-tengah kehidupannya. Yaitu diantaranya adalah:

1.      Wawasan dan ilmu pengetahuan bertambah luas.

Karena hobbynya menulis, maka semakin banyak ia menulis maka semakin banyak pula ia membaca dan mencari referensi. Sebagaimana kita ketahui, menulis dan membaca itu bagai saudara kembar atau pasangan yang tak terpisahkan. Orang yang suka menulis cenderung suka membaca. Dengan banyak membaca maka wawasan akan semakin bertambah luas.


2.      Meraih berbagai prestasi sehingga menambah percaya diri.
           
Banyaknya lomba-lomba menulis yang digelar di dunia maya, menjadikan siapa pun bisa menjadi pemenang selama dia mencoba dan berusaha. Dan Mbak Diah ini seringkali mengikuti lomba-lomba sehingga sering menang. Akibat positifnya adalah ia semakin percaya diri.      


3.      Mendapatkan berbagai macam materi/barang.

Prestasi yang diraih dalam lomba-lomba menulis biasanya mendapatkan imbalan/hadiah berupa barang. Karena sering menang lomba, maka Mbak Diah seringkali mendapatkan kiriman paket dari hasil menjuarai berbagai lomba serta quis di internet. Contohnya saja sepatu, gamis, pakaian, selimut, bahkan ponsel android. Keren ya.


4.      Mendapatkan penghasilan dari internet.

Selain imbalan atau hadiah dalam bentuk barang, banyak juga dalam bentuk transferan uang ke rekening. Nah yang ini saya sendiri merasakan manfaatnya. Berkali-kali menerima imbalan dari hasil menulis di blog. Meskipun nggak besar-besar sangat hingga nolnya enam digit namun tetap saja terasa besar jika uangnya kita belanjakan untuk keperluan sehari-hari. 


5.      Memberi ruang untuk aktualisasi dan eksistensi diri.

Nah ini nih yang memang mendasari seseorang murni ngeblog pada awal-awalnya. Eksistensi diri. Dengan menulis terutama di blog,  seseorang akan merasa tetap hadir/eksis di tengah-tengah masyarakat. Keberadaannya akan terasa saat ia bisa menulis dan sharing ilmu, unek-unek, atau bahkan pengetahuan melalui blognya. Jadi eksis itu tak harus ngerumpi di halaman rumah, di warung, atau hang out ke mall. Cukup dengan menulis dan berbagi pengetahuan di blog saja sudah banyak yang merasa eksis.


6.      Memiliki jaringan pertemanan yang semakin luas.

Poin ini jelas tak diragukan lagi. Dengan memanfaatkan internet, maka seseorang akan terhubung dengan berbagai sosial media dan beragam komunitas di dalamnya. Yang mana hal tersebut akan semakin menambah jaringan pertemanan baik secara personal maupun kelompok. Dengan event kopdar maka pertemanan semakin real dan terasa. Mengenal orang-orang baru dengan berbagai latar belakang yang berbeda sungguh akan membuat kita kaya akan pengetahuan. Dan internet bisa menjembatani semua hal tersebut di atas. 


Nah sudah jelas kan internet itu banyak manfaatnya? Yang masih penasaran silahkan meluncur cusss ke blognya Mbak Diah Kususmastuti. 

Salam.

2 komentar:

  1. Aku mau dapat uang dari internet kak ... Ajari aku #LaluDikeplak

    BalasHapus
  2. Makasih ulasannya, Mbak Lina. Makasih juga udah sudi kasih komen di banyak postingan :)
    Sukses selalu ya, Mbak :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...