Senin, 13 Juni 2016

Serunya Buka Puasa di Da Vienna Hotel Batam

Momen buka puasa bersama adalah saat yang tepat untuk bertemu dan bersilaturahim dengan keluarga, teman, sahabat, dan juga kerabat. Penentuan lokasi  biasanya yang paling sering dikemukakan jika ide buka puasa bersama mulai diwacanakan. Nah sekarang ini, sepertinya tidak usah bingung-bingung memilih lokasi berbuka puasa dimana. Tinggal tentukan saja lokasi yang memasang harga terjangkau sesuai budget yang kita punya.

Selain restoran dan cafe, ada begitu banyak hotel-hotel yang menyediakan paket buka puasa sepuasnya dengan harga yang terjangkau dan kompetitif. Yang menawarkan menu-menu khas buka puasa ala Nusantara, Timur Tengah, Chinese, maupun Western.

Nah untuk yang tinggal di kota Batam, salah satu hotel yang menyediakan paket buka puasa adalah Da Vienna Hotel di Jalan Pembangunan, Nagoya, Batam. Harga paket hanya Rp.108.000 net/orang. Paket ini mulai berlaku dari tanggal 8 Juni hinga 03 Juli 2016.


Nah, seperti apa keseruan buka bersama di sana? Saya dan teman-teman Komunitas Blogger Kepri sudah mencobanya. Dengan menu takjil, appetizer, dan main course yang sangat variatif, ditampilkan dengan penuh estetika dan dikerjakan dengan  sepenuh  hati, hidangan-hidangan yang tersaji sungguh menggugah selera.

Para tamu dihibur oleh sajian lagu-lagu religi

Ingin tahu menu buka puasanya apa saja? Ada jadwal menunya ternyata loh. Untuk menu buka puasa pada minggu pertama sama dengan menu berbuka di minggu ketiga. Dan untuk menu buka puasa pada minggu kedua sama dengan menu berbuka di minggu keempat.






Uniknya Da Vienna menampilkan menu-menu nusantara dari berbagai daerah setiap harinya. Apa saja? Yuk simak daftar berikut ini:

Hari 1 dari Medan dengan hidangan utama ayam bakar Deli, mie goreng daging masak tauco, ikan GR saus kincung, dan daun ubi tumbuk.

Hari 2 dari Jawa Timur dengan hidangan utama kresengan daging, mie goreng Jawa, ayam lodho, ikan garam asam, dan tumis pare cumi asin.

Hari 3 dari Banjar dengan hidangan utama mie habang, gangsa daging, ayam sambal pandan, ikan patin bakar, dan tumis kacang panjang Banjar.

Hari 4 dari Kepri dengan hidangan utama bacah daging, ayam bumbu kecap, gulai asam pedas, dan gulai paku. (Yang ini sayang tidak ada gonggong ya?).

Hari 5 dari Makasar dengan hidangan utama daging pallu goloa, soun goreng, ayam palu sonroh, ikan pallumura, dan sayur sibulung pulung.

Hari 6 dari Bali dengan hidangan utama mie goreng ayam kencur, daging bumbu Bali, ayam bakar taliwang, sate lilit ikan, dan sayur ulih.

Hari 7 dari Jakarta dengan hidangan utama daging gobe Betawi, bihun goreng, semur ayam santan, ikan pesmol, dan sayur godog pepaya buncis.

Hari 8 dari Jawa Barat dengan hidangan utama mie goreng ayam kemangi cabe ijo, ayam serundeng, tengkleng kikil, tenggiri saus cobek, dan sayur lodeh sunda.

Hari 9 dari Manado dengan hidangan utama Mie goreng cakalang, daging bakar bumbu paniki, ayam rica-rica, ikan woku belangal hutilinga.

Hari 10 dari Padang dengan hidangan utama kalio daging & cincang, ayam bakar Padang, ikan goreng saus Padang, sayur daun singkong & Nangka.

Hari 11 dari Jawa Tengah dengan hidangan utama garang asam kambing Pekalongan, mie goreng bakso kencur, ayam bakar Klaten, ikan masak mangut, sayur bobor.

Hari 12 dari Papua dengan hidangan utama ayam ganemo, daging bakar sambal bawang, tenggiri asar, tumis daun singkong pepaya.

Hari 13 dari Aceh dengan hidangan utama mie goreng Aceh, dalca Aceh, gulai itik, ikan asam ke'eng, gulene rempaue.

Hari 14 dari Palembang dengan hidangan utama mie goreng daging malbi, pindang ayam, patin masak tempoyak, kari terong kacang panjang.

Untuk hari ke-15 dan seterusnya menu berbuka kembali ke hari pertama puasa.

Oh ya seluruh hari di atas pastinya adalah lauk-pauk untuk berteman dengan nasi putih. Menu utama yang tidak boleh lupa dari meja makan orang Indonesia. Bagi kita, apalah arti enaknya makan tanpa dibarengi nasi, yakan? Apalagi setelah berpuasa tentu saja kebutuhan tenaga harus terpenuhi.



Selain hidangan utama (main course) yang terhidang di meja prasmanan, terdapat juga stan-stan (stall) yang menyediakan begitu banyak pilihan menu seperti stan minuman tradisional, stan sup & mie, stan memasak langsung (live coocking stall) menu martabak telur, stan minuman es, stan kolak & bubur, stan jajanan pasar, stan buah, stan aneka manisan, appetizer, dan aneka sambal.

Untuk minuman tradisional diantaranya ada bajigur. Yang ini minuman kesukaan saya banget. Sayang waktu ke sini tidak melihat sama sekali tulisannya hingga terlewatkan. Sedangkan aneka kolak dan bubur menyajikan kolak biji salak, kolak pisang, kolak ubi mutiara, kolak kolang-kaling, bubur kacang ijo, bubur sumsum, bubur ketan hitam,dan kolak angsle. Baca kolak itu mendadak ingat puasa di kampung halaman. Semua itu sama persis dengan menu buka puasa ala rumah di Garut. *Mendadak mewek.

Teman Media dan Blogger

Kamu tinggal di Batam?  Yuk cusss ke Da Vienna. Jangan takut nggak bisa sholat maghrib, soalnya ada musholanya loh. Tepat di lorong menuju restorannya. Musholanya bersih sekali. Perlengkapan sholatnya pun tersedia dengan bersih. Lalu di setiap sudut dekorasi ruangannya tertata rapi, bersih, indah dan artistik. Di lorong dekat butik, ada spot untuk tamu berfoto-foto dengan aneka duaja (banner) bernarsis ria. Ya karena semua banci foto jadilah kami berlama-lama untuk tampil di depan kamera :D

Mushola Hotel

Sebagai foto model yang gagal terkenal (silahkan muntah sudah saya sediakan kresek :D) saya pun tak lupa untuk nampang ala-ala batman eh wonderwoman atau catwoman? Pokoknya mirip yang tokoh film yang pakai topeng deh hanya saja ini tokohnya agak syar'i. Qiqiqiqi.







11 komentar:

  1. Mi goreng daging malbi??itu nama ikan atau apa mbk??aku baru denger hehe

    BalasHapus
  2. Serius teh ada kolak biji Salak? Gimana rasanya ya, sayangnya kemaren g ngeliat, hiks..

    BalasHapus
  3. Itu foto pertama cetar banget siiih... :) comot aaah, buat postingan blog-ku ya teh :) Btw kok foto ala-ala catwoman-nya gak dipasang sih? Keren looh itu...
    Makanan di da Vienna enak-enak yah, aku suka semua jajanan ama pudingnya. Hidangan main course-nya trus lontong Medannya juga enak...

    BalasHapus
  4. Asiknya yang buka puasa di hotel hihihi

    BalasHapus
  5. ih seru banget yak acaranya teh, makanannya enyak2 plus dihibur sama musik2 islami lagi asyekkkk

    BalasHapus
  6. Mantap artikelnya mbak! Lengkap bgt menunya.. Jos...

    BalasHapus
  7. Bedeh enak sekali, bervariasi lagi hidanganya

    BalasHapus
  8. batam memang udah melek blogger ya mbak linaa. hebaat.

    BalasHapus
  9. Alamakkk makanannya beragam ya, tiap hari ganti menu gitu.

    BalasHapus
  10. Seru buka puasa di Da Vienna, apalagi makanannya menarik.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...