Friday, May 26, 2017

Cara Cepat & Tepat Memesan Tiket Penerbangan dan Voucher Hotel dalam Satu Paket

         Puasa sebentar lagi tiba. Lebaran tak kan terasa tau-tau sudah di depan mata. Bagi para perantau seperti saya, lebaran adalah hari yang sakral untuk mudik. Hari berkah penuh kebahagiaan karena dapat berkumpul bersama keluarga besar. Lebaran juga hari bertamasya mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitar kampung halaman.

Sudah 6 tahun kami sekeluarga – Saya, suami, dan Chila - tidak pernah mudik untuk ikut berlebaran bersama keluarga di kampung. Oleh sebab itu, lebaran tahun ini sudah diniatkan benar-benar pulang kampung ke Depok dan Garut, Jawa Barat. Selain Depok dan Garut, kami rencananya sekalian berlibur ke Bandung. Dengan rute perjalanan seperti ini: Batam – Jakarta – Depok – Garut – Bandung – Batam. 

Dengan alur rute mudik seperti di atas, lumayan menghemat waktu karena bisa bersilaturahim dengan semua keluarga besar baik dari pihak suami maupun pihak saya sendiri. Selain itu, kami juga bisa berlibur di Bandung menjelang kepulangan kembali ke Batam. Sudah lama Chila menginginkan main ke Trans Studio Bandung dan saya ingin ke Kawah Putih. Meskipun mudik hanya 9 hari, sepertinya waktu lumayan cukup untuk mengikuti rute mudik plus liburan ini.

Nah, tadi malam, saya sengaja hunting tiket pesawat sekalian juga hotel untuk berlibur di Bandung. Meskipun banyak saudara seperti kakak, adik, dan sepupu di Bandung, rumah mereka cukup jauh dari pusat kota sehingga kurang efektif untuk memaksimalkan liburan kami yang sedikit. Karena itu  kami memutuskan untuk menginap di hotel saja.

Karena tiket keberangkatan Batam – Jakarta sudah aman, maka kami tinggal mencari tiket  kepulangan dari Bandung menuju Batam. Masih banyak pilihan ternyata. Ada Lion Air, Citilink, Wings Air, Sriwijaya Air, NAM Air, dan banyak lagi. Semula waswas karena 2 bulan lalu, seorang teman mengabarkan kalau ia sudah kehabisan tiket untuk rute Batam – Bandung. Ternyata untuk rute sebaliknya (Bandung – Batam) belum habis. Masih banyak kursi kosong. Alhamdulillah,  selamaaaat. *Tepuk tangan. 

Saya pun mulai bergerilya begadang untuk mencari peruntungan. Hahaha. Jadi ingat seorang teman traveller di Batam yang rela begadang demi tiket promo Air Asia yang menurutnya suka muncul lewat tengah malam. Saya pun mencoba memilih cara yang sama. Eh lumayan masih ada tiket promo lebaran dari Lion 1.250.000 rupiah sementara harga biasa bisa mencapai 1.600.000 rupiah. Setelah ditotalkan semua untuk kami bertiga  menjadi 3.749.081 rupiah. 



Setelah mengecek harga tiket pesawat terbang, saya pun mencari-cari hotel mana yang cocok. Cocok di kantong dan cocok untuk Chila. Pilihan jatuh ke Hotel Grandia Hotel Bandung yang beralamat di Jalan Cihampelas. Pertimbangannya karena di Hotel  Grandia terdapat kolam renang. Jadi Chila bisa berenang sepuasnya di sini. Selain itu jarak ke Trans Studio juga tidak jauh hanya sekitar 20 menitan saja. Untuk menginap 3 hari 2 malam di Grandia Hotel, harga tertera sebesar 1.563.527 rupiah.



Jika digabungkan maka harga tiket pesawat plus hotel adalah sebagai berikut:
Pesawat: 3.749.081 rupiah.
Hotel:  1.563.527 rupiah.
Total menjadi sebesar  5.312.608 rupiah.

Sebenarnya seru sih hunting tiket begini. Tapi kalau satu satu memeakan waktun yang lama, tahu tahu sudah jam 3 subuh. Sempat membandingkan juga dengan situs lainnya tapi ternyata pilihan awal tadi  masih lebih murah. Saat kembali ke menu, ternyata di Traveloka ada pilihan yang sekaligus membuka pemesanan penerbangan plus hotel sekaligus dalam satu paket. Langsung mencoba menu ini dan membandingkan dengan  harga sebelumnya yang masing-masing. 


Saat dihitung-hitung saya sempat tidak percaya. Ternyata lebih murah menggunakan sistim paket seperti ini. Untuk penerbangan 2 dewasa 1 anak dan hotel 3 hari 2 malam harga yang tercantum sebesar 5.101.507 rupiah. Padahal semula harganya  5.312.608 rupiah. Berarti lebih hemat sebesar 211.101 rupiah. Wah menarik banget. Lumayan 211 ribu rupiahnya bisa digunakan ongkos kendaraan dari Garut ke Bandung atau untuk wisata kuliner di Bandung yang sangat beragam.  Dengan 211 ribu bisa beli bermacam-macam kuliner Bandung yang enak-enak. Yeaah. Saya langsung cepat-cepat booking takut angkanya berubah lagi. Haha. Emak-emak mah nggak boleh dikasih diskon langsung semangat.



Saat mau bayar ternyata metode pembayaran di Traveloka sangat beragam. Bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti transfer via ATM & m-banking, via kartu kredit, atau internet banking melalui bank-bank terkemuka seperti BCA, Mandiri, BNI, CIMB, dan lainnya. Saya sendiri lebih menyukai m-banking karena lebih cepat, aman dan hemat waktu. Gak perlu keluar rumah untuk transfer ke ATM.

Nah bagi yang mau mudik dan memanfaatkan libur lebaran seperti saya, sudah waktunya untuk berburu tiket plus hotel. Dan alangkah bagusnya jika metode pencarian dilakukan seperti saya melalui paket Flight + Hotel di traveloka. Lebih mudah dan murah. Hemat waktu. Tidak harus begadang berjam-jam seperti saya. Hanya perlu beberapa menit saja untuk menyelesaikan 2 masalah sekaligus. Yuk cusss pesan segera paket ini gak usah banding-bandingin lagi deh, saya sudah membuktikannya memang lebih hemat kok.


15 comments:

  1. Lumayan murah juga nih utk harga mendekati lebaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tiketnya lumayan murah kalau untuk lebaran.

      Delete
  2. waaa moga lancar ya Mbak perjalanannya, emang sih traveloka juara banget customer servicenya juga oke punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Betul berasa perhatiannya :D eh.

      Delete
  3. Wow! Aku baru tau nih kalo Mbak Lina ini mojang Parahiyangan ^_^

    ReplyDelete
  4. aku juga pakai cara booking ini sekarang mbak, lebih praktis hemat waktu dan hemat ongkos juga karena harganya jadi lebih murah dibanding booking masing-masing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Tuty, sudah terbukti juga oleh saya.

      Delete
  5. Traveloka memang keren deh, bisa memudahkan para traveller.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lebih mudah dan cepat loadingnya.

      Delete
  6. Aku baru balik dari Bandung mbak Lina... Kangen balik lagi abis baca tulisanmu. Kemaren aku juga pake traveloka pas pesen tiket kereta dari jakarta. Emang mantep nih traveloka buat pesen tiket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya aku juga nyoba2 pakai yang kereta api. Seru juga ya naik kereta api Bandung - Jakarta.

      Delete
  7. Traveloka memang menawarkan sesuatu yang beda. Ceki-ceki juga ah.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...