Saturday, November 11, 2017

Bertemu Bunda-Bunda Hebat dari Seluruh Indonesia di Mombassador Batch 5

Mombassador batch 5
Mombassador batch 5

Selama 3 hari 2 malam, SGM Eksplor memanjakan bunda-bunda terpilih dari seluruh pelosok tanah air untuk mengikuti event Temu Bunda di Jogjakarya yang diisi dengan beragam kegiatan yang menarik, unik, dan mendidik.

90 orang terpilih ini mewakili bunda-bunda dari daerah Aceh, Sumatera Selatan, Kepri, Kalimantan Selatan, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan, dan Papua.


Dari Batam Kepri, Saya berdua berangkat bersama Bunda Cucum Suminar. Diantara bunda-bunda lainnya yang sudah saya kenal ada Bunda Dewi Rieka dan Bunda Rahmi Aziza dari Semarang Jawa Tengah, Bunda Susindra dari Jawa Tengah, Bunda Amanda Ratih dari Tangerang Banten, Bunda Muslifatul dari Lombok NTB. Sementara bunda-lainnya ada yang sekilas pernah mampir di blog atau facebooknya, dan yang lainnya lagi belum pernah kenal sama sekali.


Hari pertama

Hari pertama event Temu Bunda ini adalah hari keberangkatan dari masing-masing kota. Para Bunda dijemput dari rumah masing-masing oleh agen travel hingga ke bandara. Untuk yang tidak dijemput seperti saya maka berangkat sendiri dan ongkos diklaim untuk di-reimburse.

Untuk penerbangan Batam - Jogjakarta, Alhamdulillah menggunakan Garuda dan transit di Jakarta. Boarding dari Batam Pukul 08.35  dan baru tiba di Jogja pukul 14.00 WIB. Sebenarnya jadwal keberangkatan pesawat lancar namun saat tiba di Jogja, pesawat hanya berputar-putar saja di atas karena menunggu antrian landing.

Di ruang kedatangan kami bertemu rombongan bunda dari Semarang dan sekitarnya, langsung kenalan dan foto-foto di dinding bandara yang berhiaskan mural khas Jogja dengan becak sebagai pelengkapnya.

Dari bandara kami dijemput oleh panitia dan tiba di hotel Green Host untuk mengisi questioner dan menerima mombassador KIT yang salah satunya adalah kaos lengan panjang yang cantik bertuliskan mombassador dan temu bunda. Kaos berwarna yang senada dengan warna SGM Eksplor yakni merah dan putih. Setelah itu kami makan siang yang telat sekali :D
 
mombasssador batch 5
Bersama para Mombassador di depan pintu masuk Hotel Green Host 

Green Host Jogjakarta
Kolam renang di Green Host


Setelah makan siang atau tepatnya makan sore :D kami diinstruksikan untuk berganti pakaian menggunakan kaus Mombassador dan antri untuk diambil foto di tepi kolam renang oleh panitia. Setelah difoto saya langsung meluncur ke hotel Indies yang jaraknya sekitar 5 menit berkendara dari Hotel Green Host.

Hotel Indies tampak lebih cerah, bersih, dan terawat dibandingkan dengan Green Host. Lobby-nya luas, serta makanannya enak-enak.

Pukul 7 malam, kami yang di Hotel Indies dijemput untuk menuju Hotel Green Host karena harus mengikuti Welcoming  Dinner.  Masih di lokasi yang sama, setelah makan malam usai, kami tetap berada di lokasi dan mendengarkan paparan dari panitia tentang apa itu event Temu Bunda dan sekilas tentang Mombassador. Ini juga merupakan ajang perkenalan diri dimana bunda-bunda dipersilahkan maju ke depan untuk berbicara menggunakan bahasa daerahnya masing-masing. Selain itu panitia juga menerangkan bahwa akan ada Lomba Live Report dan Kompetisi Vlog.


Apa itu Mombassador?

Mombassador adalah sebuah komunitas para bunda yang dibentuk SGM Eksplor untuk membekali para bunda dengan berbagai pengetahuan mengenai nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak-anak. Selain itu diharapkan setelah mengikuti event ini para bunda bisa menjadi socialpreneur yang menjadi bunda insprirasi untuk bangsa.

Keuntungan menjadi mombassador ini diantaranya adalah dapat berpartisipasi dalam acara-acara yang diadakan oleh SGM Eksplor, mendapatkan informasi terbaru & informasi program SGM Eksplor. Selain itu para mombassador merupakan representatif ibu-ibu Indonesia, menjadi tim inovasi Sari Husada dan SGM Eksplor. Dan bersama SGM Eksplor membantu upaya pemberian akses nutrisi sebanyak-banyaknya untuk keluarga Indonesia.


Hari Kedua
   
Hari kedua para mombassador diajak untuk mengunjungi dan menyaksikan proses produksi SGM Ekplor langsung ke pabriknya yaitu Sari Husada di Jalan Raya Jogja – Solo KM 19, Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Ini merupakan Pabrik terbesar di Asia Tenggara yang sekaligus merupakan pabrik Danone terbesar di dunia.

Sebelum tiba di pabrik SGM Eksplor, para bunda di ajak dulu berbelanja oleh-oleh khas Jogja. Apalagi kalau bukan bakpia. Serunya nih, para bunda diberi uang cash langsung untuk belanja oleh-oleh. Eh setelah belanja, masih juga diberi bingkisan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Wahaha dobel. Tentu saja pada bahagia. Kapan lagi coba bisa dapat dobel untung kayak gini. Luar biasa deh SGM Eksplor.


Sibuk belanja oleh-oleh
Selepas belanja bakpia, bis yang kami tumpangi meluncur menuju Pabrik Sari Husada. Saat tiba di sana, kami disambut oleh  Internal Communication PT. Sari Husada, Anna Widia Puspitaningrum yang menerangkan tentang segala sesuatu mengenai Sari Husada. Mulai dari awal proses produksi, safety, hingga ke water treatment dimana air limbah produksi diolah menjadi air bersih yang dapat digunakan oleh masyarakat sekitar untuk mengairi tanaman dan kebun-kebun sayur mereka. Tidak dipungkiri, bahwa pandangan mata kami memang menyaksikan secara langsung kesuburan di kawasan sekitar pabrik. Ketika bis melaju memasuki kawasan pabrik Sari Husada, di sepanjang jalan, terhampar luas, sawah-sawah dan kebun-kebun yang menghijau subur.

Sambil mendengarkan paparan dari pihak Sari Husada, para bunda dibagi beberapa kelompok untuk bergiliran masuk ke kawasan pabrik secara bertahap. Para Bunda diberi kesempatan untuk melihat dan menyaksikan secara langsung bagaimana proses produksi SGM Eksplor. Saat factory visit, kami diwajibkan mengenakan sepatu tertutup dan berjalan di dalam area garis kuning yang sudah disediakan.

Demi menjaga kesterilan proses produksi itu sendiri, para bunda hanya diperbolehkan melihat dan menyaksikan proses tersebut melalui kaca-kaca di bagian luar ruangan produksi. Dan pada proses storage kami baru dibolehkan masuk ke ruangan penyimpanan. Yang membuat saya tercengang adalah, berton-ton susu dalam kardus tersusun tinggi hingga mencapai atap gudang pabrik. Wow. Dan itu adalah susu-susu yang segera siap untuk diangkut oleh truk-truk yang telah standby di luar. Dengan masa simpan yang hanya berkisar antara 3 hari saja, susu-susu ini segera diangkut dan didistribusikan ke seluruh pelosok tanah air. Luar biasa.

Sepulang dari pabrik, kami makan siang di Prambanan Resto dengan pemandangan yang melelehkan hati. Duduk makan siang sambil menghadap ke Candi Prambanan yang cantik, anggun, dan menawan. Duh suasana romantis gini semestinya makan siang bareng pasangan dong ya haha. 

Prambanan Resto

Selepas makan siang, para bunda diajak ke sebuah lapangan di dekat komplek candi untuk melakukan beragam permainan yang menantang. Orang-orang sekarang menyebut kegiatan ini dengan sebutan outbond, namun saya  menyebutnya permainan saja (karena penyebutan outbond itu ternyata salah kaprah).  

Permainan demi permainan kami lalui.  Beberapa hal yang seru membuat para bunda tertawa cekikikan bahagia. Saking bahagianya sampai lupa sama cucian dan setrikaan di rumah. Haha. Tentu saja lupa karena hari itu kami dimanjakan dan dijamu oleh SGM Eksplor untuk menjadi ratu selama 3 hari 2 malam. Ratu yang tidak mencuci baju dan tidak menyetrika :D

Setelah pulang ke hotel yang cukup telat, para bunda langsung tancap gas kembali mandi, dan dandan yang cantik dengan dress code warna merah. Sebentar saja kami harus berkumpul di lobby hotel untuk berangkat makan malam di Restoran Sekar Kedaton, Kotagede, Jogja. Restoran ini sangat unik karena bangunannya merupakan bangunan lama yang dipengaruhi beberapa campuran unsur budaya yakni Jawa, Portugis, Tiongkok, dan Belanda.

Acara makan malam berlangsung meriah. Diiringi oleh grup band lokal yang  keren dan dua MC yang gokil habis. Para bunda terus saja ngakak ketawa dengan tingkah polah mereka yang lucu. Setelah makan malam usai, ada sesi talk show bersama bunda-bunda hebat dan dilanjutkan dengan quis. 

Acara makan malam ditutup dengan menyanyi, menari, dan pembagian cendera mata. Alhamdulillah acara yang padat merayap hari itu terlewati. Meskipun capek semua bunda tampak bahagia.


Hari Ketiga

Setelah sarapan, para bunda berkumpul di lobby hotel dan sekaligus check out karena siang dan sorenya nanti akan langsung menuju bandara untuk pulang ke kota masing-masing. Semula, kami akan melakukan FGD (Focus Group Discussion) di Hotel Green Host, namun ternyata dialihkan di ruang meeting Hotel Indies, tempat dimana kami menginap. Menjelang makan siang, para bunda dijemput untk menuju Green Host.

 
Mombassador batch 5
Bersama Bunda Amanda, Bunda Dewi Rieka, dan Bunda Rahmi Aziza.

Saat makan siang, panitia mengumumkan pemenang lomba Live tweet, vlog, grup discussion, dan lomba lainnya. Alhamdulillah kelompok diskusi saya menang juara 2 dan kebagian voucher belanja dari Carefour. Lumayan banget kan.

Menjelang dzuhur, para bunda peserta mombassador satu per satu pamit undur diri. Ada haru yang membuncah saat kami bersalaman dan berpelukan untuk saling berpamitan. Rasanya baru beberapa menit yang lalu bertemu mereka, eh sudah berpisah lagi. Pertemuan 3 hari 2 malam itu sungguh sangat singkat namun membekas. 

Dari Hotel Green Host, perjalanan menuju bandara Adi Sucipto Jogjakarta terbilang lancar. Namun drama dimulai saat beberapa pesawat ke berbagai tujuan mendadak delay. Ada yang delay 1 jam dan ada yang 2 jam. Namun disela-sela itu, para bunda merasa diuntungkan karena bertemu dengan beberapa orang pesohor di negeri ini. Ada dari kalangan artis, cendekiawan, dan orang penting lainnya sehinga mereka bisa berfoto-foto. 

Saya pun sempat galau karena tiba-tiba seorang teman SMA di Jakarta mengabarkan bahwa esok hari akan ada reunian. Dan saya tinggal belok saja ke Jakarta. Namun setelah berfikir masak-masak, saya pun memutuskan untuk tetap pulang ke Batam meskipun sebenarnya sudah diizinkan suami. Semoga kapan-kapan bisa reunian lagi. Baik dengan para Mombassador maupun dengan teman-teman SMA saya di Jakarta.

10 comments:

  1. Acaranya pasti berkesan tuh. :D Tahu gitu, aku titip salam buat para mom hebat di sana. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Mbak, pengen reunian kembali malah sama bunda2 ini.

      Delete
  2. Keren banget, Mbak. :D Andai aku termasuk salah satu dari mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. November ini ada batch #6 loh Mbak Esti. Gak ikutan ya?

      Delete
  3. Replies
    1. SGM Eksplornya yang keren. Bisa mempertemukan kami.

      Delete
  4. MasyaAllah serunya :D
    tapi belum jadi bunda hehe. Semoga acara seperti ini bisa diselenggarakan tahunan, supaya di masa depan bisa ikut hehe xD

    Keren yah bisa berkumpul dengan bunda2 dari seluruh Indonesia. Bisa sharing pengalaman, masalah selama menjadi bunda, dan solusinya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahun malah bisa beberapa kali. Ayo semangat Zahrah, Insya Allah akan segera menjadi bunda seperti kami.

      Delete
  5. Setahun lalu sempat hampir menjadi salah satu peserta namun batal karena ada halangan , acaranya seru banget ya

    ReplyDelete
  6. Wah ada mba Dedew dan Rahmi juga ya. Pasti seru acaranya, asyik bisa kumpul rame2 gini.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...