Wednesday, 25 July 2018

Keseruan Menonton One Shot EduCity Fitness Challenge 2018 di Iskandar Putri, Johor

Teriakan-teriakan penyemangat dari penonton menggema di seluruh ruangan stadion. Berpasang pria dan wanita penuh peluh bercucuran tampak sedang berjuang mengenyahkan batas-batas kekuatan diri. Selama puluhan menit mereka melakukan beragam tantangan yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan fisik. Mengangkat barbel, bersepeda statis, melompati barbel bersama-sama, dan push up bersama juga. Tiap-tiap kegiatan sambung menyambung tanpa jeda. Setiap peserta didampingi oleh juri sehingga tidak bisa berkutik untuk mencuri waktu berehat barang sejenak saja. Sungguh sangat menguras tenaga.




Ya, itulah salah satu keseruan menonton perlombaan One Shot EduCity Fitness Challenge 2018. Cukup menegangkan memang, apalagi ini merupakan puncak acara atau final setelah beberapa tim bersaing ketat di babak sebelumnya dalam menyelesaikan beragam tantangan dengan waktu yang terbatas. Terlebih, penonton tetap antusias berteriak untuk selalu memberi semangat kepada peserta kesayangannya. 


One shot EduCity Fitness Challenge 2018 ini diselenggarakan pada tanggal 21 hingga 22 Juli 2018 yang lalu di EduCity Sports Complex, Iskandar Puteri, Johor Malaysia. EduCity Complex merupakan sebuah stadion dengan kapasitas 14.000 tempat duduk. Terdiri diri dari sebuah lapangan sepakbola dan rugby, sebuah trek atletik sepanjang 400 meter, sebuah kolam renang dan kolam menyelam ukuran olimpiade, arena dalam ruangan dengan lapangan untuk badminton, basket, futsal, tenis dan bola voli.


Challenge ini tidak hanya diikuti oleh warga Malaysia saja, namun negeri jiran seperti Singapura dan Brunei Darussalam pun ikut ambil bagian. Jumlah tim yang mendaftar ada 36 tim yang terbagi dalam dua kategori yakni Rx’d sebanyak 12 tim dan Scaled sebanyak 24 tim.

Salah satu tantangan yang dihadapi mengangkat barbel berulang-ulang tanpa henti.

Kedua pasangan peserta  bersiap melakukan push up.

Peserta yang berpartisipasi yaitu berasal dari Malaysia (62 partisipan), Singapura (8 partisipan), dan Brunei Darussalam ( 2 partisipan). Satu tim peserta terdiri dari dua orang yakni 1 pria dan 1 wanita.


Kategori Rx’d merupakan tantangan menyelesaikan latihan yang dirancang untuk peserta yang terampil atau berpengalaman. Sedangkan Scaled, kategori ini berupa latihan penurunan berat badan dan gerakan teknis untuk peserta menengah.


Adapun hadiah-hadiah bagi pemenang sangat menggiurkan. Apa saja? Untuk Kategori Rx’d Juara 1 memperoleh uang tunai sebesar 2.000 ringgit, voucher dari Reebok senilai 500 ringgit, Voucher 400 ringgit (SI), dan merchandise senilai 744 ringgit dari Scitec Nutrition. Sedangkan Juara 2 mendapatkan uang tunai sebesar 1.200 ringgit, voucher dari Reebok senilai 350 ringgit, dan merchandise senilai 485 ringgit dari Scitec Nutrition. Sementara itu juara 3 mendapatkan uang tunai sebesar 800 ringgit, voucher Reebok senilai 250 ringgit dan merchandise dari Scitec Nutrition senilai 196 ringgit.


Untuk kategori Scaled, juara 1 mendapatkan uang sebesar 1.000 ringgit, voucher dari Reebok senilai 500 ringgit, Voucher 300 ringgit (SI), dan merchandise senilai 744 ringgit dari Scitec Nutrition. Juara 2 mendapatkan ang tunai sebesar 600 ringgit, voucher dari Reebok senilai 350 ringgit, dan merchandise senilai 485 ringgit  dari Scitec Nutrition. Sedangkan juara 3 mendaptkan uang tunai sebesar 400 ringgit, voucher Reebok senilai 250 ringgit dan merchandise dari Scitec Nutrition senilai 196 ringgit.


Kemenangan akhirnya ditorehkan oleh Darren Chai dan Stephanie Liew, duo yang disebut dengan nama “Slow Burn” ini berasal dari Hybrid Movement Gym, Brunei, yang muncul sebagai juara dalam kategori Rx'd. Sementara itu, Siow Jian Yang dan Megan Foo dari FITREK Gym Malaysia yang menamakan timnya sebagai "Miow" sampai ke posisi teratas dalam kategori Scaled.

Daren & Stephany

Semua Pemenang di dua kategori Rx'd & Scaled

Acara penutupan telah pun diresmikan oleh Mr. Sugu Maran Kailasan, Chief Operating Officer EduCity Iskandar Malaysia Sdn Bhd, dan dihadiri pula oleh Tuan Haji 'On Jabbar @Jaafar, Chief Executive Officer SUKMA Johor 2020 sebagai tamu kehormatan.


“Kami telah menyelenggarakan berbagai kompetisi ketahanan fisik seperti Triathlon dan Multi Sport Competitions, tetapi kami selalu mencari acara-acara unik seperti ini untuk menarik peserta lokal dan para atlet negara tetangga. Karena kompetisi seperti CrossFit masih banyak disukai oleh pecinta olahraga ekstrim di sini, kami bertindak cepat, dan hasilnya berbicara sendiri, ” kata Mr. Sugu Maran Kailasan dalam pidato penutupan.


Bagi orang awam yang tidak mengerti, tentu asing dengan istilah CrossFit ini. Crossfit merupakan pola latihan yang mengabungkan olahraga kardiovaskuler dengan angkat beban ke dalam format serupa circuit training. Dalam satu sesi CrossFit, seseorang bisa saja berlari sprint selama beberapa waktu, kemudian melanjutkannya dengan pull up.

Mr. Sugu Maran Kailasan dan Cik Puan Raja Yasmin dari  IIB


Mr. Sugu lantas menambahkan bahwa Fitness Challenge seperti ini, juga merupakan platform yang cocok untuk menemukan atlet potensial yang akan dilatih untuk ikut kejuaraan SUKMA Games yang ke-15 pada tahun 2020, yang akan diselenggarakan di Johor. SUKMA adalah pesta olahraga terbesar di Malaysia yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. 



Tentang Iskandar Investment Berhad (IIB)


Iskandar Investment Berhad (IIB) adalah katalisator perubahan dan pemain kunci dalam transformasi Iskandar Malaysia menjadi kota metropolitan internasional regional. Didirikan pada November 2006, IIB ditugaskan untuk memastikan Iskandar Malaysia melanjutkan alurnya yang sukses sebagai tujuan investasi yang menarik dan kawasan hidup yang hidup melalui proyek-proyek yang bersifat katalis dan berdampak tinggi.


IIB berfokus pada pengembangan Iskandar Puteri di bidang pendidikan, kreatif, pariwisata dan rekreasi, serta sektor kesehatan dan kesejahteraan. Prestasi utama IIB meliputi keberhasilan usaha patungan dan kemitraan investasi di Legoland Malaysia Resort, Iskandar Puteri, Medini dan proyek infrastruktur di Iskandar Malaysia lainnya.


EduCity, merupakan pengembangan katalis yang digerakkan oleh IIB berupa pusat pendidikan terintegrasi yang diharapkan menjadi umpan untuk mendukung berbagai kegiatan ekonomi Iskandar Malaysia sambil mempersiapkan generasi pemimpin masa depan.


Bermitra dengan tokoh-tokoh dalam pendidikan dari seluruh dunia, EduCity dengan semua lembaga pendidikan tinggi, pusat penelitian dan pengembangan, fasilitas akomodasi siswa dan fasilitas rekreasi dan olahraganya, adalah kawasan pendidikan terpadu yang pertama di Asia.


Saat ini, sudah dalam tahap pengoperasian dengan sembilan mitra pendidikan lokal dan internasional, EduCity memainkan bagian penting dalam mengembangkan sektor pendidikan Iskandar Malaysia, bersama dengan efek multiplier klaster pendidikan terhadap ekonomi lokal.


EduCity dikembangkan oleh IIB melalui anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki EduCity Iskandar Malaysia Sdn. Bhd. (EIMSB). Dimana IIB berkomitmen untuk mengarahkan pertumbuhan ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan di Iskandar Malaysia dan memastikan pertumbuhan inklusif bagi penduduk Iskandar melalui kesempatan kerja dan pendapatan. 



Tertarik untuk menggali informasi lebih lanjut tentang IIB, silakan kunjungi www.iskandarinvestment.com. Atau, untuk informasi lebih lanjut tentang acara-acara mendatang di EduCity Sports Complex, silakan kunjungi halaman Facebooknya di https://www.facebook.com/educitysport/.

12 comments:

  1. Seru, ya. Antarnegara. Menambah kedekatan.

    ReplyDelete
  2. Ajang lomba yang seru, angkat barbel jadi ingat Ade Rai .Hehe. Semoga ajang ini meningkatkan bakat dan kemampuan peserta untuk terus berlatih

    ReplyDelete
  3. Kayanya ini tuh ajang unjuk gigi untuk penggila gym yah. Sayang dari Indonesia belum ada yang ikuta. Tapi ngeliat mereka angkat" barbel gitu adrenalin tertantang pengen nyobain ga kak? Hahaha

    ReplyDelete
  4. Olah raga kelas berat ini. Gak kuat. Tapi untuk tontonan lumayanlah ya

    ReplyDelete
  5. nonton ini rasanya aku langsing sendiri, engap banget kak wkakkakakkaka

    ReplyDelete
  6. Duh makin pegel-pegel aku bacanya, Teh. Masa berbagai kegiatan dilakukan sambung-sambungan tanpa jeda. Jadi ngebayangin, gimana badanku kalau fitnes ya.. kasian tulang belulang ini..

    ReplyDelete
  7. Wow ada ceweknya suruh angkat barbel juga. Ini info buat yang hobi GYM, bisa ikutan next event. Antar negara loh.

    ReplyDelete
  8. Seru nih kompetisinya. Kagum sama cewek-cewek yang sanggup angkat barbel berulang kali trus push up.

    ReplyDelete
  9. Wah apa saja sekarang bisa dilombakan ya. Kayanya seru juga neh....

    ReplyDelete
  10. wuih ... gym one shot lho
    mantap nih ... pengen juga untuk besarin otot tendon lagi

    kapan ya di indonesia ada acara kayak gini
    hmmm

    ReplyDelete
  11. Keren banget ya fisiknya kuat untuk melakukan tantangan gitu. Pasti tiap hari latihannya juga ekstra...

    ReplyDelete
  12. Seru nonton langsung lomba nge-gym seperti ini..., penonton jadi kayak diberi contoh gerakan-gerakan gym yang benar.

    Hadiahnya gede juga 😁
    Jadi tergiur hehehe

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...