Mewujudkan Resolusi Traveling ke 5 Destinasi Impian

Bicara mengenai resolusi traveling, ada 5 tempat yang paling ingin saya kunjungi di tahun 2019. Kelima tempat tersebut sebenarnya telah begitu lama menjadi impian. Namun, dari dulu hanya sebatas keinginan dan mimpi-mimpi tanpa ada usaha untuk mewujudkannya.


Semenjak pertengahan tahun lalu, saya mulai berusaha secara serius untuk benar-benar merancang resolusi tersebut agar segera terwujud di tahun 2019. Menabung, berhemat, lembur, nge-blog, nge-buzzer, dan mengikuti beberapa lomba blog/tulisan adalah berbagai usaha yang saya jalani agar resolusi traveling di 2019 dapat terlaksana. 

Berikut 5 destinasi yang menjadi resolusi traveling 2019 saya:

1. Masjidil Haram di Kota Mekah Arab Saudi
2. Masjid Nabawi di Kota Madinah Arab Saudi
3. Masjid Aqso di Kota Al Quds (Yerussalem Timur) Palestina
4. Petra di Jordania
5. Gunung Rinjani di Lombok 


Alasan di Balik Keinginan

Ada beberapa alasan dibalik setiap keinginan yang terbetik dalam hati. Dan, sebuah hadist tentang keutamaan ketiga masjid yang saya sebutkan di atas, adalah salah satu alasan utama yang menjadi latar belakang lahirnya keinginan-keinginan tersebut.

“Dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : “Tidak boleh bersusah-payah bepergian, kecuali ke tiga masjid, (yaitu) Masjidil Haram, Masjid Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (Masjid Nabawi), dan Masjidil Aqso” [HR Al-Bukhari dan Muslim]

Hadist ini membuat keinginan untuk berkunjung ke ketiga masjid suci umat islam makin menggebu dalam hati.

Adapun alasan mengunjungi Petra adalah ayat Al Qur’an Surat Al A’Raf ayat 74.

"Dan ingatlah ketika Dia menjadikan kamu khalifah-khalifah setelah kaum 'Ad dan menempatkan kamu di bumi. Di tempat yang datar kamu dirikan istana-istana dan di bukit-bukit kamu pahat menjadi rumah-rumah. Maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu membuat kerusakan di bumi." 

Sungguh sejak kecil saya penasaran dengan tempat yang dimaksud dalam ayat ini. Apakah benar-benar ada bukit yang dipahat menjadi rumah-rumah? Dalam hati berbisik, betapa menakjubkannya mereka. Hingga suatu waktu, foto-foto tentang Petra pun tiba di hadapan saya. Takjub luar biasa. Berharap saya bisa berkunjung ke sana suatu waktu. Untuk mentafakuri kebesaran-Nya. Bercermin pada ayat-ayat-Nya yang selalu menegaskan bahwa pada peradaban bangsa-bangsa terdahulu terdapat tanda-tanda kebesaran-Nya.

Sementara itu keinginan mengunjungi Gunung Rinjani adalah keinginan si kecil Chila. Dimana ayahnya pernah menjanjikan bahwa kami suatu saat akan mendaki gunung itu bersama-sama seperti pada gunung-gunung sebelumnya.

Untuk menggapai destinasi nomor 1 dan 2 yakni berkunjung ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tentu harus dijalani dengan mengikuti ibadah umroh atau haji. Dan tentu saja diperlukan biaya yang tidak sedikit. Sementara itu, untuk destinasi nomor 3 yakni Masjidil Aqso, sepertinya jauh dari harapan. Bagaikan angan-angan karena harus mengantongi visa Israel yang kabarnya sulit didapat. Dan konflik Palestina Israel masih terus saja terjadi. Sedangkan destinasi impian nomor 4, Petra, terletak di Jordania dimana saya tidak tahu bagaimana cara ke sana dan bagaimana memulainya. Akan butuh dana besar untuk sengaja berkunjung ke Petra mengingat rupiah terhadap Dinar Jordan nilainya sangat rendah. Lebih rendah dibanding terhadap Dollar Amerika dan Singapura. 

Namun, untuk destinasi nomor 5 yakni Gunung Rinjani di Lombok, karena letaknya di dalam negeri sementara saya dan suami pernah ke sana, masih terbilang mudah karena masih punya gambaran bagaimana transportasi dan jalur pendakian Gunung Rinjani harus dilalui.

Bismillah mengurai mimpi satu per satu.


Mewujudkan Impian Satu per satu

Qodarulloh, jika sesuatu sudah diniatkan dengan kuat disertai usaha yang maksimal, tidak menyangka akhirnya 4 dari destinasi impian yang harus diwujudkan tahun ini akhirnya kesampaian juga bahkan di awal-awal 2019 ini. 

Seorang rekan di Batam yang mempunyai usaha travel tiba-tiba menawarkan paket Umroh plus Aqso melalui Jordania dan dalam daftar kunjungan paketnya akan mengunjungi Petra. Seakan tak percaya, saya lantas membaca baik-baik tawaran itu. Ah benar saja, 4 destinasi impian bisa saya lalui hanya dengan ikut paket itu saja. Dan mengenai biaya terbilang murah karena tiket pesawat ke Jeddah serta Amman sedang promo. Tanpa fikir panjang saya pun segera mendaftar. Hingga akhirnya tepat di tanggal 23 Januari 2019 yang lalu saya berangkat. 13 hari total perjalanan yang menyenangkan dan penuh kenangan. Hingga kini masih saja terasa bagai mimpi. Sungguh Allah SWT teramat baik kepada saya karena keempat dari 5 destinasi impian itu nyata bisa terwujud bahkan di awal tahun.


1. Masjidil Haram Mekah

Setiap jamaah dan peziarah yang berkunjung ke Kota Mekah, tiada hari yang terlewatkan di sana kecuali untuk memperbanyak beribadah. Terlebih pahala sholat di Masjidil Haram 100.000 kali lipat pahalanya dibanding dengan sholat di masjid lain. Menjalankan salah satu perintah ibadah umroh tentu menjadi dambaan setiap pribadi muslim termasuk saya.

Bersama rombongan umroh

Sungguh betapa mengagumkannya para jama’ah umroh tatkala tawaf mengelili ka’bah serta menjalani ritual ibadah lainnya. Wajah mereka penuh kerelaan dan kesabaran. Saya membayangkan, andai kerumunan itu adalah sebuah konser maka pasti akan ada satu dua orang yang berjatuhan pingsan. Namun berhari-hari di sana, berdesak-desakan, tak satu pun orang yang saya lihat pingsan atau kesakitan. Tidak ada keluhan, makian dan cemoohan. Hanya doa, tangis dan pengharapan terlantun dari wajah-wajah yang tabah penuh kepasrahan. Sungguh, di balik berkumpulnya semua orang dari seluruh dunia ini, ada banyak hikmah yang bisa saya petik langsung di sana. Tentang kepatuhan dan kepasrahan kepada Sang Pencipta.


2. Masjid Nabawi Madinah

Masjid Nabawi merupakan masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW pada saat beliau hijrah ke Kota Madinah. Masjid ini menjadi tempat paling suci kedua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram. Dan tentu saja para jamaah haji dan umroh biasanya akan berkunjung ke masjid ini karena ada banyak keutamaannya. Salah satunya adalah terdapatnya Raudoh, tempat mustajab untuk berdo’a yang terletak di antara makam Rosululloh dengan Masjid Nabawi. Begitupun Sholat di Masjid Nabawi mempunyai pahala 1000 kali lebih besar dibanding sholat di masjid lainnya.

Tatkala berada di masjid ini, saya takjub mengagumi desain interiornya yang cantik dan menawan. begitu juga dengan atap-atapnya yang unik di halaman masjid yang dapat menutup dan membuka dikala siang dan malam hari. 



3. Masjidil Aqso Palestina

Masjidil Aqso atau Baitul Maqdis adalah bangunan yang dipercaya dibangun atau didirikan oleh Nabi Sulaiman AS. Rosululloh SAW pernah berkunjung ke masjid ini pada saat perjalanan Isra dan Mi’raj. Saat saya dan rekan-rekan berkunjung ke sana,  bertepatan dengan hari Jum’at dan kami ikut Sholat Jum’at bersama. Alhamdulilah ternyata di Masjidil Aqso kaum perempuannya boleh mengikuti ibadah sholat Jum’at. 

Masjid Kubbatus Sakhrah di Kompleks masjidil Aqso

Kompleks Masjid Al Aqso luasnya mencapai 14.000 meter persegi. Di sana terdapat 5 masjid yaitu Masjid Kubbatus-Sakhrah atau Dome of the Rock, Masjid Al Qibli, sering digunakan untuk sholat berjamaah, Masjid Al Marwani yang dibangun pada masa Khalifah Malik Bin Marwan, Masjid Al Buroq dimana terdapat cincin besi pengikat buroq kendaraan Nabi Muhammad saat Isra dan Mi’raj, dan Masjid Aqso Al Qodim masjid paling tua diantara keempat masjid di atas. Al Aqso Al Qodim terletak di bawah permukaan tanah, tepat di bawah bangunan Masjid Al Qibli. Di dalamnya terdapat mihrab Nabi Zakaria dan Mihrab Siti Maryam.

Berada di Kompleks Masjidil Aqso sungguh membuat saya dan teman-teman nyaman, ingin terus berada di sana. Betapa suasananya begitu damai dan tenang. Meskipun orang mengenal wilayah ini sering terjadi konflik, namun betapa atmosfer di kompleks Masjidil Aqso ini sangat sejuk dan mendamaikan. Langit dan awan tampak indah menawan. Pohon-pohon zaitun pun berdiri anggun, sementara lalu lalang para peziarah penuh dengan keramahtamahan.


4. Petra Jordania

Petra pada masa lalu adalah sebuah kota makmur di jalur perdagangan yang sangat ramai yang menghubungkan kawasan Mesopotamia dan Mesir. Kawasan ini dibangun oleh suku Al Anbath atau Nabataean di jantung pegunungan Shara dan diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun Sebelum Masehi. Beberapa peninggalan kaum ini masih bisa kita saksikan di sepanjang rute Petra kuno.

Di awal perjalanan bisa kita saksikan Bab Al Siq atau pintu masuk menuju Siq. Di tempat ini terdapat 5 pahatan batu berupa obelisk yang dijadikan sebagai kuburan. Para pengunjung kemudian akan melewati sebuah celah sempit yang disebut Al Siq yang di kanan kirinya menjulang bukit-bukit berbatu hingga tiba di bangunan tinggi dengan pilar-pilar yang mengagumkan. Salah satunya adalah bangunan Treasury (Al Khazneh) yang bisa dilihat di foto pertama.

Petra Jordania

Sebenarnya, saya dan teman-teman tidak puas berkunjung ke Petra karena waktu yang singkat dan sebentar saja. Padahal ada begitu banyak tempat yang selain Treasury yang sangat menarik untuk dikunjungi. Reruntuhan istana, teater, bendungan air, kuburan raja-raja, pasar dan peninggalan lainnya. Barangkali suatu saat kami memang harus kembali ke tempat ini.


5. Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani adalah destinasi impian terakhir yang belum terwujud di tahun ini. Meskipun saya dan suami sudah pernah mendaki Gunung Rinjani dahulu di saat masih belum mengenal dekat satu sama lain, namun si kecil Chila yang penasaran akan gunung ini senantiasa berceloteh kapan kami akan mengajaknya mendaki gunung ini. Terlebih ayahnya telah menjanjikan bahwa di usianya yang 7 tahun dia akan diajak mendaki Rinjani. Kini usianya sudah 9 tahun, namun janji ayahnya belum  jua terpenuhi.

Chila saat Mendaki Gunung Prau di Dieng Jawa Tengah

Maka beberapa rencana untuk mewujudkan impian ini pun mulai ditulis dan difikirkan. Karena keberadaan kami di Lombok tentu tidak hanya satu atau dua hari. Butuh waktu setidaknya 1 minggu untuk pulang pergi mendaki dan menuruni Rinjani. Butuh hotel dan penginapan yang cocok dengan kantong agar perjalanan selama di sana pun nyaman dan aman. 

Untuk pendakian, saya dapat menghubungi beberapa teman yang memang menyediakan guide, porter dan alat serta perlengkapan pendakian. Namun untuk urusan menginap di Lombok saat kedatangan dan menjelang kepulangan saya bisa mengurusnya sendiri. Terlebih saya telah mengenal RedDoorz. Yakni sebuah jaringan penginapan budget online terbesar di Indonesia yang fokus pada perkembangan penginapan dan distribusi penjualan secara online.


Rencana Menginap di RedDoorz

Saat mencari-cari hotel dan penginapan di Lombok, ternyata saya menemukan harga yang sangat terjangkau di RedDoorz. Murah dan cocok dengan budget traveling kami ke Lombok apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi tidak pusing-pusing lagi mencari yang tepat karena lokasinya pun strategis. Selain itu ada 6 guarantee service dari RedDoorz yang menjamin kebersihan dan kenyamanan para tamu-tamunya yang menginap. Diantaranya seperti linen yang bersih, kamar mandi yang bersih, perlengkapan mandi, televisi, air mineral dan Wi-Fi gratis.



Dengan terjangkaunya biaya hotel/penginapan di RedDoorz, maka dapat menekan budget seminim mungkin dan kami sudah tidak pusing-pusing lagi untuk mengalokasikan dana ke pos lainnya seperti untuk tiket pesawat dan biaya porter.

Semoga saja, jatah cuti liburan tahun ini masih sisa banyak hingga selain mendaki Rinjani kami bisa sekalian jalan-jalan ke Gili Trawangan dan pantai-pantai indah lainnya di Lombok.

52 komentar :

  1. Masya Allah rasanya ikut merasa senang melihat impian yang mewujud, saya kepengen banget juga ke 4 daftar itu mbak, semoga Allah kasih jalan. Kalau ke Rinjani saya nggak suka gunung, takut ketinggian jadi nggak cocok jadi pendaki ��

    BalasHapus
  2. Wah senangnya, 4 destinasi impiannya sudah terwujud dikunjungi. Yang Gunung Rinjani juga sudah pernah ya mbak, yang belum mungkin kesana bareng si kecil. Si kecil tampaknya juga suka nih ya mendaki gunung :)

    BalasHapus
  3. Semoga kesampaian ya resolusi travelingnya Mbak Lina
    Saya juga pengin ke Lombok tapi enggak ke Rinjani, ke Gili saja deh..:)
    Semua yang disebutkan di atas tempat yang memang bikin mupeng untuk dikunjungi ....

    BalasHapus
  4. Masha allah mba, alhamdulillah ya bisa mewujudkan resolusi traveling ke 5 destinasi impian.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillaaaah yaaa mba.. You manage to come and visit this beautiful places. I have been to Petra, Jordan, but not to my car yet I hope I can do it this year

    BalasHapus
  6. MasyaAllah 3 masjid yang ingin dicapai sama dengan harapan saya mbak. Pengen banget sholat disana melihat perjalanan sejarah Rasulullah. Melihat Allah lebih dekat masyaAllah. Kalo saya 2 tempat lagi Korea Selatan plus ke Labuan Bajo mba hehe

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, turut merasa senang. Bisa ke-5 tempat tersebut memang sangat menakjubkan. Semoga aku pun bisa menginjakkan kaki di 5 tempat istimewa tersebut. Aamiin/ :)

    BalasHapus
  8. Aamiin..semoga destinasi2 impiannya terwujud ya mb... Untung ya sekarang para traveller itu begitu dimudahkan dalam hal apapun, termasuk urusan mau menginap/istirahat dimana..

    BalasHapus
  9. Subhanallah indah banget mbak, aku ingin Umroh juga, lagi ngumpulin tabungan nih.. semoga bisa terealisasi tahun ini. Buat Dek Chila semoga kesampaian bisa mendaki Rinjani ya. Aamiin.

    BalasHapus
  10. no 1 dan 2 bikin sedih karena pengen kembali lagi ke sana :')
    semoga terwujud untuk semua destinasinya ya mba, aamiin

    BalasHapus
  11. Masya Allah.. alhamdulillah ya Mbak 4 dari 5 wishlist travelingnya langsung terwujud dalam sekali jalan. Semoga yang ke Rinjani juga lekas terwujud. Turut senang membaca sekilas cerita perjalanannya kemarin di FB. Hehe.
    Oya, aku belum pernah menggunakan RedDoorz. So, makasih ya Mbak sharingnya :)

    BalasHapus
  12. Aku belum pernah menginap di RedDoorz tapi penasaran karena beberapa ada yang memang sesuai budget dan hanya ingin digunakan sebagai tempat untuk tidur doang jadi nampaknya cocok banget pilih RedDoorz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jadi ingin membuat beberapa list destinasi impian nih, semoga nanti dari beberapa list tersebut ada yang bisa ku datangi.

      Hapus
  13. Masha Allah... 2 destinasi pertama yang Mb Lina sebutkan itu juga pengin banget kukunjungi mbaaa... betapa panggilan ke bumi para nabi itu telah begitu kuat, namun apa daya rejeki belum mencukupi untuk berangkat ke sana sekeluarga. Semoga kita semua dimudahkan untuk pergi ke tempat-tempat yang menjadi impian kita itu.

    BalasHapus
  14. Petra di Jordania ini mengagumkan sekali yaa, kak Lina.
    Kemarin ke Petra dalam rangka umroh kah, kak?

    Suka sekali sama foto-foto kak Lina..

    BalasHapus
  15. Duh mbak, ngirinya aku. Pengen banget bisa kelima tempat itu jg. Btw mba, petra itu dulunya adl bangunan yg dibangun kaum Tsamud di zaman nabi saleh ya? Pernah baca postingan ipar sy ttg ini..

    BalasHapus
  16. Duh ngiri banget mba sm km. Pengen banget kelima tempat ini sy. Btw mba, petra itu bangunan yg dulu ad di era Kaum Tsamud nabi Shaleh ya? Pernah baca postingan ipar sy di ig ttg ini.

    BalasHapus
  17. Wah keren mbak, awl tahun sudah 4 destinasi impian bisa dikunjungi. Tinggal satu lagi bawa anak ya?
    Di Lombok juga udah ada Reddorz ya berarti? Noted thx infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noted banget kalau ke Lombok kita bisa cari penginapan ramah kantong di reddorz hehe :D
      Waah pengen banget umroh + wisata rohani ke beberapa tempat itu bak TFS

      Hapus
  18. Wah, alhamdulillah ya, Mbak bisa mewujudkan resolusi travelling impian.
    Sekarang tinggal membuat perencanaan untuk ke Rinjani bersama buah hati ya..semoga bisa terwujud. Aamiin.

    BalasHapus
  19. semoga segera terwujud semua impiannya ya, mba...
    habis itu bikin list baru lagi :)

    BalasHapus
  20. Semoga destinasi travelling di 2019 terwujud ya mba, aku juga pengen travelling juga nih.

    BalasHapus
  21. Doanya mbak, jadi doaku juga. Aamii . Semoga Allah mengijabah doa kita ya. Diberi kemudahan dalam mewujudkannya. Aaminn.

    BalasHapus
  22. Semoga apa yang menjadi impian mba Lina bisa segera tersampaikan ya mbak. Cita2 ke baitullah juga aku doain juga semoga segera terlaksana. Ngonepnya di reddoorz biar nyaman dan terjangkau

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah ya teh. Membacanya saja saya ikut senang. Terharu, rindu ingin menjejakkan kaki juga disana. Sudah menetapkan resolusi yang kurang lebih sama. Sebelum kemana-mana harus ke Baitullah dulu.

    BalasHapus
  24. Mantappp... kalau aku dulu pengen ke Turki dan udah kesampaian. Sekarang pengen banget ke chile dan brazil.. semoga kesampean juga :)

    BalasHapus
  25. Keren kakak. Puji Tuhan tinggal 1 yg belum dikunjungi dan pasti tercapai. Semoga tahun ini tercapai ya kakak

    BalasHapus
  26. Dari semua wish list Teh Lina, belum ada satu pun yg Eka kunjungi 😅😅. Semoga berapa tahun lagi bisa dikunjungi itu semua tempatnya, aamiin.

    BalasHapus
  27. Kok saya terharu ya kak semua resolusi kak Lina sudah terlaksana semua. Turut bangga kak.

    Btw, Chilaaaaaa sudah lama nggak ketemu Chila ih.

    BalasHapus
  28. Saya juga mbak, punya dream yang sama, terutama nomor 1, 2, dan 3...sepertinya wajib deh... nomor 4 dan 5 mah Sunnah...boleh ya, enggak juga ga apa

    BalasHapus
  29. luar biasa impian nya,

    ada orang yang bilang kalau impian adalah doa yang wajib diwujudkan

    harus dicontoh nih wish list nya

    siapa tahu aku bisa mewujudkan keinginan yang terpendam

    seperti kakak lina

    BalasHapus
  30. Masya Allah, betapa DIA bisa mewujudkan impiang (keinginan?) dengan cara yang tidak disangka-sangka, ya? Tiada mimpi yang kecil itu benar adanya. How lucky you are, mba.
    Salam kenal ^_^

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah ya mbak, impian destinasinya terlaksana. Niat baik insyaallah lancar semuanya

    BalasHapus
  32. Semoga impian travelingnya terwujudnya ya mbak.

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah ya mbak sudah kesampaian berkunjung ke destinasi wisata impian :) Oh aku jadi iri hiks :D Keren banget. Banyak bersyukur pastinya ya atas kebesaran Allah SWT dengan tempat2 yang hebat dan barokah seperti ini.

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah terwujud satu persatu .kalau rejeki ga akan kemana. Saya kepengen ke no 3&4 belum pernah. Mesti nabung dulu

    BalasHapus
  35. No 1-4 juga impian saya, udah ancar2 tahun kemarin, tapi Qodarullah, batalll..hiksss

    BalasHapus
  36. Mbak Lina, impianmu no.1-4 yang sudah terwujud itu sungguh bikin iri. Aku pun bermimpi yang sama. Pengen banget ke negeri africa itu, merasakan aura Mekah yang pernah dipijak Rasulullah. Duh kapan ya?

    BalasHapus
  37. Mbak Lina tinggal di Lombok ya? Mayan nih, masih satu pulau dengan Rinjani.
    Semoga terwujud ya impiannya ke Gunung Rinjani.

    BalasHapus
  38. Resolusi travelingnya keren-keren semua. Semoga terwujud ya, Mbak. Aamiin

    BalasHapus
  39. Subhanallah...sungguh indah cara Allah menuntaskan mimpimu, mbak... Masjidil Aqso salah satu yg ingin kunjungi, juga Turki dan Lombok. Semoga Allah pun akan menuntaskan mimpiku dg cara indah sepertimu .. Aamiin ..

    BalasHapus
  40. Semoga terwujud ya mbak Resolusinya dan semoga dimudahkan jalannya

    BalasHapus
  41. Mbaa, aku jadi terharu ini... Alhamdulillah ya mba, keinginan ke tempat-tempat itu bisa terkabul, bahkan sampai juga ke Al Aqsho. Aku pun pingin ke masjid itu dan pastinya ke tanah suci juga... Dan aku baru tau ternyata Petra disebut di Surat Al A'raf, ya...

    BalasHapus
  42. Wah seru akhirnya kesampean ya. Setiap impian yang terwujud pasti sebelumnya ada afirmasi dan doa yang kuat. ^^ I;ve been there too ^^

    BalasHapus
  43. Wah, turut seneng mbak wishlistnya terwujud. Aku pun juga ingin bisa ke Israel, ingin lihat tembok Ratapannya.


    Semoga impian yang terakhir bisa terwujud tahun ini ya :)

    BalasHapus
  44. Tiga destinasi teratas itu jg destinasi impian aku banget...semoga terwujud ya..:)

    BalasHapus
  45. Alhamdulillah..ikut seneng deh kalo resolusi terlaksana...Semoga resolusi berikutnya terlaksana dengan segala kemudahannya

    BalasHapus
  46. Petra, salah satu bucket list ku juga

    BalasHapus
  47. Wah..keren...4 dari 5 destinasi impian sudah terwujud. Petra dan al aqso belum pernah ke sana. Semoga ada kesempatan utk mengunjunginya...aamiin...

    BalasHapus
  48. Setelah mengikuti status perjalanan Mbak Linna di FB, saya jadi ingin Umroh dengan paket perjalanan seperti Mbak. Palestina dan Yordania. Jadi totalnya 14 hari ya mbak.

    Untuk Lombok, Alhamdulillah saya sudah pernah. Sayangnya skip ke Rinjani, hehe

    BalasHapus
  49. Dari 5 list tempat impian Lina itu, satu sampai nomor 3, yang ku pengen juga bisa datangi di tahun 2019 ini, InshaAllah terwujud. Aamiin.

    BalasHapus
  50. Alhamdulillah no.5 sudah kesampaian
    Setelah sekian tahun pun jadi dream destinasi on ^_^

    List lainnya pun berharap bisa di kunjungi juga (semoga )

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita