SP Hotel dan Kawasan Hunian Terpadu Sentosa Perdana (SP) Batu Aji Batam

 

Sentosa Perdana atau lebih dikenal masyarakat Batam dengan sebutan SP, merupakan sebuah kawasan hunian terpadu yang di dalamnya dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang menunjang beragam aktifitas perekonomian, bisnis, olahraga, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan hiburan.



Kawasan Sentosa Perdana (SP) ini terletak di Jalan Letjen Suprapto yang merupakan jalan utama yang menghubungkan pusat kota Batam yakni Batam Center dengan dua kecamatan di bagian selatannya yaitu Kecamatan Batu Aji dan Kecamatan Sagulung.


Kawasan SP memiliki luas wilayah kurang lebih 20 hektar. Terdiri dari pemukiman penduduk, pusat perbelanjaan seperti plaza dan pasar, perkantoran, hotel, food court, lapangan serba guna, lapangan futsal, pusat kebugaran (fitness center), sekolah, taman bermain anak-anak serta kolam renang buatan dari balon raksasa.



Lapangan Futsal SP

SP Fitness

SP Plaza Batam
Ruko dan Plaza SP


Pada perkembangannya, kawasan SP semakin hari semakin ramai dan berkembang pesat. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan lokasi SP yang sangat strategis dan didukung berbagai fasilitas yang memadai sehingga masyarakat dimudahkan dalam melakukan berbagai aktifitas perekonomiannya termasuk melakukan berbagai jenis transaksi dan kegiatan.


Terdapatnya kantor-kantor layanan publik seperti kantor ATB (Adya Tirta Batam) yakni perusahaan pengelola air baku di Batam, kantor PLN, Kantor Pos, serta kantor bank-bank konvensional , membuat masyarakat khususnya warga kecamatan Batu Aji dan Sagulung Batam sangat terbantu dalam melakukan berbagai transaksi keuangan terutama pembayaran-pembayaran tagihan listrik, air dan perumahan. 

Ruko Perkantoran SP

Dalam mendukung gerakan hidup sehat dan sosial kemasyarakatan, manajemen SP juga telah menyediakan lapangan serba guna yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan seperti olahraga, pesta pernikahan, perlombaan, pentas musik, reuni akbar, tabligh akbar, serta acara lainnya. 


Yang paling kasat mata yang mudah dilihat dan dirasakan dari keberadaan lapangan ini adalah setiap Ahad pagi, masyarakat dari dua kecamatan di Batu Aji dan Sagulung tumpah ruah untuk berolahraga di lapangan SP. Ada yang lari pagi, bersepeda, latihan bela diri, atau senam dengan menggunakan alat-alat kebugaran yang tersedia gratis di sana. Para pedagang makanan dan mainan pun merasa sangat diuntungkan dengan membludaknya msyarakat ke lapangan ini.


Saya dan keluarga juga pernah beberapa kali beraktifitas di Ahad pagi di lapangan ini. Saya biasanya lari dan sekali waktu bersepeda dari rumah. Sedangkan Chila dan ayahnya hanya jalan santai saja mengelilingi lapangan. Senang rasanya menyaksikan masyarakat Batam sudah mulai sadar untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga.

Lapangan SP


Selain lari pagi di lapangan SP, siang atau sore hari saya dan keluarga bahkan teman-teman blogger suka nongkrong di food court di depan plaza. Kami biasanya membeli makanan favorit seperti Surabi Bandung 99. Selain surabi ada banyak makanan enak lainnya yang berderet berjejer di sepanjang jalan di depan SP Plaza. Mau kulineran merasakan berbagai jenis makanan yang enak-enak, di sinilah tempatnya.


SP Hotel

SP Hotel Batam
SP hotel Batu Aji

Beberapa hari lalu saya mengantar Citra dan Kak Riawani Elyta, dua orang teman blogger dari Tanjungpinang untuk menginap di SP hotel. Sengaja saya merekomendasikan hotel ini kepada mereka karena lokasinya yang dekat dengan Barelang, tempat dimana kami baru saja melaksanakan kegiatan Asus Zenbook Blogger Gathering. 


Karena acara gathering baru selesai ba’da maghrib, kami tiba di SP hotel sudah malam. Di depan hotel tampak seorang security sedang berjaga, kami langsung masuk menuju resepsionis. Dengan ramah resepsionis melayani kami untuk proses check in. Dan tidak memerlukan waktu yang lama, Citra dan kak Ria sudah dapat beristirahat di kamarnya. 

SP Hotel Batam
Resepsionis

SP Hotel ini terbilang baru. Diresmikan pada pertengahan tahun lalu, keberadaan SP Hotel telah menambah jumlah amenitas yang diperlukan bagi Batam dalam menyongsong Batam sebagai Kota Wisata, sebagaimana yang kerap disampaikan oleh Walikota Batam dalam berbagai kesempatan. 


SP Hotel memiliki 72 kamar yang terdiri dari 36 kamar tipe deluxe dan 36 kamar lainnya bertipe superior. Untuk tipe deluxe terdiri dari tipe deluxe twin dan deluxe double sementara tipe superior terdapat kamar bertipe superior double room dan superior room saja. 


Kamar-kamar di SP Hotel dilengkapi fasilitas AC, televisi, meja & kursi, gantungan baju, perlengkapan mandi, serta wifi. Dan jika para tamu ingin mengadakan pertemuan, maka telah tersedia meeting room untuk berbagai rapat dan pertemuan. Tersedia juga sarapan untuk para tamu yang menginap. 

SP Hotel batam
Kaamr dengan twin bed

Restoran

Menu sarapan


Ketika saya sedang berselancar mencari referensi tentang SP Hotel, saya menemukan rating yang sangat baik tentang hotel ini di situs Trip Advisor dengan skor 8,2 dari total skor 10. Saya juga membaca review positif dari para tamu yang menginap di sana. Tahu dong, kalau Trip Advisor ini merupakan sebuah situs wisata terbesar di dunia yang sangat terpercaya. Situs ini membantu jutaan wisatawan dalam merencanakan dan memesan perjalanan wisata serta merekomendasikan hotel, resort, destinasi, penerbangan serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan wisata. Jadi skor ini merupakan skor yang sangat baik dan memuaskan. 


Keberadaan SP Hotel yang sangat dekat dengan pusat perbelanjaan SP Plaza juga menjadi faktor kami memilih hotel ini. SP Hotel juga dekat dengan ATM Center sehingga para tamu mudah melakukan tarik tunai. Jika mau berolahraga pun di sebrang hotel terdapat lapangan futsal serta gedung untuk fitness. Selain itu bagi para tamu yang membawa anak-anak, dapat mengajak mereka untuk berenang di kolam renang dari balon yang sangat besar yang berjarak beebrapa meter saja dari hotel. Karena kolamnya juga disediakan beberapa wahana permainan, anak-anak bisa bisa berenang sambil melakukan permainan seperti perosotan atau seluncuran.

Kolam Renang 

Kolam Renang


SP Hotel
Komplek SP Plaza - Jalan Letjen R. Suprapto, No. 4-15
Tembesi, Sagulung - Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau, Indonesia, 29424
Telepon: 0813-6474-3999

24 comments :

  1. ada kolam renangnya juga ya mba hotelnya, bisa betah kalau ajak anak2 kesini main air sepuasnya

    ReplyDelete
  2. Bener bener one stop living ya Mbak. Hotel yang didekatnya ada fasilitas umum yang selalu ramai, bakal menarik pengunjung. Begitu sebaliknya, adanya fasilitas umum seperti tempat belanja dan berbagai tempat olah raga, bakal ramai juga ya.

    ReplyDelete
  3. tiap nginep ke hotel, pasti yg kucari kolam renangnya. anak2 suka nyebur soalnya :D

    ReplyDelete
  4. Lengkap banget di kawasan terpadu SP itu mbak,
    Hotelnya juga asyik tuh ada kolam renangnya mana ada tempat futsalnya juga😍 uwuhh

    ReplyDelete
  5. Perkantorannya kayaknya udah lumayan rame ya Mbak. Jadinya memudahkan masyarakat sekitar yang mebutuhkan buat bayar-bayar.

    ReplyDelete
  6. Tempat yang tepat buat staycation nih, ramai dan cukup lengkap. Mau olah raga iya, kebutuhan atm oke, mau main air ada kolam renangnya juga

    ReplyDelete
  7. Kawasan terpadu gini menyediakan banyak fasilitas untuk para penghuninya ya. Ada hotelnya juga di kawasan tersebut, jadi makin gampang ya ketika ada teman atau kerabat yang membutuhkan tempat untuk beristirahat.

    ReplyDelete
  8. Fasilitasnya cukup lengkap ya. Jadi pengen beli unit di Batam, hehe. Tapi kayaknya nginep di SP hotel aja udah cukup ya. Bisa nyaman selama tinggal di Batam.

    ReplyDelete
  9. Asik ya nih, bener - bener all in alias one stop living nih. Cocok buat staycation tipis - tipis yah

    ReplyDelete
  10. OMG batam... Kota impian yang aku pengen kunjungi kalau nanti traveling. Cm belom ada waktu skrng

    ReplyDelete
  11. Waah...kolamnya asik banget...ada balon perosotan.
    Dan lingkungannya sudah jadi yaa, kak Lina.
    Makin nyaman hunian kalau lingkungan bagus begini.

    ReplyDelete
  12. Balikpapan juga punya tipe seperti SP ini, ala kawasan hunian terpadu, cuma huniannya di sini di apartemen
    Meski konsep baru namun sudah mencuri hati kaum urban Balikpapan

    Bahkan kini mampu mengalahkan Plaza Balikpapan yang sempat menjadi ikonik di Kaltim

    Itulah kenapa penting membaca peluang di zaman digital ini ya dan sepertinya SP berhasil mengeksekusinya!

    ReplyDelete
  13. Kalau hotel udah ada kolam renang arau pemandangan bagus.. udah deh aku betah.. hehhe anak2 juga betah soalnya hhii

    ReplyDelete
  14. Fasilitasnya oke juga ya mbaaa.. dan kalau anak-anakku tuh yang penting ya ada kolam renang judulnyaaa

    ReplyDelete
  15. Itu banyak motor di depannya ngapain itu Mbak? Kayaknya bakal lebih keren lagi kalo lahan parkirnya gak keliatan ya.

    Lapangannya luas banget.

    ReplyDelete
  16. Paling suka kalau dapat hotel yg dekat dengan mall, apalagi kalau yg sekalian connected, jadi malam bisa ngeluyur sebentar :)

    ReplyDelete
  17. Bacain ulasan mbak Lina tentang Batam ini jadi pengen melakukan staycation semalam saja untuk eksplor Batam.

    Sekarang kawasan terpadunya pun kece banget ya mbak, kebayang ini bakal super kece daerahnya.

    ReplyDelete
  18. Batam makin banyak perkembangan ya
    Salah satunya spot hunian
    Pernah punya keluarga di sana eh belum ke sana mereka sudah pindah

    ReplyDelete
  19. Suka sama konsep kamar SP hotel yang minimalis tapi bersih banget. Pilihan tepat nih kalau direkomendasikan buat teman yang butuh tempat inap di Riau. Kalau saya ke Riau juga bakal nyoba nginap di sini

    Salam manis,
    Artha

    ReplyDelete
  20. Saat berkunjung ke tempat baru, menginap di hotel dengan lokasi strategis macam ini adalah pilihan terbaik. Fasilitas lengkap dan dekat dengan pusat aktivitas masyarakat.

    ReplyDelete
  21. Komplit banget nih fasilitas di kawasan terpadu ini. Kalo tinggal di sini, mau cari apa-apa mah gampang ya

    ReplyDelete
  22. Kolam renangnya indoor, jadi nggak perlu kuatir kulit berubah jadi hitam habis berenang yaa.. Hihi...

    ReplyDelete
  23. Nignep-nginep hotel begini yang paling bikin penasaran adalah sarapannya
    hahaha, enak apa kagak itu yang paling biasanya pengen ngulangin lagi nginep bun

    ReplyDelete
  24. Kawasan terpadu ya. Jadi penasaran, makanan apa saja yang ada di sana.

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates