IDN Media Mempersembahkan Kompetisi Film Pendek dalam Gelaran Sundance Film Festival: Asia 2021

Di tengah terpaan badai pandemi yang melumpuhkan industri perfilman dunia, berbagai upaya mulai ditempuh guna memajukan kembali industri ini. Di Indonesia sendiri, para stake holder bersama-sama menjajaki berbagai kemungkinan yang dapat dijalankan sehingga industri perfilman mampu bangkit kembali.

Salah satu upaya untuk menggairahkan kembali industri perfilman adalah dengan mengadakan berbagai kompetisi dan perlombaan sehingga ajang seperti ini dapat membangkitkan semangat para sineas muda Indonesia untuk kembali berkarya di tengah suasana yang serba tidak pasti ini.

Kabar gembira datang dari IDN Media dan XRM Media yang tahun ini dengan bangga mengumumlan pelaksanaan Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian dari Sundance Film Festival: Asia. Kompetisi ini disponsori oleh Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek.

Sundance Film Festival: Asia 2021

Kompetisi ini dipersembahkan untuk para insan perfilman Indonesia. Tujuannya tiada lain untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film dan memperkenalkan karya-karya mereka ke kancah internasional. 

Winston Utomo, CEO IDN Media, menyatakan bahwa film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan story telling. Oleh karya-itu ia mengungkapkan juga bahwa karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Ia juga menyampaikan bahwa dalam Short Film Competition ini, panitia akan sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia untuk berkontribusi melalui karya-karyanya. Ia berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi perkembangan industri film di Indonesia.

Winston Utomo, CEO IDN Media dan Michael Chow, Founder XRM Media

Setelah seluruh karya terkumpul, film-film pendek yang mengikuti kompetisi ini akan dikurasi oleh dewan juri yang merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan sutradara film alumni Sundance Film Festival. Nantinya, pemenang Jury Award berhak menerima hadiah uang tunai sebesar 2,000 Dollar Amerika yang disponsori oleh Argo. 

Berikut nama-nama dewan juri yang akan melakukan kurasi terhadap film-film pendek dalam kompetisi ini, mereka adalah:

  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  • Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Film pendek yang menjadi pemenang dalam kompetisi ini akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada September mendatang. Di samping itu, film-film pendek pemenang kompetisi in juga berkesempatan dinominasikan untuk dapat tayang di Sundance Film Festival 2022. Selain itu akan mendapat penawaran pendistribusian karya secara global melalui platform Argo.

Bagi rekan-rekan sineas dan para film maker, pastikan anda turut berkontribusi dalam ajang bergengsi ini karena pendaftaran Short Film Competition ini masih dibuka hingga 9 Juli 2021 untuk Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. 

Untuk materi film, tidak ada tema atau topik yang spesifik yang harus diikutsertakan. Semua genre dapat berpartisipasi namun film-film pendek tersebut proses pengerjaannya harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019 dan lama waktu penayangan film antara 3 hingga 20 menit. Untuk informasi lebih detail tentang Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, rekan-rekan dapat mengunjungi website Film Freeway di https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

Senior Short Film Programmer dari Sundance Film Festival, Mike Plante mengatakan bahwa di Sundance Film Festival, timnya mempunyai komitmen untuk secara berkesinambungan mencari bakat-bakat dan karya baru, kemudian memberi kesempatan kepada mereka untuk tampil melalui Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Ia dan seluruh penyelenggara sangat antusias dalam menemukan talenta-talenta anyar dan memperkenalkannya pada para pecinta film pendek. 

Michael Chow, Founder of XRM Media: “XRM Media merasa terhormat bisa membawa Sundance Film Festival: Asia ke Jakarta, Indonesia, sekaligus mengadakan Short Film Competition bersama dengan Argo. XRM yakin bahwa keberadaan film pendek akan menjadi bagian yang berkelanjutan di dunia perfilman. Oleh karenanya, XRM berkomitmen untuk mendukung komunitas film lokal di Asia dan memperkenalkan mereka pada akses menuju audiens global.”

Tak lupa juga Arcadiy Golubovich selaku CEO Argo ikut mengungkapkan antusiasmenya menyambut gelaran kompetisi dalam festival ini. Ia mengatakan bahwa Argo sangat gembira karena dapat mendukung hadirnya Sundance Film Festival: Asia 2021 dan memberi dukungan kepada sineas film pendek. Ia juga menyatakan bahwa ia yakin misinya untuk mendemokratisasi penyebaran film dengan menghadirkan karya-karya terpilih dan juga terbaik untuk audiens global, sejalan dengan dukungan yang diberikan bagi potensi-potensi dalam komunitas film pendek.


Tentang Sundance Institute

Sundance Institute adalah lembaga nirlaba yang menyediakan ruang bagi seniman di bidang film, teater, dan media digital untuk berkreasi dan berkembang. Sebagai kurator film independen, Institute ini didirikan pada 1981 oleh Robert Redford di Amerika Serikat. Sundance Co//ab merupakan platform komunitas digital yang menyatukan seniman untuk saling bertukar ilmu dan tetap terhubung dalam sebuah ruang kreatif. Sundance Film Festival juga menghubungkan penonton dan seniman sehingga melahirkan ide-ide baru yang otentik, sehingga komunitas film independen pun dapat terbentuk.


Tentang XRM Media

XRM Media adalah perusahaan hiburan dan teknologi yang didedikasikan untuk mendukung, memproduksi, dan mendanai konten multikultural bersama mitra globalnya. Melalui pendekatan yang inkonvensional, XRM Media memanfaatkan portofolio investasi dan mengambil risiko pada prospek yang dinilai menjanjikan. XRM Media menjadi media anti-mainstream yang mampu menghubungkan audiens global melalui cerita yang resonan dan berpengaruh kuat.

 

Tentang IDN Media

 IDN Media adalah perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, dengan lebih dari 70 juta Monthly Active Users (MAU). Visi kami adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

 

Tentang Argo

Argo adalah platform streaming yang berkomitmen untuk membangun komunitas, menghubungkan pembuat film dengan penonton, dan menampilkan semua genre film pendek yang dikurasi ke dalam playlist bertema dari seluruh dunia. Argo menjamin hak komersial para pembuat film. Atas dasar bagi hasil, Argo bertujuan untuk memastikan bahwa pembuat film dapat memiliki kesempatan untuk benar-benar menunjukkan hasil karya mereka, sambil menghibur dan menginspirasi film-film independen yang baru. Temukan film pendek favorit Anda di www.watchargo.com, atau di aplikasi Argo yang tersedia di iTunes App Store dan Google Play Store. Ikuti kami untuk pembaruan tentang film baru kami di Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube.


19 komentar :

  1. aku pun suka deh nonton film independen, entah kenapa kok rasanya lebih banyak kreatifitas dan ide yang dikeluarkan dalam film tersebut, bahkan alur dan jalan ceritanya selalu menarik buat disimak

    BalasHapus
  2. Waah ini info penting banget apalagi bagi mereka yang suka bikin Film2 pendek.
    Salut sama IDN Media dan XRM Media yang mengadakan Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian dari Sundance Film Festival Asia. JAdi penasaran sama hasil2 film karya anak bangsa.
    Semoga sukses acaranyaa!

    BalasHapus
  3. Wah ini seru banget ya programnya, dengan begitu bisa membuka peluang untuk teman-teman yang memang suka membuat shor video juga. Kan banyak deh teman-teman traveler yang suka bikin video pendek bagus-bagus.

    BalasHapus
  4. Wow, keren sekali Sundance Film Festival Asia 2021 ini. Bisa membangkitkan semangat para sineas perfilman nasional untuk membuat film baru. Film2 pendek pun ternyata ga semudah yang dibayangkan ya prosesnya ituuuuu... Eh,a da hadiah Jury Award USD 2.000 nih, dari Argo. Mantuuul!

    BalasHapus
  5. Bagus juga ada Sundance Festival Film Asia. Kadang saya masih suka nonton film pendek,biar ceritanya selesai dalam satu kali nonton.

    BalasHapus
  6. film indie biasanya unik2 dan khas ya mba. Udah lama nggak nonton film indie. Aku baru tau tentang Argo ini.. dulu nonton film indie pas SMP bentuknya masih CD

    BalasHapus
  7. Nah, ada ARGO ya yang menjadi platform dan menaungi para pembuat film pendek sekaligus juga ada komunitasnya. Keren euy.

    BalasHapus
  8. Wah seru banget nih bisa jadi kesempatan emas bagi para pembuat film pendek buat ikutan kompetisinya. Hadiahnya gak main-main lho, sampai 2000 USD, mantaaap!

    BalasHapus
  9. Keren ini. Selamat dan sukses untuk penyelenggaraan helatan dari IDN Media dan XRM Media tahun ini yakni Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian dari Sundance Film Festival: Asia.

    BalasHapus
  10. Wah ini yg ditunggu2 oleh para sineas!
    Semogaaa makin berkontribusi optimal demi terciptanya iklim dunia insan kreatif perfilman yg kian cihuy

    BalasHapus
  11. Nah ini nih kesempatan buat berkarya lagi buat orang-orang kreatif yang banyak ide dengan membuat film pendek. Semoga saja banyak pesertanya dengan film pendek yang berkualitas baik dari segi tema maupun sinematografinya

    BalasHapus
  12. salut dgn acara ini
    ini wujud idn media peduli dengan sineas sineas film pendek ya mbak, biar makin kreatif

    BalasHapus
  13. Tdnya aku pikir fil2m dengan tema adat Sunda hehehe
    Wah kyknya seru nih kalau bisa ikutan kompetisinya, masih sampai Juli ya mbak? Aku ada temen tuh yg suka sekali bikin film2 pendek. Nanti aku infokan ah

    BalasHapus
  14. waaah event kece pas banget nyalurin kreativitas selama pandemi pasti ide bikin film pendek banyak banget
    aku pikir ini khusus film sunda ternyat anggak ya. Senmoga yang terbaik menang <3

    BalasHapus
  15. Ini yang paling dinanti oleh penggiat konten kreatif.
    Film membutuhkan dana yang gak sedikit. Dan salah satunya dengan ikut kompetisi bagini. Semoga dunia perfilman Indonesia semakin maju dan berkembang.

    BalasHapus
  16. Sukses selalu sundance film festival melahirkan sineas2 muda bertalenta... Smg ke depannya bermunculan film-film berkualitas.

    BalasHapus
  17. Keren nih eventnya. Semoga dari Sundance Film Festival Asia 2021 ini muncul karya-karya keren sineas Indonesia yang bisa go international juga.

    BalasHapus
  18. Semoga setelah Sundance Film Festival Asia ini semakin banyak film karya anak bangsa berkualitas dan bisa diterima di kancah Internasional 😃

    BalasHapus
  19. Aku yakin dengan makin banyaknya kompetisi film pendek semacam Sundance Film Festival Asia ini kita bakal ketemu sama lebih banyak talenta sineas yang berkualitas. Amiiin!

    BalasHapus

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita