Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SEO Berikut Ini

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. Strategi ini dipercaya dapat meningkatkan kemungkinan sebuah website muncul di halaman awal mesin pencarian. Karena tidak semua memiliki kesempatan belajar, saat ini terdapat banyak jasa SEO Indonesia. Dengan begitu, pemilik website tidak perlu memikirkan apapun terkait SEO serta tinggal menunggu hasil.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SEO
SEO


Walaupun cukup bermanfaat, namun kekurangan pasti tetap ada. Pada kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa kelebihan serta kekurangan SEO. Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan apakah saat ini membutuhkan peran dari SEO atau tidak. Jangan sampai karena terlalu terbuai pada kelebihannya, Anda sampai melupakan beberapa kekurangan yang mungkin akan cukup berdampak.
 

Kelebihan Menggunakan SEO

1. Dapat dilakukan secara gratis

SEO merupakan strategi terbaik dalam mendapatkan traffic secara gratis. Jika benar-benar ditekuni, hasilnya pun bahkan bisa lebih baik daripada memperoleh traffic melalui berbayar. Cukup pelajari beberapa teknik dasar saja, maka Anda sudah bisa melakukan optimasi website tanpa harus mengeluarkan budget sama sekali. Akan tetapi, jika memang terpaksa tidak memiliki waktu belajar, gunakan jasa SEO yang memang sudah terbukti berkualitas.

2. Menjadi alat promosi organik

Alasan kenapa Search Engine Optimization bisa menjadi salah satu alat promosi organik terbaik adalah karena bisa menjangkau traffic sesuai target market. Apabila Anda memiliki bisnis penyewaan kamera, traffic website tersebut adalah orang dengan minat di bidang fotografi. Ketika mereka melakukan pencarian mengenai tips menggunakan kamera, daftar kamera terbaik, dan lain-lain, maka website Anda akan terlihat di halaman pencarian mereka.

3. Dapat meningkatkan tingkat visibilitas website

Selain hal di atas, menggunakan SEO juga memiliki kelebihan dalam meningkatkan tingkat visibilitas website jauh lebih tinggi. Oleh karena itu, meskipun cocok digunakan siapa pun, teknik ini memang paling sesuai dipakai oleh para pemilik bisnis. Bisnis akan lebih dipercaya ketika websitenya memiliki tingkat visibilitas yang tinggi. Semakin tinggi kepercayaan tersebut, peluang terjadi pembelian juga semakin besar.

4. Meningkatkan potensi website dijadikan rujukan

Apabila website memiliki konten yang baik dan berkualitas, bukan tidak mungkin itu akan dijadikan sumber rujukan orang lain mengenai suatu hal. Hal ini tentu bisa meningkatkan traffic masuk tanpa harus melakukan apapun. Di sisi lain, orang juga akan merasa terbantu ketika melihat artikel berkualitas di website tersebut.

5. Memantau traffic lebih mudah

Anda bisa leluasa memantau perkembangan traffic di website tersebut secara harian maupun bulanan. Dengan begitu, evaluasi akan menjadi lebih mudah dilakukan sehingga setiap bulan kualitasnya bisa terus meningkat.

Kekurangan Menggunakan SEO

1. Membutuhkan waktu cukup lama

Hasil SEO tidak bisa dilihat secara instan. Setidaknya butuh waktu berbulan-bulan agar website bisa merangkak naik ke hasil teratas pencarian. Hal ini dikarenakan tidak sedikit website serupa yang menggunakan strategi ini. Konsistensi adalah kunci memenangkan persaingan tersebut. Oleh karena itu, Anda harus bersabar dalam mendapatkan hasilnya.

2. Membutuhkan investasi tenaga dan waktu cukup besar

Selain tidak bisa langsung terlihat dampaknya, mempelajari SEO secara menyeluruh membutuhkan tenaga serta waktu cukup banyak. Belum lagi jika Anda masih merasa asing pada beberapa istilah digital. Solusi terbaik mengatasi masalah ini adalah menggunakan jasa SEO.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan SEO pada website. Terkait pada pembahasan terakhir, saat ini sudah banyak jasa SEO Indonesia yang bisa dipilih, salah satunya adalah Stucel. Stucel memang sudah berpengalaman cukup lama di bidang ini sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu serta tenaga guna mengoptimasi website.

16 comments :

  1. Yap, SEO ini membantu para blogger apalagi membantu postingan kita berada di pencarian teratas google dan sering dikunjungi.

    ReplyDelete
  2. Memang butuh tenaga untuk optimasi ini . Bahkan lawannya adalah para blogger raksasa. Walaupun banyak juga yang dapat mengatasi masalah ini dengan blog pribadi. atau setidaknya jika itu blog pribadi menjadi lebih rapi.

    ReplyDelete
  3. Skill ini sekarang harus dimiliki blogger/content writer sih. Biar halaman kita nongol trs di halaman pertama Google. Semangat terus tingkatkan visibilitas webnya ya kak. Aku juga lagi belajar SEO terus nih. Biar cuan dari ngeblog. Hehehe..

    ReplyDelete
  4. SEO ini banyak dikategorikan ilmu untuk dunia blogging ya sementara jujur saja untuk saya seo ini sekenanya aja. Ga sampai jadi prioritas. Nulis ya nulis aja yang penting ada manfaatnya, gitu. Hehee...

    ReplyDelete
  5. Masih harus banyak belajar banget nih tentang SEO. Tapi sekarang banyak jasa SEO yah mba. Pasti memudahkan sekali. Tapi tetep harus belajar optimasi deh.

    ReplyDelete
  6. Saya sudah banyak membaca ulasan teman-teman seputar SEO ini, Mbak. Dan memang SEO perlu diterapkan pada blog kita. Mengenai kekurangannya yang butuh waktu lama dan butuh tenaga banyak, memang bagian dari proses ya, dan tidak bisa instan. Jadi terus semangat ngeblog.

    ReplyDelete
  7. Tentang SEO saya pernah belajar tapi memang butuh waktu sih. Dan sampai sekarang blm semua artikel yg kutulis SEO nya benar. Wah ada ya trnyata jasa SEO...

    ReplyDelete
  8. Kekurangannya yang nomor 2 itu bener banget sih. Banyak orang yang mau belajar SEO tapi ga siap tenaga dan waktu. Aku juga termasuk huaa.. but pengen banget time management lagi dan lanjut belajar SEO lebih dalam.

    ReplyDelete
  9. Meski pernah belajar SEO tapi ternyata aku tidak begitu mempraktekannya. Jadinya hasilnya ya gitu-gitu aja.

    Kalau mau cepet13re33334

    ReplyDelete
  10. Meski pernah belajar SEO tapi ternyata aku tidak begitu mempraktekannya. Jadinya hasilnya ya gitu-gitu aja.

    Kalau pengin mudah pakai jasa SEO gini ya mbak. Terjamin. Gak usah kita kerjain sendiri.

    Kalau mau cepet13re33334

    ReplyDelete
  11. Iya biasanya SEO emang awal2 butuh tenaga lebihh dan extra tentunya tapi biasanya kalau ngga kegeser tinggal ongkang2 kaki yaa mba hihi

    ReplyDelete
  12. Blogger memang perlu memiliki skill SEO meski hanya sedikit-sedikit. Tapi aku baru ini dong tahu kekurangan SEO. Memang sih ya segalanya ada kelebihan dan kekurangannya.

    ReplyDelete
  13. nah memang betul,mesti banyak mempelajari seo secara detail supaya tidak sia-sia. apalagi kalau ada yang pakai jasa seo

    ReplyDelete
  14. benar nih, kalau nulis pengen serius, risetnya nggak cuma soal materinya doank yaa, tapi pilihan keywordnya juga mayan menguras waktu. Jadi kalau lagi malas riset, kadang aku pun suka asal2 aja, yg penting plong aja kalau udah nulis.

    ReplyDelete
  15. Menerapkan SEO itu kayak PR seumur hidup ya...
    Tapi kadang saya bodo amat kalau lagi banyak kerjaan, haha

    ReplyDelete
  16. Tahun ini lagi giat-giatnya belajar SEO, manfaatnya udah mulai sedikit terasa walaupun sebenernya masih banyak yang perlu dikerjain juga karna masih banyak gataunya hahah.

    Kelemahannya ini yang kadang jadi kendala sih emang, tapi semoga tetep bisa belajar di waktu luang hehe

    ReplyDelete

Halaman ini dimoderasi untuk mengurangi spam yang masuk. Terima kasih sudah meninggalkan komen di sini.

Made with by Lina W. Sasmita